Advertisement

Cara Jemput Paket Pakai JNE Pick Up Service Mudah & Cepat

Diterbitkan pada
23 Maret 2022
Waktu membaca
4 Menit

Kamu sedang bingung bagaimana cara jemput paket JNE sendiri di kantor? Jangan khawatir, tulisan ini akan memberikan cara mudahnya. Untuk itu, jangan kemana mana, ya!

Ekspedisi JNE merupakan salah satu jasa pengiriman yang terbaik di Indonesia. Banyak yang memilik ekspedisi ini untuk mengirimkan paket biasa atau melalui online shop.

Namun, terkadang saat melakukan cek resi paket kita sudah berada di kantor cabang alamat tujuan namun tertunda pengirimannya oleh kurir. Maka dari itu, mau tidak mau harus mengambil sendiri jika paket tersebut bersifat penting.

Sudah penasaran bagaimana cara mengambil paket di JNE sendiri? Eits, sebelum itu klik tombol Bookmark ( ⭐) di pojok kanan atas browser, supaya kamu tidak kehilangan postingan ini.

Kalau sudah, yuk langsung simak berikut ini. Lest go!

Syarat Mengambil Paket di Kantor JNE

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahasa cara jemput paket J&T ke rumah, tentu caranya berbeda dengan ekspedisi lain seperti JNE. Setiap ekspedisi mempunyai syarat dan kebijakan masing-masing.

Terkadang ada beberapa kenadala yang dialami oleh ekspedisi dalam mengirimkan barang. Biasanya pada saat tanggal cantik atau Harbolnas pengiriman di semua ekspedisi pasti mengalami peningkatan yang tajam.

Hal ini menyebabkan pengiriman barang pasti akan melebihi estimasi dari waktu yang seharusnya. Untuk itu, tidak jarang yang memilih untuk mengambil paket ke kantor JNE jika sudah sampai di kantor JNE terdekat dari lokasi.

Dalam hal ini, pihak ekspedisi JNE tidak melarang para konsumen yang akan mengambil paketnya sendiri. Namun, ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

Adapun syarat mengambil paket di kantor JNE, berikut ini :

1. Menyiapkan Nomor Resi

Syarat pertama yaitu kamu harus menunjukan nomor resi. Untuk cara cek resi bisa kamu lihat langsung pada detail pengiriman barang di marketplace yang kamu gunakan.

Pastikan kamu sudah melacak nomor resi JNE tersebut dan lihat status pengirimannya apakah sudah berada di kantor JNE cabang lokasi terdekat atau belum.

Jadi, nomor resi ini sangat penting ditunjukkan ke petugas JNE pada saat akan menjemput paket sendiri. Karena ata barang yang dikirim akan dicocokkan dengan data penerima yang ada di gudang tersebut.

2. Siapkan KTP Penerima

Selanjutnya yaitu, kamu harus membawa KTP sebagai tanda identitas bahwa penerima paket sudah sesuai dengan nama dan alamat yang ada di KTP. Jika tidak ada KTP, bisa gunakan SIM sebagai gantinya.

3. Surat Kuasa

Selain KTP penerima, terkadang di kantor JNE tertentu memberikan syarat tambahan yaitu berupa surat kuasa. Jadi, surat kuasa ini fungsinya jika penerima tidak bisa mengambil sendiri, maka bisa diwakilkan dengan membawa surat kuasa yang di tanda tangani oleh penerima asli.

Cara Jemput Paket JNE Menggunakan Layanan Pick-Up Point

Saat ini JNE sudah mempunyai layanan yang bisa menjadi alternatif konsumen Inuntuk menerima kiriman dengan cara ambil paket JNE langsung ke kantor. Layanan ini adalah JNE PIPO (Pick-Up Point).

Layanan ini bisa dimanfaatkan oleh konsumen yang selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain dan tidak mempunyai tempat tetap untuk menerima kiriman secara langsung. Mereka bisa menjemput pake di kantor cabang JNE terdekat yang sudah mempunyai layanan PIPO.

Layanan ini bisa diambil kapan saja dalam jangka waktu 5 hari sejak paket telah sampai di kantor JNE tujuan. Berikut ini langkah-langlah jemput paket JNE menggunakan layanan PIPO :

  • Memberitahukan kepada petugas cash counter/call center/costumer service JNE untuk menggunakan layanan Pick-Up Point.
  • Melengkapi informasi data penerima yang berisi Nama Lengkap, Nomor Identitas KTP/SIM, dan nomor resi pengiriman.
  • Pilih tempat pengambilan paket sesuai kantor JNE tujuan yang terdekat dari lokasi.
  • Menerima bukti pengiriman berupa nomor resi paketan dan PIN yang bersifat rahasia dari petugas counter tempat pengiriman.
  • Pengirim nantinya akan memberitahukan nomor resi dan PIN kepada penerima.
  • Setelah barang terkirim, penerima bisa langsung menjemput paket JNE di couter JNE yang sudah ditentukan oleh pengirim dengan menunjukkan nomor resi, PIN, dan kartu identitas.
  • Bila pengambilan paket diwakilkan, bisa membawa surat kuasa yang sudah ditanda tangani oleh penerima asli.
  • Menandatangani resi pengiriman sebagai bukti pengambilan paket.

Nah, itulah langkah mudah mengambil paketan sendiri ke kantor JNE. Langkah diatas juga bisa digunakan untuk request pick up JNE untuk beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya.

Perlu diketahui, sebelum menggunakan layanan ini ada baiknya untuk menghubungi kantor cabang JNE terdekat dahulu untuk memastikan ketersediaan layanan JNE Pick Up Point.

FAQ

Dari pembahasan diatas, ada beberapa pertanyaan yang masih sering ditanyakan. Untuk itu sudah kami rangkum di sesi FAQ dibawah ini sekaligus dengan jawabannya. Semoga membantu, ya. Yuk simak!

  • Ambil paket JNE sampai jam berapa?

JNE melayani pengambilan paket sesuai jam kerja kantor JNE yaitu jam 08.00 – 24.00 hari Senin s/d Minggu.

  • Bagaimana cara mencari layanan pick up JNE terdekat?

Cara mencari kantor JNE terdekat yaitu bisa mencarinya melalui Google Maps dan juga website resmi JNE. Untuk mengetahui layanan pick up tersedia atau tidak bisa menanyakan langsung ke petugas counter atau call center JNE.

  • Apakah kurir JNE bisa pick up barang?

Ya, tentu saja bisa. Yaitu dengan menggunakan layanan jasa kirim JNE Cashless (non tunai). Nantinya kurir JNE akan datang dan menjemput paket yang akan dikirimkan.

Biaya menggunakan layanan ini gratis, dan penjual tidak perlu membayar biaya ongkos kirim kepada kurir karena sudah termasuk biaya total ongkos pengiriman barang.

Penutup

Demikianlah cara jemput paket JNE yang mudah dan praktis. Semoga bisa bermanfaat, ya.

Jika ada pertanyaan, bisa tulis di kolom komentar dibawah. Kami akan membantu menjawab sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan kami.

Selain di blog, kami juga aktif di Instagram,lho! Yuk, buruan kepoin dan follow IG kami di @Pintarjualan.id. Sekalian nyalakan juga lonceng notifikasinya, ya!

Jagan lupa untuk share postingan ini ke teman, kerabat, dan media sosial yang membutuhkan informasi diatas. Semoga bisa membantu teman-teman kalian juga.

Mungkin sampai disini dulu, ya. Terimakasih sudah membaca, See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

2 Comments

  1. Shanti indrayani berkata:

    Untuk order pick up apakah bisa lewat aplikasi

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Untuk menggunakan layanan pickup JNE biasanya harus persetujuan atau jalin hub mitra/agen terlebih dahulu kak. Nanti bisa WA kurir atau pengelola kantor service/hub terdekat. Untuk info lebih lengkap bisa tanyakan terlebih dahulu kebijakan terbaru ke JNE ya Kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *