Advertisement

Cara Belanja di eBay dari Indonesia yang Aman Untuk Pemula

Diterbitkan pada
26 Oktober 2021
Waktu membaca
8 Menit

Pintar Jualan ~ Cara belanja di eBay sebetulnya cukup gampang, sama seperti transaksi di ecommerce pada umumnya. Namun, eBay adalah platform internasional yang masih awam bagi masyarakat Indonesia. Alhasil, banyak orang belum paham cara berbelanja di platform ini, mungkin termasuk Anda.

Maka dari itu, melalui artikel berikut kami akan mengulas tuntas mengenai eBay dan tutorial cara belanja aman di eBay, mulai dari:

  • cara daftar akun
  • cara belanja, dan
  • cara bayar di eBay.

Di artikel berikut kami juga tambahkan ulasan singkat mengenai apa itu eBay dan syarat serta ketentuan pajaknya. Tapi sebelum itu, silahkan ketuk tombol Bookmark di pojok kanan atas untuk menyimpan artikel ini sebagai referensi. Sudah? Mari kita lanjutkan.

Sekilas tentang eBay

ebay

Buat kalian yang masih belum tahu, kita akan kupas sedikit mengenai apa itu eBay. Mulai dari pengertiannya, produk apa saja yang ada di sana dan banyak lagi. Jangan stop disini, scroll terus yaa..

eBay Aplikasi Apa?

Jadi, apa artinya eBay? eBay merupakan pasar online atau ecommerce dunia yang menjadi ajang transaksi (jual beli barang) yang didirikan tahun 1995 di Amerika Serikat.

Awalnya, eBay adalah situs lelang online namun kini berkembang sebagai situs jual beli segala jenis barang. Sampai sekarang fitur lelang masih tersedia di eBay dan menjadi salah satu fitur andalan platform ini.

Baca Juga: Tutorial Cara Belanja di IKEA Indonesia [Via Online & Datang ke Toko]

Apa yang Bisa Dibeli di eBay?

Disini Anda bisa menemukan apa saja. Tercatat sudah ada 103,6 juta jenis produk dari seluruh dunia dengan penambahan sebanyak 6,1 juta barang tiap harinya.

Barang apapun tersedia di situs ini. Ada berbagai kategori yang bisa Anda temukan, seperti:

  • barang elektronik
  • fashion
  • koleksi dan seni
  • perlengkapan rumah tangga, kantor, sekolah
  • alat olahraga
  • peralatan memancing
  • kendaraan roda 2 dan 4
  • dan banyak lagi.

Banyaknya barang yang tersedia di eBay membuatnya sangat diminati. Bahkan, eBay adalah salah satu saingan terkuat Amazon yang sama-sama berasal dari negri Paman Sam.

Apakah Bisa Belanja di eBay dari Indonesia?

Tentu. Karena eBay adalah ecommerce dunia, maka pembeli dari negara manapun bisa melakukan transaksi jual beli, termasuk Indonesia. Artinya kita bisa menjual atau membeli barang dari luar negeri ke Indonesia atau sebaliknya.

Bahkan, ada cukup banyak masyarakat kita yang sangat hobi belanja di eBay hingga membentuk komunitas ebay Indonesia. Komunitas tersebut bertujuan untuk memberikan informasi mengenai platform ini ke masyarakat luas.

Namun perlu Anda ketahui, pengiriman barang sangat tergantung pada seller atau penjual eBay. Tidak semua penjual melayani pengiriman ke negara lain dan lebih konsentrasi pada pengiriman dalam negeri di wilayah Amerika saja.

Ketika menemukan masalah semacam ini, biasanya customer dari Indonesia menggunakan jasa forwarder dari negara asal untuk melakukan pengiriman ke Indonesia.

Sampai sini, apakah sudah cukup paham? Jika begitu, mari lanjut ke tutorial cara belanja di eBay bagi pemula. Kalau kamu benar-benar pengguna baru, sebaiknya simak tutorial sampai selesai ya.

Untuk belanja barang impor, ada alternatif lain selain di eBay, salah satunya Alibaba. Untuk caranya, silahkan baca juga artikel berikut:

Cara Belanja di Alibaba untuk Mendapatkan Supplier yang Lebih Murah.

Cara Belanja di eBay

Untuk bisa melakukan transaksi pembelian di eBay, Anda harus melewati 3 alur berikut:

Pertama, kunjungi situs eBay dan mendaftar akun.

Kedua, belanja atau memilih barang. Pada langkah ini, Anda akan dihadapkan pada 3 metode pembelian barang yaitu:

    1. Buy It Now, pembelian biasa yang ada pada ecomerce lainnya. Yakni dengan klik Buy dan memproses pembayaran.
    2. Auction, biasa disebut LELANG. Metode ini mengunakan sistem lelang dimana pemenang lelang dengan harga sesuai yang bisa membeli barang.
    3. Make Offer, fitur tawar menawar harga antara penjual dan pembeli. Artinya, Anda bisa menawar harga lebih rendah dari yang ditawarkan oleh penjual.

Ketiga, membayar atau melakukan pembayaran. Pembayaran di eBay tersedia dalam berbagai macam pilihan, yaitu:

  1. PayPal
  2. Paymate
  3. Kartu Kredit
  4. Moneybookers
  5. Selain kartu kredit.

Jadi, pastikan Anda memiliki satu akun dari sekian metode pembayaran agar bisa berbelanja di eBay.

Keempat, proses pengiriman. Setelah pembayaran sukses makan barang akan dikirim melalui Pos Indonesia, DHL, Fedex, UPS, atau Aramex. Lama pengiriman beragam, biasanya memakan waktu hingga 1-2 minggu atau lebih.

Nah, sekarang mari lanjut untuk menyimak penjelasan dan tutorial selengkapnya.

Halaman Selanjutnya
Cara Daftar Akun eBay...

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

More than delighted to help people grow their business better everyday by crafting best strategic of digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *