Cara Menjual Barang Bekas Agar Cepat Laku, Sudah Terbukti

Penulis
Noer
Diterbitkan pada
09 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Menjual barang-barang bekas itu mudah, asal tahu caranya. Bahkan tidak sedikit orang yang menjadikan barang-barang bekas sebagai bisnis karena cukup menguntungkan. Jika Anda berniat untuk menjual barang bekas, simak tulisan cara menjual barang bekas ini sampai selesai.

Banyak orang yang menggunakan kata Preloved untuk menyebut barang-barang bekas. Jika berminat untuk membeli barang-barang preloved saya sangat menyarakan untuk membaca artikel lain dari kami yaitu Cara Mendapatkan Second Stuff Kualitas Bagus & Harga Murah.

Ada orang yang memang sengaja membeli barang-barang bekas layak pakai untuk kemudian dijual lagi. Di pasaran kita dapat temukan toko yang memang isinya adalah barang-barang bekas. Barang yang tersedia beragam seperti lemari, kasur, etalase, meja kursi, hingga alat-alat elektronik.

Nah, bagaimana cara kita menjual barang-barang bekas agar menarik banyak pembeli? Tentu di zaman serba digital ini ada banyak cara yang dapat gunakan dengan memanfaatkan media sosial yang kita punya. Berikut ini adalah cara menjual barang-barang bekas agar cepat laku.

Cara Menjual Barang Bekas

Ada tiga cara menjual barang bekas yang kami bagikan kali ini, yaitu lewat Facebook dengan berbagai fiturnya, WhatsApp atau WA juga dengan berbagai fiturnya, dan OLX. Simak terus tulisan ini sampai selesai. Akan ada trik jitu agar barang bekas yang Anda jual cepat terjual.

Cara Menjual Barang Bekas Lewat Facebook

Pastikan Anda sudah memiliki akun Facebook. Jika Anda belum memiliki akun Facebook, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu. Facebook memiliki beberapa fitur yang bisa kita gunakan untuk mulai menawarkan barang-barang yang akan kita jual. Fitur-fitur tersebut antara lain;

1. Feed Facebook

Feed atau halaman untuk membuat status yang terdapat tulisan “Apa yang anda pikirkan?” di halaman depan Facebook. Anda bisa langsung membuat status dalam rangka menawarkan barang bekas yang akan Anda jual. Di fitur tersebut Anda juga menambahkan foto atau video.

2. Story Facebook

Story bisa Anda buat dengan cara klik “Create Story” di halaman depan Facebook. Anda juga bisa mempromosikan jualan dengan menggunakan fitur ini. Biasanya orang-orang lebih menyukai fitur ini karena untuk melihatnya hanya perlu menggeser tanpa harus men-scroll.

3. Grup Facebook

Banyak orang yang sengaja membuat grup di Facebook untuk tujuan tertentu. Misalnya, ada Grup Jual Beli Barang Bekas, Grup Jual Beli HP Bekas, dan sebagainya. Kita hanya perlu gabung dengan grup yang kita inginkan agar bisa memulai menawarkan produk dan berjualan.

4. Marketplace Facebook

Mareketplace Facebook merupakan fitur Facebook yang memang dibuat khusus untuk menjual atau membeli barang-barang tertentu. Anda sangat bisa memanfaatkan marketplace Facebook tersebut untuk menawarkan atau menjual barang-barang bekas Anda yang sudah tidak terpakai.

Cara untuk menggunakan fitur sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke bagian marketplace Facebook kemudian klik “Jual Barang”. Setelah itu pilih kategori barang yang akan Anda jual. Lalu isi data dengan benar. Maka barang jualan Anda akan terpampang di marketplace Facebook.

Cara Menjual Barang Bekas Lewat Facebook Marketplace

Baca juga:

Cara Menjual Barang Bekas Lewat WA

Cara lain untuk menjual barang-barang bekas adalah lewat WhatsApp atau WA. Namun, sebelum mulai berjualan, ada baiknya Anda sudah menyimpan kontak sebanyak-banyaknya. Semakin banyak kontak yang kita punya, maka semakin besar peluang kita untuk mendapatkan pembeli.

Cara Menjual Barang Bekas Lewat WhatsApp atau WA

Ada tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai menjual barang bekas di WA. Cara pertama adalah melalui status WA. Anda bisa membuat status di WA agar orang-orang melihat status Anda. Bisa dengan tulisan saja, foto saja, atau video. Bisa juga dengan tulisan sekaligus foto.

Selain lewat status WA, Anda juga bisa menjual barang melalui WA dengan melalui mengirim pesan secara pribadi atau kita kenal dengan Japri. Anda bisa menawarkan barang-barang jualan Anda langsung kepada orang-orang yang Anda incar. Sudah bayank orang menerapkannya sekarang ini.

Cara yang terakhir adalah melalui Grup WA. Jika memiliki banyak grup WA, Anda juga bisa memanfaatkannya. Hanya saja, yang perlu kita perhatikan adalah peraturan yang ada di grup tersebut. Apakah grup tersebut khusus untuk jual beli, apakah boleh berjualan atau tidak, dan seterusnya.

Cara Menjual Barang Bekas Lewat OLX

Sebelum menjual barang bekas di OLX, Anda harus sudah memiliki akun OLX terlebih dahulu. Cara mendaftarnya mudah, Anda bisa mendaftar dengan email atau Facebook. Jika sudah terdaftar, Anda bisa mengakses OLX via web di olx.co.id atau aplikasi yang bisa diunduh di Play Store.

Anda bisa mulai berjualan dengan klik tulisan “+ Jual”. Selanjutnya Anda pilih kategori barang yang Anda jual. Setelah itu isi data secara detail. Mulai kondisi barang, buat deskripsi, sertakan gambar, dan lain-lain. Jika sudah terisi semua, langkah terakhir klik “Pasang Iklan Sekarang”.

Cara Menjual Barang Bekas Lewat OLX

Tips Menjual Barang Bekas

1. Sertakan Foto

Menyertakan foto atau video akan lebih menarik perhatian daripada hanya tulisan saja. Anda bisa mengunggah foto barang-barang yang akan Anda jual. Usahakan foto yang kita unggah adalah foto milik sendiri dengan foto barang yang nyata. Bukan hasil mengambil dari Google.

2. Beri Deskripsi

Jangan lupa untuk memberikan deskripsi pada barang yang Anda jual. Mulai dari kondisi barang, jika barang bekas maka tulis apa adanya. Anda perlu menulis deskripsi secara lengkap dan jelas agar orang yang hendak membeli bisa mengerti kondisi barangnya dan tidak kecewa.

3. Cantumkan Harga

Ini juga hal penting yang jangan sampai terlewat. Jika kita langsung mencantumkan harga pada unggahan atau status, orang akan lebih menyukainya karena ada tipikal orang yang malas bertanya harga. Jadi lebih baik jika Anda mencantumkannya langsung ketika memasarkannya.

4. Buat Promo Bundling

Tips terakhir merupakan tips jitu yang bisa Anda terapkan. Siapa yang tidak menyukai promo? Hampir semua orang senang jika mendapat promo pada barang yang akan mereka beli. Anda hanya perlu menghitung dan memperkirakan besaran promo yang akan Anda beri kepada pembeli.

Jika masih untung, maka tidak ada salahnya memberi harga promo harga. Selain mendapat barang-barang bekas yang masih layak pakai, mereka juga membelinya dengan harga terjangkau. Salah satu strategi promo yang bisa Anda terapkan adalah strategi promo bundling.

FAQ

  • Dimana kita bisa menjual barang bekas?

Anda bisa menjual barang bekas di Facebook. Selain lewat fitur marketplace Facebook, Anda juga menjualnya lewat grup Facebook, story Facebook, dan beranda. Selain itu Anda juga menjualnya lewat situs website OLX dan WhatsApp. Anda bisa memantaatkan WhatsApp Business.

  • Bagaimana cara menjual barang bekas?

Anda bisa menjual barang bekas secara offline maupun online. Jika offline tentu Anda harus mempunyai toko atau tempat jualan. Jika online makan kita dapat memanfaatkan media sosial yang Anda miliki serta mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat pada media sosial tersebut.

  • Bagaimana cara menjual barang bekas dengan cepat?

Anda dapat menjual barang bekas dengan cepat apabila Anda memasang iklan serta memanfaatkan semua media sosial yang Anda punya. Selain itu Anda juga bisa memberikan harga murah atau potongan harga dan semacamnya. Dengan begitu barang bekas akan lebih cepat terjual.

  • Bagaimana cara menjual pakaian bekas?

Anda dapat menjual pakaian bekas melalui grup khusus jualan pakaian bekas. Anda bisa mencarinya di Facebook. Jika Anda memiliki tempat berjualan yang spesifik, khusus pakaian misalnya, orang akan lebih tertarik untuk melihat-lihat dan akhirnya membeli barang yang kita jual.

Penutup

Begitu kira-kira cara menjual barang bekas Anda yang sudah tidak terpakai lagi. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjual barang-barang tersebut. Mulai dari menjual barang bekas Anda lewat Facebook, lewat WhatsApp, maupun lewat situs website seperti OLX.

Tidak hanya menjual barang bekas milik sendiri, membuka usaha jual beli barang-barang bekas juga kini lumayan menjanjikan. Terutama di kota-kota yang penuh dengan mahasiswa seperti Yogyakarta misalnya. Mereka biasanya lebih memilih membeli barang bekas ketimbang baru.

Agar barang bekas yang Anda jual cepat laku, pastikan Anda menyertakan foto barang yang Anda jual sedetail mungkin. Selain itu, berikan juga deskripsi yang lengkap. Jangan lupa pula untuk mencantumkan harga. Jika perlu gunakan strategi promo dengan cara bundling.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Noer

Menjadi content writer (CW) di PintarJualan.id sejak Desember 2021. Menulis atas dasar perintah dan arahan dari Project Manager atau PM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *