Cara Belanja di 1688 ke Indonesia [Dari Daftar Sampai Checkout]

Penulis
Ayu Triworo
Diterbitkan pada
29 Oktober 2021
Waktu membaca
6 Menit

Cara belanja di 1688 dari Indonesia memang cukup membingungkan bagi sebagian orang. Sebab 1688 adalah marketplace lokal Cina yang situsnya menggunakan Bahasa Mandarin. 

Selain itu, prosedur pembelian dan pengiriman cukup rumit khususnya bagi customer yang tinggal di luar wilayah Tiongkok. Namun jangan khawatir. Anda tetap bisa membeli barang impor baik secara retail maupun grosir di 1688.

Kalau Anda ngin tahu bagaimana cara belanja di 1688, simak informasi ini sampai selesai.  

Apa itu 1688?

Sebelum ke pembahasan utama, yuk kenalan dulu sama 1688 khususnya bagi kalian yang masih awam dengan platform ini. 

Jadi, 1688 adalah situs marketplace buatan Cina yang berada di bawah naungan Alibaba Group. Satu manajemen dengan AliExpress, TMall dan Taobao. Bedanya, 1688 didesain khusus sebagai market lokal Tiongkok yang terkenal murah untuk transaksi retail maupun grosir. 

Jika di Alibaba Anda harus membeli barang dengan minimum order, disini tidak demikian. Pembeli bebas membeli barang dalam jumlah yang mereka inginkan tanpa ada ketentuan minimal order. 

1688 memang bukan satu-satunya platform belanja barang impor dari Cina. Tapi di 1688 kemungkinan mendapatkan harga paling murah cukup tinggi. Terlebih jika Anda belanja secara grosir dalam jumlah besar.

Alternatif lain beli barang impor murah bisa juga di situs Aliexpress. Khusus pemula, kami ada tutorial cara belanja di Aliexpress yang lengkap dan mudah.

Baca Juga: Cara Belanja di TikTok Shop untuk Pemula dari Daftar Sampai Checkout.

Kelebihan 1688

Salah satu kelebihan 1688 adalah merupakan pusat grosir online barang impor China termurah. Di 1688 Anda bisa langsung membeli barang dari supplier tangan pertama tanpa perantara sehingga harganya jauh lebih miring. 

1688 cocok bagi penjual dalam negri yang ingin berbelanja secara grosir untuk dijual kembali di Indonesia. Cara mencari supplier di 1688 juga cukup mudah karena sistemnya hampir sama dengan marketplace lokal seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak

Selain murah, pembeli 1688 juga bisa melakukan penawaran harga. Semakin banyak barang yang dibeli maka harga juga bisa semakin murah.

Apabila ingin mendapatkan pilihan supplier yang lebih banyak, pilihan terbaik adalah di situs Alibaba. Berikut tutorial cara belanja di Alibaba agar bisa menemukan supplier termurah.

Kekurangan 1688

Yang menjadi kekurangan 1688 adalah bahasa yang tersedia di situs tersebut hanya Bahasa Mandarin. Selain itu, kebanyakan supplier juga belum fasih dalam berbahasa Inggris sehingga akan cukup merepotkan. 

Namun masalah tersebut bisa diatasi dengan memasang ekstension Google Translate untuk mengubah bahasa pada situs tersebut. Pengguna bisa menstranslate dari Bahasa Mandarin ke bahasa apa saja, termasuk English dan indonesian. 

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sistem pembayaran di 1688. Berbeda dengan eBay, Aliexpress dan Alibaba, cara pembayaran di 1688 menggunakan metode khusus yang belum familiar di Indonesia.

Hal ini dikarenakan 1688 hanya menyediakan transaksi dengan Yuan melalui bank lokal Cina, AliPay dan WeChat. Jadi untuk belanja di situs 1688 dari Indonesia pastikan Anda punya salah satu akun dari tiga platform tersebut. 

Baca Juga: Cara Belanja di eBay dari Indonesia yang Aman Untuk Pemula.

Cara Belanja di 1688 Ke Indonesia

Meskipun terlihat rumit, tapi sebetulnya Anda bisa kok belanja sendiri tanpa melalui perantara 1688 atau 1688 agent Indonesia. Namun, untuk sistem pembayaran perantara dan pengiriman harus menggunakan jasa forwarder 1688.

Lantas, bagaimana cara mudah belanja di 1688 di 1688 ke Indonesia? Berikut tutorial selengkapnya.

1. Buat akun AliPay

alipay

 

Sebelum ke cara belanja barang di 1688, Anda wajib membuat akun AliPay terlebih dahulu (jika belum ada). 

Caranya cukup mudah yaitu dengan mengunduh aplikasi AliPay di Google Play atau Apps Store di perangkat mobile. Lalu mendaftarkan akun menggunakan paspor dan nomor HP. Atau bisa juga dengan mengaktifkan akun di situs Taobao. 

2. Ubah Bahasa 

ekstensi g translator

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, satu-satunya bahasa yang tersedia di situs 1688 adalah Bahasa Mandarin. Jika Anda tidak mengerti bahasa tersebut harus mengganti ke Bahasa Inggris (default) atau Bahasa Indonesia. 

Cara mengubah bahasa di 1688 adalah sebagai berikut:

  • Install ekstensi Google Translator pada Google Chrome. Kunjungi Chrome Web Store > Google Translate > Tambahkan Ekstensi.

Ekstensi ini berfungsi untuk mentranslate bahasa secara otomatis termasuk item yang tidak bisa diubah oleh Google Translate bawaan. 

  • Buka Situs 1688.com, lalu klik Translated to pada pojok kiri atas halaman browser, pilih bahasa yang diinginkan.

Jika cara di atas masih cukup sulit, Anda bisa tinggal copy & paste halaman www.1688.com Indonesia berikut:

https://translate.google.com/translate?hl=id&sl=zh-CN&u=http://www.1688.com/ 

Setelah itu pilih Indonesian seperti pada gambar di bawah ini. 

3. Buka Halaman Situs 1688

translate bahasa di 1688

Apabila ekstensi sudah dipasang, Anda bisa langsung mengunjungi situs 1688 melalui link berikut: https://home.1688.com/

Jika tampilan masih dalam Bahasa Mandarin, klik ikon ekstensi Google Translate lalu pilih Indonesian. Sebagian aspek mungkin tidak muncul dalam Bahasa Indonesia karena defaultnya adalah Bahasa Inggris.

Baca Juga: Tutorial Cara Belanja di IKEA Indonesia [Via Online & Datang ke Toko]

4. Daftar Akun

DAFTAR AKUN 1688

Untuk bisa berbelanja di situs ini, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Caranya klik ikon Daftar Gratis. Di halaman Pendaftaran Akun,  isi data diri Anda dengan cara menstranslate setiap frame satu persatu seperti gambar di bawah ini. 

DAFTAR AKUN 1688 2

Bagian ini memang agak rumit karena kalian harus transLate satu per satu bagian sebelum mengisinya. Silahkan minta bantuan saudara atau teman Anda yang mengerti tulisan Bahasa Mandarin jika ingin lebih cepat. 

Tips: sebaiknya daftarkan personal account jika Anda ingin belanja untuk keperluan pribadi. Selain itu, pakai nomor lokal Cina (+86) agar proses pendaftaran akun lebih mudah.

5. Belanja Barang

cara belanja di 1688

Apabila pembuatan akun selesai, silahkan lakukan 1688.com login untuk mulai mencari dan memilih barang. Cari barang melalui fitur Kategori yang tersedia di halaman utama atau ketik nama barang yang ingin dicari. 

Lihat detail dan harga produk dengan teliti. Jangan lupa cek stok barang, testimoni serta rating seller. Anda juga bisa berkomunikasi langsung dengan penjual lewat fitur chat yang tersedia. 

Ingat, selalu klik dan aktifkan fitur ekstensi Google Translate untuk mengubah bahasa pada setiap halaman yang tampil. Karena situs 1688 akan terus menampilkan bahasa Mandarin pada setiap halaman baru.

6. Checkout Pesanan

cara belanja di 1688

Setelah memilih dan mendapatkan barang yang tepat, klik menu Pesan Sekarang / Order Now untuk memasukkan pesanan ke keranjang. Cek detail pesanan, biaya ongkir dan jumlah total pesanan, klik Submit Order dna lakukan pembayaran menggunakan akun AliPay. 

Setelah klik Submit Order, Anda akan diarahkan ke halaman akun Alipay. Jika Anda tidka punya akun bank rekening lokal Cina atau akun AliPay belum terverifikasi, maka Anda harus memilih opsi Someone to Pay untuk memproses pembayaran. 

Artinya, Anda memakai agen perantara atau 1688 agent Indonesia untuk melakukan pembayaran serta menyelesaikan proses pemesanan. 

Untuk pembayaran, selain menggunakan AliPay, tersedia pilihan lainnya yaitu transfer bank lokal Cina dan WeChat.

7. Pengiriman Barang

Pengiriman barang di 1688 tentu berbeda dari Shopee atau Tokopedia karena melibatkan sistem ekspor-impor luar negeri. Umumnya, pengiriman dari 1688 ke Indonesia menggunakan jasa perantara atau forwarder. 

Untuk itu, gunakan perantara yang terpercaya agar barang sampai dengan aman. Jangan lupa untuk rutin bertanya mengenai progres pengiriman barang. 

Baca Juga: Cara Dropship dari Shopee ke Shopee dari Nol Hingga Dapat Orderan

FAQ

Situs belanja online 1688 adalah hal baru yang masih awam bagi masyarakat Indonesia. Melalui FAQ beriktu kita akan tambah wawasan sedikit. 

Apakah 1688 aman?

Sejauh ini aman. Sebab uang pembayaran secara otomatis langsung masuk ke pihak 1688, bukan ke seller jadi dapat meminimalisir penipuan. 

Apakah 1688 bisa kirim ke Indonesia?

Tentu bisa. Hanya saja barang tidak langsung dikirim ke Indonesia melainkan melalui forwarder. Jadi, Anda harus memasukkan alamat forwarder atau alamat jasa ekspedisi yang Anda pakai di Cina ke supplier sebelum chekout pesanan. 

Apa beda Taobao dan 1688?

Taobao dan 1688 merupakan marketplace yang sama-sama anak perusahaan Alibaba Group. Yang membedakan keduanya adalah sistem belanja. 1688 lebih cocok untuk belanja grosir karena semakin banyak barang yang dibeli semakin murah. 

Penutup 

Di atas sudah kami uraikan 7 langkah cara belanja di 1688 dari Indonesia. Bagaimana? Cukup menantang bukan? Meskipun agak rumit dan penuh resiko, tapi sangat worth it karena Anda bisa mendapatkan harga grosir yang super murah di 1688. 

Saran kami Anda harus banyak belajar dari agen yang sudah berpengalaman beli di 1688. Banyaklah menggali ilmu agar tidak malah rugi ketika belanja di situs tersebut. Anda juga harus memiliki keahlian supaya bisa mendapatkan supplier yang tepat. 

Sekian. Kalau ada pertanyaan atau ingin sekedar berbagi pengalaman beli di 1688, silahkan isi di kolom komentar ya. Jangan lupa untuk baca konten-konten menarik lainnya pada sesi Artikel Terkait (📌) yang bisa kamu eksplor di bawah postingan ini. 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

More than delighted to help people grow their business better everyday by crafting best strategic of digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *