Cara Kirim Barang Lewat Pos Indonesia (Beserta Syarat dan Ketentuan)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
15 Maret 2021
Waktu membaca
5 Menit

Sepert kurir yang lainnya, kirim barang lewat Pos Indonesia bisa dibilang cukup praktis, mudah, dan murah. Kamu cukup memesan paket, mengemas barang, cek ongkir-nya berapa, dan tinggal menunggu kurir datang untuk pick-up barang.

Tidak sampai 1 jam, barang kamu sudah siap dikirim ke alamat tujuan. Tetapi tidak sampai di situ, ada hal-hal penting yang perlu kamu tau juga terkait pengiriman Pos Indonesia, di antaranya:

  • Apa saja jenis-jenis layanan yang ditawarkan oleh Pos Indonesia,
  • Langkah-langkah dari pengemasan hingga pengiriman,
  • Syarat dan ketentuan pengiriman yang wajib ditaati,
  • Bagaimana melacak pengiriman Pos Indonesia.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: paket layanan Pos Indonesia.

 

Jenis Layanan Pos Indonesia

Pos Indonesia memiliki beragam layanan pengiriman, di antaranya ada kurir, logistik (domestik), prioritas, standar (internasional), bahkan juga ada produk keuangannya.

Untuk layanan ekspedisi kurir, berikut produk-produk yang dimiliki Pos Indonesia:

1. Pos Sameday Service

Pengiriman dalam kota (khusus untuk Pulau Jawa) dan ibu kota provinsi (untuk luar Pulau Jawa) dengan durasi pengiriman 1 hari sampai (di hari yang sama).

Ketentuannya, batas waktu order kurir jam 4 sore dan dikirim dalam durasi serta jarak maksimal 9 jam pengantaran. Pengiriman ini cocok untuk UKM yang jualan online dengan target pasar dalam kota.

Ketentuan Sameday Service

  • Berat barang maksimum 5 kg,
  • Jarak maksimum 9 jam pengantaran,
  • Bisa order via Posgiro Mobile (COD, cashless, tunai),
  • Ada asuransi untuk barang rusak, hilang, pengiriman terlambat.

2. Pos Express

Pengiriman ke seluruh kota di Indonesia dengan estimasi waktu sampai 1 hari kerja (kirim hari ini, besok sampai). Bisa untuk kirim dokumen, barang, atau surat-surat.

Jangkauan pengiriman Pos Express jauh lebih luas dibanding same day. Kini sudah bisa menjangkau antar kota antar provinsi di seluruh Indonesia.

Ketentuan Pos Express

  • Berat barang maksimum 30 kg,
  • Bisa order via Posgiro Mobile (COD, cashless, tunai),
  • Ada asuransi untuk barang rusak, hilang, pengiriman terlambat,
  • Order juga dapat dilakukan di kantor Pos, O-Ranger, dan Agen.

3. Pos Kilat Khusus

Pengiriman reguler dengan jangkauan luas ke seluruh kota di Indonesia, harga terjangkau dan kompetitif. Cocok untuk segala usaha yang ingin kirim barang dan dokumen penting.

Paket ini merupakan paket reguler, jika dibandingkan dengan ekspedisi lain seperti JNE REG, J&T REG, SiCepat REG, dll. Jangkauan pengiriman lebih luas dengan estimasi waktu sampai standar.

Ketentuan Pos Kilat Khusus

  • Estimasi waktu sampai 2-7 hari kerja,
  • Berat barang maksimum 30 kg,
  • Bisa order via Posgiro Mobile (COD, cashless, tunai),
  • Ada asuransi untuk barang rusak, hilang, pengiriman terlambat,
  • Order juga dapat dilakukan di kantor Pos, O-Ranger, dan Agen.

4. Pos Jumbo Ekonomi

Layanan pengiriman dengan harga yang lebih hemat untuk barang di atas 3 kg. Cocok untuk kamu yang ingin kirim barang dalam jumlah besar sekaligus ingin potongan harga.

Jangkauan pengiriman Pos Jumbo Ekonomi sama dengan layanan-layanan sebelumnya, yakni ke seluruh penjuru kota di Indonesia. Hanya saja, biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat namun durasi pengiriman juga sedikit lebih lama.

Ketentuan Pos Jumbo Ekonomi

  • Berat barang minimum 3 kg dan maksimum 30 kg,
  • Estimasi waktu pengiriman maksimum 14 hari kerja,
  • Bisa order via Posgiro Mobile (COD, cashless, tunai),
  • Ada asuransi untuk barang rusak, hilang, pengiriman terlambat,
  • Order juga dapat dilakukan di kantor Pos, O-Ranger, dan Agen.

Bagaimana, kamu sudah ada gambaran ingin order jasa kirim Pos Indonesia yang mana? Jika sudah, mari kita lanjut ke sesi tentang cara kirim barang mulai dari cek ongkir hingga pelacakan.

Scroll terus ke bawah, yaa.. 😉

Cara Kirim Barang Melalui Pos Indonesia

Sebenarnya hampir mirip dengan jasa kurir yang lainnya, kirim barang via Pos Indonesia juga sama mudahnya. Kamu bisa datang langsung datang ke kantor Pos terdekat untuk order layanan.

Secara garis besar, berikut langkah mengirim paket lewat Pos Indonesia:

  1. Cek Ongkir,
  2. Kemas Barang,
  3. Pilih Layanan,
  4. Datang ke Kantor,
  5. Lacak Barang.

Berikut ulasan selengkapnya..

1. Cek Ongkir ke Alamat Tujuan

Langkah pertama, kamu bisa cek dulu tarif ongkos kirim yang akan dikenakan. Caranya seperti ini:

  1. Buka laman berikut: pluginongkoskirim.com/cek-tarif-ongkir
  2. Pada laman utama, ada 3 kolom yang perlu diisi: (1) Kota asal, (2) Kota tujuan, (3) Berat paket. Silakan isi sesuai dengan data barang yang akan dikirim. Jika sudah, ketuk tombol Cek Tarif.
  3. Setelah itu, akan muncul informasi berapa tarif yang akan kamu bayar untuk pengiriman tersebut. Bukan hanya Pos Indonesia, tetapi juga kurir-kurir yang lainnya.
  4. Selesai! ✅

Dengan cek ongkir, kamu jadi bisa mengestimasi berapa biaya yang akan dikeluarkan. Hal ini berguna juga untuk menentukan paket layanan mana yang akan dipesan.

2. Kemas Barang Sesuai Standar

Langkah berikutnya, adalah pengemasan barang sesuai standar Pos Indonesia. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dan wajib ada pada kemasan:

  • Identitas pengirim (nama, alamat, dan no HP aktif),
  • Identitas penerima (nama, alamat, dan no HP aktif),
  • Keterangan isi barang (jenis, bahan, berat, jumlah).

Sedangkan untuk langkah-langkah pengemasannya juga sama dengan packing barang untuk kurir yang lain. Berikut langkahnya:

  1. Menyiapkan alat dan bahan (gunting, selotip, kertas, bubble wrap, plastik, koran).
  2. Melapisi barang menggunakan koran dan plastik, serta diselotip rapat-rapat.
  3. Memasukkan ke dalam kardus dengan pas dan tidak longgar, lalu diselotip lagi.
  4. Melapisi barang menggunakan bubble wrap dengan rapat, lalu diselotip lagi.
  5. Menempelkan identitas pengiriman dengan melapisinya menggunakan selotip.
  6. Selesai! ✅

3. Pilih Layanan Pos Indonesia

Langkah ini sebenarnya bisa kamu lakukan setelah cek ongkir, yakni memilih layanan mana yang cocok untuk barang dan kondisi keuangan 😅

Seperti yang sudah disampaikan di awal tadi, ada 4 layanan utama untuk pengiriman domestik:

  • Pos Sameday Service (sampai maksimal 9 jam),
  • Pos Express (kirim hari ini, besok sampai),
  • Pos Kilat Khusus (pengiriman reguler 2-7 hari),
  • Pos Jumbo Ekonomi (pengiriman besar & hemat).

Setelah benar-benar yakin dengan pilihan kamu, kini saatnya mendatangi kantor Pos terdekat untuk proses pengiriman barang.

4. Datang ke Kantor Pos Terdekat

Sebenarnya ada opsi pick up barang menggunakan aplikasi, namun kami lihat review di PlayStore cukup banyak keluhan dari pelanggan: error, lama, tidak sinkron.

Karena itu, kami menyarankan untuk datang langsung saja ke kantor Pos paling dekat dengan lokasi saat ini. Untuk proses order layanan, berikut langkahnya:

  1. Masuk ke laman berikut: posindonesia.co.id/id/direction
  2. Pada laman tersebut, isi kolom “Masukkan Kota” dengan kota kamu saat ini.
  3. Jika sudah, ketuk tombol Cek Lokasi. Nanti akan muncul rekomendasi kantor terdekat.
  4. Selesai! ✅

(Atau, jika ingin lebih cepat, kamu dapat gunakan Google Maps lewat HP untuk mencari kantor Pos terdekat.)

Berikutnya, pesan layanan dan berikan paket barang kepada pihak agen untuk diproses pesanannya. Setelah proses order selesai, kamu akan mendapatkan struk pesanan beserta nomor resi.

5. Lacak Barang Sudah Sampai Mana

Untuk tau barang yang dikirim sudah sampai kota mana, kamu bisa melakukan cek resi. Caranya mudah:

  1. Buka laman berikut: pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pada kolom Pilih Kurir, pilih opsi Pos Indonesia.
  3. Pada kolom Nomor Resi, isi dengan nomor resi yang kamu dapatkan.
  4. Jika sudah, ketuk tombol Lacak.
  5. Selesai!✅

Dengan cara ini, kamu bisa langsung tau status terakhir dari pengiriman Pos Indonesia. Jika ada kendala atau paket terlambat, kamu dapat langsung menghubungi Halopos 161.

Rangkuman

  • Untuk memesan layanan Pos Indonesia, kamu bisa pilih beberapa paket yang tersedia. Di antaranya: (1) Pos Sameday Service, (2) Pos Express, (3) Pos Kilat Khusus, (4) Pos Jumbo Ekonomi.
  • Cara kirim barang lewat kantor Pos Indonesia cukup praktis, yakni: (1) Cek tarif ongkir via Pluginongkoskirim.com, (2) Kemas barang sesuai standar, (3) Pilih jenis layanan yang akan digunakan, (4) Datang ke kantor Pos terdekat, (5) Lacak barang yang sudah dikirim.
  • Untuk melacak barang yang dikirim menggunakan Pos Indonesia, ada 2 laman yang bisa kamu akses: (1) posindonesia.co.id/id/tracking (web resmi), (2) pluginongkoskirim.com/cek-resi (web pihak ketiga).

Bagaimana, cukup praktis dan cepat, bukan?

Kalau kamu suka dengan tulisan ini, bagikan kepada teman-teman lewat WA, LINE, atau Telegram. Lalu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser agar sewaktu-waktu bisa diakses lagi.

Oh iya, kami juga membuka ruang diskusi di media sosial IG @PintarJualan.id. Silakan Follow dan ketuk Lonceng untuk menyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan tips & trik terbaru dari kami.

Akhir kata, terima kasih yaa~ 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *