Advertisement

Cara Belanja di Aliexpress Anti Gagal [Panduan Lengkap untuk Pemula]

Diterbitkan pada
21 Oktober 2021
Waktu membaca
5 Menit

Mau beli barang unik di Aliexpress tapi bingung gimana cara belanja dan bayarnya? Simak cara belanja di Aliexpress di artikel berikut dan jangan lewatkan berbagai informasi penting lainnya.

Pada postingan kali ini, mimin mau membahas tuntas seluk beluk cara belanja di aliexpress Indonesia. Pembasahan akan diulas melalui poin-poin sebagai berikut:

  • Apa Itu Aliexpress (definisi, metode pembayaran, pengiriman, dan pajak).
  • Cara belanja di Aliexpress dan cara pembayarannya.

Selain itu, mimin juga akan beri informasi tambahan terkait belanja barang di Aliexpress melalui sesi FAQ. Jangan ketinggalan infonya yah, yuk baca sampai selesai.

Artikel Terkait:

Apa Itu Aliexpress?

logo aliexpress

Aliexpess adalah platform ecommerce populer di China yang dikelola Alibaba Group. Jika Alibaba menggunakan sistem B2B. Aliexpress menerapkan skema B2C yang langsung menghubungkan supplier dengan pembeli seperti Shopee atau Tokopedia.

Tidak heran, barang-barang yang dijual di Aliexpress cenderung lebih murah. Bisa dibilang Aliexpress merupakan platform retailnya Alibaba. Di sini kamu kamu bisa membeli barang satuan dengan harga grosir.

Hal menarik lain dari Aliexpress adalah barang yang dijual sangat lengkap. Barang-barang di Aliexpress juga unik dan kreatif. Kebanyakan produk tidak ada atau ingin impor barang dari luar negeri tanpa biaya mahal.

Apakah Aman Belanja di Aliexpress?

Bisa dipastikan aman karena Aliexpress termasuk salah satu ecomemrce besar dan terpercaya di Cina. Skema pembayaran yang digunakan adalah sistem escrow account atau rekening bersama.

Sitem tersebut juga berlaku di beberapa ecommerce Indonesia seperti Bukalapak dan Tokopedia. Dengan skema tersebut, konsumen akan terlindung dari berbagai tindak penipuan.

Bagaimana Metode Pembayarannya?

Tersedia sejumlah metode pembayaran yang dapat dilakukan saat belanja di Aliexpress meliputi:

  • Kartu debit dan kredit,
  • Allipay,
  • Doku,
  • Transfer bank,
  • Western Union dan
  • bayar di Alfamart, AlfaExpress, Alfamidi, Dan+dan, Lawson, Indomaret dan minimarket lainnya.

Dana yang dikirim akan masuk ke rekening escrouw account milik Aliexpress terlebih dahulu. Setelah transaksi selesai, barulah uang pembayaran diteruskan ke seller.

Ohya, meskipun beli barang impor dari luar negeri, kamu bisa melakukan pembayaran dengan rupiah sebab kamu bisa menyetting harga dari dollar ke mata uang yang diinginkan.

Baca Juga: Apa Bedanya e-Commerce, Marketplace, dan Online Shop? Penjelasan dan Contohnya.

Bagaimana Metode Pengirimannya?

Metode pengiriman yang paling sering digunakan adalah lewat kantor pos, seperti:

  • China Post
  • Singapore Post
  • EMS
  • Aliexpress Standard Shipping, dan
  • Hongkong Post.

Selain kantor pos, Aliexpress juga menggunakan layanan pengiriman express. Diantaranya adalah:

  • Fedex
  • UPS
  • DHL
  • Aramex
  • dll.

Bagaimana Biaya Pengirimannya?

Biaya pengiriman di Aliexpress cenderung cukup terjangkau walaupun dikirim dari luar negeri. Aliexpress juga sering mengadakan promo gratis ongkir menyediakan banyak promo gratis ongkir untuk barang tertentu. Biasanya barang kecil atau pembelian dalam jumlah sedikit.

Untuk mendapatkan promo ini, silahkan aktifkan menu Free Shipping yang tersedia di atas katalog produk di situs Aliexpress.

Apakah Belanja di Aliexpress Kena Pajak?

Menurut peraturan baru (Januari 2020), pembelian impor khusus produk tekstil, tas, pakaian dan sepatu dengan harga mulai dari Rp 45.000 akan dikenai pajak sekitar 32,5% – 50%. Sementara produk lainnya terkena pajak sekitar 17%.

Peraturan ini berlaku untuk seluruh pembelian di marketplace luar negeri termasuk Aliexpress, Lazada, Amazon, dll. Jadi, belanja di Aliexpress tetap kena pajak ya. Pajak belanja di Aliexpress berlaku untuk produk tertentu dengan nominal pajak antara 32,5 sampai 50%.

Gimana? Sudah cukup jelas mengenai Aliexpress. Sekarang mari lanjut ke tutorial cara belanja di Aliexpress 2021. Stay tuned!

Halaman Selanjutnya
Cara Belanja di Aliexpress...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

More than delighted to help people grow their business better everyday by crafting best strategic of digital marketing.

19 Comments

  1. ahmad berkata:

    thank you artikelnya.
    tapi saya mengalami hambatan yg ga dijelaskan di artikelnya.
    jadi si aliexpress suka minta isi form untuk konfirmasi data kita dengan melampirkan juga foto KTP, namun tak kunjung di approve hingga skrg, sehingga belum bisa belanja.
    apakah teman2 mengalami hal yg sama?

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Mungkin pada saat foto KTP kurang jelas kak

  2. Fenomerlin berkata:

    Kak serius itu klw belaja di senial 75dolar lebih gak bakal kena pajak

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak, untuk $75 itu hanya berlaku di barang-barang tertentu ya Kak.
      Dan biasanya bergantung pada kebijakan Toko online nya sendiri.

  3. Anisa Juniardi berkata:

    Halo Mbak Nana. Maaf sebelumnya baru merespon ya.
    Untuk belanja yang tidak kena pajak dan bea cukai itu untuk produk tertentu saja dan tergantung kebijakan dari toko online yang bersangkutan.
    Namun, untuk saat ini rata-rata tetap kena pajak meski belanja di bawah $50 sekali pun.
    Ada lagi yang ingin ditanyakan?

  4. arim berkata:

    kalau import (beli) barang elektronik seperti handphone dan laptop apakah tidak kena pajak? karena harga barang lebih dari $75
    untuk produk mainan apakah harus sudah SNI atau seperti apa? ada info perihal barang tersebut

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak Arim, untuk produk gadget seperti Smartphone, laptop, dan sejenisnya tetap dikenakan pajak ya kak. Hampir seluruh negara memberikan kebijakan yang sama. Bebas bea cukai di atas $75 itu hanya berlaku untuk produk tertentu saja, tidak semuanya.
      Kalau untuk mainan, tidak harus SNI tetapi terpenting memiliki izin edar yang layak.
      Karna untuk mainan juga ada yang didatangkan dari luar, bahkan biasanya di Indonesia mengambil dari China lalu diperjualbelikan lagi di Online.
      Jadi, labeling tidak harus SNI tetapi bisa diatur menurut standar asal mainan tersebut diproduksi.
      Terima kasih sudah berkomentar di lapak kami ya. 🙂

  5. chamdani berkata:

    alamat aliexpress di indonesia

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Untuk aliexpress Indonesia hanya bisa dihubungi lewat email dan marketplace Aliexpress.id ya Kak..

  6. May berkata:

    Saya mau tanya, kemarin kan saya belanja di Aliexpress, barang gak mahal. 14.000 itu pun LG diskon, dr harga 50.000 nah, udah 2 Minggu perjalanan, tiba2 ada SMS, mengatasnamakan Pos Indonesia, dibilang sya harus but pajak ,atas barang yg saya pesan, batas waktu 2 hari.
    Apakah bayar pajaknya memang seperti itu? Atas setelah barang datang? Saya bingung???

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Kak, pembayaran pajak biasanya sudah satu paket ketika melakukan pembayaran barang alias pembebanan jadi satu.
      Jadi, mohon berhati-hati ya. Sebaiknya periksa dulu apakah nomor tersebut official nomor dari kantor Pos Indonesia.
      Lalu, coba datangi kantor pos terdekat untuk menanyakan kebenaran berkaitan SMS tersebut.
      Harap berhati-hati ya Kak.

  7. Dayat berkata:

    Saya pengen beli head unit android buat mobil, harga 3.5jt…saya nanya ke penjual brp biaya pajak pas masuk di indonesia… Sellernya bilang dia akan tulis harganya di invoice 80$ biar pajaknya gak mahal… Apa bener bisa begitu?
    Terima kasih

  8. Em Em berkata:

    Halo ka, kemarin saya beli barang elektronik sebesar 300rb, dan sudah dibayar, menurut komentar diatas, bahwa harga 300rb itu sudah termasuk pajak ya? soalnya di laman produk tersebut tidak ada keterangan apa apa mengenai pajak.

  9. Konnio Lindawati berkata:

    Mohon bantuan informasinya kak, saya tadi belanja blender di aliexpress menggunakan voucher pengguna pertama, sudah melakukan bank transfer BNI, tapi knapa tiba tiba tercancel yah, dgn alasan keamanan.
    Mohon penjelasannya kak.
    Trimakasih.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak.. biasanya kalo tercancel karena alasan keamanan dikarenakan barang berisiko tinggi untuk dikirimkan dan kemungkinan pihak seller yang mengcancel orderan tersebut. Agar rating atau eksistensi toko tidak terpengaruh, alasan pembatalan pengiriman barang dibuat dengan alasan keamanan.
      Saran dari kami kalo belanja di Aliexpress chat penjual dulu Kak. Memungkinkan enggak kalau ngirim beda negara atau kalo ada merk blender yang sama di marketplace di Indonesia, sebaiknya beli dari Indonesia langsung. Selain mengurangi risiko kerusakan barang juga lebih aman.

  10. cici berkata:

    hai kak…
    mohon bantuannya saya sedikit bingung..
    saya bru pertama kali beli mellaui aliexpress.. saya beli gaun anak seharga US $15.01 tp dpt kupon promo pembelian pertama disc US $4. waktu saya byr US $11.01 (sekita 167 rban)
    nah saat sdh masuk di pos kok saya kena biaya krm dan bea cukai sebesar 197 rb…kl saya baca2 pajakny max hanya sktr 50%..

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, iya Kak, biasanya barang dari Ali Express itu bakal dikenai dua biaya tambahan saat masuk ke Indonesia, yakni biaya bea cukai + EMS dari Pos Kak.
      Jadi biasanya biaya EMS dari pos itu kena 20 ribuan ke atas + biaya bea cukai. Apakah tidak diberi rinciannya oleh pihak Pos, kak?

  11. LIAN berkata:

    saya mau nanya mengenai biaya pajak saat melakukan pembelian di aliexpress
    jadi misal saya beli barang dg nilai 1jt, saya lanjut checkout dan menjadi total 1.1jt (plus biaya kirim)
    setelah barang masuk di indonesia sebelum di kirim ke saya apa saya akan di kenakan biaya lagi yaitu pajak?bea cukai sehingga total biaya yg saya keluarkan jd 1.5jt, atau yg sudah saya bayar 1.1jt td sudah termasuk semuanya ? barang di kirim ke saya tanpa ada biaya lagi?

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, sepengelaman mimin di beli barang di Aliexpress itu bakal kena bea cukai sama EMS dari pos Indonesia kak (20 ribu). Tapi ga mahal kok kak, menurut mimin masih cukup murah biaya kepabean. Tergantung jenis barangnya juga. Kalo kemarin mimin checkout itu biaya dari kepabean cuma ditambah 25 ribu aja + EMS dari pos Indonesia 20 ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *