Cara Mengajukan Komplain TIKI Ketika Pengiriman Paket Barang Bermasalah

Ifan Prasya 23 Des 2022 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Dikenal sebagai ekspedisi yang senantiasa tepat waktu, wajar jika kamu merasa khawatir saat pengiriman TIKI begitu lama; alias terlambat. Jika bosan menunggu terlalu lama, maka sudah saatnya untuk mengajukan komplain TIKI Online ke bagian CS-nya.

Selain memberikan langkah demi langkah untuk mendapatkan jawaban terbaik dari Customer Care TIKI, Pintar Jualan juga akan membahas beberapa poin penting lainnya. Meliputi:

  • Hal apa saja yang penting dilakukan sebelum mengajukan komplain,
  • Beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk menghubungi CS TIKI,
  • Kiat-kiat untuk mengantisipasi agar pengiriman tidak terlambat.

Namun seperti biasa, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai.

 

ADVERTISEMENT

Hal Penting Sebelum Ajukan Komplain TIKI

Penting: Apabila kamu sebagai pembeli barang, ajukan komplain kepada pihak CS TIKI, bukan penjual. Karena setelah barang dikirim, penjual sudah tidak ada urusan lagi.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum menghubungi pihak CS TIKI Online, kami rangkum menjadi 3 tahap:

  1. Rutin untuk cek resi status pengiriman terakhir,
  2. Memahami apa arti kode/istilah pada hasil pelacakan,
  3. Mencatat setiap kendala yang ada (barang hilang, rusak, atau terlambat).

Berikut penjelasan selengkapnya..

ADVERTISEMENT

Cek Resi Status Pengiriman TIKI

Untuk mengetahui posisi terakhir sekaligus informasi detail mengenai pengiriman TIKI, kamu perlu melakukan cek resi.

Ada 2 cara yang sering kami lakukan: (1) melalui web resmi, (2) melalui web pihak ketiga. Berikut langkah detailnya.

Melalui Web Resmi TIKI

  1. Buka laman berikut: tiki.id
  2. Pada laman Beranda, scroll ke bawah dan temukan bagian CEK RESI.
  3. Di situ, langsung isi kolom dengan No Resi yang kamu dapatkan.
  4. Jika sudah, ketuk tombol LACAK warna merah.
  5. Selesai! ✅

Cek resi tiki hp 2

Melalui Web Plugin Ongkos Kirim

  1. Buka laman berikut: PluginOngkosKirim.com/cek-resi
  2. Pada laman cek resi, ada 2 kolom yang perlu diisi:
    • Ekspedisi (pilih TIKI),
    • Nomor Resi (masukkan no resi TIKI).
  3. Jika sudah diisi semua, ketuk tombol Lacak warna oranye.
  4. Selesai! ✅

Cek resi tiki hp via plugin ongkir 2

ADVERTISEMENT

Cermati Arti Kode / Istilah TIKI

Setelah melakukan pelacakan paket menggunakan kedua cara tadi, maka akan muncul beberapa informasi. Di antaranya:

  • Shipment,
  • Date,
  • Origin,
  • Destination,
  • Status,
  • Shipment History,
  • dll.

Nah, biasanya akan ada istilah-istilah yang cukup sulit dipahami. Terlebih jika ada masalah keterlambatan, pengalihan, atau barang yang dikirim ternyata hilang.

Karena itu, sebaiknya pahami terlebih dulu arti kodenya. Kami sudah menjelaskannya di postingan yang berbeda, kamu dapat membacanya di sini: Arti Kode & Istilah Pengiriman TIKI (Beserta Penjelasan Komplit).

ADVERTISEMENT

Catat Kendala yang Sedang Dialami

Saat semua sudah dicek dan kamu sudah paham apa arti dari kode-kode yang ditampilkan, kini saatnya untuk mencatat kendala yang terjadi pada pengiriman barang TIKI.

Biasanya, kendalanya tidak jauh-jauh dari hal berikut:

  • Pengiriman TIKI begitu lama dan belum sampai-sampai (padahal sudah melebihi estimasi waktu),
  • Paket yang dikirim menggunakan TIKI ternyata hilang dan tidak dapat ditemukan oleh sistem,
  • Paket yang dikirim menggunakan TIKI mengalami kerusakan saat proses pengiriman.

Jadi, intinya: terlambat (apalagi untuk layanan prioritas seperti Same Day Service, Over Night Service), hilang, dan rusak.

Namun tetap saja, kamu wajib mencatat setiap detail riwayat yang terjadi pada proses pengiriman. Seperti kapan terakhir sistem melacak, posisinya ada di agen mana, dan sudah berapa lama terkendala.

Jika sudah komplit, barulah kamu bisa mengajukan komplain kepada pihak Customer Care TIKI Online melalui beberapa cara. Untuk selengkapnya, simak sesi berikut ini yaa..

Halaman Selanjutnya
Cara Mengajukan Komplain ke CS...

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *