Cara Belanja di Alfamart Pakai Dana [+Syarat & Keuntungan]

Penulis
Ayu Triworo
Diterbitkan pada
16 Oktober 2021
Waktu membaca
4 Menit

Pintar Jualan ~ Aplikasi Dana bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin melakukan transaksi cashless di Alfamart. Tertarik? Ikuti cara belanja di Alfamart pakai Dana di artikel berikut dan dapatkan berbagai kemudahan serta keuntungannya. 

Dana merupakan platform e-wallet multifungsi yang sangat populer di Indonesia. Saku digital ini bisa digunakan untuk membayar transaksi online maupun offline. Yang menarik lagi, Dana juga bisa dipakai untuk bertransaksi cashless di gerai Alfamart dan Alfamidi.

Buat kalian yang masih bingung gimana caranya, mari simak artikel ini sampai selesai. Kami juga akan ulas syarat & ketentuan, biaya admin serta keuntungan pakai Dana untuk transaksi di Alfamart. Baca yuk! 

Syarat & Ketentuan 

cara belanja di alfamart pakai dana

Dana merupakan satu dari sekian platform dompet digital yang terhubung dengan merchant Alfamart atau Alfamidi. Aplikasi Dana memiliki fitur pembayaran cashles yang bisa dilakukan di beberapa merchant termasuk Alfamart.

Nah, untuk dapat membayar transaksi pakai fitur Dana Alfamart kalian harus memenuhi beberapa persyaratan berikut. 

  • Harus online (terhubung dengan jaringan internet stabil).
  • Memiliki akun Dana yang didownload di AppStore atau Google Playstore. 
  • Akun memiliki saldo yang cukup untuk berbelanja. 
  • Tersedia saldo lebih untuk biaya admin pembayaran pakai kode QRIS (biaya tambahan sekitar Rp 1.000 – Rp 2.000 per transaksi).
  • Pembayaran dilakukan di gerai Alfamart yang sudah terkoneksi dengan Dana.
  • Memverifikasi atau mengupgrade akun ke Dana Premium.

Sebetulnya untuk bayar pakai Dana di Alfamart sudah bisa dilakukan tanpa memverifikasi / mengupgrade ke Dana Premium. Tapi, jika ingin menikmati fitur tarik saldo di Alfamart wajib memilki akun yang sudah terverifikasi.

Untuk mengupgrade akun ke Dana Premium cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunggah foto KTP dan foto selfie memegang KTP serta mengisi data pribadi yang diperlukan.

Setelah itu pihak Dana akan memproses verifikasi yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 hari.  

Baca Juga: Cara Top Up Saldo DANA Lewat ATM Bank dan Minimarket [Simpel]

Cara Belanja di Alfamart Pakai Dana

Apabila semua syarat dan ketentuan di atas sudah terpenuhi, kamu bisa langsung belanja di Alfamart pakai saldo Dana. Cara bayar pakai Dana di Alfamidi dan Alfamart sangat mudah yaitu menggunakan kode QRIS. 

Berikut cara belanja di Alfamart menggunakan Dana.

  1. Datangi gerai Alfamidi atau Alfamart terdekat. Pastikan terlebih dahulu apakah gerai tersebut sudah terbubung dengan Dana. 
  2. Pilih barang yang ingin dibeli.
  3. Kunjungi kasir dan sampaikan bahwa kamu ingin membayar pakai Dana. Kasir akan memberikan QR Code / QRIS untuk discan sebagai metode pembayaran. 
  4. Buka aplikasi Dana di smartphone, klik menu Pay / Pindai. 
  5. Arahkan layar HP ke barcode QRIS yang diberikan kasir dan scan kode QR. Akan tampil info Detail Pembayaran (Alfamart sebagai nama merchant dan nominal pembayaran).
  6. Isi kolom Nominal Transfer sesuai jumlah pesanan yang tertera di kasir. Klik Pilih Metode Pembayaran.
  7. Akan muncul tampilan info pembayaran, seilahkan cek kembali detail yang tertera dan pastikan sudah benar. Klik Bayar. 
  8. Input PIN Dana untuk memproses pembayaran. Tunggu sampai muncul notifikasi Transfer Berhasil.
  9. Tunjukkan bukti Transfer Brehasil tersebut ke kasir Alfamart agar belanjaan kamu diproses.
  10. Selesai.  

Setelah mengikuti langkah cara bayar pakai Dana Alfamart di atas, kasir akan memberitahu bahwa pembayaran sudah masuk ke dalam sistem Alfamart. 

Tapi biasanya kasir akan langsung segera memproses struk transkasi. Silahkan ambil barang dan jangan lupa struk pembayaran sebagai bukti transaksi sudah berhasil. 

Ohya selain di Alfamart dan Alfamidi, Dana juga bisa dipakai untuk membayar di Indomaret. Cara belanja di Indomaret pakai Dana menggunakan kode QR dan caranya sama dengan langkah di atas.  

Baca Juga: Cara Belanja di Indomaret Online Pakai Web & Aplikasi KlikIndomaret

Biaya Administrasi 

Penggunaan aplikasi Dana itu gratis. Transaksi menggunakan kode QR ke sesama akun Dana juga tidak dikenakan biaya administrasi apapun. 

Hanya saja, untuk melakukan pembayaran di Alfamart menggunakan kode QRIS dan fitur ini ada biaya layanan tersendiri. Jadi, untuk bayar pakai aplikasi Dana di Alfamart atau Alfamidi biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 1.000 sampai Rp 2.000 per transaksi. 

Tidak ada minimal belanja di Alfamart pakai Dana. Tapi, pastikan dulu saldo yang ada di akun Dana cukup untuk membeli produk yang diinginkan plus biaya adminnya.

Keuntungan Belanja di Alfamart Pakai Dana

Dana

Saat ini transaksi cashless semakin digemari. Nah, Dana bisa menjadi alternatif yang tepat agar kalian lebih mudah belanja di Alfamart tanpa harus pakai uang kas.

Selain itu, belanja pakai Dana di Alfamart juga memberi keuntungan tersendiri seperti:

  • proses transaksi mudah dan lebih cepat. 
  • tersedia banyak promo dan diskon menarik. 
  • bisa tarik tunai di Alfamart. 
Baca Juga: Cara Belanja di Shopee untuk Pemula (+ Tips Agar Bisa COD & Gratis Ongkir)

FAQ

Kalau kalian ingin tahu lebih banyak info mengenai pembayaran Dana Alfamart, yuk simak sesi FAQ berikut ini. 

  • Apakah Alfamart bisa bayar pakai Dana?

Bisa. Tapi sebaiknya pastikan dulu ke kasir apakah toko melayani pembayaran lewat Dana atau tidak. 

  • Apakah di Indomaret bisa belanja pakai Dana?

Sejauh pemantauan kami bisa. Caranya sama dengan cara belanja di Alfamart pakai Dana. Untuk memastikan, silahkan tanyakan ke kasir Indomaret yang kamu kunjungi. Di Indomaret juga tersedia cara belanja di Indomaret online pakai KlikIndomaret. 

  • Pembayaran apa saja yang bisa di Alfamart?

Banyak, mulai dari Dana, OVO, kartu kredit, Gopay, ShopeePay, kartu debit Mandiri dan BCA. 

  • Dana bisa dipakai dimana saja?

Aplikasi Dana berlaku untuk membayar berbagai kebutuhan sehari-hari seperti listrik, pulsa & paket data, PDAM, Asuransi, BPJS, tagihan internet, TV Kabel, dll. Merchant yang melayani pembayaran Dana diantaranya BBM, Bukalapak, Alfamart, Indomaret, Cinema XXI, Sepulsa, TIX ID, BPJS, Reservasi, BNI, BCA, Maybank, dll. 

  • Bagaimana cara membayar lewat Dana?

Menggunakan kode QR dan QRIS. Untuk melakukan pembayaran di Alfamart silahkan ikuti cara di atas. 

Demikian tutorial cara belanja di Alfamart pakai Dana. Gimana? Mudah bukan? Tidak hanya di Alfamart, Dana juga bisa dipakai untuk bertransaksi cashless di berbagai merchant lainnya. 

Sepertinya sudah cukup ya pembahasan kali ini. Semoga membantu. Ohya, jangan lupa baca konten-konten menarik lain di situs Pintar Jualan pada sesi Artikel Terkait (📌) yang bisa dieksplor di bawah postingan ini. Terima kasih. 

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

More than delighted to help people grow their business better everyday by crafting best strategic of digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *