Penjualan Mobil Sepi, OLX PHK Karyawan dan Tawarkan OLX Autos Kepada Investor

Hanif 31 Jan 2023 2 Menit 0

ADVERTISEMENT

Situs jual beli OLX dikabarkan akan melakukan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap karyawannya. Jumlah karyawan yang terkena PHK mencapai ratusan orang.

Mengutip laporan DealStreetAsia, OLX Group yang menjadi induk OLX Autos Indonesia bakal melakukan pengurangan karyawan di Indonesia, dikutip Selasa (31/1/2022).

OLX saat ini menjadi platform jual beli barang bekas dan baru, terutama di Indonesia, dengan reputasi cukup besar. Situs jual beli ini terkenal di Indonesia karena menawarkan berbagai jenis produk, seperti aksesoris, makanan, mobil, dan rumah.

Sumber tersebut menyebutkan, setidaknya 300 orang karyawan OLX akan mengalami PHK. OLX sendiri diperkirakan memiliki jumlah karyawan 1000 orang.

Selain melakukan perampingan jumlah karyawan, Perusahaan jual beli ini juga bakal mengubah arah bisnis. Setelah selama ini mendalami model bisnis Business to Consumer (B2C), secara perlahan OLX akan berubah menjadi Consumer to Business (C2B) dan Bisnis ke bisnis (B2B).

Tak hanya kabar PHK karyawan OLX, raksasa jual beli online ini juga diisukan ingin menjual anak perusahaan pada bidang otomotifnya di Indonesia karena penjualan yang lesu.

Kabar ini memperkuat spekulasi bahwa Group OLX ingin menarik diri sepenuhnya dari Indonesia. Apalagi mengingat iklan baris otomotif menjadi unit bisnis inti dari perusahaan OLX.

Sebelumnya, bisnis OLX yang lain di bidang penjualan tanah dan rumah kini telah dialihkan ke EMPG. Buntut dari merger tersebut, kini OLX Indonesia dengan kategori Bisnis Properti dialihkan ke lamudi.co.id.

Meski berhasil melepas bisnis propertinya, dirumorkan bahwa OLX Group masih kesulitan untuk menemukan investor untuk OLX Autos Indonesia.

OLX Autos sendiri sebelumnya merupakan akuisisi tertutup dari startup Belimobilgue. Startup tersebut didirikan oleh Johnny Widodo yang kemudian diangkat sebagai CEO OLX sebelum meninggalkan perusahaan dan beralih ke TaniHub pada Juli 2022.

Kepada DealStreetAsia, OLX Group enggan mengomentari rumor pasar tersebut, namun juru bicara OLX membenarkan bahwa perusahaannya melakukan PHK.

“Kami dapat mengkonfirmasi bahwa OLX mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mengurangi struktur biayanya sehubungan dengan perubahan kondisi ekonomi makro. Karenanya, kami mengurangi jumlah tenaga kerja kami di seluruh perusahaan, termasuk OLX Autos di Indonesia.” ungkap Juru Bicara OLX.

Tentu saja, karyawan yang mengalami PHK akan mendapatkan kompensasi sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Kami mohon maaf telah berpisah dengan kontributor berharga ini, tetapi melakukan hal itu diperlukan untuk memenuhi tekad di masa mendatang dalam melayani pelanggan kami” lanjutnya dalam sebuah pernyataan.

Tren badai PHK atau penurunan jumlah pekerja di perusahaan teknologi terus terjadi, tak terkecuali di Indonesia dan seluruh dunia. Di Indonesia, OLX mengikuti jejak JD.ID yang melakukan pemutusan hubungan kerja secara masal dan menutup cabang bisnisnya yang ada di Indonesia.


Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Berita, Bisnis, JD.ID, atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • OLX Dikabarkan PHK 300 Karyawan, Mau Jual Bisnis Mobil Bekas – https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230131085935-37-409552/olx-dikabarkan-phk-300-karyawan-mau-jual-bisnis-mobil-bekas
  • OLX Group downsize Indonesia Office, Auto unit said to be up for sale – https://www.dealstreetasia.com/stories/olx-group-downsizes-indonesia-office-auto-unit-said-to-be-up-for-sale-327067
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *