Advertisement

Cara Belanja di 1688 ke Indonesia [Dari Daftar Sampai Checkout]

Diterbitkan pada
29 Oktober 2021
Waktu membaca
6 Menit

Cara belanja di 1688 dari Indonesia memang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Sebab 1688 adalah marketplace lokal Cina yang situsnya menggunakan Bahasa Mandarin.

Selain itu, prosedur pembelian dan pengiriman cukup rumit khususnya bagi customer yang tinggal di luar wilayah Tiongkok. Namun jangan khawatir. Anda tetap bisa membeli barang impor baik secara retail maupun grosir di 1688.

Kalau Anda ngin tahu bagaimana cara belanja di 1688, simak informasi ini sampai selesai.

Apa itu 1688?

Sebelum ke pembahasan utama, yuk kenalan dulu sama 1688 khususnya bagi kalian yang masih awam dengan platform ini.

Jadi, 1688 adalah situs marketplace buatan Cina yang berada di bawah naungan Alibaba Group. Satu manajemen dengan AliExpress, TMall dan Taobao. Bedanya, 1688 didesain khusus sebagai market lokal Tiongkok yang terkenal murah untuk transaksi retail maupun grosir.

Jika di Alibaba Anda harus membeli barang dengan minimum order, disini tidak demikian. Pembeli bebas membeli barang dalam jumlah yang mereka inginkan tanpa ada ketentuan minimal order.

1688 memang bukan satu-satunya platform belanja barang impor dari Cina. Tapi di 1688 kemungkinan mendapatkan harga paling murah cukup tinggi. Terlebih jika Anda belanja secara grosir dalam jumlah besar.

Alternatif lain beli barang impor murah bisa juga di situs Aliexpress. Khusus pemula, kami ada tutorial cara belanja di Aliexpress yang lengkap dan mudah.

Baca Juga: Cara Belanja di TikTok Shop untuk Pemula dari Daftar Sampai Checkout.

Kelebihan 1688

Salah satu kelebihan 1688 adalah merupakan pusat grosir online barang impor China termurah. Di 1688 Anda bisa langsung membeli barang dari supplier tangan pertama tanpa perantara sehingga harganya jauh lebih miring.

1688 cocok bagi penjual dalam negri yang ingin berbelanja secara grosir untuk dijual kembali di Indonesia. Cara mencari supplier di 1688 juga cukup mudah karena sistemnya hampir sama dengan marketplace lokal seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak.

Selain murah, pembeli 1688 juga bisa melakukan penawaran harga. Semakin banyak barang yang dibeli maka harga juga bisa semakin murah.

Apabila ingin mendapatkan pilihan supplier yang lebih banyak, pilihan terbaik adalah di situs Alibaba. Berikut tutorial cara belanja di Alibaba agar bisa menemukan supplier termurah.

Kekurangan 1688

Yang menjadi kekurangan 1688 adalah bahasa yang tersedia di situs tersebut hanya Bahasa Mandarin. Selain itu, kebanyakan supplier juga belum fasih dalam berbahasa Inggris sehingga akan cukup merepotkan.

Namun masalah tersebut bisa diatasi dengan memasang ekstension Google Translate untuk mengubah bahasa pada situs tersebut. Pengguna bisa menstranslate dari Bahasa Mandarin ke bahasa apa saja, termasuk English dan indonesian.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sistem pembayaran di 1688. Berbeda dengan eBay, Aliexpress dan Alibaba, cara pembayaran di 1688 menggunakan metode khusus yang belum familiar di Indonesia.

Hal ini dikarenakan 1688 hanya menyediakan transaksi dengan Yuan melalui bank lokal Cina, AliPay dan WeChat. Jadi untuk belanja di situs 1688 dari Indonesia pastikan Anda punya salah satu akun dari tiga platform tersebut.

Baca Juga: Cara Belanja di eBay dari Indonesia yang Aman Untuk Pemula.

Cara Belanja di 1688 Ke Indonesia

Meskipun terlihat rumit, tapi sebetulnya Anda bisa kok belanja sendiri tanpa melalui perantara 1688 atau 1688 agent Indonesia. Namun, untuk sistem pembayaran perantara dan pengiriman harus menggunakan jasa forwarder 1688.

Lantas, bagaimana cara mudah belanja di 1688 di 1688 ke Indonesia? Berikut tutorial selengkapnya.

1. Buat akun AliPay

alipay

 

Sebelum ke cara belanja barang di 1688, Anda wajib membuat akun AliPay terlebih dahulu (jika belum ada).

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengunduh aplikasi AliPay di Google Play atau Apps Store di perangkat mobile. Lalu mendaftarkan akun menggunakan paspor dan nomor HP. Atau bisa juga dengan mengaktifkan akun di situs Taobao.

2. Ubah Bahasa

ekstensi g translator

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, satu-satunya bahasa yang tersedia di situs 1688 adalah Bahasa Mandarin. Jika Anda tidak mengerti bahasa tersebut harus mengganti ke Bahasa Inggris (default) atau Bahasa Indonesia.

Cara mengubah bahasa di 1688 adalah sebagai berikut:

  • Install ekstensi Google Translator pada Google Chrome. Kunjungi Chrome Web Store > Google Translate > Tambahkan Ekstensi.

Ekstensi ini berfungsi untuk mentranslate bahasa secara otomatis termasuk item yang tidak bisa diubah oleh Google Translate bawaan.

  • Buka Situs 1688.com, lalu klik Translated to pada pojok kiri atas halaman browser, pilih bahasa yang diinginkan.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

More than delighted to help people grow their business better everyday by crafting best strategic of digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *