Cara Membuat Grup Facebook untuk Jualan Online (+ Membangun Komunitasnya)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
29 Juni 2021
Waktu membaca
6 Menit

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat grup Facebook, ada baiknya jika kita bahas dulu mengenai kelebihannya. Jika sudah masuk ke dalam grup, maka di situ akan timbul interaksi antaranggota, juga pengelola.

Dari sini saja, sudah terlihat apa yang bisa kita dapat: kesempatan untuk membangun komunitas. Komunitas yang solid sangat bagus bagi brand, apalagi jika semuanya suka dengan produk kita. Karena itu, kami akan bahas mengenai:

  • Manfaat grup Facebook untuk membangun bisnis,
  • Langkah demi langkah pembuatan grup FB,
  • Tips membangun komunitas di grup FB.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Manfaat Grup Facebook untuk Bisnis

Tidak semata-mata untuk jualan online secara “bar-bar” ya, tetapi lebih jauh dari itu. Grup FB mampu membangun rasa kepercayaan dan kepedulian brand kepada konsumen.

Setelah rasa percaya tersebut terbangun, jumlah penjualan bukan lagi masalah. Karena sekali cinta, mereka akan melakukan apa yang seharusnya dilakukan. Percaya, deh~

Lalu, secara lebih rinci, apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya.

1. Menunjukkan Kepedulian kepada Anggota

Kenapa bisa demikian? Karena, brand akan dinilai peduli dengan para konsumen, jika mereka mampu menyediakan wadah untuk bertanya, berdiskusi, dan menyampaikan timbal balik (feedback).

Grup Facebook dapat menjadi wadah tersebut. Target audiens dapat bergabung, bahkan bagi mereka yang belum membeli produk, untuk saling diskusi, belajar, dan bertanya mengenai masalah yang sedang dihadapi.

Dengan demikian, keterlibatan brand dalam menyelesaikan masalah pengguna akan dinilai sangat berharga. Mereka akan menganggap brand tidak hanya jualan, melainkan memang peduli dan tidak fokus pada uang.

2. Mendapatkan Feedback yang Jujur

Setelah terbentuk wadah diskusi, jangan heran jika akan muncul banyak pertanyaan dari para anggota. Bahkan dari mereka yang belum tau apa-apa, hingga mereka yang protes secara terang-terangan mengenai produk kita.

Hal tersebut sangatlah wajar, karena setiap forum diskusi akan terjadi seperti itu. Lalu, apa yang harus dilakukan? Tentu, brand harus hadir di setiap diskusi yang diadakan, jika benar-benar diperlukan.

Dari diskusi-diskusi tersebut, sebisa mungkin brand mencatat apa yang masih kurang dan perlu diperbaiki. Selalu dengarkan apa masalah mereka, lalu bantu dengan solusi praktis.

Baca juga konten-konten menarik lainnya:

3. Membangun Komunitas yang Solid

Setelah terjadi interaksi anggota, maka perlahan akan terbangun kepercayaan. Di situlah, akan terjadi hubungan yang solid. Baik antaranggota, maupun anggota dengan admin (brand).

Komunitas solid ini efeknya luar biasa. Brand tidak lagi perlu iklan jor-joran, karena dengan sendirinya, anggota akan merekomendasikan produk kita kepada teman-teman terdekatnya.

4. Diskusi & Belajar Sesama Anggota

Masih berhubungan dengan poin nomor dua dan tiga, yakni terjadinya interaksi di dalam grup Facebook. Interaksi tersebut seringkali tidak dapat kita duga, baik dari pertanyaan maupun diskusinya.

Sering kali, kita belajar dari nol lagi. “Wah, ternyata ada sudut pandang seperti ini,” akan menjadi kalimat yang cukup sering kita dengungkan dalam hati tatkala berdiskusi dengan banyak orang.

5. Dari Anggota, Jadi Promotor Utama

Berhubungan dengan poin nomor tiga, yakni dari kepercayaan yang terbentuk menjadi promosi gratis. Mereka yang sudah pernah menggunakan produk kita, akan dengan senang hati merekomendasikan kepada teman dan kerabatnya.

Karena di situ akan muncul rasa bangga setelah ada orang-orang baru yang menggunakan produk dari saran mereka. Di sinilah, brand bisa hadir untuk memberikan apresiasi kepada promotor-promotor tersebut.

Cara Praktis Membuat Grup Facebook

Setelah mengerti apa saja manfaat dan kelebihan dari membuat grup Facebook, kini saatnya kita masuk ke dalam langkah-langkahnya. Tentang bagaimana setiap detail yang harus dilakukan.

Dalam panduan praktis ini, kamu hanya perlu menyiapkan akun Facebook yang masih aktif dan terurus. Hal ini, jika nanti ada anggota bergabung, dapat percaya bahwa memang pengurusnya juga aktif.

Langsung saja untuk penjelasan selengkapnya, simak ulasan di bawah ini.

1. Buka Facebook (Desktop)

Kami sarankan untuk kamu menggunakan versi Desktop (Laptop/PC), ya. Karena akan jauh lebih mudah dan simpel, daripada membuat lewat aplikasi mobile – walaupun langkahnya sama-sama saja.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah:

2. Klik “+ Buat Grup Baru”

Setelah masuk ke Beranda Facebook, perhatikan menu pada sisi kiri. Di situ terdapat beberapa menu, seperti:

  • Beranda
  • Teman
  • Halaman
  • Grup
  • Marketplace

membuat grup facebook baru

Di menu tersebut, pilih opsi “Grup” untuk masuk ke halaman pembuatan grup.

3. Tambahkan Nama Grup

Setelah masuk ke halaman pembuatan grup, langkah berikutnya adalah menambahkan nama. Ketik nama grup yang kamu inginkan pada kolom yang tersedia.

tambah nama grup

Beberapa tips untuk membuat nama grup agar mudah diingat oleh pengguna Facebook:

  • Gunakan nama brand yang mudah dicari dan ditemukan di pencarian Facebook,
  • Bubuhkan kata kunci populer yang berhubungan dengan brand kamu.

4. Pilih Opsi Privasi Grup

Setelah menentukan nama, langkah berikutnya adalah menentukan privasi grup. Opsi yang diberikan oleh Facebook ada 2:

  • Publik
  • Privat

Grup yang publik, artinya siapa saja dapat melihat anggota grup tersebut dan apa saja yang diposting. Grup yang privat, artinya hanya anggota yang dapat melihat siapa saja anggota grup dan apa yang diposting.

pilih privasi grup

Dalam contoh di atas, kami menggunakan opsi publik. Dengan pertimbangan, agar grup tersebut bersifat terbuka, siapa saja boleh bergabung asal mau menaati tata terbit yang berlaku.

5. Undang Teman ke Grup

Langkah berikutnya adalah mengundang teman-teman kamu di Facebook untuk bergabung ke grup yang kamu buat. Langkah ini opsional, bisa kamu lewati.

Namun saran kami, lakukan saja. Apalagi, jika teman-teman kamu memang target audiens dari grup yang dibuat. Jadi, sah-sah saja untuk mengundang mereka ke dalam grup.

Untuk menambahkan teman, ketik nama mereka di kolom yang tersedia. Seperti ini contohnya:

undang teman grup

6. Klik “Buat”

Setelah semuanya beres, kamu bisa langsung klik tombol “Buat” untuk menerbitkan grup. Sampai di sini, kamu sudah berhasil membuat grup Facebook yang dapat digunakan untuk jualan online, nantinya.

buat grup facebook

Selesai! ✅

Berikutnya, kamu tinggal memberitahu teman-teman yang lain untuk ikutan gabung. Atau, promosikan link grup FB kamu ke sosial media yang lain atau taruh link di website.

Baca juga konten-konten menarik lainnya:

Tips Membangun Komunitas Grup FB

Tidak hanya sampai di situ, kamu tetap harus merawat grup Facebook agar dapat berkembang. Baik secara kualitas diskusi, maupun jumlah anggota yang bergabung.

Berikut tips-tips yang dapat kamu terapkan.

1. Rajin Jalin Interaksi

Mirip seperti mengelola akun sosial media, kamu juga bisa menerbitkan jadwal diskusi di grup FB. Kamu bisa merancangnya mulai dari hari Senin, Selasa, hingga Minggu.

Untuk grup yang baru memulai, memang tidak perlu interaksi yang berlebih, karena diskusi di dalam grup belum terbangun. Dengan begitu, kamu justru dapat membuka obrolan dengan sharing terlebih dulu.

2. Adakan Event Rutin

Event di sini tidak perlu yang besar-besaran seperti webinar dan sejenisnya. Melainkan, cukup adakan sesi tanya jawab apapun (AMA – ask me anything) mengenai permasalahan yang sedang dihadapi oleh anggota.

Setiap kali event tersebut diadakan, kamu dapat langsung mengundang seluruh anggota grup untuk ikutan gabung. Namun jangan lupa untuk membuat pengumuman terlebih dulu mengenai event tersebut, ya.

3. Buat Aturan Grup

Meski tidak secara langsung mempengaruhi pertumbuhan anggota grup, namun aturan khusus ini dapat memberikan pedoman bagi setiap anggota. Mana hal-hal yang diperbolehkan, dan mana yang dilarang.

Dengan begitu, kamu dapat lebih leluasa untuk mengelola grup. Ketertiban anggota grup sangat menentukan, apalagi perihal kenyamanan anggota grup lainnya. Intinya, sama-sama nyaman di grup tersebut.

Rangkuman

  • Grup Facebook merupakan tempat yang efektif untuk membangun komunitas yang solid, menerima feedback dari anggota, serta menumbuhkan kepercayaan kepada calon konsumen.
  • Membuat grup Facebook cukuplah mudah dan praktis. Tinggal buka menu Grup, lalu ketuk + Buat Grup Baru. Maka langkah berikutnya tinggal mengisi nama, privasi, dan undang teman.
  • Tips mengelola grup FB antara lain rutin menjalin interaksi kepada anggota, mengadakan event rutin, serta membuat aturan yang tidak mengikat namun dapat membuat nyaman semua anggota.

Bagaimana, sampai di sini, sudah paham ya mengenai grup FB? Mulai dari manfaatnya, cara membuatnya, hingga tips untuk mengelola anggota. Jika ada yang belum jelas, Tinggalkan Balasan (✍) di kolom komentar untuk bertanya, ya.

Buat kamu yang ingin terhubung lebih dekat dengan kami, Follow IG @PintarJualan.id. Di sana, kami sering posting konten bermanfaat seputar jualan online, tips ekspedisi, hingga lelucon seputar e-commerce.

Sampai di sini, terima kasih, ya. Semoga bermanfaat 🙏

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *