Cara Komplain Wahana Express Untuk Barang yang Terlambat, Hilang, Rusak

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
17 Oktober 2021
Waktu membaca
6 Menit

Dikenal dengan harga yang kompetitif, wajar jika Wahana menjadi salah satu jasa kurir terbaik di Indonesia. Tapi tetap saja, jika ada kendala (barang hilang, rusak, terlambat); menghubungi CS untuk komplain Wahana Express itu sah-sah saja, kok.

Bahkan sangat disarankan untuk melaporkan segala kendala kepada pihak Wahana, bukan kepada seller (kasihan, mereka tidak tau apa-apa 😅). Supaya lancar, kami akan bagikan tips dan triknya dalam konten ini. Meliputi:

  • Persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum mengajukan komplain,
  • Media-media untuk menghubungi CS Wahana + template komplainnya,
  • Tips dan trik agar pengiriman barang jadi aman dan tepat waktu.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai ke bagian pertama: persiapan sebelum komplain.

 

Sebelum Mengajukan Komplain ke Wahana

Bagian ini berisi persiapan-persiapan untuk “menghadap” ke Customer Service Wahana Express.

(Penting untuk dilakukan, karena akan memperlancar proses ajuan komplain. Makin cepat direspon, makin cepat masalah selesai.)

Kami merangkumnya ke dalam 3+1 persiapan:

  • Rutin cek resi untuk tau kondisi terkini barang,
  • Pahami arti kode dan istilah Wahana Express,
  • Catat masalah yang ada di hasil pelacakan barang,
    (+)
  • Ajukan komplain ke CS Wahana, bukan penjual barang.

Cek Resi Wahana untuk Lacak Status Barang

Kalau kamu merasa barangnya tidak kunjung sampai, maka hal pertama yang dilakukan adalah rutin melakukan cek resi.

(Poin ini penting untuk tau status pengiriman barang sesuai basis data Wahana.)

Untuk melacaknya, ada beberapa cara: (1) Web resmi Wahana, (2) Web pihak ketiga.

(1) Web Resmi Wahana Express

  1. Buka laman berikut: wahana.com
  2. Pada laman utama, scroll ke bawah dan temukan sesi Lacak Kiriman.
  3. Pada kolom Nomor Resi, masukkan no resi yang kamu terima. Bisa langsung 10 nomor resi dengan dipisah menggunakan spasi.
  4. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
  5. Selesai! ✅

(2) Web Plugin Ongkos Kirim

  1. Buka laman berikut: pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pada laman cek resi, akan ada 2 kolom yang perlu kamu isi:
    • Ekspedisi (pilih Wahana)
    • Nomor Resi (isi no resi Wahana)
  3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
  4. Selesai! ✅

Pahami Arti Kode/Istilah Wahana Express

Setelah melakukan cek resi, kamu wajib memahami arti dari setiap informasi yang ditampilkan.

Dari hasil pelacakan Wahana, akan muncul 2 bagian informasi:

  • Informasi Pengiriman
  • Status Terakhir

Informasi pengiriman akan menampilkan sejumlah data seperti nomor resi, nama pengirim dan penerima, nomor HP pengirim dan penerima, kota asal, serta kota tujuan.

Sedangkan, pada sesi Status Terakhir, kamu dapat melihat riwayat pengiriman. Mulai dari proses pickup oleh kurir, pengantaran ke gudang kota, hingga pengiriman oleh kurir ke alamat tujuan.

Untuk lebih jelasnya, baca rangkuman kami di sini: Arti Kode & Istilah Pengiriman Wahana Express (Beserta Penjelasan Komplit).

Catat Kendala yang Sedang Dialami

Setelah paham apa saja arti dari masing-masing bagian pelacakan, berikutnya kamu bisa catat kendalanya apa saja.

Biasanya, pada proses pengiriman Wahana, kendala yang dialami tidak jauh-jauh dari poin berikut:

  • (Notif) Belum terkirim. Proses penjadwalan ulang.
  • (Notif) Gagal terkirim. Harap hubungi CS Wahana.
  • Pengiriman untuk layanan prioritas melebihi estimasi waktu.
  • Barang yang diterima tidak sesuai alias rusak karena proses antar.
  • Barang hilang saat proses pengantaran ke alamat tujuan.

Nah, poin-poin di atas wajib kamu catat + bagian informasi pengiriman seperti nomor resi beserta data pengirim dan penerima (nama, no HP, alamat lengkap).

Komplain ke CS Wahana, Bukan Seller

Bagian ini perlu kami sampaikan, karena seringkali terjadi pada transaksi belanja online. Baik itu di marketplace, IG shop, maupun toko online pribadi.

Yaitu.. tolong sampaikan komplain untuk masalah pengiriman ini kepada Customer Service Wahana Express; bukan seller yang mengirim barang tersebut.

Kenapa?

Ya sederhananya, ketika seller sudah mengirim barang dan kamu sudah dapat nomor resi; tanggung jawab pengiriman sudah beralih ke pihak ekspedisi.

Seller sudah tidak ada urusan lagi, istilahnya.

Jadi, buat kamu yang justru protes ke seller dan memberi review buruk di marketplace karena pengirimannya lama; please, hentikan itu, ya. Kasihan seller yang tidak ada tanggung jawab apa-apa, justru terkena getahnya.

Cara Ajukan Komplain Wahana Express

Untuk menghubungi Customer Service Wahana Express, kamu dapat menggunakan (setidaknya) 5 media:

  1. Form khusus chat WA,
  2. Call center kantor pusat,
  3. Email resmi kantor pusat,
  4. Sosial media resmi Wahana,
  5. Agen Wahana terdekat.

Berikut langkah-langkah lebih jelasnya.

Form WhatsApp Wahana Express

Pihak Wahana nampak tau betul kebutuhan para pelanggan untuk menyampaikan keluhan.

Sampai-sampai, mereka membuat form khusus yang bisa kamu isi dengan cepat (5 menit jadi). Baik masalah pengiriman maupun layanan umum.

Berikut langkah mudahnya.

  1. Buka laman berikut: wahana.com/customer-service-pengiriman
  2. Pada laman tersebut, pilih bagian Layanan Pengiriman.
  3. Pada bagian layanan pengiriman, ada beberapa kolom yang perlu diisi:
    • Nama
    • Nomor Resi
    • Nomor WhatsApp
    • Identitas (Pengirim, Penerima, Agen)
    • Keluhan
  4. Jika sudah diisi dengan komplit, ketuk tombol WhatsApp CS Kami.
  5. Selesai! ✅

Email Resmi Wahana Express

Email info@wahana.com

Sebelum menghubungi via email, ada baiknya kamu mengetahui konsekuensi yang akan didapatkan. Yakni, email kamu tidak akan dibalas saat itu juga.

Dalam artian, CS Wahana akan membalas email satu per satu sesuai dengan urutan. Antrean email juga cukup banyak mengingat skalanya sudah nasional.

Karena itu, cara ini agak sedikit lebih lama. Tapi kalau kamu ingin coba, berikut langkah mudahnya:

  1. Buka Gmail (atau layanan email yang lain), lalu ketuk tombol + Tulis.
  2. Pada bagian draf email, ada beberapa kolom yang perlu diisi:
    • Kepada (isi email info@wahana.com)
    • Subjek (isi judul email – copy template di bawah nanti)
    • Isi (isi dengan keluhan – copy template di bawah nanti)
  3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Kirim.
  4. Selesai! ✅

Sosial Media Wahana Express

Kalau kamu lebih suka menghubungi lewat sosial media, ya sah-sah saja. Namun hampir mirip dengan email, balasan yang diterima juga mau tidak mau akan lama.

Jika bagi kamu hal itu tidak begitu masalah, silakan dicoba. Caranya cukup menghubungi via DM di Facebook dan Instagram. Berikut link laman resmi Wahana Express:

Untuk isi pesannya, silakan copy template di bawah nanti ya.

Agen Wahana Express Terdekat

Untuk langkah ini, kami cukup merekomendasikan. Karena kamu bisa langsung berkomunikasi dengan agen tanpa alat apapun. Cukup datang ke kantor agen dengan membawa data nomor resinya.

Bahkan, untuk mencarinya juga tidaklah sulit. Caranya seperti ini:

  1. Buka Google Maps, lalu ketik “kantor agen wahana terdekat” di kolom pencarian.
  2. Pada hasil pencarian, di situ akan muncul alamat kantor mana yang ada di sekitarmu.
  3. Pilih salah satu, lalu kunjungi dengan membawa data nomor resi.
  4. Sesampai di kantor, sampaikan bahwa kamu ingin menanyakan paket barang.
  5. Selesai! ✅

Selain menanyakan paket, kamu juga dapat mengajukan klaim asuransi di agen Wahana Express. Asuransi ini akan sangat berguna jika barang yang dikirim hilang atau terjadi kerusakan.

Template untuk Mengajukan Komplain

Kalau kamu merasa bingung mau menulis apa saat menyampaikan komplain, maka bisa ikuti template yang sudah kami buat. Berikut rinciannya.

[Komplain] Pengiriman Next Day Wahana Terlambat 5 Hari – Mohon Ditanggapi

Dear CS Wahana yang Baik Hatinya,

Saya menggunakan layanan Wahana Express untuk mengirim barang. Namun hingga sekarang, barang tersebut belum juga sampai di rumah. Karena itu saya ingin menyampaikan keluhan.

Untuk melengkapi kebutuhan pemeriksaan, berikut data-data pengirimannya:

  • Nomor Resi: (isikan nomor resi yang kamu terima)
  • Pengirim: (isikan data pengirim berupa nama, no HP, alamat)
  • Penerima: (isikan data penerima berupa nama, no HP, alamat)
  • Layanan: (isikan layanan yang digunakan: Express, NextDay, Kargo, Ekonomis, PopBox)

Demikian, mudah-mudahan dapat menjadi periksa dan mohon tindak lanjut dari Wahana terkait pengiriman yang terlambat ini.

Terima kasih,
(isi nama kamu).

Template di atas bisa kamu pakai untuk media yang basisnya tulisan. Seperti sosial media, email, serta form WA. Jika menghubungi lewat telepon, kamu cukup sampaikan keluhan sambil menyertakan data pengiriman.

Tips Kirim Barang Aman & Tepat Waktu

Supaya pengiriman berikutnya aman, sampai di rumah pada waktunya, serta tidak ada kendala kerusakan atau bahkan kehilangan; terapkan tips-tips berikut ini:

  • Packing dengan aman dan terstandar. Kemas barang yang akan dikirim sesuai dengan karakteristik dan standar pengiriman. Penjelasan selengkapnya bisa kamu baca di postingan berikut: Cara Packing Barang Aman.
  • Cantumkan alamat selengkap mungkin. Tiap kali mengirim paket, isi detail nama lengkap, nomor HP, dan alamat komplit. Mulai dari RT/RW, nomor jalan, kecamatan, kabupaten, provinsi, dan kode pos. Boleh juga mencantumkan patokan. Misal: samping masjid A, depan pos satpam kompleks, dan lainnya.
  • Gunakan asuransi pengiriman Wahana. Saat proses order layanan, selalu pesan juga layanan asuransi. Asuransi ini bisa kamu gunakan ketika barang rusak / hilang agar kamu mendapatkan ganti rugi.
  • Proses asuransi dengan cara klaim ke agen. Tapi sebagai catan, proses ajuan klaim hanya dapat dilakukan oleh pihak pengirim barang. Jadi kalau kamu sebagai pembeli, silakan komunikasikan dengan seller.

Rangkuman

  • Hal yang penting disiapkan sebelum mengajukan komplain: (1) Cek status terkini barang dengan cek resi, (2) Pahami istilah resi Wahana, (3) Catat kendala yang ada, (4) Ajukan komplain ke CS, bukan seller.
  • Untuk menghubungi CS Wahana, ada beberapa media yang digunakan: (1) Form WA, (2) Call center, (3) Email resmi, (4) Sosial media, (5) Kantor agen. Kami merekomendasikan nomor 1 dan 5.
  • Agar barang yang dikirim aman dan pengiriman tepat waktu, pastikan untuk melengkapi alamat sedetail mungkin. Jangan lupa untuk menggunakan layanan asuransi agar proses klaim lebih terjamin.

Bagaimana, cukup komplit, ya? Sekarang sudah tidak perlu risau lagi soal pengiriman terlambat, rusak, atau hilang. Dan, sudah tidak perlu protes ke seller soal pengiriman lama, yaa 😉

Kalau kamu suka dengan konten ini, pastikan untuk baca-baca konten menarik lainnya. Kamu bisa ketuk banner di bagian Related Article di bawah postingan ini.

Oh iya, kalau kamu suka diskusi soal bagaimana tips pintar jualan online, Follow IG kami di @PintarJualan.id. Di sana kamu bisa ikut komentar dan kasih ide konten yang dibutuhkan.

Akhir kata, terima kasih sudah baca sampai sini, yaa!

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *