Advertisement

Cara Mengajukan Komplain TIKI Untuk Pengiriman Paket Barang Bermasalah

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
19 Maret 2021
Waktu membaca
5 Menit

Dikenal sebagai ekspedisi yang senantiasa tepat waktu, wajar jika kamu merasa khawatir saat pengiriman TIKI begitu lama; alias terlambat. Jika bosan menunggu terlalu lama, maka sudah saatnya untuk mengajukan komplain TIKI Online ke bagian CS-nya.

Selain memberikan langkah demi langkah untuk mendapatkan jawaban terbaik dari Customer Care TIKI, Pintar Jualan juga akan membahas beberapa poin penting lainnya. Meliputi:

  • Hal apa saja yang penting dilakukan sebelum mengajukan komplain,
  • Beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk menghubungi CS TIKI,
  • Kiat-kiat untuk mengantisipasi agar pengiriman tidak terlambat.

Namun seperti biasa, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Hal Penting Sebelum Ajukan Komplain TIKI

Penting: Apabila kamu sebagai pembeli barang, ajukan komplain kepada pihak CS TIKI, bukan penjual. Karena setelah barang dikirim, penjual sudah tidak ada urusan lagi.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum menghubungi pihak CS TIKI Online, kami rangkum menjadi 3 tahap:

  1. Rutin untuk cek resi status pengiriman terakhir,
  2. Memahami apa arti kode/istilah pada hasil pelacakan,
  3. Mencatat setiap kendala yang ada (barang hilang, rusak, atau terlambat).

Berikut penjelasan selengkapnya..

Cek Resi Status Pengiriman TIKI

Untuk mengetahui posisi terakhir sekaligus informasi detail mengenai pengiriman TIKI, kamu perlu melakukan cek resi.

Ada 2 cara yang sering kami lakukan: (1) melalui web resmi, (2) melalui web pihak ketiga. Berikut langkah detailnya.

Melalui Web Resmi TIKI

  1. Buka laman berikut: tiki.id
  2. Pada laman Beranda, scroll ke bawah dan temukan bagian CEK RESI.
  3. Di situ, langsung isi kolom dengan No Resi yang kamu dapatkan.
  4. Jika sudah, ketuk tombol LACAK warna merah.
  5. Selesai! ✅

Melalui Web Plugin Ongkos Kirim

  1. Buka laman berikut: PluginOngkosKirim.com/cek-resi
  2. Pada laman cek resi, ada 2 kolom yang perlu diisi:
    • Ekspedisi (pilih TIKI),
    • Nomor Resi (masukkan no resi TIKI).
  3. Jika sudah diisi semua, ketuk tombol Lacak warna oranye.
  4. Selesai! ✅

Cermati Arti Kode / Istilah TIKI

Setelah melakukan pelacakan paket menggunakan kedua cara tadi, maka akan muncul beberapa informasi. Di antaranya:

  • Shipment,
  • Date,
  • Origin,
  • Destination,
  • Status,
  • Shipment History,
  • dll.

Nah, biasanya akan ada istilah-istilah yang cukup sulit dipahami. Terlebih jika ada masalah keterlambatan, pengalihan, atau barang yang dikirim ternyata hilang.

Karena itu, sebaiknya pahami terlebih dulu arti kodenya. Kami sudah menjelaskannya di postingan yang berbeda, kamu dapat membacanya di sini: Arti Kode & Istilah Pengiriman TIKI (Beserta Penjelasan Komplit).

Catat Kendala yang Sedang Dialami

Saat semua sudah dicek dan kamu sudah paham apa arti dari kode-kode yang ditampilkan, kini saatnya untuk mencatat kendala yang terjadi pada pengiriman barang TIKI.

Biasanya, kendalanya tidak jauh-jauh dari hal berikut:

  • Pengiriman TIKI begitu lama dan belum sampai-sampai (padahal sudah melebihi estimasi waktu),
  • Paket yang dikirim menggunakan TIKI ternyata hilang dan tidak dapat ditemukan oleh sistem,
  • Paket yang dikirim menggunakan TIKI mengalami kerusakan saat proses pengiriman.

Jadi, intinya: terlambat (apalagi untuk layanan prioritas seperti Same Day Service, Over Night Service), hilang, dan rusak.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

10 Comments

  1. Yuhana Setiawan berkata:

    Tolong Jangan Ditunda2 Pengiriman Masa Paket Yang Seharusnya Dua Hari Sampai…Harus Nunggu2 Lama Sekarang Saja Sudah 1 Minggu Paket Tidak Datang….TiKi emang payah tidak akan pernah lagi saya kirim paket lewat tiki…kecewa berat sama tiki…karena paket sangat penting tapi malah ditunda2 pengirimannya

    1. Ifan Prasya berkata:

      silakan ajukan komplain ke pihak TIKI, ya kak. kami hanya posting caranya saja. di atas sudah jelas, kami bukan pihak TIKI, terima kasih 🙂

  2. hdk berkata:

    manfaat tracking untuk apa buat melacak kiriman ,tetapi dilacak sudah 3 hari masih juga barang di tempat belum bergerak sama sekali..estimasi 3 hari tapi barang belum juga terkirim dari gudang pengiriman semula …kalau tracking gak update ngapain bermain dengan etracking ..berbisnislah yang amanah jangan mengecewkan konsumen.

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Mohon maaf ya kak, saran saya silahkan ajukan komplain ke pihak TIKI, ya kak. kami hanya posting caranya saja. di atas sudah jelas, kami bukan pihak TIKI, terima kasih 🙂

  3. Ayu octha berkata:

    Kak gmna sih paket saya sudah tiba di kantor pusat tujuan tapi kok gak di antar2 udah 3 hari sampai haduh gmna sij

    1. Ifan Prasya berkata:

      silakan ajukan komplain ke pihak TIKI, ya kak. kami hanya posting caranya saja. di atas sudah jelas, kami bukan pihak TIKI hehehe, terima kasih 🙂

  4. Agus berkata:

    Tolong jangan tunda-tunda, masak 3 hari paket nggak jalan-jalan. Hmmmmmmmmmmmmmmm

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak 🙂

  5. Irma berkata:

    Saya ada pengiriman makan dari tangerang ke poso. Estimasi 3-4 jari. Dan saya rela bayar mahallllllll 170 ribu. Nyatanya sampai 6 gak sampai2 juga, dan goblok nya si petugas yg diposo mengatakan bahwa barang di tumpuk2 dulu di daerah palu baru dikirim ke poso. Berarti estimasi gak berlaku donk kalo begitu ceritanya. Gimana nih makanan saya sudah membusuk di jalan. Tolong saya mau ganti rugi.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak, maaf sebelumnya kami tidak ada hubungannya dengan TIKI. Kak Irma bisa komplain langsung ke TIKI dengan cara di atas.
      Saran kami, untuk kirim makanan bisa pakai ekspedisi dengan layanan Same Day alias satu hari sampai ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *