7 Situs Terbaik untuk Menjual Barang Bekas, Pasti Cepat Laku

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
10 Desember 2021
Waktu membaca
7 Menit

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi 7 Situs Terbaik untuk Menjual Barang Bekas setelah kemarin memberi Tips Menjual Barang Bekas. Sebelum membahas 7 Situs Terbaik untuk Menjual Barang Bekas, simak terlebih dahulu daftar dan cara menjual barang bekas agar cepat laku.

Daftar Barang Bekas yang Cepat Laku

Semua barang bekas sebenarnya bisa dijual. Dengan catatan kondisinya masih baik. Hanya saja, tidak semua barang bekas yang dijual bisa laku dengan cepat. Hanya barang-barang bekas tertentu yang bisa cepat laku. Berikut ini adalah barang-barang bekas yang cepat laku;

  • Buku
  • Pakaian
  • Sepatu
  • Tas
  • HP
  • Leptop
  • Ban
  • Botol

Jangan lupa untuk membersihkan terlebih dahulu barang-barang bekas yang akan Anda jual. Selain akan terlihat  masih layak pakai, juga pasti akan lebih terlihat menarik. Bila perlu juga wangi (khusus pakaian, sepatu, dan tas). Pembeli mana yang suka dengan barang yang kotor dan bau.

Terapkan Ini Ketika Menjual Barang Bekas

1. Beri Foto Terbaik

Tips pertama ketika Anda mau mencoba menjual barang bekas adalah jangan lupa untuk menyertakan foto-foto yang terbaik. Semakin baik foto yang Anda sertakan, akan semakin membuat pembeli tertarik. Anda pasti pernah mendengar banyak orang tertipu membeli barang karena fotonya.

2. Beri Deskripsi Secara Detail

Tips kedua adalah jangan lupa untuk memberi deskripsi secera detail. Jika Anda tidak memberikan deskripsi secara detail, maka siap-siap saja diserbu banyak pertanyaan dari pembeli. Naasnya, banyak juga yang hanya bertanya dan setelah dijawab malah hilang entah kemana.

3. Jangan Lupa Kasih Harga

Beberapa penjual biasanya akan memberikan harga melalui pesan pribadi. Tapi, tidak sedikit juga pembeli yang memprotes acara penjual dalam memberikan harga tersebut. Rata-rata, pembeli justru senang kepada penjual yang menyertakan langsung harga dari barang yang mereka jual.

Baca juga: 

Situs Terbaik untuk Menjual Barang Bekas

1. OLX

Situs OLX
OLX merupakan salah satu situs jual beli online terbaik di Indonesia. Segala macam barang bisa kita temukan di sini, mulai dari handphone, komputer, otomotif, fashion, bahkan rumah dan lowongan kerja. Siapapun bisa berjualan lewat OLX, baik barang-barang baru maupun bekas.

Hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan OLX untuk berjualan atau menawarkan jasa karena memang caranya mudah. Selain itu, kita juga akan mendapat pemberitahuan jika apa yang kita jual ternyata tidak memenuhi persyaratan dari pihak OLX.

Iklan yang telah kita pasang akan terlihat jumlah view-nya atau jumlah orang yang melihat iklan kita. Jadi kita bisa memantau iklan yang telah tayang. Sebagai penjual tentu kita senang jika banyak yang melihat dagangan kita. Selain itu juga lebih besar peluang barang-barang kita akan terjual.

2. Laku6

Laku6

Laku6 adalah situs yang menjual handphone bekas lengkap dengan garansi yang berdiri sejak 2015. Banyak orang yang merekomendasikan situs ini bagi siapa saja yang mau membeli handphone bekas. Di Laku6 kita dapat melakukan pengecekan fisik terhadap barang yang akan dibeli.

Laku6 merupakan situs jual beli barang bekas yang dapat kita percaya karena Laku6 menyediakan beberapa fitur yang memudahkan baik bagi penjual maupun pembeli. Motto dari Laku6 sendiri adalah “aman dan mudah untuk pembelian handphone bekas”.

Laku6 akan mengemas kembali handphone-handphone yang akan dijual. Laku6 mengemasnya secara elegan dengan box handphone ala Laku6 lengkap dengan charger dan kabel data dengan rapi. Kemasan akan dipastikan aman untuk pengiriman sampai ke tangan para pembeli.

Selain pengemasan yang rapi, Laku6 juga menyediakan fitur komunikasi antara pembeli dan penjual. Jadi kita tidak perlu khawatir. Namun, jika ternyata ada pertanyaan terkait dengan produk atau fasilitas yang lain, maka jangan ragu untuk menghubungi customer service Laku6.

3. Carousell

7 Situes Terbaik untuk Menjual Barang Bekas - Carousell

Carousell merupakan situs jual beli barang-barang baru ataupun bekas. Kita bisa memasang iklan di Carousell dengan tidak memakan banyak waktu, cukup 30 detik saja. Setelah itu, baru kemudian dapat lanjut transaksi jual beli antara penjual dan pembeli melalui chat.

Menurut beberapa review, Carousell merupakan situs jual beli yang simpel karena bisa berjualan di mana saja. Untuk mulai berjualan, kita hanya perlu mengambil foto barang yang akan kita jual lalu mengunggahnya. Carousell terkenal dengan harganya yang lebih murah.

Barang bekas murah bukan berarti sudah usang atau rusak, banyak yang masih baru atau seperti baru. Bisa jadi karena pemiliknya sudah bosan, punya prinsip sekali pakai, atau salah ukuran. Bisa juga alasan cuci gudang karena akan pindah rumah.

Ada banyak kelebihan yang bisa kita dapat dari di Carousell. Seperti banyaknya kategori untuk memudahkan pencarian, barang-barang preloved bermerek, dan harga yang sangat murah. Ditambah lagi masih ada fitur tawar menawar di bagian chat.

4. Prelo

Prelo merupakan marketplace online untuk barang preloved bekas yang berkualitas dan asli. Prelo menyediakan lingkungan belanja online yang aman, tempat konsumen bisa membeli barang bekas yang asli dengan tenang. Prelo jeli menyaring produk yang asli dari barang palsu.

Selain memastikan barang yang mereka jual berkualitas asli, Prelo menyediakan fitur-fitu yang memudahkan juga sebagaimana situs lainnya. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Keamanan, dana yang pembeli transfer akan tersimpan di Prelo bukan langsung ke rekening penjual.
  • Fasilitas chat, pesan singkat pada penjual untuk menanyakan ketersediaan stok dan detail dari produk hingga fitur tawar-menawar.
  • Gambar dan keterangan detail produk secara terperinci.
  • Dompet atau fitur saldo yang berfungsi untuk mengingatkan penjual atau pembeli bahwa ada dana tersedia setelah berhasil menjual atau kegagalan membeli barang karena stok Sewaktu-waktu dana ini bisa ditarik oleh member bersangkutan.
  • Fitur aktivitas penjual login terakhir kali, bisa membantu pembeli mengetahui mana penjual yang aktif atau pasif.
  • Fitur live chatdengan customer service.

5. Jualo

7 Situes Terbaik untuk Menjual Barang Bekas - Jualo

Jualo adalah situs web jual beli secara online di Indonesia yang memiliki konsep penggabungan fungsi marketplace dan iklan baris. Kemudahan yang bisa kita temukan dalam situs ini adalah:

  • Mengiklankan barang yang akan kita jual secara gratis. Caranya pun sangat mudah, hanya perlu akses situs jualo.com dan ikuti petunjuk yang tertera. Kita bisa mengiklankan barang sebanyak-banyaknya tanpa harus mengeluarkan biaya.
  • Jualo memiliki fitur GEO Search yang bisa menjangkau calon pembeli lebih luas. Dengan fitur ini, barang dagangan yang telah tayang akan terlihat di seluruh wilayah Indonesia.
  • Jualo memiliki fitur instant chat yang memudahkan kita berkomunikasi langsung dengan calon pembeli. Selain itu, kita juga bisa mencantumkan nomor WhatsApp yang aktif agar calon pembeli mudah menghubungi dan bertanya soal barang yang akan dibeli.
  • Adanya fitur iklan premium. Terdapat dua pilihan iklan premium yang bisa kita pilih, yaitu iklan hot premium untuk 7 hari dan 30 hari. Semua layanan iklan premium hadir dengan harga yang terjangkau.
  • Terakhir Jualo memberikan fitur feedback sebagai testimoni dari pembeli bahwa barang yang kita jual benar-benar berkualitas.

6. Tinkerlust

Situs Barang Bekas Tinkerlust

Tinkerlust adalah situs untuk menjual dan membeli produk branded bekas (preloved) seperti pakaian, tas dan sepatu. Founder Tinkerlust menjelaskan bahwa tujuan membangun Tinkerlust adalah untuk mempermudah para wanita untuk berbelanja barang branded.

Tapi tidak hanya untuk mendorong wanita untuk bersikap konsumtif, tetapi juga memberi kesempatan untuk menjual barang-barang yang tidak pernah dipakai, salah ukuran ketika membeli, dan alasan-alasan lain yang membuat lemari menjadi menumpuk.

Barang-barang yang tersedia di Tinkerlust adalah barang branded yang dijual dengan harga terjangkau. Tinkerlust juga menyediakan banyak diskon spesial. Berikut ini keuntungan yang bisa kita dapatkan dari menjual barang di Tinkerlust ini antara lain:

  • Tim Tinkerlust akan mengambil barang-barang yang akan kita jual lalu dikurasi agar sesuai dengan kriteria yang pas untuk dijual kembali.
  • Kita tidak perlu memfoto barang-barang karena tim Tinkerlust yang akan melakukannya. Kita hanya menyiapkan barangnya saja.
  • Hampir mirip dengan model dropship, tim Tinkerlust yang akan mengirim barang dagangan kepada para pembeli. Bedanya dengan dropship, barangnya kita yang menyediakan.
  • Kita bisa mengatur harga jual sendiri. Nantinya Tinkerlust menggunakan sistem komisi.

7. Facebook

Awalnya kita mengenal Facebook sebagai media sosial untuk bersilaturahmi secara online. Dengan Facebook kita bisa menghubungi teman atau saudara dan saling bertukar kabar. Namun seiring berjalannya waktu, Facebook juga digunakan sebagai media untuk berjualan online.

Berbagai macam fitur di Facebook dapat kita gunakan untuk berjualan. Salah satu keuntungan yang kita dapatkan dari berjualan lewat Facebook adalah kita dapat mengontrol sendiri bagaimana dan apa yang harus kita lakukan agar jualan kita laku.

Pasalnya, kita sendiri yang memegang akun Facebook tidak seperti situs-situs lainnya yang dipegang oleh perusahaan. Sehingga misalnya saja kita bisa membuat grup sendiri di Facebook sesuai dengan yang kita inginkan, sesuai dengan barang yang akan kita jual.

Baca juga:

FAQ

  • Apa itu preloved?

Preloved adalah istilah untuk barang bekas yang masih benar-benar layak pakai. Anda bisa membaca tulisan kami Apa itu Preloved? Cara Mendapatkan Second Stuff Kualitas Bagus & Harga Murah.

  • Bagaimana cara menjual barang bekas?

Di toko-toko konvensional kita bisa menemukan barang-barang bekas yang masih layak pakai. Biasanya para penjual memajang barang-barang tersebut di muka toko agar menarik perhatian orang-orang. Mereka memiliki stok barang-barang bekas untuk dijual kembali dengan harga murah.

Selain itu, kita juga bisa temukan barang-barang bekas di toko-toko online. Asal memasukkan kata kunci di pencarian dengan tepat, kita akan mendapatkan barang yang kita cari. Jadi, barang-barang bekas itu dapat dijual dengan cara offline maupun online.

  • Di mana kita bisa menjual barang bekas?

Di era digital ini kita bisa memilih tempat untuk berjualan apakah di toko offline maupun online. Masing-masing tempat memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya saja keduanya sama-sama dapat kita gunakan untuk menawarkan barang-barang bekas yang akan kita jual.

Kita bisa menjual barang-barang bekas melalui situs seperti OLX, Carousell, Prelo, Facebook, Tinkerlust, dan sebagainya. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan even-even tertentu untuk menjual barang-barang bekas. Seperti misalnya ketika ada pasar dadakan.

Penutup

Demikian 7 situs terbaik untuk menjual barang bekas. Dari ketujuh situs tersebut, Facebook bisa dikatakan sebagai situs yang terbaik. Baik pakaian, elektronik, dan sebaginya. Di Facebook Anda bisa menjual barang-barang bekas Anda melalui Grup, Feed, maupun Story.

Selain itu, anda bisa bebas memilih di Grup mana Anda akan menjual barang-barang bekas tersebut. Anda hanya perlu bergabung dengan grup tersebut, menunggu persetujuan admin, lalu memposting barang bekas yang akan Anda jual. Anda bisa mempostingnya kapan saja Anda mau.

Terakhir, keuntungan terbesar dari menjual barang bekas di Grup Facebook adalah gratis. Barang-barang bekas yang Anda jual secara otomatis akan dilihat oleh semua orang yang bergabung dalam grup tersebut. Padahal, dalam satu Grup Facebook bisa lebih dari 10.000 anggota.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *