Arti Kode & Istilah Pengiriman TIKI (Beserta Penjelasan Komplit)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
18 Maret 2021
Waktu membaca
5 Menit

Saat mengecek resi, kamu akan menemukan sejumlah arti kode / istilah pengiriman TIKI Online. Mungkin saja beberapa istilahnya akan sulit dipahami, karena biasanya berbahasa Inggris.

Nah, konten ini hadir untuk mengatasi masalah tersebut (mudah-mudahan sih bisa 😅). Secara lebih rinci, kami akan membahas beberapa poin penting, perihal:

  • Apa itu kode TIKI Online & kegunaannya,
  • Daftar istilah status pengiriman TIKI Online,
  • Jenis produk & layanan yang ditawarkan,
  • Cara melacak paket barang yang dikirim.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling mudah: mengenal istilah pada resi TIKI.

 

Apa itu Kode TIKI?

Kode TIKI Online merupakan sekumpulan informasi yang menunjukkan status terakhir dari barang yang sedang dikirim. Informasi status ini akan diperoleh saat kita melacak barang (cek resi).

Jika dilihat secara sekilas, beberapa istilah yang muncul pada hasil pelacakan barang TIKI agaknya sedikit sulit dipahami. Apalagi bagi kita yang kemampuan bahasa Inggris-nya pas-pasan *canda*

Nah biasanya, akan muncul beberapa istilah yang mungkin masih terdengar asing, seperti:

  • Shipment,
  • Date,
  • Origin,
  • Date Entry,
  • dan masih banyak istilah lainnya.

Informasi-informasi seperti itulah yang menunjukkan posisi, status, atau kondisi barang yang sedang dalam pengantaran. Supaya lebih jelas untuk memahaminya, baca sesi berikutnya di bawah ini.

Daftar Istilah Pengiriman TIKI

IstilahKeterangan
No RESI / AWB / Kode BookingMerupakan nomor unik yang berupa 10 digit angka untuk mengenali identitas paket barang yang dikirim. Digunakan saat melakukan cek resi TIKI Online.
ServiceMerupakan kode unik untuk menandai jenis layanan yang dipakai oleh pelanggan. Meliputi:

  • SDS (same day service),
  • ONS (over night service),
  • TDS (two days service),
  • REG (reguler service),
  • ECO (economy service),
  • TRC (trucking service),
  • INT (international service).
DateTanggal paket barang dikirim / di-pick up oleh kurir TIKI.
OriginKota (atau kabupaten) asal pengirim barang.
DestinationKota (atau kabupaten) tujuan pengirim barang.
Shipment StatusMerupakan status terkini dari proses pengiriman barang.
LocationMenunjukkan lokasi terkini barang saat dilacak.
Shipment HistoryMerupakan sesi yang berisi serangkaian informasi status pengantaran barang TIKI.
Shipment Data EntryMenunjukkan status terkonfirmasi dari pemesanan paket layanan TIKI. Tandanya data-data milik pengirim dan penerima barang sudah masuk ke basis data TIKI.
ArriveArtinya, barang yang dikirim dari agen terdekat sudah dijemput oleh kurir yang lainnya untuk dikirim ke kantor cabang terdekat atau transit.
Departed toBarang yang dikirim sudah keluar dari kota/kabupaten asal pengiriman barang.
Packing ListBarang yang dikirim sudah berhasil disortir dan siap untuk dikirim bersamaan dengan paket lain dengan tujuan yang sama.
TransitBarang yang dikirim sedang transit di kota/kabupaten pusat untuk diantar ke alamat tujuan.
ArrivedBarang sudah tiba di kota/kabupaten tujuan.
With Delivery CourierBarang sudah dialihkan ke kurir TIKI dan siap untuk diantar ke alamat penerima.
Success / Received byBarang sudah tiba di rumah penerima dengan selamat dan sudah diterima dengan baik. Tandanya pengiriman sudah selesai, dan nantinya akan tercantum nama penerima barang di laman cek resi.
ExceptionMenandakan adanya proses pergantian kurir saat pengantaran barang. Pergantian ini bisa terjadi karena beberapa alasan, sesuai kebijakan manajemen TIKI.
FailedArtinya, pengantaran barang sedang mengalami kendala. Baik itu dari kurir atau ketidak jelasan informasi paket. Untuk mengatasi hal ini, hubungi Call Center TIKI.
HoldPaket sedang tertahan dan akan dikirim keesokan harinya. Beberapa alasannya karena jam kerja pengantaran sudah habis, atau terjadi gangguan cuaca.

Baca juga:
Cara Packing Barang Aman & Tidak Rusak Agar Selamat Sampai Tujuan

Jenis Layanan TIKI Online

Same Day Service

Layanan pengiriman dengan estimasi sampai di hari yang sama (<24 jam).

Over Night Service

Layanan pengiriman dengan estimasi waktu sampai 1 hari (keesokan hari).

Two Days Service

Layanan pengiriman dengan estimasi waktu sampai 2 hari (tiba hari lusa).

Regular Service

Layanan pengiriman dengan estimasi waktu sampai reguler (3-7 hari kerja).

Economy Service

Layanan pengiriman dengan biaya yang lebih hemat dari paket yang lain.

Trucking Service

Layanan pengiriman dengan berat barang minimum 10 Kg (harga lebih hemat).

Selain beberapa produk di atas, TIKI Online juga menawarkan layanan lain yang tidak kalah membantu. Di antaranya:

  • Aplikasi Mobile. Sudah tersedia aplikasi Android & iOS untuk menikmati produk & layanan TIKI.
  • JEMPOL (Jemput Online). Layanan untuk pick up barang yang di-order lewat aplikasi TIKI.
  • PUTAR (Jemput Antar). Layanan dijemput dan di antar di hari yang sama via Telepon 08981500125.
  • SERLOK (Seller Online Booking). Fasilitas untuk UMKM yang belum berbadan usaha dengan mendaftar akun di aplikasi TIKI.
  • Sales Counter 24 Jam. Layanan call center TIKI 24 jam nonstop di Telepon 1500125.
  • COD (Cash On Delivery). Layanan untuk pembayaran di tempat setelah barang sampai tujuan.
  • Packaging. Layanan untuk pengemasan barang di agen TIKI terdekat.
  • Real-time Tracking. Pelacakan barang yang selalu up-to-date.
  • Layanan Asuransi. Layanan perlindungan barang jika terjadi kerusakan atau hilang.
  • Email Notification. Layanan pemberitahuan order (no resi) langsung ke email pelanggan.
  • SMS Resi. Layanan pemberitahuan order (no resi) langsung ke nomor pelanggan.
  • Member TIKI. Layanan untuk menjadi member tetap TIKI dengan segala fasilitas di atas.

Fasilitasnya cukup komplit, bukan?

Menurut kami cukup bagus. Karena itulah, kami memasukkan TIKI Online ke dalam salah satu Jasa Kurir Terbaik di Indonesia (silakan dibaca kalau kamu ingin tau yang lainnya).

Sekarang, jika kamu sudah order layanan TIKI namun justru belum mengerti bagaimana melacak paket, silakan baca sesi berikutnya di bawah ini, ya.

Cara Lacak Paket TIKI Online

Untuk mengetahui status terakhir dan keberadaan paket ada di mana, kamu perlu melakukan cek resi. Cek resi untuk TIKI Online bisa dilakukan melalui 2 cara: (1) Web resmi TIKI, (2) Web Pluginongkoskirim.

Berikut langkah-langkah selengkapnya..

Melalui Web Resmi TIKI Online

  1. Buka laman berikut: tiki.id/id/beranda
  2. Pada laman utama, scroll ke bawah menuju sesi Cek Resi.
  3. Di bagian itu, isikan nomor resi yang kamu dapatkan.
  4. Jika sudah, ketuk tombol LACAK warna merah.
  5. Selesai! ✅

Melalui Web Plugin Ongkos Kirim

  1. Buka laman berikut: pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pada laman cek resi, ada 2 kolom yang perlu diisi:
    • Ekspedisi (pilih ekspedisi TIKI)
    • Nomor Resi (masukkan no resi TIKI)
  3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak warna oranye.
  4. Selesai! ✅

Rangkuman

  • Kode TIKI berguna untuk mengetahui status terakhir dari pengiriman barang. Mulai dari lokasi terakhir, status sudah sampai atau belum, ada kendala atau tidak, dan lainnya.
  • Sebagian besar istilah status pengiriman TIKI Online menggunakan bahasa Inggris. Namun tidak perlu khawatir, kamu tinggal akses laman ini lagi untuk tau apa arti istilahnya.
  • Layanan TIKI Online termasuk yang cukup komplit. Mulai dari beberapa jam sampai, 1 hari, 2 hari, reguler, hingga layanan hemat ongkir dan berjumlah besar.
  • Untuk melacak paket barang yang dikirim, kita bisa menggunakan 2 buah website: (1) tiki.id, (2) pluginongkoskirim.com.

Bagaimana, sampai di sini kebayang, ya?

Jika ternyata kamu masih mengalami kendala saat melakukan pelacakan barang, atau ada informasi yang belum diketahui; maka kami sarankan untuk menghubungi Call Center TIKI (1500125).

Kalau kamu suka dengan konten ini, kamu dijamin juga bakalan merasa terbantu dengan konten-konten ringan kami di Instagram. Karena itu, Follow IG kami di @PintarJualan.id. Di sana, kami sering berbagi tips cara pintar jualan online.

Akhir kata, terima kasih yaa 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *