Advertisement

Cara Belanja di Taobao Dari Cina ke Indonesia yang Murah & Aman

Diterbitkan pada
03 November 2021
Waktu membaca
6 Menit

Di Indonesia, Taobao adalah marketplace Cina yang tidak seterkenal Shopee atau Alibaba. Wajar bila banyak yang belum tahu bagaimana cara belanja di Taobao.

Selain situsnya hanya tersedia dalam Bahasa Mandarin. Sistem pembayaran dan pengiriman barang di Taobao cukup rumit bagi pembeli dari luar Cina. Tapi jangan khawatir, Anda tetap bisa kok berbelanja di Taobao dengan aman dan mudah.

Nah, bagaimana cara belanja di Taobao ke Indonesia? Kalau penasaran, simak artikel ini sampai selesai ya.

Taobao: Marketplace China Khusus Barang Retail

taobao

Sebelum ke pembahasan utama, mending kita kenalan dulu ya sama Taobao. Biar semakin tahu dan semakin banyak ilmu.

Taobao adalah marketplace lokal Cina yang didirikan oleh Jack Ma sejak tahun 2003. Taobao masih berada dalam satu manajemen dengan Aliexpress dan 1688 di bawah naungan Alibaba Group.

Bedanya, Taobao khusus menjual barang eceran atau retail sementara Alibaba dan 1688 lebih direkomendasikan untuk pembelian dalam jumlah banyak atau grosir.

Barang yang dijual di Taobao sangat beraneka ragam. Anda bisa menemukan berbagai jenis produk mulai dari fashion, elektronik, gadget, peralatan rumah tangga, hobi, dan banyak lagi.

Sebetulnya, Taobao sudah cukup populer di Asia dan menjadi salah satu situs belanja online terbesar selain Alibaba. Hanya saja, belanja di situs www.taobao.com Indonesia cukup sulit karena harus melalui agen atau forwarder.

Di wilayah Eropa, Taobao bahkan tidak bisa digunakan karena belum tersedia sistem pengiriman yang mendukung ke benua tersebut.

Baca Juga: Cara Belanja di eBay dari Indonesia yang Aman Untuk Pemula.

Kelebihan & Kekurangan

Berikut beberapa kelebihan Taobao:

  • Produk beragam (lebih dari 760 miliar produk tersedia di Taobao meliputi aksesoris, fashion, komputer, dll).
  • Harganya super murah dibanding situs sejenis lainnnya.
  • Rekomended untuk pembelian ecer atau retail.
  • Tempat beli barang import Cina termurah se-Asia baik untuk UMKM, pebisnis kecil maupun besar.

Meskipun murah dan sangat lengkap, Taobao juga memiliki kekurangan yang membuat situs tersebut agak sulit diakses oleh masyarakat luas.

Beberapa kekurangan Taobao adalah terkait penggunaan bahasa, metode pembayaran dan sistem pengiriman barang. Rincian selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Penggunaan Bahasa

Sama seperti 1688, bahasa resmi yang digunakan oleh situs online Taobao adalah Bahasa tradisional Mandarin (huruf kanji Cina). Tidak tersedia pilihan bahasa lainnya.

Hal ini tentu menjadi salah satu kendala bagi customer luar Cina yang ingin berbelanja di situs Taobao. Untuk itu, pengguna harus mengggunakan browser Google Chrome yang menyediakan fitur translate bahasa.

Namun tidak semua aspek bisa ditranslate otomatis ke bahasa yang Anda inginkan. Jadi, sebaiknya cari partner yang mengerti tata tulis Cina agar proses belanja lebih aman.

Metode Pembayaran

Karena Taobao merupakan situs marketplace lokal Cina, metode pembayaran yang tersedia sangat terbatas.

Pilihan pembayaran yang tersedia hanya melalui kartu debit/kredit dan ATM yang memiliki logo Union Pay. Artinya, pembayaran dilakukan lewat akun bank lokal Tiongkok dan memiliki kerja sama dengan Taobao.

Beberapa pengguna dari Indonesia memang berhasil melakukan pembayaran melalui kartu debit online dari Indonesia. Seperti Digibank, BNI Online, Mandiri Online atau Jenius. Sejumlah pengguna Indonesia juga bisa melakukan pembayaran dengan PayPal.

Namun, proses pembayarannya tidak otomatis. Melainkan melalui forwarder atau agen Taobao Indonesia. Dalam artian, Anda membeli barang dari Taobao tapi melalui jasa beli pihak ketiga. Beberapa jasa shopping website Taobao yang bisa Anda pakai adalah Superbuy, Antara atau Hugo Express.

Sistem Pengiriman Barang

Pengiriman barang di Taobao hanya berlaku untuk alamat yang berlokasi di negara Cina. Anda tidak bisa meminta pengiriman langsung ke Indonesia atau wilayah luar Cina lainnya. Jadi, pengiriman harus melalui jasa forwarder.

Ada banyak sekali jasa forwarder Cina yang bisa digunakan untuk mengirimkan barang ke Indonesia. Untuk itu, Anda harus selektif dan berhati-hati memilih jasa forwarder yang terpercaya.

Kalau ingin situs yang menyediakan pengiriman luar negeri, mending belanja di AliExpress. Cara belanja di Aliexpress lebih mudah dan tidak perlu menggunakan agen atau forwarder.

Baca Juga: Cara Belanja di 1688 ke Indonesia [Dari Daftar Sampai Checkout]

Cara Belanja di Taobao

Setelah mengetahui hal yang wajib diperhatikan saat belanja di Taobao sekarang saatnya untuk mencoba cara belanja di Taobao China.

Berikut step by step cara belanja di Taobao kirim ke Indonesia.

1. Ubah Bahasa

Saat mengakses aplikasi Taobao pertama kali tentu Anda akan bingung karena tampilan sepenuhnya dalam Bahasa Mandarin.Namun jangan khawatir jika mengakses lewat Google Chrome akan tersedia terjemahan otomatis ke Bahasa Indonesia.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ayu Triworo

More than delighted to help people grow their business better everyday by crafting best strategic of digital marketing.

2 Comments

  1. Shanti berkata:

    Terima kasih infonya

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Sama-sama kak 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *