3 Cara Memasarkan Produk Yang Baik dan Efektif, Patut Dicoba

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
13 Desember 2021
Waktu membaca
6 Menit

Ada 3 cara memasarkan produk yang baik dan efektif yang patut dicoba. Mulai dari mempelajari apa yang dibutuhkan oleh konsumen, memilih produk yang tepat, hingga cara memilih tempat yang tepat. Semua itu patut dicoba dalam rangka memasarkan produk-produk yang Anda jual.

Menjual produk yang tepat adalah menjual produk yang dibutuhkan banyak orang. Semakin banyak orang membutuhkan produk tertentu, peluang produk tersebut terjual semakin tinggi. Ketika banyak orang yang membutuhkan masker, semakin besar pula peluang masker itu terjual.

Agar tidak ketiggalan tips, simak terus tulisan ini sampai akhir. Di akhir artikel, kami juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul terkait dengan cara memasarkan produk. Tanpa berlama-lama, langsung akan kami bahasa 3 cara memasarkan barang yang patut untuk dicoba.

Cara Memasarkan Produk

Ada banyak cara untuk memasarkan produk. Mulai lewat media sosial hingga cara-cara konvensional seperti melalui sales. Berikut ini adalah 3 cara memasarkan produk yang patut untuk dicoba;

1. Tentukan Konsumen (Target Pasar)

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan barang adalah menentukan terlebih dahulu kosumen atau target pasar yang akan Anda incar. Misalnya Anda akan berjualan buku, Anda harus memilah kategori konsumen dan memilih buku yang cocok untuk masing-masing kategori.

2. Pilih Produk yang Sesuai

Setelah menentukan konsumen, Anda harus memilih produk yang akan Anda jual. Produk yang akan Anda jual harus sesuai dengan kebutuhan agar tepat sasaran. Misalnya, Anda menyasar mahasiswa sebagai konsumen, maka Anda bisa menyediakan buku-buku yang mereka butuhkan.

3. Pilih Tempat yang Tepat

Tempat juga memilki pengaruh yang signifikan dalam memasarkan barang. Tidak sedikit orang yang sukses karena memilih tempat yang tepat. Berikut ini adalah beberapa alterantif yang dapat Anda manfaatkan sebagai sarana ataupun tempat memasarkan barang, antara lain;

  • Lewat Marketplace

Saat ini sudah banyak orang yang mengenal marketplace online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan lain-lain. Jika Anda ingin berjualan online, Anda bisa memasarkannya lewat marketplace-marketplace tersebut. Selain aman, marketplace-marketplace tersebut juga gratis.

  • Lewat Grup Facebook

Facebook memiliki beberapa fitur yang dapat Anda gunakan untuk berjualan, salah satunya adalah grup. Grup Facebook ini dapat membantu memudahkan Anda untuk memasarkan barang. Faktanya bahwa terdapat berbagai macam grup di Facebook yang memiliki spesifikasi tertentu.

Cara Memasarkan Produk - Grup Facebook

Anda dapat menemukan grup yang Anda inginkan lewat pencarian yang ada di Facebook. Misalnya, Anda akan berjualan buku, maka Anda bisa memasukkan kata kunci Grup Jual Beli Buku, Grup Jual Beli Buku Jogja, Grup Jual Beli Buku Online, dan sebagainya.

Jika Anda berminat untuk berjualan di Facebook Anda bisa membaca artikel kami tentang Cara Membuat Grup Facebook untuk Jualan Online (+ Membangun Komunitasnya) dan Cara Jualan di Facebook Marketplace untuk Pemula dari Nol [Panduan A-Z].

  • Lewat Story WA

Membuat story atau status di Whatsapp sudah menjadi kebiasaan beberapa orang. Story bisa dibuat dengan tulisan saja, foto, hingga video. Tidak ada salahnya jika untuk mencoba memasarkan barang lewat story Whatsapp.

  • Lewat Iklan

Ada 2 pilihan untuk memasang iklan, yakni lewat Facebook Ads atau Google Ads. Selain fitur grup, Facebook juga menyediakan fitur Facebook Ads atau Iklan Facebook. Fungsinya adalah sebagai sarana mempromosikan sesuatu. Dengan Facebook Ads kita dapat memasarkan barang yang akan kita jual.

Namun untuk bisa menggunaka Facebook Ads Anda harus membayar. Akan ada ketentuan tertentu tentang berapa lama iklan akan tayang dan berapa biaya yang harus dibayar.

Cara Memasarkan Produk - Google Ads Indonesia

Selain Facebook Ads, ada juga Googel Ads. Dengan memasang iklan di Google Ads, setidaknya kita akan mendapatkan tiga hal, yaitu akan lebih banyak orang yang menghubungi kita, akan banyak orang mengunjungi toko kita, dan mendorong orang-orang untuk ke website yang kita punya.

  • Lewat Pameran

Adanya suatu pameran biasanya menarik minat banyak orang. Kita bisa memasarkan produk-produk kita dengan mengikuti pameran-pameran tersebut. Selain hanya sekedar cuci mata, tidak sedikit juga orang yang mengunjungi pameran untuk membeli barang tertentu.

Oleh karen aitu, kita bisa mengikuti pameran-pameran tertentu yang sesuai dengan barang yang kita jual. Jika kita memiliki strategi yang baik dan cara berjualan yang menarik, orang yang tadinya hanya ingin berjalan-jalan akhirnya bisa tertarik dengan produk kita dan membelinyaa.

  • Lewat Toko Konvensional

Toko konvensional menjadi salah satu pilihan untuk memasarkan barang bagi para penjual yang memiliki modal atau anggaran lebih untuk menyewa tempatnya. Toko konvensional memiliki keunggulan tersendiri jika Anda bisa mengelolanya dengan baik dan benar.

  • Lewat Website Pribadi

Bagi orang-orang tertentu, website sangatlah penting untuk satu usaha atau instansi apapun. Tujuan dari adanya website salah satunya adalah untuk memasarkan apa yang kita punya. Jika kita adalah seorang pengusaha, maka website menjadi situs resmi yang memasarkan barang kita secara detail.

Cara Memasarkan Produk - Toko Website Pribadi

Maka tidak ada salahnya jika kita mengoptimalkan website pribadi kita untuk berjualan. Konon daripada sekadar memasarkannya lewat marketplace, website justru lebih optimal dalam hal itu. Untuk membuat website pribadi, kita bisa membuatnya sendiri atau meminjam jasa orang yang lebih berpengalaman.

Tips Memasarkan Produk

  1. Pilih Produk yang Dibutuhkan

Ketika Anda akan memasarkan suatu barang, hendaknya Anda melakukan semacam mini riset tentang apa saja barang yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan begitu, barang yang Anda jual juga akan mendapatkan perhatian banyak orang juga.

Selain barang yang dibutuhkan, saat ini orang juga senang mengikuti tren yang sedang viral. Oleh karena itu, Anda juga harus update dengan memantau dan mengikuti informasi yang terus berjalan. Baik melalui website portal berita misalnya dan media sosial yang Anda punya.

  1. Pilih Produk yang Tepat

Setelah mencari tahu produk-produk apa saja yang dibutuhkan oleh banyak orang atau produk apa saja yang sedang tren untuk sekarang ini, langkah selanjutnya adalah memilih barang yang tepat. Dengan kata lain adalah barang yang tepat untuk konsumen yang tepat pula.

Misalnya yang sedang tren adalah Croffle atau Croissant Waffle. Croffle adalah adonan roti khas Perancis (croissant) yang dicetak press menjadi waffle. Makanan tepat tepat jika dijual atau ditawarkan di kota-kota besar dan mungkin tidak tepat jika Anda jual atau tawarkan kepada orang-orang desa.

  1. Pilih Produk yang Berkualitas

Jika Anda sudah menemukan barang yang sedang dicari banyak orang, maka Anda juga harus memperhatikan kualitas barang tersebut. Apapun barang yang Anda jual, kualitasnya harus baik. Selain fisik barangnya yang bagus, kualitas yang baik juga menjadikan barang tersebut awet.

Anda bisa menyediakan barang berkualitas dengan harga terjangkau jika Anda melakukan perhitungan yang tepat atas barang-barang yang Anda pasarkan. Nyatanya saat ini lebih banyak orang yang menyukai barang-barang berkualitas bagus namun dengan harga terjangkau.

Salah satu tips agar bisa menjual barang berkualitas, namun dengan harga terjangkau adalah dengan meminimalisir keuntungan. Tentu dengan catatan, Anda masih mendapat keuntungan. Dengan begitu, orang-orang akan melakukan repeat order alias membeli barang ke tempat Anda lagi.

Baca juga:

Daftar Produk Terlaris di Indonesia

Mengutip Media Indonesia, Bank Indonesia mencatat jumlah nominal transaksi secara online mencapai Rp27,2 triliun per Februari. Bahkan diprediksi akan terus meningkat hingga mencapai Rp337 triliun. Berikut ini adalah daftar produk terlaris menurut Media Indonesia;

1. Kuliner

Menurut BPS, 56,6 persen PDB Indonesia disumbang oleh konsumsi rumah tangga. Hal tersebut tidak terlepas dari adanya layanan antar seperti Go-Food dan Shopee Food.

2. Feysen

Produk-produk feysen masih konsisten dalam pencarian Google. Terlebih menjelang hari-hari tertentu, seperti hari raya. Terutama pakaian pria & wanita, busana muslim, sepatu, dan jam tangan.

3. Handphone

Semakin hari kebutuhan akan gawai atau handphone bisa semakin menjadi. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini yang mengharuskan semuanya serba online.

4. Peralatan Rumah Tangga

Tokopedia pernah mencatat peralatan rumah tangga sebagai produk yang paling laku pada tahun 2020. Selain itu, trend dalam pencarian Google juga menunjukkan hal sama.

5. Perlengkapan Bayi dan Anak

Permintaan atas perlengkapan bayi dan anak meningkat seiring dengan jumlah kelahiran yang meningkat. Sejak November 2020 – Februari 2021 jumlah kelahiran bayi mencapai 509.319 jiwa.

6. Mainan atau Peralatan Gaming

Terakhir, produk yang juga memiliki banyak peminat atau laris di pasar Indonesia adalah perlengkapan gaming. Mulai dari Playstation, Nintendo, hingga PC atau komputer gaming.

FAQ

  • Bagaimana cara memasarkan produk agar cepat laku?

Salah satu alternatif cara memasarkan produk agar cepat laku adalah dengan cara menawarkan langsung kepada konsumen produk-produk yang mereka butuhkan sehari-hari.

  • Bagaimana cara melakukan pemasaran produk secara langsung?

Alternatif cara melakukan pemasaran produk secara langsung adalah bisa dengan cara door to door. Selain itu juga dengan cara mendatangi orang-orang yang sedang berkumpul.

  • Bagaimana cara jualan online bagi pemula?

Langkah pertama yang musti dilakukan adalah tentukan pasar atau konsumen. Setelah itu pilih produk yang sesuai dengan konsumen. Terakhir, manfaatkan media sosial untuk promosi.

Penutup

Demikian 5 cara memasarkan produk yang baik dan efektif dan patut untuk dicoba. Hal pertama yang musti dilakukan adalah kenali terlebih dahulu calon konsumen. Seperti misalnya produk-produk apa yang cenderung mereka butuhkan dan mereka sukai.

Setelah mengenali calon konsumen, baru membuat strategi yang tepat untuk konsumen-konsumen tersebut. Dengan memasarkan produk secara tepat, peluang produk terjual juga semakin tinggi.

Artikel ini mungkin akan bermanfaat untuk para pemula yang baru terjun ke dunia usaha. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membagikan artikel ini kepada mereka. Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai selesai.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *