Advertisement

Tutorial Cara Belanja di IKEA Indonesia [Via Online & Datang ke Toko]

Diterbitkan pada
07 Oktober 2021
Waktu membaca
8 Menit

Cara Belanja di IKEA mungkin agak sedikit membingungkan bagi beberapa orang. Jangan khawatir, melalui artikel berikut kami akan menyajikan panduan praktis berbelanja di IKEA Indonesia.

Terdapat 3 poin yang akan kami bahas tuntas, yaitu:

  • Tutorial cara belanja di IKEA (offline dan online).
  • Gerai IKEA di Indonesia, dan
  • Tips belanja di IKEA.

Jangan lewatkan seluruh informasinya ya. Yuk baca artikel ini sampai selesai agar tidak tersesat dalam berbelanja nantinya.

Ohya, jangan lupa ketuk tombol Bookmark di pojok kanan atas browser untuk menyimpan artikel ini – agar tidak ketinggalan update di kemudian hari.

Gimana Sih Cara Belanja di IKEA?

IKEA merupakan perusahaan Home Furnishing terbesar yang berasal dari Swedia dan berdiri sejak 2014. Perusahaan yang berpusat di Delft, Belanda ini sudah memiliki beberapa cabang di Indonesia.

Untuk membeli produk di IKEA, ada 2 alternatif yang tersedia, yaitu dengan metode belanja offline (datang langsung ke toko), dan online (melalui web dan aplikasi IKEA).

Khusus untuk belanja offline untuk sementara hanya bisa dilakukan di gerai IKEA yang ada di Tangerang, Bogor, Bandung dan Jakarta. Jika kamu berada di luar ke-4 kota tersebut bisa melakukan belanja online melalui website dan aplikasi IKEA.

Berikut penjelasan selengkapnya.

Cara Belanja offline di IKEA (Datang Ke Toko)

Alternatif pertama yaitu dengan mengunjungi langsung gerai IKEA Indonesia. Perlu kamu ketahui sistem belanja di toko IKEA menggunakan metode self service atau layanan mandiri. Sehingga akan cukup membingungkan bagi yang masih baru pertama kali.

Setiap gerai memiliki beberapa ruangan penting yang wajib kamu ketahui fungsinya.

(1) Show Room

Ruangan display barang atau contoh desain ruangan yang sudah full furnished. Tempat ini menjadi inspirasi berbagai konsep ruangan dalam rumah beserta furniture dan perabotannya. Show Room biasanya terletak di lantai atas.

(2) Gudang

Ruangan di lantai bawah yang menjadi area Layanan Mandiri / self service. Ruangan ini berfungsi sebagai tempat mencari barang yang sudah kamu catat di brosur daftar belanja.

(3) As-Is

Area yang menyediakan berbagai barang IKEA yang dijual dengan harga miring (karena minus).

Baca Juga: Cara Belanja di TikTok Shop untuk Pemula dari Daftar Sampai Checkout.

***

Nah, jika kamu sama sekali belum pernah datang ke toko tentu sangat bingung harus ke ruangan mana dulu, mari simak cara masuk ikea dan cara belanja di toko IKEA berikut:

  1. Kunjungi salah satu toko IKEA sesuai alamat dan parkir kendaran di area yang sudah disediakan.
  2. Sebelum masuk ke gerai, titipkan barang bawaan di loker yang tersedia dengan meminta kunci loker di Meja Informasi.
  3. Ambil pensil, brosur daftar belanja dan tas belanja berwarna kuning yang tersedia di depan pintu masuk (biasanya juga tersedia di area Show Room).
  4. Silahkan menuju Show Room dan berkeliling untuk mencari produk yang kamu butuhkan.
  5. Pilih barang dan catat di brosur daftar belanja. (Tips: jangan lupa memfoto label harga dan menulis keterangan lokasi lorong dan rak barang yang tertera di label).
  6. Setelah selesai berkeliling dan memilih barang, silahkan menuju area Gudang.
  7. Cari dan temukan sendiri barang yang kamu inginkan melalui petunjuk yang tertera di label barang yang sudah kamu foto dan catat tadi. Misal, pada label barang tertulis Rak 8 Bagian 7-9, maka kamu harus menuju lokasi rak sesuai dengan denah tersebut.
  8. Jika sudah ketemu, silahkan ambil barang yang kamu ingin beli.
  9. Setelah itu silahkan menuju ke Kasir untuk melakukan pembayaran. Cara pembayaran di IKEA secara offline bisa dilakukan tunai atau menggunakan debit dan credit card.
  10. Selesai.

Bagaimana? Cukup rumit ya? Hehe. Memang IKEA menerapkan sistem Layanan Mandiri dimana pengunjung harus mencari dan menemukan barang sendiri.

Meskipun agak melelahkan tapi sebetulnya asyik lho belanja di toko karena kamu bisa langsung melihat berbagai inspirasi interior ruangan dan penatana furniture.

Kamu pun bisa langsung mencoba berbagai furnitue yang tersedia sehingga lebih mudah untuk memilih barang. Di area Show Room juga tersedia fitur untuk mendesain ruangan secara virtual yang dapat diakses secara gratis.

Gerai IKEA di Indonesia

Perlu diingat tidka semua kota besar di Indonesia sudah ada gerai IKEA. Untuk berbelanja secara offline atau datang ke toko, kamu bisa mengunjungi 4 gerai IKEA di bawah ini:

  1. Alam Sutera di Jl. Jalur Sutera Boulevard No. 45 Alam Sutera, Tangerang.
  2. Centul City di Jl. MH. Thamrin no 57 Babakan, Madang – Sentul City, Sentul Selatan – Kab. Bogor.
  3. Kota Baru Parahyangan di Jl. Parahyangan Raya kav. 9, Kota Baru Parahyangan, Kertajaya Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, 40553.
  4. Jakarta Garden City di Jl. Jakarta Garden City Boulevard, Jakarta Garden City, Cakung 13910, Jakarta Timur.

Jika kamu berada di luar jangkauan area tersebut tidak perlu khawatir karena IKEA menyediakan layanan belanja online. Langkah-langkahnya akan kami bahas setelah ini. Simak terus ya.

Tips Belanja di Toko

Pertama, di sana kamu akan banyak bergerak dan berjalan kaki, jadi gunakan alas kaki yang nyaman.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

More than delighted to help people grow their business better everyday by crafting best strategic of digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *