5 Cara Menjual Barang ke Luar Negeri (Ekspor) Lewat Internet

Noer 12 Des 2021 5 Menit 0

Menjual barang ke luar negeri bisa jadi alternatif untuk mengembangkan bisnis dan memperluas pangsa pasar. Oleh karena itu, kami akan membahas seputar cara menjual barang ke luar negeri kali ini.

Beberapa topik yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah cara memulai menjual barang ke luar negeri, persiapan yang musti dilakukan, serta cara dan tips menjual barang ke luar negeri.

Selain itu, diakhir artikel ini, seperti biasa, kami juga akan membahas seputar pertayaan-pertanyaan yang sering muncul terkait dengan cara menjual barang keluar negeri.

Seperti misalnya, pertanyaan terkait langkah-langkah menjual barang ke luar negeri, marketplace yang bisa digunakan, dan sebagainya. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai selesai.

Baca juga:

Cara Memulai Menjual Barang ke Luar Negeri

Cara yang pertama adalah perhatikan hal-hal yang terkait dengan perizinan. Terutama terkait jenis perizinan yang musti terpenuhi sebelum barang dapat beredar di negara-negara tujuan.

Dikutip dari UKM Indonesia, jenis perizinan tersebut tidak sama di setiap negara. Seperti di Amerika misalnya, syarat yang musti terpenuhi sebelum memasarkan atau mengedarkan makanan adalah mendapat sertifikat edar dari Food and Drugs Administration atau FDA.

Tidak seperti Amerika, memasarkan atau mengedarkan makanan kepada orang Indonesia di Hongkong cukup dengan memiliki izin dari Pangan Industri Rumah Tangga atau P-IRT.

Selain memperhatikan perizinan yang terkait dengan negara-negara tujuan, perhatian juga perizinan ekspor berdasarkan UU pabean yang masih berlaku di Indonesia.

Setelah hal-hal yang terkait perizinan selesai, cara yang kedua, sebelum memulai menjual barang ke luar negeri adalah pastikan produk yang akan dieskpor berkualitas baik.

Selain kedua cara di atas, ada juga 3 hal yang musti perhatikan sebelum menjual barang keluar negeri, yaitu pilih produk yang tepat, tentukan negara tujuan, dan siapkan media promosi.

Cara Menjual Barang ke Luar Negeri

1. Lewat Marketplace Internasional

Ada 7 marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk menjual barang-barang ke luar negeri yaitu Amazon, eBay, Alibaba, Rakuten, Etsy, dan Facebook Marketplace.

    • Amazon

Cara menjual barang ke luar negeri lewat amazon

Amazon adalah salah satu marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk menjual barang-barang ke luar negeri saat ini. Kantor pusat Amazon berada di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Awalnya, Amazon hanya menjual buku. Namun setelah itu mulai merambah ke banyak produk seperti DVD, CD, video, MP3, software, video game, elektronik, pakaian, furnitur, dan lain-lain.

Pada tahun 1994 Jeff Bezos, CEO Amazon, mulai mengembangkan perusahaan tesrebut menjadi perusahaan yang berbasis online melalui website resminya amazon.com.

  • eBay

Cara menjual barang ke luar negeri lewat ebay

eBay didirikan oleh Pierre Omidyar dan bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat. Berdiri pada tahun 1995, pada awalnya Ebay adalah tempat untuk berdagang barang-barang langka.

Namun di kemudian hari eBay mengizinkan penggunanya untuk menjual segala jenis barang. Website eBay sendiri menyediakan banyak bahasa (multibahasa) untuk para penggunanya.

  • Alibaba

Cara menjual barang ke luar negeri lewat alibaba

Alibaba berdiri pada tahun 1999. Didirakan oleh Jack Ma dan 17 kawannya. Hal pertama yang mereka lakukan dalam memulai bisnisnya adalah meluncurkan situs alibaba.com.

Kisah Alibaba bermula dari apartemen Jack Ma di Lakeside Gardens, Hangzhou, China. Ia mengibaratkan Alibaba sebagai seorang yang pintar dan gemar membantu orang-orang di desa yang memiliki bisnis kecil dan menengah.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Noer
Ditulis oleh

Noer

Freelance Writer di Pintarjualan.id menyajikan konten-konten yang bermanfaat untuk anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com