Arti Kode & Istilah Pengiriman Wahana Express (Beserta Penjelasan Komplit)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
22 Maret 2021
Waktu membaca
5 Menit

Saat melacak barang sudah sampai mana, akan ada banyak arti kode / istilah Wahana Express. Kadang akan ada pengertian yang rancu, sehingga kita bingung mau bersikap bagaimana.

Tapi kamu tenang saja, karena tulisan ini akan membantu mengatasi hal tersebut. Ditambah juga, akan ada beberapa informasi pelengkap yang menarik untuk disimak. Di antaranya:

  • Apa itu kode Wahana Express dan kegunaannya,
  • Sejumlah daftar istilah Wahana yang sering muncul,
  • Contoh resi pengiriman Wahana dan penjelasannya,
  • Tips melacak barang dengan aman dan cepat.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Kode Wahana Express?

Kode Wahana Express ialah sekumpulan informasi yang muncul saat pengguna melacak barang (disebut juga cek resi). Kode ini menginformasikan tentang status barang, lokasi terakhir, pengirim, penerima, dan banyak lainnya.

Kegunaannya apa?

Jadi begini.. ketika kita tau arti kodenya apa, maka kita juga akan tau kondisi terakhir barang yang sedang dikirim menggunakan Wahana Express.

Ini penting untuk dipahami bagi setiap pelanggan ekspedisi (tidak hanya Wahana saja). Karena jika tidak tau artinya, maka akan kesulitan untuk mengambil tindakan.

Tindakan seperti apa?

Sesimpel jika barang yang dikirim mengalami:

  • Terlambat sampai,
  • Barang rusak,
  • Salah alamat,
  • Barang hilang.

Beberapa kasus di atas akan diinformasikan kepada pelanggan lewat hasil pelacakan barang di laman cek resi. Bisa lewat web resmi Wahana, atau web pihak ketiga seperti Pluginongkoskirim.com.

Lalu, apa saja istilah status pengantaran Wahana yang perlu dipahami? Lanjutkan membaca…

Daftar Istilah Status Pengiriman Wahana

IstilahKeterangan
Nomor ResiBerupa nomor unik yang terdiri atas 8 digit (huruf & angka) untuk mengidentifikasi tiap-tiap paket barang yang dikirim via Wahana Express.

Contoh: AGY21309

ServiceJenis layanan yang digunakan saat memesan ekspedisi Wahana. Meliputi:

  • Express
  • Next Day
  • Kargo
  • Ekonomis
  • Pop Box
  • Gedung dan Apartment
  • Singapore
PengirimMerupakan pihak yang mengirim barang. Berisikan data nama lengkap dan nomor HP yang aktif digunakan.
PenerimaMerupakan pihak yang menerima barang. Berisikan data nama lengkap dan nomor HP yang aktif digunakan.
AsalKota asal dari pengirim barang.
TujuanKota tujuan penerima barang.
Status TerakhirMerupakan riwayat informasi mulai dari pemesanan layanan Wahana hingga lokasi terakhir barang sudah sampai mana.
Diterima di Sales Counter [nama agen]Paket diterima oleh agen Wahana paling dekat dengan lokasi pengirim. Data-data sedang dimasukkan untuk proses penjemputan.
Di pickup oleh petugas [nama kecamatan]Paket sedang dijemput oleh petugas dari agen daerah lain untuk dikirim ke gudang kota pengirim.
Diterima di fasilitas HUB [nama kota]Paket telah diterima oleh gudang pusat di kota pengirim dan siap untuk disortir. Setelah disortir, barang akan dikirim ke kota tujuan.
Pengiriman dari HUB [nama kota] ke [nama kecamatan]Paket sedang dikirim dari gudang pusat kota penerima ke kota tujuan. Bisa ke HUB kota tujuan dulu, baru ke kecamatan.
Diterima di fasilitas [nama kecamatan]Paket telah diterima oleh gudang pusat kota tujuan dan siap untuk dikirim ke tingkat kecamatan. Atau, sudah diterima di tingkat kecamatan.
Proses pengantaran oleh kurir [nama kecamatan]Kurir yang berada di agen Wahana sedang mengirim paket menuju ke alamat penerima.
Diterima oleh [nama penerima]Paket sudah berhasil diterima oleh penerima barang dengan aman dan baik-baik saja.
Gagal terkirim. Hubungi Customer ServicePaket belum teridentifikasi data-datanya. Pelanggan harap menghubungi CS Wahana.
Belum terkirim. Proses penjadwalan ulangPaket belum terkirim karena sesuatu kendala internal / eksternal. Misal: melewati batas jam pengantaran, cuaca tidak mendukung, dll.
ReturPaket yang diterima dikembalikan kepada pengirim karena terjadi ketidaksesuaian barang, atau hal-hal tertentu: kerusakan.
Alamat tidak lengkapAlamat yang ditulis pada paket barang tidak lengkap. Sebaiknya tulis hingga detail, mulai No. Jalan, RT/RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota, Kode POS.
Data tidak ditemukanData pengirim & penerima paket tidak ada di dalam basis data Wahana. Hubungi Customer Service Wahana untuk tindak lanjutnya.

Baca juga:
Cara Mengajukan Komplain TIKI Untuk Pengiriman Paket Barang Bermasalah

Contoh Resi Pengiriman Wahana Express

Barusan sudah kita lihat sama-sama sederet istilah status pengiriman Wahana Express yang cukup beragam. Secara garis besar cukup mudah dipahami, karena ditampilkan dalam bahasa Indonesia.

Sekarang coba kita kupas salah satu contoh nomor resi Wahana Express untuk dibedah istilah-istilah yang muncul saat melacak barang.

Seperti yang sudah disampaikan, nanti akan muncul 2 sesi:

  • Identitas Pengiriman
    • Nomor Resi
    • Pengirim
    • Penerima
    • Asal
    • Tujuan
  • Status Terakhir
    • Di pickup oleh petugas,
    • …,
    • …,
    • Diterima oleh [nama penerima]

Untuk melihat contoh pelacakannya, perhatikan gambar di bawah ini.

contoh resi wahana express

Contoh Resi Wahana Express (c) wahana.com

Dari gambar di atas, dapat kita ambil data sebagai berikut:

  • Di pickup oleh petugas Tangerang Cipondoh
    • Paket sudah dijemput oleh petugas Wahana yang ada di Cipondoh, Tangerang.
  • Diterima di fasilitas Wahana HUB Jakarta 1
    • Paket sudah diterima oleh gudang pusat Wahana di Jakarta.
  • Pengiriman dari HUB Jakarta 1 ke HUB Jawa 1
    • Paket sudah dikirim dari gudang pusat Wahana di Jakarta menuju ke gudang pusat Jawa 1.
  • Diterima di fasilitas Wahana HUB Jawa 1
    • Paket sudah diterima di fasilitas HUB Jawa 1.
  • Pengiriman dari HUB Jawa 1 ke HUB Jawa 6
    • Paket sedang dikirim dari HUB Jawa 1 ke HUB Jawa 6.
  • Diterima di fasilitas Wahana HUB Jawa 6
    • Paket sudah diterima di fasilitas HUB Jawa 6.
  • Proses pengantaran oleh kurir Banjarmasin
    • Paket sudah diantar oleh kurir yang ada di HUB Jawa 6, yakni Banjarmasin.
  • Gagal terkirim. Hubungi Customer Service
    • Paket gagal terkirim. Pelanggan diminta untuk menghubungi CS Wahana.
  • Pengiriman dari HUB Jawa 6 ke Banjarmasin
    • Pengiriman ulang dilakukan dari HUB Jawa 6 ke Banjarmasin.
  • Diterima di fasilitas Wahana Banjarmasin
    • Paket sudah diterima di fasilitas Wahana Banjarmasin.
  • Proses pengantaran oleh kurir Banjarmasin
    • Paket sedang dikirim oleh kurir Banjarmasin menuju ke alamat penerima.
  • Belum terkirim. Proses penjadwalan ulang Banjarmasin
    • Paket ditunda untuk pengirimannya, karena terjadi sesuatu hal. Dikirim lagi keesokan harinya.
  • Diterima oleh (Penerima Langsung)
    • Paket sudah berhasil diterima dengan baik oleh penerima.

Bagaimana, cukup komplit, bukan? Oh iya, untuk rincian tanggal dan jam-nya, kamu bisa lihat pada gambar di atas tadi, ya.

Resi di atas juga tidak “mulus” langsung sampai, bahkan sempat gagal beberapa kali. Karena itu, kamu jangan khawatir jika mengalami hal serupa.

Baca juga:
Arti Kode & Istilah Pengiriman TIKI (Beserta Penjelasan Komplit)

Cara Melacak Paket Wahana Express

Buat kamu yang ternyata masih belum paham bagaimana cara pelacakan paket Wahana, kami biasanya menggunakan 2 metode: (1) Web Resmi, (2) Web Pihak Ketiga.

Berikut rincian selengkapnya.

Web Resmi Wahana Express

  1. Buka laman berikut: wahana.com
  2. Pada laman utama, scroll ke bawah dan temukan sesi Lacak Kiriman.
  3. Pada kolom Nomor Resi, masukkan no resi yang kamu terima. Bisa langsung 10 nomor resi dengan dipisah menggunakan spasi.
  4. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
  5. Selesai! ✅

Web Plugin Ongkos Kirim

  1. Buka laman berikut: pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pada laman cek resi, akan ada 2 kolom yang perlu kamu isi:
    • Ekspedisi (pilih Wahana)
    • Nomor Resi (isi no resi Wahana)
  3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak.
  4. Selesai! ✅

Baca juga:
Cara Packing Barang Aman & Tidak Rusak Agar Selamat Sampai Tujuan

Rangkuman

  • Kode / istilah status pengiriman Wahana Express berguna untuk memberikan kejelasan tentang informasi pengiriman (pengirim, penerima) dan riwayat pengiriman (mulai dari pickup hingga sampai tujuan).
  • Apabila terjadi kegagalan pengiriman, segera hubungi Customer Service Wahana Express lewat laman berikut: Kontak Wahana (formulir kontak WhatsApp).
  • Untuk melakukan cek resi, kamu dapat menggunakan 2 media: (1) Wahana.com, (2) Pluginongkoskirim.com.

Bagaimana, cukup jelas, ya? Jika ada yang belum paham, silakan DM IG kami di @PintarJualan.id. Kami akan bantu carikan solusinya.

Mungkin cukup sampai di sini dulu. Jangan lupa ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk membaca lagi konten ini sewaktu dibutuhkan.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *