5 Cara Menjual Barang ke Luar Negeri (Ekspor) Lewat Internet

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
12 Desember 2021
Waktu membaca
6 Menit

Menjual barang ke luar negeri bisa jadi alternatif untuk mengembangkan bisnis dan memperluas pangsa pasar. Oleh karena itu, kami akan membahas seputar cara menjual barang ke luar negeri kali ini.

Beberapa topik yang akan kami bahas dalam artikel ini adalah cara memulai menjual barang ke luar negeri, persiapan yang musti dilakukan, serta cara dan tips menjual barang ke luar negeri.

Selain itu, diakhir artikel ini, seperti biasa, kami juga akan membahas seputar pertayaan-pertanyaan yang sering muncul terkait dengan cara menjual barang keluar negeri.

Seperti misalnya, pertanyaan terkait langkah-langkah menjual barang ke luar negeri, marketplace yang bisa digunakan, dan sebagainya. Oleh karena itu, simak artikel ini sampai selesai.

Baca juga:

Cara Memulai Menjual Barang ke Luar Negeri

Cara yang pertama adalah perhatikan hal-hal yang terkait dengan perizinan. Terutama terkait jenis perizinan yang musti terpenuhi sebelum barang dapat beredar di negara-negara tujuan.

Dikutip dari UKM Indonesia, jenis perizinan tersebut tidak sama di setiap negara. Seperti di Amerika misalnya, syarat yang musti terpenuhi sebelum memasarkan atau mengedarkan makanan adalah mendapat sertifikat edar dari Food and Drugs Administration atau FDA.

Tidak seperti Amerika, memasarkan atau mengedarkan makanan kepada orang Indonesia di Hongkong cukup dengan memiliki izin dari Pangan Industri Rumah Tangga atau P-IRT.

Selain memperhatikan perizinan yang terkait dengan negara-negara tujuan, perhatian juga perizinan ekspor berdasarkan UU pabean yang masih berlaku di Indonesia.

Setelah hal-hal yang terkait perizinan selesai, cara yang kedua, sebelum memulai menjual barang ke luar negeri adalah pastikan produk yang akan dieskpor berkualitas baik.

Selain kedua cara di atas, ada juga 3 hal yang musti perhatikan sebelum menjual barang keluar negeri, yaitu pilih produk yang tepat, tentukan negara tujuan, dan siapkan media promosi.

Cara Menjual Barang ke Luar Negeri

 1. Lewat Marketplace Internasional

Ada 7 marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk menjual barang-barang ke luar negeri yaitu Amazon, eBay, Alibaba, Rakuten, Etsy, dan Facebook Marketplace.

    • Amazon

Cara Menjual Barang ke Luar Negeri Lewat Amazon

Amazon adalah salah satu marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk menjual barang-barang ke luar negeri saat ini. Kantor pusat Amazon berada di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Awalnya, Amazon hanya menjual buku. Namun setelah itu mulai merambah ke banyak produk seperti DVD, CD, video, MP3, software, video game, elektronik, pakaian, furnitur, dan lain-lain.

Pada tahun 1994 Jeff Bezos, CEO Amazon, mulai mengembangkan perusahaan tesrebut menjadi perusahaan yang berbasis online melalui website resminya amazon.com.

  • eBay

Cara Menjual Barang ke Luar Negeri Lewat eBay

eBay didirikan oleh Pierre Omidyar dan bermarkas di San Jose, California, Amerika Serikat.  Berdiri pada tahun 1995, pada awalnya Ebay adalah tempat untuk berdagang barang-barang langka.

Namun di kemudian hari eBay mengizinkan penggunanya untuk menjual segala jenis barang. Website eBay sendiri menyediakan banyak bahasa (multibahasa) untuk para penggunanya.

  • Alibaba

Cara Menjual Barang ke Luar Negeri Lewat Alibaba

Alibaba berdiri pada tahun 1999. Didirakan oleh Jack Ma dan 17 kawannya. Hal pertama yang mereka lakukan dalam memulai bisnisnya adalah meluncurkan situs alibaba.com.

Kisah Alibaba bermula dari apartemen Jack Ma di Lakeside Gardens, Hangzhou, China. Ia mengibaratkan Alibaba sebagai seorang yang pintar dan gemar membantu orang-orang di desa yang memiliki bisnis kecil dan menengah.

Alibaba kemudian hadir dengan harapan bisa menjadi pintu bagi mereka para pebisnis kecil untuk mendapatkan lebih banyak pembeli dari luar negeri. Akhirnya, Alibaba berhasil memperluas bisnisnya hingga ke berbagai sektor, mulai marketplace hingga ke industri film dan fintech.

  • Rakuten

Marketplace Luar Negeri Rakunten

Rakuten adalah perusahaan internet dan perdagangan elektronik Jepang yang berpusat di Tokyo, Jepang. Hiroshi Mikitani mendirikan perusahaan ini pada Februari 1997 dan ia berperan sebagai CEO.

Melansir dari Inet Detik, Rakuten menggaet beberapa merchant. Baik yang hanya ada di Indonesia ataupun merek global seperti Yamaha, Panasonic, Pocari Sweat, dan lain-lain.

Rakuten memberi kemudahan bagi para pelanggan untuk melakukan transaksi. Mulai dari online payment internet banking, ATM, hingga cash on delivery (COD) begitu barang sampai di tujuan.

  • Etsy

Marketplace Luar Negeri Etsy

Etsy adalah marketplace alias pasar online bagi para pengrajin berbagai produk kerajinan tangan, dari lukisan abstrak, aksesoris perak, sweater rajutan, hingga ukiran kayu dan website mungil.

Mengingat bahwa Etsy ini fokusnya ke handmade dan vintage, Etsy sangat digemari oleh para crafter atau maker atau kolektor atau pecinta barang lawas di seluruh dunia.

Jika kita bekerja dari rumah dan menghasilkan produk kerajinan cottage industry, maka Etsy adalah tempat yang tepat untuk menjual karya-karya kita.

  • Facebook Marketplace

Facebook Marketplace adalah pilihan tepat lainnya selain marketplace-marketplace sebelumnya. Mengingat bahwa Facebook merupakan media sosial yang lebih dari 800 juta orang menggunakannya.

Orang-orang menggunakan dan mengakses Facebook setiap harinya dalam rangka menelusuri saja hingga membeli atau menjual barang.

Facebook Marketplace adalah pilihan yang sangat menarik bagi para penjual, apalagi bagi penjual pemula karena berjualan tanpa biaya atau komisi daftar yang ditetapkan.

2. Google Ads

Google Ads merupakan salah satu cara paling cepat untuk menjual barang ke luar negeri. Googel Ads memang memudahkan kita dalam segala hal termasuk dalam berbisnis dan menjual produk.

Dengan menggunakan Google Ads dan Landing Page yang benar dapat mempercepat penjualan barang yang kita jual bahkan dalam waktu satu menit atau kurang.

3. Facebook Ads

Facebook Ads atau Iklan Facebook adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page atau website yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan sendiri.

4. Email Marketing

Email marketing adalah salah satau teknik menjual barang dengan cara menawarkannya melalui email. Email biasanya berisi tentang promo khusu barang-barang tertentu. Email marketing bisa membantu kita untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

5. Bekerja Sama dengan Perusahaan Asing

Kita bisa bekerja sama dengan perusahaan asing mulai dari mencari partner usaha secara online melalui Google, Facebook maupun website direktori usaha seperti alibaba.com.

6. Ikut Kegiatan Pameran Dagang

Selain lewat internet, cara menjual barang ke luar negeri juga bisa dengan langsung seperti melalui pameran tertentu. Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyampaikan bahwa pameran virtual merupakan sebuah terobosan dalam mengerek ekspor dan ekonomi nasional.

Tips Menjual Barang ke Luar Negeri

Ada 3 tips menjual barang ke luar negeri di era serba digital seperti sekarang ini, yaitu memiliki website sendiri, menggunakan kata kunci yang mudah ditemukan dan tepat.

1. Memiliki Website yang Sesuai Target 

Website menjadi salah satu peranti penting dalam berjualan di era serba digital seperti sekarang ini jika kita mengetahui cara mengoptimalkannya. Konon website memiliki peluang yang lebih besar untuk mempromosikan barang daripada sekadar memasarkannya melalui marketplace

2. Search Engine Friendly

Pemasaran barang secara online dengan mengandalkan internet, menuntut kita untuk memahami apa yang disukai para pemakai internet. Search engine friendly mempunyai nilai strategis supaya pemakai internet dapat menemukan website yang kita miliki berdasarkan kata kunci yang mereka gunakan.

3. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Terakhir, tidak saja search engine friendly tetapi juga pastikan bahwa kata kunci yang kita gunakan itu benar-benar tepat. Misalnya jika kita berjualan makanan atau pakaian, maka kita harus mengerti dan menggunakan kata kunci yang tepat makanan atau pakaian tersebut.

FAQ

  • Bagaimana langkah-langkah menjual barang ke luar negeri?

Langkah-langkah yang musti ditempuh adalah (1) sediakan produk, (2) tentukan negara tujuan, (3) urus perizinan, dan terakhir (4) siapkan atau gunakan media promosi yang tepat.

  • Apa saja marketplace yang bisa digunakan untuk menjual barang ke luar negeri?

Ada paling tidak 7 marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk menjual barang ke luar negeri, yaitu (1) Amazon, (2) eBay, (3) Alibaba, (4) Rakuten, (6) Etsy, dan (7) Facebook Marketplace.

  • Apa nama lain menjual barang ke luar negeri?

Nama lain menjual barang ke luar negeri adalah Ekspor. Menurut UU tentang Kepabeanan Pasal 1 Nomor 14 Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari Daerah Pabean.

Penutup

Begitu kira-kira cara menjual barang ke luar negeri lewat internet. Mengantongi izin adalah hal yang wajib sebelum mengedarkan barang-barang atau produk ke luar negeri.

Baik izin terkait dengan dengan negara-negara tujuan maupun UU kepabeanan. Tanpa perizinan tersebut, aktivitas menjual barang ke luar negeri bisa menjadi ilegal atau melanggar hukum.

Demikian artikel tentang 5 Cara Menjual Barang ke Luar Negeri. Terima kasih telah mengikuti artikel ini sampai selesai. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *