Advertisement

3 Cara Memasarkan Produk Yang Baik dan Efektif, Patut Dicoba

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
13 Desember 2021
Waktu membaca
6 Menit

Ada 3 cara memasarkan produk yang baik dan efektif yang patut dicoba. Mulai dari mempelajari apa yang dibutuhkan oleh konsumen, memilih produk yang tepat, hingga cara memilih tempat yang tepat. Semua itu patut dicoba dalam rangka memasarkan produk-produk yang Anda jual.

Menjual produk yang tepat adalah menjual produk yang dibutuhkan banyak orang. Semakin banyak orang membutuhkan produk tertentu, peluang produk tersebut terjual semakin tinggi. Ketika banyak orang yang membutuhkan masker, semakin besar pula peluang masker itu terjual.

Agar tidak ketiggalan tips, simak terus tulisan ini sampai akhir. Di akhir artikel, kami juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul terkait dengan cara memasarkan produk. Tanpa berlama-lama, langsung akan kami bahasa 3 cara memasarkan barang yang patut untuk dicoba.

Cara Memasarkan Produk

Ada banyak cara untuk memasarkan produk. Mulai lewat media sosial hingga cara-cara konvensional seperti melalui sales. Berikut ini adalah 3 cara memasarkan produk yang patut untuk dicoba;

1. Tentukan Konsumen (Target Pasar)

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan barang adalah menentukan terlebih dahulu kosumen atau target pasar yang akan Anda incar. Misalnya Anda akan berjualan buku, Anda harus memilah kategori konsumen dan memilih buku yang cocok untuk masing-masing kategori.

2. Pilih Produk yang Sesuai

Setelah menentukan konsumen, Anda harus memilih produk yang akan Anda jual. Produk yang akan Anda jual harus sesuai dengan kebutuhan agar tepat sasaran. Misalnya, Anda menyasar mahasiswa sebagai konsumen, maka Anda bisa menyediakan buku-buku yang mereka butuhkan.

3. Pilih Tempat yang Tepat

Tempat juga memilki pengaruh yang signifikan dalam memasarkan barang. Tidak sedikit orang yang sukses karena memilih tempat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa alterantif yang dapat Anda manfaatkan sebagai sarana ataupun tempat memasarkan barang, antara lain;

  • Lewat Marketplace

Saat ini sudah banyak orang yang mengenal marketplace online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain-lain. Jika Anda ingin berjualan online, Anda bisa memasarkannya lewat marketplace-marketplace tersebut. Selain aman, marketplace-marketplace tersebut juga gratis.

  • Lewat Grup Facebook

Facebook memiliki beberapa fitur yang dapat Anda gunakan untuk berjualan, salah satunya adalah grup. Grup Facebook ini dapat membantu memudahkan Anda untuk memasarkan barang. Faktanya bahwa terdapat berbagai macam grup di Facebook yang memiliki spesifikasi tertentu.

Cara Memasarkan Produk - Grup Facebook

Anda dapat menemukan grup yang Anda inginkan lewat pencarian yang ada di Facebook. Misalnya, Anda akan berjualan buku, maka Anda bisa memasukkan kata kunci Grup Jual Beli Buku, Grup Jual Beli Buku Jogja, Grup Jual Beli Buku Online, dan sebagainya.

Jika Anda berminat untuk berjualan di Facebook Anda bisa membaca artikel kami tentang Cara Membuat Grup Facebook untuk Jualan Online (+ Membangun Komunitasnya) dan Cara Jualan di Facebook Marketplace untuk Pemula dari Nol [Panduan A-Z].

  • Lewat Story WA

Membuat story atau status di Whatsapp sudah menjadi kebiasaan beberapa orang. Story bisa dibuat dengan tulisan saja, foto, hingga video. Tidak ada salahnya jika untuk mencoba memasarkan barang lewat story Whatsapp.

  • Lewat Iklan

Ada 2 pilihan untuk memasang iklan, yakni lewat Facebook Ads atau Google Ads. Selain fitur grup, Facebook juga menyediakan fitur Facebook Ads atau Iklan Facebook. Fungsinya adalah sebagai sarana mempromosikan sesuatu. Dengan Facebook Ads kita dapat memasarkan barang yang akan kita jual.

Namun untuk bisa menggunaka Facebook Ads Anda harus membayar. Akan ada ketentuan tertentu tentang berapa lama iklan akan tayang dan berapa biaya yang harus dibayar.

Cara Memasarkan Produk - Google Ads Indonesia

Selain Facebook Ads, ada juga Googel Ads. Dengan memasang iklan di Google Ads, setidaknya kita akan mendapatkan tiga hal, yaitu akan lebih banyak orang yang menghubungi kita, akan banyak orang mengunjungi toko kita, dan mendorong orang-orang untuk ke website yang kita punya.

  • Lewat Pameran

Adanya suatu pameran biasanya menarik minat banyak orang. Kita bisa memasarkan produk-produk kita dengan mengikuti pameran-pameran tersebut. Selain hanya sekedar cuci mata, tidak sedikit juga orang yang mengunjungi pameran untuk membeli barang tertentu.

Oleh karen aitu, kita bisa mengikuti pameran-pameran tertentu yang sesuai dengan barang yang kita jual. Jika kita memiliki strategi yang baik dan cara berjualan yang menarik, orang yang tadinya hanya ingin berjalan-jalan akhirnya bisa tertarik dengan produk kita dan membelinyaa.

  • Lewat Toko Konvensional

Toko konvensional menjadi salah satu pilihan untuk memasarkan barang bagi para penjual yang memiliki modal atau anggaran lebih untuk menyewa tempatnya. Toko konvensional memiliki keunggulan tersendiri jika Anda bisa mengelolanya dengan baik dan benar.

  • Lewat Website Pribadi

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *