Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online Modal HP

Noer 13 Des 2021 4 Menit 0

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, foto saja bisa menghasilkan uang. Caranya mudah, salah satunya dengan jual saja ke Shutterstock. Jika tidak tahu caranya, simak artikel Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online ini sampai selesai.

Kami akan membahas seputar (1) Apa itu Sthutterstock, (2) Cara Membuat Akun Shutterstock, (3) Cara Mengupload Foto ke Shutterstock, (4) Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online, dan (5) Cara Mencairkan Uang dari Shutterstock.

Di akhir artikel, kami juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait dengan cara menjual foto di Shutterstock secara online. Oleh karena itu, simak terus artikel ini sampai akhir. Kita mulai dengan membahas Apa itu Shutterstock.

Baca juga:

Apa itu Shutterstock?

Shutterstock adalah paltform yang menyediakan gambar, foto, video, vektor, dan music, karya para profesional di seluruh dunia. Para profesional dalam bidang-bidang tersebut bisa mengupload hasil karya-karya mereka di Shutterstock secara mandiri.

Misalnya, jika Anda adalah seorang fotografer yang mengoleksi banyak foto. Maka, Anda bisa mengupload foto-foto Anda tersebut ke Shutterstock. Hanya saja, agar bisa mengupload foto-foto tersebut Anda harus memiliki akun kontributor Shutterstock.

Bagi yang belum memiliki akun kontributor Shutterstock, setelah ini kami akan membahas cara atau langkah-langkah membuat akun kontributor Shutterstock. Sangat mudah, simpel, dan cepat.

Cara Membuat Akun Kontributor Shutterstock

Akun kontributor Shutterstock tidak sama dengan akun Shutterstock untuk pengguna. Akun kontributor Shutterstock adalah akun khusus para content creator profesional agar bisa mengupload hasil kerja mereka dan kemudian menjualnya di Shutterstock.

Sedangkan akun pengguna Shutterstock digunakan oleh mereka yang mau berselancar untuk melihat hasil kerja para content creator profesional dan membeli hasil kerja mereka melalui Shutterstock. Berikut ini adalah cara membuat akun kontributor Shutterstock.

1. Kunjungi https://submit.shutterstock.com
2. Pilih Sign Up

Cara menjual foto di shutterstock - sign up
3. Mengisi Form Sign Up lalu klik Next

Cara menjual foto di shutterstock - mengisi data diri
4. Verifikasi Email

Buka email yang dikirim oleh Shutterstock. Jika tidak ada di folder Inbox, silakan cek folder Spam. Klik tulisan Please click here to verify your email yang berwarna biru. Setelah itu muncul Thanks, Your email has been verified, lalu klik Next.

5. Mengisi Form Alamat
6. Selesai

Setelah mengisi Form Alamat, akan ada halaman yang menampilkan pilihan untuk langsung mengupload karya (foto, vektor, dan sebaginya) atau menunju ke halaman Dashboard. Sampai di sini proses pendaftaran kontributor Shutterstock sudah selesai.

Setelah itu, alangkah baiknya terlebih dahulu melengkapi profil (paling tidak 50%, lebih lengkap lebih baik) baru kemudian mengupload foto atau karya-karya yang lain. Profil yang lengkap cenderung akan membuat para pengguna Shutterstock lebih mantap.

Bagi yang belum tau cara mengupload foto ke Shutterstock. setelah ini kami akan membahas cara atau langkah-langkah Mengupload Foto ke Shutterstock. Jadi simak terus artikel Cara Menjual Foto di Shutterstock Secara Online ini sampai selesai.

Cara Mengupload Foto ke Shutterstock

Sebelum mengupload foto ke Shutterstock ada baiknya pastikan ukuran file foto yang akan diupload tersebut. Shutterstock mengharuskan foto yang akan diupload minimal berukuran 4 MB. Jika foto sudah siap, begini cara upload foto ke Shutterstock;

  1. Masuk ke Dashboard Kontributor Shutterstock
  2. Klik Upload Konten
  3. Klik Select Multiple Files lalu Next
  4. Mengisi Deskripsi Konten lalu klik Submit
  5. Selesai

Setelah proses Sumbit, konten yang diupload kemudian akan direview terlebih dahulu oleh Tim Shatterstock. Anda hanya tinggal menunggu sampai proses review selesai.

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Setelah proses upload atau unggah foto ke Shutterstock selesai, maka secara otomatis foto tersebut sudah bisa dibeli oleh para penggunna Shutterstock. Secara ringkas, langkah-langkah cara menjual foto di Shutterstock secara online adalah sebagai berikut;

  1. Buat akun kontributor Shutterstock
  2. Upload foto ke Shutterstock
  3. Foto dinyatakan layak oleh Tim Shutterstock
  4. Pengguna Shutterstock tertarik dengan foto tersebut
  5. Foto dibeli oleh pengguna Shutterstock
  6. Foto berhasil terjual
  7. Pencairan penghasilan dari Shutterstock
  8. Selesai

Jadi, cara menjual foto di Shutterstock sebenarnya sangat mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun kontributor Shutterstock. Setelah itu hanya tinggal mengupload foto ke Shutterstock dan menunggu review dari Tim Shutterstock.

Jika foto yang diupload dinyatakan layak untuk dijual di Shutterstock, maka foto akan dijual ke para pengguna Shutterstock. Shutterstock sebenarnya semacam marketplace yang menjual berbagai foto, gambar, video, vektor, dan sebagainya ke para penggunannya.

Tips Menjual Foto di Shutterstock

Ada 5 tips yang bisa dicoba agar foto yang diupload ke Shutterstock bisa laku lebih cepat. Semakin cepat laku artinya semakin banyak penghasilan yang didapat. Berikut ini adalah 5 tips cara menjual foto di Shutterstock agar bisa cepat terjual;

1. Foto tidak mengandung unsur SARA

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Noer
Ditulis oleh

Noer

Freelance Writer di Pintarjualan.id menyajikan konten-konten yang bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com