Cara Cek Nomor & Pulsa Smartfren via App, Dial Up, dan CS [Komplit]

Diterbitkan pada
26 Februari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Ada berbagai macam cara untuk cek nomor smartfren. Semua cara dapat dipilih sesuka hati. Semua cara untuk cek nomor ataupun pulsa smartfren sama sekali tidak membutuhkan biaya tambahan untuk pulsa. Bisa pula dibilang gratis.

Smartfren sendiri mulanya merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki oleh Hari Tanoesoedibjo. Beliau juga merupakan salah satu orang paling berpengaruh di Indonesia, mengingat ada banyak jenis perusahaan yang berada di bawah naungan MNC group.

Seiring waktu dan beberapa faktor, membuat Hari Tanoesoedibjo melepas smartfren. Kini smartfren dikelola oleh PT Smart Telecom. Produknya pun tidak hanya sebatas provider seluler semata. Banyak pula smartphone eksklusive dari Smartfren.

Selain itu provider ini juga sedang booming dan banyak orang yang beralih pada produk ini. Salah satu faktornya ialah harga paket internet sangat terjangkau. Signal smartfren juga cukup stabil di beberapa daerah.

Cek Nomor dan Pulsa via Aplikasi Smartfren

Aplikasi My Smartfren mungkin menjadi satu-satunya aplikasi eksklusive dari sebuah provider yang menyediakan fitur langka. Fitur tersebut yaitu fitur ganti nomor.

Semua pengguna kartu prabayar smartfren mempunyai satu kali kesempatan untuk mengganti nomor. Hal ini membuat salah satu faktor saat membeli kartu perdana smartfren tidak perlu lagi memperhatikan nomornya. Karena jika menyukai nomor telepon yang tertera, dapat langsung mengganti nomor tersebut melalui aplikasi my smartfren.

Selain menyediakan layanan ganti nomor, masih ada banyak lagi layanan eksklusive untuk pengguna aplikasi my smartfren. Mulai dari isi ulang pulsa, membeli paket INTERNET, paket telepon, paket SMS dan lain sebagainya. Di aplikasi my smartfren ini pula dapat melakukan redeem / tukar point dengan berbagai macam bonus.

Salah satu layanan dari aplikasi my smartfren yaitu cek pulsa. Di bawah ini adalah langkah untuk cek pulsa provider Smartfren melalui aplikasi MySmartfren :

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi MySmartfren telah terinstal. Jika belum memiliki aplikasi ini, download terlebih dahulu di play store. Khusus untuk pengguna smartphone dari brand smartfren tidak perusahaan lagi mengunduh dan download MySmartfren. Sebab aplikasi ini telah termasuk paket aplikasi bawaan.
  • Lakukan registrasi nomor provider ke dalam aplikasi MySmartfren. Meskipun terlihat seperti aplikasi eksklusive, tetapi saat membuka MySmartfren, nomor seluler tidak muncul / terdaftar sendirinya. Hal ini juga berlaku untuk smartphone dengan brand smartfren. Jadi harus mendaftarkanya terlebih dahulu.
  • Sesudah melakukan registrasi nomor seluler, lakukan login dengan nomor seluler yang telah didaftarkan.
  • Berikutnya akan muncul beberapa keterangan atas penggunaan nomor seluler kamu. Seperti pulsa, sisa paket data internet serta nomor seluler itu sendiri.
  • Jika telah mempunyai aplikasi MySmartfren dan nomor seluler juga terdaftar, maka langkah selanjutnya untuk cek pula cukup membuka aplikasi MySmartfren. Kemudian pada tampilan home akan langsung info tentang balance / pulsa yang tersedia.

Selain pulsa, pada aplikasi MySmartfren juga dapat digunakan untuk nomor smartfren yang sedang digunakan. Caranya yiatu :

  • Buka aplikasi my smartfren.
  • Pastikan MySmartfren telah login.
  • Perhatikan tampilan home paea aplikasi my smartfren. Di halaman itu terdapat Keterangan atas nomor yang sedang digunakan / login.
  • Pada tampilan itu pula terdapat keterangan atas batas berlaku kartu dalam status aktif. Jika batas akhir telah mendekat / tinggal beberapa hari lagi, segera lakukan pembelian pulsa / paket internet.

Baca juga:
Cara Transfer Pulsa Telkomsel via App, SMS, Dial Up [Lengkap & Mudah]

Cek Nomor dan Pulsa Smartfren via Layanan Dial Up

Hampir sama provider telkomsel, smartfren juga memiliki nomor dial sendiri. Untuk brand provider lain mungkin mempunyai nomor dial yang sama untuk cek pulsa, sisa paket internet dan lain sebagainya.

Untuk pengertian dari dial up itu sendiri merupakan bentuk koneksi antara komputer dan saluran telepon bergerak ataupun tetap. Dial up ini menjadi penghubung komputer menuju ke jaringan internet melalui saluran telepon.

Pada provider Smartfren ini memiliki 3 buah nomor dial up yang penting, yaitu 123, 995 dan 999. Selain kedua nomor itu, masih ada lagi nomor dial up lainya. Tetapi mungkin akan jarang digunakan.

Nomor dial up pertama yaitu 995 digunakan untuk multi information. Nomor tersebut digunakan untuk mengetahui sisa paket internet yang ada, cek nomor dan lain sebagainya. Nomor dial up kedua ialah 999, yang digunakan khusus untuk cek sisa pulsa / balance.

Untuk nomor dial terakhir yaitu 123 juga merupakan multi information. Hal yang dapat dilakukan melalui nomor dial ini yaitu melakukan pembelian paket internet, SMS, telepon dan lain sebagainya.

Sementara itu cara untuk cek pulsa melalui dial up, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut ini :

  • Untuk melakukan cek pulsa melalui dial up tidak perlu dalam kondisi signal data menyala.
  • Buka menu aplikasi telepon / panggilan pada smartphone, lalu lakukan panggilan dengan nomor tujuan *999#.
  • Kemudian tunggulah beberapa saat hingga muncul pop up messages pada layar smartphone. Pesan itu berisi info tentang nomor smartfren dan sisa pulsa.
  • Klik tombol back pada menu bar jika tidak melakukan hal lainya. Jika hendak melakukan hal lain, hanya pilih nomor yang sesuai dengan kebutuhan dan ikuti petunjuk yang ada.

Baca juga:
Cara Cek Nomor & Pulsa Telkomsel via App, CS, Dial Up [Simpel & Komplit]

Sedangkan cara untuk cek nomor smlfjartfren hampir sama dengan cek pulsa smartfren. Hanya saja menggunakan nomor dial up yang berbeda. Di bawah ini adalah cara untuk cek nomor seluler smartfren :

  • Buka menu panggilan / telepon.
  • Ketik *995#, lalu klik tombol panggil dan tunggu beberapa detik.
  • Pada layar smartphone akan muncul pop up messages. Dalam pop up messages itu terdapat informasi akan nomor smartfren dan beberapa pilihan menu lanjutan.

Untuk alternatif cek pulsa dan nomor smartfren tanpa konsistensi data internet menyala, yaitu melalui SMS. Layanan SMS ke pusat smartfren juga sama sekali tidak berbayar. Sehingga keadaan pulsa / balance sebesar 0 IDR, tidak akan mempengaruhi dan masih dapat digunakan.

Inilah cara cek sisa pulsa melalui SMS :

  • Buka menu aplikasi pesan terlebih dahulu.
  • Klik ikon tambah pesan / percakapan, masing-masing smartphone mempunyai bentuk ikon yang berbeda-beda.
  • Pada bagian penerima, masukan nomor 999.
  • Pada bagian pesan, ketik “CEK”.
  • Kemudian kirim pesan tersebut dan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan pesan balasan. Untuk cara ini mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama.
  • Kamu pun akan menerima pesan yang berisi tentang informasi sisa pulsa dan data internet.

Selain cek pulsa dapat pula cek nomor melalui layanan SMS, caranya sebagai berikut ini :

  • Buka menu aplikasi pesan pada smartphone kamu.
  • Klik ikon tambah pesan baru.
  • Di bagian penerima masukan nomor 995.
  • Untuk bagian pesan ketik “CEK”.
  • Selanjutnya kirim pesan tersebut dan tunggulah pesan balasan dari Smartfren.
  • Setelah beberapa saat, pesan pun akan muncul. Pada pesan itu berisi info tentang nomor kartu smartfren yang sedang digunakan. Untuk info nomor kartu dapat berbeda dengan pada saat pembelian bagi yang telah melakukan perubahan nomor.
  • Lalu ada pula info durasi sisa paket layanan telepon.

Baca juga:
Cara Cek Nomor & Pulsa Indosat via App, Dial Up, CS [Lengkap & Praktis]

Cek Nomor dan Pulsa Smartfren via Customer Service

Selain menggunakan aplikasi MySmartfren, dial up hingga SMS, masih ada cara alternatif lain untuk cek pulsa dan nomor seluler smartfren. Cara ini mungkin banyak yang mengabaikannya dan tidak terlalu banyak dicoba, yaitu melalui layanan customer service.

Meskipun cara alternatif ini serasa tidak mungkin dilakukan, akan tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Mungkin dengan cara ini dapat membuat perbandingan kepada diri sendiri dalam memilih cara efektif untuk cek pulsa maupun nomor smartfren.

Cek pulsa melalui layanan customer service mempunyai sistem yang hampir sama dengan dial up. Hanya saja perbedaannya terletak pada media. Untuk dial up menggunakan media texting, sedangkan dengan customer service menggunakan media suara.

Bagi yang sama sekali belum pernah melakukan panggilan customer service, mungkin akan terasa sedikit canggung. Oleh karena itu ikuti saja instruksi yang diberikan.

Ada tips untuk melakukan panggilan. Pertama loud speaker smartphone saat melakukan panggilan ke customer service, sehingga mudah untuk mengoperasikan ketika diminta untuk input nomor sesuai dengan layanan yang ada. Kedua fokus dan pusatkan pikiran untuk mendengarkan customer service.

Untuk langkah cek pulsa melalui layanan customer service adalah sebagai berikut ini :

  • Buka aplikasi telepon terlebih dahulu.
  • Lakukan panggilan ke nomor 999 dan tunggu beberapa saat hingga terhubung.
  • Setelah terhubung kamu akan mendengar suara customer service yang sedang menjelaskan beberapa intruksi.
  • Untuk melakukan cek pulsa, klik nomor 1 pada keyboard panggilan.
  • Kemudian kamu pun akan mendapatkan info sisa pulsa yang ada.
  • Akhiri panggilan.

Sedangkan cara untuk cek nomor seluler smartfren melalui customer service yaitu :

  • Pertama buka aplikasi telepon.
  • Ketik 995 pada keyboard, lalu tunggu beberapa saat.
  • Pahami dan perhatikan dengan seksama intruksi yang diberikan oleh customer service. Untuk nomor ini akan memperoleh beberapa intruksi, karena 995 merupakan dial multi information dari Smartfren.
  • Akhiri panggilan jika telah selesai.

Selain ada satu hal penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan layanan telepon secara langsung dengan customer service. Beberapa salah satu nomor dial pasti menyediakan layanan untuk berbicara dengan customer service secara langsung.

Untuk layanan tersebut adalah layanan berbayar. Sehingga saat melakukan panggilan memalui customer service, pastikan terlebih dahulu sisa pulsa yang dimiliki cukup. Pada layanan inilah pentingnya untuk melakukan panggilan secara langsung. Sehingga jika mempunyai pertanyaan / komplain kepada staff customers service.

Dengan melakukan complain secara langsung melalui telepon jauh lebih efektif daripada melalui pesan. Karena dengan layanan inilah dapat memperoleh respon secara langsung. Sedangkan dengan layanan pesan harus menunggu sampai pihak customer service mempunyai waktu luang untuk memberikan jawaban. Waktu untuk menunggu pun juga tidak menentu. Bahkan ada kemungkinan tidak mendapat respon apapun.

Demikian ulasan lengkap tentang beberapa cara dalam melakukan cek nomor smartfren. Dari semua pilihan cara cek di atas, dapat menjadi perbandingan untuk mengetahui / memperoleh cara yang paling efektif.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *