Advertisement

Cara Komplain Wahana Express Untuk Barang yang Terlambat, Hilang, Rusak

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
17 Oktober 2021
Waktu membaca
6 Menit

Dikenal dengan harga yang kompetitif, wajar jika Wahana menjadi salah satu jasa kurir terbaik di Indonesia. Tapi tetap saja, jika ada kendala (barang hilang, rusak, terlambat); menghubungi CS untuk komplain Wahana Express itu sah-sah saja, kok.

Bahkan sangat disarankan untuk melaporkan segala kendala kepada pihak Wahana, bukan kepada seller (kasihan, mereka tidak tau apa-apa 😅). Supaya lancar, kami akan bagikan tips dan triknya dalam konten ini. Meliputi:

  • Persiapan yang sebaiknya dilakukan sebelum mengajukan komplain,
  • Media-media untuk menghubungi CS Wahana + template komplainnya,
  • Tips dan trik agar pengiriman barang jadi aman dan tepat waktu.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai ke bagian pertama: persiapan sebelum komplain.

 

Sebelum Mengajukan Komplain ke Wahana

Bagian ini berisi persiapan-persiapan untuk “menghadap” ke Customer Service Wahana Express.

(Penting untuk dilakukan, karena akan memperlancar proses ajuan komplain. Makin cepat direspon, makin cepat masalah selesai.)

Kami merangkumnya ke dalam 3+1 persiapan:

  • Rutin cek resi untuk tau kondisi terkini barang,
  • Pahami arti kode dan istilah Wahana Express,
  • Catat masalah yang ada di hasil pelacakan barang,
    (+)
  • Ajukan komplain ke CS Wahana, bukan penjual barang.

Cek Resi Wahana untuk Lacak Status Barang

Kalau kamu merasa barangnya tidak kunjung sampai, maka hal pertama yang dilakukan adalah rutin melakukan cek resi.

(Poin ini penting untuk tau status pengiriman barang sesuai basis data Wahana.)

Untuk melacaknya, ada beberapa cara: (1) Web resmi Wahana, (2) Web pihak ketiga.

(1) Web Resmi Wahana Express

  1. Buka laman berikut: wahana.com
  2. Pada laman utama, scroll ke bawah dan temukan sesi Lacak Kiriman.
  3. Pada kolom Nomor Resi, masukkan no resi yang kamu terima. Bisa langsung 10 nomor resi dengan dipisah menggunakan spasi.
  4. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
  5. Selesai! ✅

(2) Web Plugin Ongkos Kirim

  1. Buka laman berikut: pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pada laman cek resi, akan ada 2 kolom yang perlu kamu isi:
    • Ekspedisi (pilih Wahana)
    • Nomor Resi (isi no resi Wahana)
  3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
  4. Selesai! ✅

Pahami Arti Kode/Istilah Wahana Express

Setelah melakukan cek resi, kamu wajib memahami arti dari setiap informasi yang ditampilkan.

Dari hasil pelacakan Wahana, akan muncul 2 bagian informasi:

  • Informasi Pengiriman
  • Status Terakhir

Informasi pengiriman akan menampilkan sejumlah data seperti nomor resi, nama pengirim dan penerima, nomor HP pengirim dan penerima, kota asal, serta kota tujuan.

Sedangkan, pada sesi Status Terakhir, kamu dapat melihat riwayat pengiriman. Mulai dari proses pickup oleh kurir, pengantaran ke gudang kota, hingga pengiriman oleh kurir ke alamat tujuan.

Untuk lebih jelasnya, baca rangkuman kami di sini: Arti Kode & Istilah Pengiriman Wahana Express (Beserta Penjelasan Komplit).

Catat Kendala yang Sedang Dialami

Setelah paham apa saja arti dari masing-masing bagian pelacakan, berikutnya kamu bisa catat kendalanya apa saja.

Biasanya, pada proses pengiriman Wahana, kendala yang dialami tidak jauh-jauh dari poin berikut:

  • (Notif) Belum terkirim. Proses penjadwalan ulang.
  • (Notif) Gagal terkirim. Harap hubungi CS Wahana.
  • Pengiriman untuk layanan prioritas melebihi estimasi waktu.
  • Barang yang diterima tidak sesuai alias rusak karena proses antar.
  • Barang hilang saat proses pengantaran ke alamat tujuan.

Nah, poin-poin di atas wajib kamu catat + bagian informasi pengiriman seperti nomor resi beserta data pengirim dan penerima (nama, no HP, alamat lengkap).

Komplain ke CS Wahana, Bukan Seller

Bagian ini perlu kami sampaikan, karena seringkali terjadi pada transaksi belanja online. Baik itu di marketplace, IG shop, maupun toko online pribadi.

Halaman Selanjutnya
Kenapa?...

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

2 Comments

  1. Hendra berkata:

    Selamat siang tim admin pintarjualan
    Kami dari Wahana Express mohon bantu dapat merevisi nomor call center yang tercantum pada menu ini karena yang dicantumkan nomor 0217541688 bukan nomor telepon Wahana Express

    Nomor telepon Wahana Express yang benar adalah 021-7341688

    Mohon bantu dapat merevisi dengan nomor tersebut, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Salam,

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Halo Mas Hendra. Sebelumnya maaf baru merespon dan terima kasih untuk info terupdate-nya ya.
      Sudah kami revisi dan perbaiki untuk nomor kontak Wahana Express yang baru.
      Terima kasih Mas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *