JD.ID Tutup Karena JD Group Fokus Ke Rantai Pasok, Kemana Mau Retur Barang?

Hanif 31 Jan 2023 2 Menit 0

ADVERTISEMENT

Pintarjualan.id – JD.ID mengumumkan melalui situs resminya bahwa layanan jual-belinya akan berhenti beroperasi sepenuhnya mulai 31 Maret mendatang.

Usai melakukan PHK dan menutup layanan JDL Express, JD.ID akan menutup layanan e-Commercenya secara penuh.

E-Commerce dengan logo kuda imut berwarna putih ini dikabarkan akan mengalihkan fokus perushaan untuk menyesuaikan dengan tren ekonomi yang sedang berlangsung.

Kini, JD.Com akan fokus membangun jaringan rantai pasok/supply chain internasional. Sehingga, inti perusahaan akan lebih berkutat pada logistik dan pergudangan.

Saat ini, JD.ID masih melayani operasi jual beli hingga pemesanan terakhir pada 15 Februari. Namun, bagaimana dengan layanan purna jual seperti pengembalian barang/retur?

Masih melalui situs resminya, JD.ID menjabarkan bahwa layanan purna jual masih akan dibuka sampai 15 Maret 2023. Jadi, sampai hari Rabu (15/3/2023) pelanggan masih bisa mengajukan permintaan retur barang kepada Customer Service JD.ID.

Karena waktu proses retur memakan waktu beberapa hari, proses purna jual terakhir akan distop pada 22 Maret 2023.

Jadi, pelanggan masih bisa mengurus retur barang hingga tanggal tersebut. Tentu saja, persyaratan barang yang bisa dilakukan juga masih berlaku, seperti halnya barang rusak, tidak sesuai, atau kurang lengkap.

Bagi pelanggan JD.ID yang mendapatkan barang dengan kondisi seperti di atas, bisa menggunakan aplikasi JD.ID untuk mengajukan retur/pengembalian produk, penukaran produk, atau pengajuan pengembalian dana.

Jadi, layanan purna jual masih dibuka hingga 15 Maret 2023 sebelum JD.ID tutup sepenuhnya pada 31 Maret 2023.

Untuk melakukan retur barang di JD.ID, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi JD.ID dan masuk ke halaman Akun Saya, kemudian pilih menu Retur Produk
  2. Pilih Produk yang ingin dikembalikan dan tap tombol Pengembalian
  3. Pilih alasan pengembalian produk sesuai dengan kondisi yang dialami
  4. Jelaskan dengan detail mengenai kendala pada produk yang ingin dikembalikan di kolom yang disediakan. Sertakan juga lampiran foto sebagai bukti atas kendala produk.
  5. Pilih metode pengembalian barang, apakah pick-up (dijemput), drop-off (produk diantar sendiri), atau produk dikirim sendiri menggunakan ekspedisi.
  6. Terakhir, tap tombol Ajukan
  7. Dalam waktu satu hari (1×24 Jam), Tim Retur JD.ID akan menghubungi untuk mengkonfirmasi mengenai pengajuan retur untuk dilanjutkan ke proses pengembalina atau tidak.

Tanggal Penting Terkait Penutupan Permanen JD.ID

  • 15 Februari 2023 – JD.ID masih membuka pemesanan terakhir sebelum ditutup
  • 28 Februari 2023 – Proses Pesanan JD.ID yang terakhir
  • 15 Maret 2023 – JD.ID menutup layanan purna jual
  • 22 Maret 2023 – Proses Retur yang terakhir
  • 31 Maret 2023 – Aplikasi JD.ID di App Store dan Play Store akan ditarik dari peredaran. Pelanggan tidak bisa lagi menggunakan layanan JD.ID

Kamu bisa meninggalkan komentar dan memberikan masukan melalui media sosial @pintarjualan.id di Instagram dan Tips Pintar Jualan di Facebook. Yuk, baca artikel menarik lainnya di pintarjuaan.id seputar Berita, E-Commerce atau artikel lainnya dari Hanif Mufid. Untuk informasi lebih lanjut atau ada keperluan sesuatu silakan hubungi kami via admin@pintarjualan.id


sumber:

  • JD.ID Bangkrut, Pelanggan Mau Retur Barang ke Mana? – https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230131114949-37-409622/jdid-bangkrut-pelanggan-mau-retur-barang-ke-mana
Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *