25 Peluang Usaha Bisnis Makanan Kuliner Menjanjikan di 2022

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
05 Januari 2022
Waktu membaca
8 Menit

Peluang usaha makanan atau kuliner sepertinya akan semakin menjanjikan dan menguntungkan di tahun 2022. Apalagi didorong dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini. 

Selain itu, dengan kemudahan dan bantuan teknologi, beberapa peluang usaha makanan juga hanya butuh modal kecil. Jika benar ditekuni mungkin akan mendapat untung besar.

Agar tidak ketinggalan informasi terkait peluang usaha makanan, simak terus artikel ini sampai selesai. Tapi, mari simak dulu tips usaha makanan agar lancar dan semakin berkembang.

Tips Usaha Makanan

Membangun usaha apa pun tidak bisa sembarangan. Apalagi usaha makanan atau kuliner. Lebih-lebih jika makanan yang cepat atau mudah bau. Bukannya untung, malah buntung.

Oleh karena itu, Berikut ini kami beberapa tips agar usaha makanan kamu tidak buntung. Kami sengaja menyiapkan beberapa tips agar usaha makanan bisa berjalan baik.

1. Jenis Makanan & Lokasi

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah jenis makanan dan lokasi. Pastikan jenis makanan yang kamu pilih dan lokasi tempat berjualan sudah tepat.

Seperti misalnya, membuka warung makan atau buku di sekitar kampus. Mahasiswa pasti butuh makan dan buku. Mereka pasti akan mencari warung makan dan buku terdekat.

2. Kebersihan Tempat

Terlihat sepele, tapi juga terkadang bisa menjadi pertimbangan adalah kebersihan tempat. Jadi pastikan kebersihan tempat kamu berjuaan benar-benar terjaga.

Jangan sampai misalnya terdapat banyak lalat atau nyamuk. Jangan sampai juga tercium bau yang kurang enak yang bisa menggangu para pelanggan ketika sedang makan.

3. Rasa Makanan

Tips terakhir, hal yang sangat penting ketika kamu memutuskan untuk membuka usaha makanan adalah pastikan rasa makanan yang kamu jual benar-benar enak.

Di kota-kota besar, untuk satu jenis makanan biasanya ada banyak penjual yang menjualnya. Jika rasa makanan yang kamu jual kurang, maka bisa dipastikan akan kalah dengan yang lain.

25 Peluang Usaha Makanan

1. Nasi Kulit Ayam

Peluang usaha makanan yang pertama adalah nasi kulit ayam. Kulit ayam nampaknya memiliki penggemar sendiri. Sehingga beberapa orang sudah mulai membuka usaha ini.

Nasi kulit ayam menjadi salah satu usaha makanan yang cukup menjanjikan. Kita juga tidak perlu repot untuk meyiapkannya. Hanya nasi, kulit ayam, dan aneka saus sebagai pelengkap. 

Nasi kulit ayam menjadi salah satu menu pilihan praktis yang bisa dipesan dari kantor-kantor. Selain praktis, tentu saja nasi kulit ayam enak dan mengenyangkan.

2. Seblak

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan seblak? Makanan khas Bandung yang ringan di mulut dan tidak terlalu mengenyangkan sangat cocok disantap saat siang maupun malam hari.

Perpaduan kerupuk, mie, makaroni, telur, bakso, sosis, jamur, sayuran yang direbus dengan kuah sambal merah dengan aroma khas kencur yang menggugah selera.

Meski seblak sudah menjamur dari dulu, mencoba membuka usaha seblak untuk saat ini juga tidak masalah, karena peminatnya masih tinggi hingga sekarang.

3. Tahu dan Ayam Kentucky

Tahu dan ayam kentucky biasanya banyak dijual di gerobak di pingir-pinggir jalan. Untuk yang malas masak, biasanya lebih memilih makanan satu ini. Selain enak, juga ramah di kantong.

Makanan ini diminati sepanjang masa, karena dari dulu hingga sekarang masih banyak orang yang memilih makanan ini sebagai lauk teman makan nasi.

Menyiapkan makanan ini untuk berjualan tergolong mudah, karena hanya ada dua bahan utama yaitu tahu dan ayam potong. Hanya saja membuat tepung adonan membutuhkan tips dan trik.

4. Dimsum

Kata dimsum berasal dari bahasa Mandarin yang artinya menyentuh hati. Dari bahasa Mandarin, pasti sudah sudah bisa ditebak bahwa Dimsum berasal dari Tiongkok.

Ternyata, Dimsum tidak hanya satu jenis, melainkan ada beberapa jenis yaitu Siu Mai, Xiao Long Bao, Har Gao, Bao Zi, Mantou, Zheng Feng Zhua, Lo Mai Gai, dan Chun Juan.

Banyaknya jenis Dimsum sebenarnya terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu tepung terigu. Hanya saja cara mengolah dan isiannya yang berbeda-beda.

5. Pisang Nugget

Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemukan. Oleh karena itu, pisang bisa menjadi bahan dasar usaha makanan yang dapat dikreasikan.

Pisang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, misalnya pisang goreng, pisang rebus, roti pisang, puding pisang, pisang nugget dan lain sebagainya.

Pisang nugget bisa menjadi pilihan sebagai usaha makanan kekinian. Selain menarik, cara membuatnya juga mudah. Semuanya bahan mudah didapatkan dan bisa dipersiapkan di rumah.

6. Takoyaki

Takoyaki adalah makanan khas Jepang yang artinya gurita goreng. Makanan ini dibuat berbentuk bola-bola kecil dari adonan tepung terigu yang diisi potongan gurita.

Takoyaki dijual dengan tambahan saus sebagai cocolan dan taburan katsuobushi atau ikan cakalang asap khas Jepang di atas takoyaki yang sudah matang.

Cara mengemas takoyaki bisa dengan plastik mika atau sterofoam biasa. Tidak sulit untuk menjajal usaha makanan ini, maka boleh untuk dicoba.

7. Martabak Aneka Toping

Martabak biasanya dijual di malam hari sebagai makanan cemilan. Martabak ada yang gurih dan ada yang manis. Saat ini martabak manis biasa dijual dengan aneka toping di atasnya. 

Dulu martabak hanya dengan toping coklat, kaca, pisang, dan keju. Sekarang martabak topingnya macam-macam, seperti coklat silverqueen, delfi, nutella, keju, oreo, dan lain sebagainya.  

Semakin ke sini semakin banyak varian coklat yang enak sehingga membuat penasaran orang-orang yang belum mencobanya. Usaha makanan yang satu ini layak dicoba.

8. Aneka Gorengan

Gorengan hingga saat ini masih menjadi makanan ringan yang digemari oleh banyak orang. Misalnya tempe goreng, tahu goreng, singkong goreng, bakwan, dan lain-lain.

Selain untuk menjadi cemilan, aneka gorengan juga bisa menjadi lauk teman makan nasi. Rasanya yang gurih, enak dimakan selagi masih hangat.

Tidak perlu modal besar untuk berjualan gorengan. Oleh karena itu, bagi yang ingin membuka usaha tetapi modalnya tidak banyak, bisa mencoba usaha satu ini.

9. Rice Bowl

Rice bowl berasal dari dua kata yang berbahasa Inggris, artinya mangkuk nasi. Makanan ini sudah banyak yang menjualnya karena dinilai praktis. Satu wadah sudah lengkap dan mengenyangkan.

Rice bowl berisi nasi dan lauk yang biasanya dilengkapi sayur lalapan. Lauknya beragam, mulai dari telur, daging ayam, daging sapi, dan lain sebagainya.

Kemasan rice bowl biasanya berbentuk mangkuk yang terbuat dari plastik putih yang tahan panas, karena makanan akan disajikan dalam kondisi masih panas atau hangat.

10. Mac and Cheese

Bagi yang belum tahu, mac and cheese merupakan hidangan yang terbuat dari pasta makaroni dan keju yang sebenarnya berasal dari Italia, namun menjadi populer di Amerika.

Presiden Amerika ketiga, Thomas Jefferson merupakan orang pertama yang mempopulerkan makanan ini, dimulai sejak mac and cheese disuguhkan untuk menjamu tamunya.

Makanan ini rasanya gurih, dan lumayan banyak juga yang telah mencoba usaha ini karena tergolong makanan kekinian. Maka, tidak ada salahnya mencobanya sebagai usaha makanan kekinian.

11. Aneka Keripik Pedas

Keripik pedas menjadi salah satu cemilan yang digemari banyak orang. Keripik pedas tersebut antara lain terbuat dari bakso, sosis, makaroni, singkong, kentang, dan lain-lain.

Cara membuatnya adalah dengan mengiris-iris tipis bahan yang akan digoreng menjadi keripik, lalu dicampur dengan bumbu cabe kering pedas. Kemudian ditimbang dan dibungkus dalam plastik.

Peluang usaha makanan ini dibilang menjanjikan dan mudah dibuat. Berjualan dari rumah juga bisa dilakukan, kemudian menjualnya secara online.

12. Corndog

Jangan salah sangka, corndog merupakan makanan sejenis sosis panggang. Maka tidak perlu khawatir karena dog di sini artinya bukan anjing. Jadi tetap halal bagi yang muslim.

Corndog dibuat dari sosis yang ditusuk dan dilapisi adonan encer kemudian tepung jagung kasar, lalu digoreng. Corndog jenis ini berasal dari Amerika Serikat.

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa Corndog merupakan cemilan asal Korea Selatan. Variasi Corndog juga bertambah banyak, seperti dibuat dari kentang, keju mozarella, dan lain-lain.

13. Croffle

Istilah croffle berasal dari gabungan kata croissant dan waffle. Croissant dan waffle adalah dua jenis makanan berbeda yang berasal dari Perancis dan Belgia.

Croissant dan waffle asalnya memiliki cara masak yang berbeda. Untuk croffle ini cara membuatnya adalah dengan memasukkan adonan croissant ke dalam alat untuk memasak waffle.

Cara memasak yang seperti ini, sama saja dengan menggabungkan antara croissant dan waffle. Sehingga dibuat akronim untuk menamainya.

14. Dessert Box

Dessert adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang artinya makanan pencuci mulut. Maka dari itu, biasanya makanan ini dimakan setelah makan berat.

Dessert box terbuat dari bahan makanan yang manis-manis seperti biskuit, coklat, dan puding. Dessert box dikemas dalam wadah plastik berbentuk kotak, yang praktis dibawa ke mana-mana.

Setelah dikemas dalam wadah-wadah, jangan lupa masukkan ke dalam lemari pendingin, agar dessert box dijual dalam keadaan dingin. Dessert box cocok dimakan dalam keadaan dingin.

15. Salad Buah

Salad buah sangat cocok untuk dessert, meski ada yang bilang makan buah itu sebelum makan. Namun terserah yang mau makan saja, mau sebelum atau sesudah makan berat.

Cara membuatnya sangat mudah, hanya dengan mencampurkan aneka buah yang cocok untuk salad dengan mayonaise, susu kental manis, dan keju.

Untuk yang diam di rumah seperti ibu rumah tangga, atau mahasiswa yang ingin punya usaha sampingan, sangat bisa mencoba usaha kuliner satu ini.

16. Sandwich

Sandwich merupakan kata yang berasal dari Bahasa Inggris yang artinya roti lapis atau roti isi. Biasanya sandwich diisi dengan sayuran, keju, dan potongan daging yang diapit dengan roti.

Bagi yang terburu-buru pergi ke kantor atau berangkat sekolah misalnya, sandwich bisa menjadi menu pilihan untuk sarapan pagi, selain nasi. 

Cara membuatnya mudah, tidak perlu persiapan yang macam-macam. Hanya roti tawar yang tidak perlu dipanggang, isian roti, dan saus sebagai pelengkap.

17. Churros Milo

Churros merupakan makanan yang berasal dari Spanyol. Churros terbuat dari tepung terigu kemudian dibentuk memanjang sepanjang jari tangan.

Churros bertekstur renyah di luar dan lembut di dalam. Dengan tekstur yang demikian, bagi orang Indonesia merupakan cemilan ringan meski orang-orang Barat menganggapnya sebagai menu sarapan.

Untuk memakan churros, biasanya disediakan cocolan semacam saus manis agar rasanya lebih kompleks. Milo bisa jadi salah satu pilihan sausnya karena rasanya yang manis dan gurih.

18. Makanan Siap Masak

Makanan siap masak di sini maksudnya adalah makanan yang biasanya dibungkus dengan cara divacum agar awet. Pembeli hanya tinggal membuka kemasan dan memasaknya sebentar.

Makanan siap masak ini banyak macamnya, seperti bakso aci, seblak, bakso biasa, dan lain-lain. Di dalam kemasan ada isi utama seperti misal bakso dan aci serta bumbu pelengkapnya.

Jika dirasa memiliki semua bahan-bahannya dan alat-alat yang digunakan untuk mengemasnya, maka boleh dicoba usaha makanan siap masak ini.

19. Ceker Mercon

Beberapa orang mungkin tidak menyukai ceker, karena ceker adalah bagian kaki ayam yang kotor. Padahal ceker dilapisi kulit yang nantinya dibersihkan lalu disingkirkan tidak untuk dimakan.

Sensasi makan ceker ada pada tulang-tulangnya, karena cara makannya harus dengan tangan dan makan kulit-kulit yang menempel pada ceker hingga bersih.

Dengan cara makan yang demikian, ceker dapat dimasak dengan bumbu yang pedas atau bisa disebut dengan mercon karena saking pedasnya. Ceker mercon bisa dicoba untuk usaha makanan.

20. Sego Megono

Sego megono adalah makanan khas yang berasal dari daerah pantura Jawa tengah. Kita bisa temukan sego megono di Pekalongan, Batang dan Pemalang.

Sego megono berasal dari Bahasa Jawa, sego artinya nasi, megono berasal dari dua kata yaitu mergo artinya sebab dan ono artinya ada. 

Sego megono dimasak karena ada sebab dan alasan yang tepat, yaitu menyediakan makanan untuk tentara yang di kala itu sedang melawan penjajah. 

21. Nasi Balap

Nasi balap sangat cocok dimakan pada pagi hari atau untuk sarapan. Nasi balap atau biasa disebut nasi balap puyung aslinya dari kampung Puyung yang ada di Lombok Tengah.

Nasi balap terdiri dari nasi, suwiran daging ayam pedas, kedelai goreng, dan sambal khas yang disajikan di atas lembaran daun pisang.

Untuk pelengkap nasi balap, bisa ditambahkan dengan kering kentang, oseng buncis atau kacang panjang, dan lauk telur atau tahu. Sangat cocok untuk makan siang.

22. Pie 

Pie adalah makanan yang terbuat dari kulit kue kering yang bisa diisi dengan berbagai macam bahan makanan lainnya. Pie bisa diisi dengan bahan makanan gurih ataupun manis.

Jika ingin membuat pie yang gurih, maka bisa diisi dengan campuran sayur dan daging. Jika ingin pie yang manis, maka bisa diisi dengan buah-buahan.  

Namun jualan makanan satu ini membutuhkan keahlian khusus, yaitu dalam bidang tata boga atau setidaknya bisa membuat satu jenis kue ini dengan hasil yang layak jual.

23. Aneka Kue

Bagi yang berpengalaman membuat aneka kue, bisa mencoba usaha makanan yang satu ini. Kue sangat bisa macam, ada yang kering dan ada yang basah.

Cara menjual kue-kue ini bisa dengan sistem pesan dulu sebelum beli atau pre order. Jadi, membuat kita bisa membuat kue sesuai dengan jumlah pesanan yang sudah masuk.

Jualan aneka kue bisa sewaktu-waktu atau bisa juga memanfaatkan event-event tertentu seperti lebaran, untuk oleh-oleh, dan sebagainya.

24. Kebab

Kebab adalah makanan khas Timur Tengah yang sudah menjamur di berbagai daerah. Banyaknya orang yang berjualan kebab menandakan bahwa banyak juga yang berminat membelinya.

Selain bahwa kebab praktis dibawa ke mana-mana, kebab juga lumayan mengenyangkan jika dimakan di siang hari. Kebab bisa menjadi pilihan makan siang yang cocok sembari beristirahat.

Kebab bisa dijual di dekat kampus, sekolah, atau tempat ramai lainnya. Maka tidak ada salahnya jika mencoba usaha makanan yang satu ini karena cukup menjanjikan.

25. Pecel Lele

Pecel lele menjadi salah satu menu pilihan untuk makan malam. Saat ini sangat banyak di pinggiran jalan orang berjualan pecel lele.

Usaha pecel semacam ini biasanya bukan hanya lele, akan tetapi tersedia banyak pilihan lainnya yaitu ayam, bebek, telur, tempe, tahu, terong, dan lain-lain.

Meski sudah banyak yang menjualnya, tidak ada salahnya ikut membuka usaha makanan ini. Hanya saja yang perlu dipertimbangkan adalah tempat jualannya harus strategis. 

Akhir Kata

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait peluang usaha makanan kekinian dan menguntungkan. Ada 20 lebih ide usaha makanan yang kami tulis dalam artikel ini. 

Agar bisnis usaha makanan kekinian laris, usahakan tetap memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat menunjang usaha makanan tersebut. Seperti pemilihan makanan sesuai dengan lingkungan, tempat jualan yang strategis, dan lain sebagainya. 

Banyak usaha makanan yang bisa dicoba. Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami. Semoga artikel yang kami tulis ini bisa membantu dan bermanfaat.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *