Advertisement

Kepanjangan JNE & 5 Perusahaan Ekspedisi Lainnya, Yuk Intip!

Diterbitkan pada
03 Februari 2022
Waktu membaca
3 Menit

Kamu gemar belanja online? Pasti sudah tidak asing dong dengan nama-nama ekspedisi. Namun, tahukah kamu kepanjangan dari ekspedisi JNE, J&T, TIKI, POS, dan lainnya?

Sebelum itu, yuk klik dulu tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser, supaya kamu bisa menyimpan postingan ini dan tidak perlu mencari lagi jika sewajtu-waktu membutuhkannya.

Nah, kalau kamu belum tahu kepanjangannya dan bagaimana sejarahnya, bisa lihat informasi dibawah ini, ya. Stay tuned!

Kepanjangan 6 Nama Perusahaan Jasa Kirim (JNE, J&T, TIKI, POS, FedEx, DHL)

Jasa pengiriman di Indonesia saat ini sangat banyak bermunculan. Bagaimana tidak? Peluang usaha jasa ini sangat menjanjikan di tahun 2022 ini.

Sekarang apa-apa serba online. Jadi mau tidak mau, jasa kirim selalu dibutuhkan dari semua kalangan masyarakat.

Selain itu, sekarang juga banyak didukung oleh e-commerce. Misalnya seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lainnya. E-commerce tersebut tentu bekerjasama dengan banyak ekspedisi untuk membantu dalam pengiriman barang.

Yang kita tahu saat ini beberapa nama jasa pengiriman yaitu JNE, J&T, TIKI, POS, DHL, FedeX, dan lainnya. Nah, sebenarnya nama-nama jasa pengiriman tersebut ada kepanjangannya, lho!

Untuk mengetahui kepanjangan dari jasa kirim JNE, JNT, TIKI, FedeX, dan lainnya, yuk simak dibawah ini.

1. Apa Kepanjangan JNE?

Kepanjangan JNE adalah “Jalur Nugraha Ekakurir”. Perusahaan JNE didirikan pada tahun 1990. Pendirinya yaitu H. Soeprapto Suparno.

 JNE merupakan perusahaan dari PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, yang bertujuan melayani masyarakat luas dalam urusan pengiriman barang.

Saat ini cabang JNE sudah semakin luas, yaitu sudah mencapai 6000 titik lokasi. Jumlah karyawannya pun juga lebih dari 40.000 orang.

Pertumbuhan yang pesat di atas tentu didukung oleh beberapa faktor seperti gaya hidup masyarakat, munculnya banyak usaha, dan marketplace yang mudah digunakan untuk mengirim barang lewat JNE.

2. Kepanjangan JNT

Kepanjangan J&T yaitu “Jet & Tony”. Nama tersebut diambil dari nama para pendiri perusahaan ini. J&T merupakan ekspedisi dibawah naungan perusahaan PT. Global Jet Express.

Perusahaan ini baru berdiri pada tahun 2015. Memang tergolong baru, jika dibandingkan dengan JNE yang sudah ada sejak tahun 1990.

Walaupun begitu, faktanya J&T Express ini mampu bersaing dengan perusahaan lain. Bahkan saat ini sudah berkembang sangat pesat dan sangat populer di Indonesia.

Karena pelayanan yang bagus, dan mencari kantor J&T Express sangat mudah ditemukan dimana saja menjadikan ekspedisi ini pilihan dari pada ekspedisi lain.

3. TIKI

TIKI singkatan dari “Titipan Kilat”. Kalau dibandingkan dengan perusahaan ekspedisi lain, TIKI merupakan perusahaan pengiriman yang sudah tua dan sudah berdiri sejak tahun 1970.

TIKI merupakan ekspedisi dari naungan perusahaan PT. Citra Van Titipan Kilat. Perusahaan ini memang tidak begitu pesat berkembangnya seperti J&T.

4. POS Indonesia

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan POS Indonesia. Kepanjangan POS adalah “Perusahaan Opsional Surat”. 

Perusahaan ini dibawah naungan PT. POS Indonesia dan merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

POS Indonesia bisa dibilang merupakan jasa pengiriman yang tertua di Indonesia. Yaitu berdiri pada tahun 26 Agustus 1764.

Pada awalnya POS ini merupakan Kantor Pos yang bertujuan untuk mengirimkan dokumen dan surat-surat penduduk bagi para pedagang dari kantor luar daerah.

Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, kini POS tidak hanya melayani pengiriman dokumen saja. Melainkan bisa juga mengirimkan barang, uang, dan transaksi lainnya seperti ekspedisi yang lain. 

Apalagi di POS indonesia sudah menyediakan berbagai layanan seperti POS Kilat Khusus yang bisa dihubungkan di Shopee. Tentu sangat memudahkan para penjual di Shopee yang akan menggunakan ekspedisi POS untuk mengirimkan barang ke pembeli.

5. FedEx

Kepanjangan FedEx adalah “Federal Expres”. Tidak seperti jasa kirim diatas, FedEx ini skalanya sudah internasional, lho!

Perusahaan jasa kirim FedEx bisa membantu masyarakat dalam mengirimkan barang dari luar negeri atau ke luar negeri.

Perusahaan ini didirikan tahun 1970 oleh tentara angkatan darat Amerika Serikat. 

6. DHL Express

Jasa kirim yang terakhir adalah DHL Express. Kepanjangan dari DHL ini adalah Dalsey, Hillblom, and Lynn. Nama tersebut diambil dari para pendiri ekspedisi ini.

Jasa kirim ini sudah ada sejak tahun 1969 di Amerika Serikat. Jadi hampir sama dengan FedEx. Tujuan dari ekspedisi ini adalah mengirimkan barang dari luar negeri atau ke luar negeri.

Sebenarnya perusahaan ini lebih fokus dalam pengantaran barang lepas pantai dan antar benua. Namun, tahun 1983 perusahaan ini berhasil mengembangkan layanan pengantaran domestik di Amerika Serikat.

Penutup

Nah, sampai disini sudah jelas kan? Itulah pembahasan lengkap mengenai kepanjangan JNE, JNT, TIKI, POS, FedEx, dan DHL. Semoga bisa menambah wawasan kamu, ya.

Kalau masih ada pertanyaan bisa tulis di “kolom komentar” dibawah ini. Atau bisa juga melalui media sosial kami Instagram yaitu @Pintarjualan.id. Jangan lupa di Follow!

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita kali ini. Biar menambah wawasan ke teman-teman kalian, bisa juga share postingan ini, ya. See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *