Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online Modal HP

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
13 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, foto saja bisa menghasilkan uang. Caranya mudah, salah satunya dengan jual saja ke Shutterstock. Jika tidak tahu caranya, simak artikel Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online ini sampai selesai.

Kami akan membahas seputar (1) Apa itu Sthutterstock, (2) Cara Membuat Akun Shutterstock, (3) Cara Mengupload Foto ke Shutterstock, (4) Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online, dan (5) Cara Mencairkan Uang dari Shutterstock.

Di akhir artikel, kami juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait dengan cara menjual foto di Shutterstock secara online. Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai akhir. Kita mulai dengan membahas Apa itu Shutterstock.

Baca juga:

Apa itu Shutterstock?

Shutterstock adalah paltform yang menyediakan gambar, foto, video, vektor, dan music, karya para profesional di seluruh dunia. Para profesional dalam bidang-bidang tersebut bisa mengupload hasil karya-karya mereka di Shutterstock secara mandiri.

Misalnya, jika Anda adalah seorang fotografer yang mengoleksi banyak foto. Maka, Anda bisa mengupload foto-foto Anda tersebut ke Shutterstock. Hanya saja, agar bisa mengupload foto-foto tersebut Anda harus memiliki akun kontributor Shutterstock.

Bagi yang belum memiliki akun kontributor Shutterstock, setelah ini kami akan membahas cara atau langkah-langkah membuat akun kontributor Shutterstock. Sangat mudah, simpel, dan cepat.

Cara Membuat Akun Kontributor Shutterstock

Akun kontributor Shutterstock tidak sama dengan akun Shutterstock untuk pengguna. Akun kontributor Shutterstock adalah akun khusus para content creator profesional agar bisa mengupload hasil kerja mereka dan kemudian menjualnya di Shutterstock.

Sedangkan akun pengguna Shutterstock digunakan oleh mereka yang mau berselancar untuk melihat hasil kerja para content creator profesional dan membeli hasil kerja mereka melalui Shutterstock. Berikut ini adalah cara membuat akun kontributor Shutterstock.

1. Kunjungi https://submit.shutterstock.com
2. Pilih Sign Up

Cara Menjual Foto di Shutterstock - Sign Up
3. Mengisi Form Sign Up lalu klik Next

Cara Menjual Foto di Shutterstock - Mengisi Data Diri
4. Verifikasi Email

Buka email yang dikirim oleh Shutterstock. Jika tidak ada di folder Inbox, silakan cek folder Spam. Klik tulisan Please click here to verify your email yang berwarna biru. Setelah itu muncul Thanks, Your email has been verified, lalu klik Next.

5. Mengisi Form Alamat
6. Selesai

Setelah mengisi Form Alamat, akan ada halaman yang menampilkan pilihan untuk langsung mengupload karya (foto, vektor, dan sebaginya) atau menunju ke halaman Dashboard. Sampai di sini proses pendaftaran kontributor Shutterstock sudah selesai.

Setelah itu, alangkah baiknya terlebih dahulu melengkapi profil (paling tidak 50%, lebih lengkap lebih baik) baru kemudian mengupload foto atau karya-karya yang lain. Profil yang lengkap cenderung akan membuat para pengguna Shutterstock lebih mantap.

Bagi yang belum tau cara mengupload foto ke Shutterstock. setelah ini kami akan membahas cara atau langkah-langkah Mengupload Foto ke Shutterstock. Jadi simak terus artikel Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online ini sampai selesai.

Cara Mengupload Foto ke Shutterstock

Sebelum mengupload foto ke Shutterstock ada baiknya pastikan ukuran file foto yang akan diupload tersebut. Shutterstock mengharuskan foto yang akan diupload minimal berukuran 4 MB. Jika foto sudah siap, begini cara upload foto ke Shutterstock;

  1. Masuk ke Dashboard Kontributor Shutterstock
  2. Klik Upload Konten
  3. Klik Select Multiple Files lalu Next
  4. Mengisi Deskripsi Konten lalu klik Submit
  5. Selesai

Setelah proses Sumbit, konten yang diupload kemudian akan direview terlebih dahulu oleh Tim Shatterstock. Anda hanya tinggal menunggu sampai proses review selesai.

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Setelah proses upload atau unggah foto ke Shutterstock selesai, maka secara otomatis foto tersebut sudah bisa dibeli oleh para penggunna Shutterstock. Secara ringkas, langkah-langkah cara menjual foto di Shutterstock secara online adalah sebagai berikut;

  1. Buat akun kontributor Shutterstock
  2. Upload foto ke Shutterstock
  3. Foto dinyatakan layak oleh Tim Shutterstock
  4. Pengguna Shutterstock tertarik dengan foto tersebut
  5. Foto dibeli oleh pengguna Shutterstock
  6. Foto berhasil terjual
  7. Pencairan penghasilan dari Shutterstock
  8. Selesai

Jadi, cara menjual foto di Shutterstock sebenarnya sangat mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun kontributor Shutterstock. Setelah itu hanya tinggal mengupload foto ke Shutterstock dan menunggu review dari Tim Shutterstock.

Jika foto yang diupload dinyatakan layak untuk dijual di Shutterstock, maka foto akan dijual ke para pengguna Shutterstock. Shutterstock sebenarnya semacam marketplace yang menjual berbagai foto, gambar, video, vektor, dan sebagainya ke para penggunannya.

Tips Menjual Foto di Shutterstock

Ada 5 tips yang bisa dicoba agar foto yang diupload ke Shutterstock bisa laku lebih cepat. Semakin cepat laku artinya semakin banyak penghasilan yang didapat. Berikut ini adalah 5 tips cara menjual foto di Shutterstock agar bisa cepat terjual;

1. Foto tidak mengandung unsur SARA

Shutterstock tidak memperbolehkan foto yang mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar Golongan). Foto yang disubmit harus besar dari unsur SARA tersebut.

2. Foto dengan Resolusi Tinggi

Foto dengan resolusi tinggi akan jauh memiliki ketajaman ketimbang foto dengan resolusi yang rendah. Selain itu juga akan terlihat lebih memuaskan ketika dipandang.

3. Foto Memiliki Keunikan Tersendiri

Foto yang memiliki keunikan tersendiri akan memiliki nilai lebih dan cenderung akan banyak dipilih untuk misalnya, cover buku atau majalah, background, dan sebagainya.

4. Beri Deskripsi Semenarik Mungkin

Deskripsi yang menarik akan membuat pembeli foto tidak perlu lagi untuk menjelaskan atau membuat gambaran tentang foto tersebut. Hal itu tentu bisa menjadi nilai plus.

5. Beri Nama yang Search Engine Friendly

Terakhir, nama foto yang serach engine friendly akan membuat foto yang diupload untuk dijual tersebut akan menjadi lebih sering muncul di halaman pencarian.

Cara Mencairkan Uang dari Shutterstock

Tidak sedikit juga yang bertanya terkait cara pencairan penghasilan atau uang dari Shutterstock. Sampai saat ini, ada setidaknya 4 cara yang bisa digunakan untuk mencairakn penghasilan dari Shutterstock, yaitu via Check, PayPal, Payoneer, dan skrill.

  • Check

Cara pertama untuk mencairkan penghasilan di Shutterstock bisa melalui Check. Minimum pencairan via Check terbilang cukup besar, yaitu sekitar $500

  • PayPal

PayPal bisa menjadi alternatif lain untuk mencarikan penghasilan dari Shutterstock. Minimum pencairannya sendiri tidak besar, yakni hanya $35.

  • Payoneer

Alternatif lain bisa juga dengan menggunakan Payoneer. Sama seperti PayPal, pencairan minimum via Payonerr juga terbilang tidak besar, yakni $35.

  • Skrill

Terakhir, pencairan penghasilan dari Shutterstock bisa melalui Skrill. Seperti PayPal dan Payoneer, minimum pencairan penghasilan melalui Skrill adalah $35.

Alternatif Menjual Foto Selain di ShutterStock

Tidak hanya di Shutterstock, selain di Shutterstock, Anda juga bisa menjual foto secara online melalui Getty Images, Istockphoto, Adobe Stock, EyeEm, dan PhotoDune.

FAQ

  • Berapa harga jual foto di Shutterstock?

Untuk para pemula, satu foto bisanya diharga sebesar $0.25. Tapi, secara berkala harga tersebut akan mengalami kenaikan, yaitu menjadi $0.33, $0.36, dan $0.38.

  • Berapa lama foto bisa terjual di Shutterstock?

Tidak ada kepastian berapa lama foto bisa terjual di Shutterstock setelah diupload. Semua tergantung pada kualitas foto dan kebutuhan para pengguna Shutterstock.

Penutup

Demikian langkah-langkah cara menjual foto di Shutterstock secara online. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar sebagai kontributor Shutterstock bukan shutterstock biasa. Setelah itu upload foto dan pastikan lolos dari review Tim Shutterstock.

Semakin tinggi kualitas foto, akan semakin berpeluang terjual di Shutterstock. Selain itu, agar peluang terjualnya semakin tinggi, jangan lupa untuk memberikan deskripsi semenarik mungkin dan beri nama foto yang search engine friendy agar mudah ditemukan.

Bila menurut Anda artikel ini bermanfaat untuk orang-orang yang berada di sekitar Anda, maka jangan ragu untuk membagi artikel ini kepada mereka. Akhir kata, terima kasih sudah berkunjung ke website kami dan membaca artikel ini sampai selesai.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *