Cara Mengajukan Komplain TIKI Untuk Pengiriman Paket Barang Bermasalah

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
19 Maret 2021
Waktu membaca
5 Menit

Dikenal sebagai ekspedisi yang senantiasa tepat waktu, wajar jika kamu merasa khawatir saat pengiriman TIKI begitu lama; alias terlambat. Jika bosan menunggu terlalu lama, maka sudah saatnya untuk mengajukan komplain TIKI Online ke bagian CS-nya.

Selain memberikan langkah demi langkah untuk mendapatkan jawaban terbaik dari Customer Care TIKI, Pintar Jualan juga akan membahas beberapa poin penting lainnya. Meliputi:

  • Hal apa saja yang penting dilakukan sebelum mengajukan komplain,
  • Beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk menghubungi CS TIKI,
  • Kiat-kiat untuk mengantisipasi agar pengiriman tidak terlambat.

Namun seperti biasa, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Hal Penting Sebelum Ajukan Komplain TIKI

Penting: Apabila kamu sebagai pembeli barang, ajukan komplain kepada pihak CS TIKI, bukan penjual. Karena setelah barang dikirim, penjual sudah tidak ada urusan lagi.

Persiapan yang perlu dilakukan sebelum menghubungi pihak CS TIKI Online, kami rangkum menjadi 3 tahap:

  1. Rutin untuk cek resi status pengiriman terakhir,
  2. Memahami apa arti kode/istilah pada hasil pelacakan,
  3. Mencatat setiap kendala yang ada (barang hilang, rusak, atau terlambat).

Berikut penjelasan selengkapnya..

Cek Resi Status Pengiriman TIKI

Untuk mengetahui posisi terakhir sekaligus informasi detail mengenai pengiriman TIKI, kamu perlu melakukan cek resi.

Ada 2 cara yang sering kami lakukan: (1) melalui web resmi, (2) melalui web pihak ketiga. Berikut langkah detailnya.

Melalui Web Resmi TIKI

  1. Buka laman berikut: tiki.id
  2. Pada laman Beranda, scroll ke bawah dan temukan bagian CEK RESI.
  3. Di situ, langsung isi kolom dengan No Resi yang kamu dapatkan.
  4. Jika sudah, ketuk tombol LACAK warna merah.
  5. Selesai! ✅

Melalui Web Plugin Ongkos Kirim

  1. Buka laman berikut: PluginOngkosKirim.com/cek-resi
  2. Pada laman cek resi, ada 2 kolom yang perlu diisi:
    • Ekspedisi (pilih TIKI),
    • Nomor Resi (masukkan no resi TIKI).
  3. Jika sudah diisi semua, ketuk tombol Lacak warna oranye.
  4. Selesai! ✅

Cermati Arti Kode / Istilah TIKI

Setelah melakukan pelacakan paket menggunakan kedua cara tadi, maka akan muncul beberapa informasi. Di antaranya:

  • Shipment,
  • Date,
  • Origin,
  • Destination,
  • Status,
  • Shipment History,
  • dll.

Nah, biasanya akan ada istilah-istilah yang cukup sulit dipahami. Terlebih jika ada masalah keterlambatan, pengalihan, atau barang yang dikirim ternyata hilang.

Karena itu, sebaiknya pahami terlebih dulu arti kodenya. Kami sudah menjelaskannya di postingan yang berbeda, kamu dapat membacanya di sini: Arti Kode & Istilah Pengiriman TIKI (Beserta Penjelasan Komplit).

Catat Kendala yang Sedang Dialami

Saat semua sudah dicek dan kamu sudah paham apa arti dari kode-kode yang ditampilkan, kini saatnya untuk mencatat kendala yang terjadi pada pengiriman barang TIKI.

Biasanya, kendalanya tidak jauh-jauh dari hal berikut:

  • Pengiriman TIKI begitu lama dan belum sampai-sampai (padahal sudah melebihi estimasi waktu),
  • Paket yang dikirim menggunakan TIKI ternyata hilang dan tidak dapat ditemukan oleh sistem,
  • Paket yang dikirim menggunakan TIKI mengalami kerusakan saat proses pengiriman.

Jadi, intinya: terlambat (apalagi untuk layanan prioritas seperti Same Day Service, Over Night Service), hilang, dan rusak.

Namun tetap saja, kamu wajib mencatat setiap detail riwayat yang terjadi pada proses pengiriman. Seperti kapan terakhir sistem melacak, posisinya ada di agen mana, dan sudah berapa lama terkendala.

Jika sudah komplit, barulah kamu bisa mengajukan komplain kepada pihak Customer Care TIKI Online melalui beberapa cara. Untuk selengkapnya, simak sesi berikut ini yaa..

Cara Mengajukan Komplain ke CS TIKI Online

Kami sudah merangkum sejumlah cara yang bisa kamu gunakan untuk menghubungi CS TIKI, di antaranya:

  • Melalui call center TIKI: 1500125,
  • Melalui email resmi TIKI: tiki@tiki.id,
  • Melalui sosial media resmi TIKI Online,
  • Melalui kantor cabang TIKI seluruh Indonesia.

Untuk penjelasan selengkapnya, baca sesi berikut ini.

Call Center TIKI Online

Customer Service Hotline TIKI → 1500125

Kelebihan menggunakan media telepon untuk komplain adalah respon yang diberikan lebih cepat. Namun kekurangannya, harus bayar pulsa minimal Rp10.000 untuk menyampaikan keluhan 5-10 menit.

Karena itu, tanpa mengurangi rasa hormat, pastikan agar pulsa kamu mencukupi sebelum menelepon CS TIKI, ya 😅

Jika sudah, langkah-langkahnya cukup simpel. Kamu hanya perlu melewati beberapa tahap berikut ini:

  1. Buka menu Panggilan, lalu ketikkan nomor 1500125 pada dial, lalu ketuk ikon Telepon.
  2. Pada panggilan pertama, kamu akan diarahkan untuk memilih menu layanan. Pilih keluhan pelanggan.
  3. Jika sudah, sampaikan langsung kendala apa yang sedang dialami (seperti yang sudah dicatat tadi), beserta informasi berikut:
    • Informasi pengirim (nama, alamat, no HP),
    • Informasi penerima (nama, alamat, no HP),
    • Nomor resi TIKI yang diterima saat order layanan,
    • Layanan yang digunakan (SDS, ONS, REG, ECO, TRC),
    • Ciri-ciri paket yang dikirim,
    • Kendala pengiriman.
  4. Selesai! ✅

Email Resmi TIKI Online

Email resmi TIKI → tiki@tiki.id

Kalau kamu lebih terampil ketika menyampaikan uneg-uneg lewat tulisan, maka mengirim via email cukup direkomendasikan.

Hanya saja, kamu wajib lebih bersabar, ya. Karena biasanya antrean cukup banyak dan pihak CS juga membalasnya satu per satu. Jika terima risiko ini, kamu bisa langsung menulis email dengan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Buka Gmail (atau platform email lain yang digunakan) lalu ketuk + Tulis.
  2. Pada halaman draf, isi beberapa bagian seperti berikut:
    • Kepada: berisi alamat email TIKI (tiki@tiki.id)
    • Subjek: berisi judul email (gunakan template dari kami).
    • Isi: berisi keluhan yang ingin kamu sampaikan (gunakan template dari kami).
    • Lampiran: (opsional) bisa berupa foto barang, atau dokumentasi cek resi.
  3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Kirim untuk mengirimkan keluhan.

Berikut template yang dapat kamu gunakan untuk mengirim email ke CS TIKI:

[Komplain] Pengiriman Over Night TIKI Terlambat 5 Hari – Mohon Ditanggapi

Dear CS TIKI Online yang Baik Hatinya,

Saya merupakan pengirim paket TIKI Online bernama (isi nama kamu), bermaksud ingin menyampaikan keluhan terkait layanan yang terlambat. Saya sudah mengecek resi dan hasilnya masih sama, barang tidak bergerak dan hanya berhenti di gudang kota A (misal).

Untuk melengkapi kebutuhan pemeriksaan, berikut data-data pengirimannya:

  • Nomor Resi: (isikan nomor resi yang kamu terima)
  • Pengirim: (isikan data pengirim berupa nama, no HP, alamat)
  • Penerima: (isikan data penerima berupa nama, no HP, alamat)
  • Layanan: (isikan layanan yang digunakan: SDS, ONS, REG, ECO, TRC)

Demikian, mudah-mudahan dapat menjadi periksa dan mohon tindak lanjut dari TIKI Online terkait pengiriman yang terlambat ini.

Terima kasih,
(isi nama kamu).

Sosial Media Resmi TIKI Online

Kalau kamu tidak sempat menelepon atau menulis email, maka bisa DM langsung ke sosial media resmi milik TIKI. Di antaranya:

(Untuk template-nya sama saja dengan template yang digunakan untuk mengirim email.)

Setelah mengirim DM (direct message), biasanya admin akan langsung menanggapi dengan pesan otomatis. Kamu hanya perlu menunggu balasan dari CS yang sedang bertugas.

Harap bersabar ya, karena memang antrean keluhan untuk media sosial cukup panjang.

Kantor Cabang TIKI Seluruh Indonesia

Jika ternyata kamu lebih nyaman untuk ngobrol dengan pihak agen secara langsung, maka bisa datang ke kantor cabang TIKI di seluruh Indonesia.

Untuk daftar alamatnya, kamu dapat meninjaunya lewat laman web resmi TIKI di sini: https://tiki.id/id/kontak

(atau)

Gunakan Google Maps lalu ketik “kantor TIKI terdekat” maka akan langsung muncul daftar alamat kantor yang lokasinya dekat dengan kamu saat ini.

Jika sudah, langsung datangi kantor tersebut, lalu sampaikan bahwa kamu ingin menanyakan paket yang terlambat, hilang, atau rusak. Nantinya, pihak agen akan memandu untuk proses selanjutnya.

(Jangan lupa untuk selalu menyampaikan data nomor resi yang kamu bawa.)

Tips Agar Pengiriman Barang Lancar & Aman

Nah, pada bagian ini, langkah-langkah yang kami sampaikan lebih mengarah kepada pencegahan. Supaya nantinya, paket yang dikirim bisa selamat sampai tujuan (tanpa rusak, hilang, atau terlambat).

Berikut tips yang dapat kamu terapkan:

  • Pastikan alamat ditulis dengan lengkap. Selalu tulis alamat lengkap hingga ke nomor rumah, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, dan kode pos.
  • Kemas paket sesuai standar pengiriman. Paket yang dikirim sebaiknya dikemas dengan standar pengemasan. Kamu bisa baca panduannya di sini: Cara Packing Barang Aman dan Tidak Rusak.
  • Selalu gunakan asuransi pengiriman. Setiap kali kamu menggunakan layanan kurir, selalu pastikan agar menggunakan asuransi. Meski berbayar, tapi nominalnya tidak seberapa.
  • Ajukan klaim untuk barang hilang/rusak. Jika memang terjadi kehilangan barang, atau barang yang dikirim rusak; maka kamu dapat mengajukan klaim garansi kepada pihak CS TIKI.

Baca juga:

Rangkuman

  • Sebelum mengajukan komplain, sebaiknya pastikan dulu kamu sudah melakukan 3 hal: (1) Rutin melakukan cek resi, (2) Memahami arti kode TIKI, (3) Mencatat setiap kendala yang ada, (4) Mengajukan komplain ke CS TIKI, bukan penjual.
  • Komplain TIKI bisa kamu ajukan melalui beberapa cara: (1) Call Center 1500125, (2) Email tiki@tiki.id, (3) Sosial media, (4) Kantor cabang TIKI di seluruh Indonesia.
  • Agar terhindar dari masalah pengiriman, pastikan untuk melakukan beberapa kiat: (1) Menulis alamat dengan lengkap, (2) Mengemas paket sesuai standar, (3) Menggunakan asuransi.

Bagaimana, prosesnya cukup simpel, bukan?

Dari beberapa cara di atas, tentu yang paling direkomendasikan adalah menghubungi CS TIKI lewat Telepon. Karena sudah pasti dilayani dengan cepat dan sigap tanpa harus menunggu lama.

Baik, dari kami cukup sampai di sini dulu. Jika kamu suka konten ini, bergabung bersama kami di IG @PintarJualan.id. Karena di sana kami sering berbagi tips pintar jualan online.

Akhir kata, terima kasih banyak yaa 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

1 Comments

  1. Yuhana Setiawan berkata:

    Tolong Jangan Ditunda2 Pengiriman Masa Paket Yang Seharusnya Dua Hari Sampai…Harus Nunggu2 Lama Sekarang Saja Sudah 1 Minggu Paket Tidak Datang….TiKi emang payah tidak akan pernah lagi saya kirim paket lewat tiki…kecewa berat sama tiki…karena paket sangat penting tapi malah ditunda2 pengirimannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *