Cara Membuat Fanspage (Facebook Page) untuk Jualan Online [Praktis]

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
24 Juni 2021
Waktu membaca
6 Menit

Jika kamu datang ke laman ini ketika mengetik kueri “cara membuat fanspage untuk jualan“, maka silakan baca postingan ini sampai habis, ya. Karena kami sudah menyiapkan jawaban komplit dari A-Z.

Untuk menjawabnya, kami mengumpulkan rangkuman yang mudah dipahami. Membahas poin-poin penting mengenai:

  • Apa itu Facebook Page?
  • Apa saja kegunaannya untuk bisnis,
  • Langkah-langkah membuat fanspage,
  • Detail halaman yang perlu dilengkapi.

Kalau kamu sudah siap belajar, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: definisi.

 

Apa itu Fanspage?

Fanspage (Facebook Page) adalah halaman khusus yang digunakan untuk keperluan organisasi atau bisnis. Berbeda dengan profil biasa yang berinteraksi dengan teman, fanpage lebih cenderung berinteraksi dengan fans.

Halaman Facebook ini berguna untuk mengumpulkan orang-orang yang memiliki minat sama terhadap sebuah brand, organisasi, klub sepakbola, artis, dan lainnya.

Kalau profil biasa, maka jumlah temannya terbatas (5.000 teman). Sedangkan, halaman bisnis dapat memiliki jumlah fans yang tidak terbatas. Sebanyak apapun, bisa ditampung.

Selain itu, halaman Facebook juga dapat digunakan untuk menayangkan iklan (Facebook Ads). Pun, dapat terhubung dengan akun Instagram dan menjalankan iklan di Instagram (Instagram Ads).

Selebihnya, di dalam halaman Facebook, kamu akan mendapatkan beragam fitur menarik:

  • Mencantumkan nomor kontak (WhatsApp) untuk pemesanan produk,
  • Menjalankan iklan di Facebook & Instagram secara bersamaan,
  • Mengetahui dengan komprehensif siapa audiens yang menyukai halaman,
  • Meningkatkan engagement (interaksi) dengan calon konsumen,
  • dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Lalu, bagaimana manfaatnya untuk keperluan bisnis? Terutama dalam pemasaran online (digital marketing)? Penjelasan selengkapnya bisa kamu baca di sesi kedua berikut ini.

Kegunaan Fanspage untuk Pemasaran Online

Facebook telah mendesain halaman bisnis sedemikian rupa. Tujuan utamanya, agar pelaku bisnis dapat mengembangkan usahanya lewat Facebook dengan lebih mudah dan praktis.

Kegunaan halaman Facebook untuk bisnis antara lain:

  • Jumlah fans tidak terbatas,
  • Lebih profesional dan meyakinkan,
  • Terintegrasi dengan FB & IG Ads,
  • Membangun komunitas dari nol,
  • Mendapat feedback langsung,
  • Meningkatkan brand awareness.

1. Jumlah Fans Tidak Terbatas

Berbeda dengan profil Facebook biasa (maksimal 5.000 teman), fans yang dapat mengikuti halaman bisnis tidak memiliki batas maksimum. Artinya, jutaan hingga milyaran pengikut dapat terakomodir di sini.

Karenanya, fanspage dapat memberikan kesempatan bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan komunitasnya dari nol. Membangun kepercayaan lewat konten-konten yang dipublikasikan secara reguler di halaman bisnis.

2. Lebih Profesional & Meyakinkan

Halaman bisnis tentu jauh lebih profesional dan meyakinkan ketimbang profil biasa. Apalagi untuk urusan jualan produk dan layanan (jasa). Tentu harus membangun brand secara rapi dan tertata, termasuk lewat fanspage ini.

Dengan fanspage, usaha kamu memiliki kesempatan untuk dapat dipercaya lebih jauh oleh calon customer. Apalagi, di halaman bisnis terdapat fitur ulasan dan komentar, di mana setiap konsumen dapat langsung menilai usaha kamu.

3. Terintegrasi dengan Iklan

Layanan iklan Facebook dan Instagram tentu bukan hal yang baru lagi untuk pelaku usaha. Brand-brand besar telah membuktikan, bahwa beriklan di Facebook dapat melancarkan tujuan mereka: awareness, traffic, conversion.

Untuk menikmati layanan tersebut, syarat pertama yang wajib dipenuhi adalah memiliki fanspage. Dengan begitu, selain membangun kepercayaan secara organik, kamu juga dapat mempercepat akselerasi usaha menggunakan iklan.

Baca juga konten serupa:

4. Bangun Komunitas Bisnis

Bisnis yang kuat adalah bisnis yang dibangun lewat kepercayaan konsumennya yang saling mendukung dan berbagi. Dengan fanspage, aspek tersebut dapat dibangun secara praktis dan terorganisir.

Kenapa? Karena di sini, kamu dapat melakukan beberapa aksi mendasar:

  • Posting konten yang berguna untuk calon konsumen,
  • Meminta pengikut untuk ikut kontribusi posting,
  • Menyediakan tempat untuk memberikan ulasan & feedback,
  • Mengelola aktivitas promosi secara terjadwal.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Halaman Facebook tidak hanya bisa diakses secara internal. Namun, mesin pencari Google pun bisa menampilkan setiap konten yang ada di fanspage pada hasil penelusuran.

Dengan begitu, konten-konten yang berguna dari halaman bisnis tidak hanya bisa diakses oleh pengikut, melainkan oleh calon-calon pengikut baru yang sedang mencari informasi lewat Google.

Baca juga konten serupa:


Itu baru beberapa saja. Masih banyak lagi keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan membangun halaman Facebook. Lain kali kita bahas lebih detail, ya.

Sekarang, mari kita lanjut ke sesi berikutnya: cara membuat fanspage untuk jualan.

Cara Membuat Fanspage untuk Jualan Online

Pada langkah ini, kami tidak langsung menyuruh kamu untuk menampilkan kalimat-kalimat promosi di halaman Facebook. Namun sebaliknya, justru kami akan menganjurkan untuk posting konten yang relevan dengan calon konsumen.

Selebihnya, kami akan fokus untuk memberikan langkah demi langkah pembuatan fanspage terlebih dulu. Akan banyak tampilan teknis (tapi tetap dapat diikuti dengan mudah) pada panduan ini.

Apa saja langkahnya? Simak penjelasan berikut.

1. Buka Halaman Pendaftaran

Langkah pertama, buka halaman berikut → https://www.facebook.com/pages/creation

Halaman tersebut juga dapat kamu akses lewat menu berikut:

  • Masuk ke Facebook
  • Pilih menu Halaman
  • Pilih menu + Buat Halaman Baru

buat halaman fanspage baru

Dua-duanya sama saja, kamu tinggal pilih sesuka hati. Jika sudah, langsung menuju ke langkah kedua.

2. Isi Informasi Halaman

Pada halaman ini, kamu akan diminta untuk mengisi informasi halaman. Informasi halaman dasar yang diminta terdiri atas:

  • Nama halaman (wajib)
  • Kategori halaman (wajib)
  • Keterangan (opsional)

buat halaman facebook

Nama halaman akan muncul sebagai nama fanspage. Kategori halaman bisa dipilih sesuai dengan kategori bisnis yang kamu kelola. Sedangkan keterangan, bisa diisi dengan deskripsi usaha kamu seperti apa.

Jika sudah komplit, ketuk tombol Buat Halaman.

3. Upload Foto Profil & Sampul

Setelah itu, kamu akan diminta untuk melengkapi gambar. Gambar di sini terdiri atas 2 bagian: (1) Foto profil, (3) Foto sampul.

Untuk ukurannya, Facebook menyarankan sebagai berikut:

  • Foto profil: 170 x 170 piksel
  • Foto sampul: 851 x 315 piksel

tambah foto profil dan sampul

Proses unggahan cukup simpel. Ketuk bagian sesuai dengan jenis foto yang akan diunggah. Misalkan, ingin upload foto profil, maka ketuk bagian foto profil. Begitu juga sebaliknya.

Setelah mengunggah foto, kamu dapat langsung melihat pratinjaunya. Baik dari desktop maupun mobile. Seperti ini contoh tampilan yang kami unggah:

pratinjau foto profil dan sampul

Jika sudah, ketuk tombol Simpan.

4. Hubungkan ke WhatsApp

Berikutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan nomor WhatsApp (opsional). Gunanya buat apa?

  • Menampilkan iklan lewat WhatsApp Bisnis,
  • Menampilkan tombol Order via WA di halaman,
  • Meningkatkan interaksi untuk closing order.

hubungkan halaman ke whatsapp

Caranya, cukup isi bagian kolom nomor WhatsApp, lalu ketuk Kirim Kode.

Setelahnya, cek WA kamu untuk mendapatkan kode unik dari Facebook. Lalu, copy-paste kode tersebut di kolom yang tersedia, ketuk Konfirmasi. Seperti ini contoh pengisiannya:

konfirmasi whatsapp facebook fanpage

5. Buat Nama Pengguna

Last but not least, buat nama pengguna. Nama pengguna ini berfungsi sebagai alamat unik untuk halaman Facebook kamu. Formatnya seperti ini:

  • https://www.facebook.com/namapengguna

Secara tidak langsung, kamu dapat membangun nama brand dari sini. Caranya mudah saja, cukup isikan nama brand di kolom yang tersedia. Seperti pada gambar di bawah ini:

buat nama pengguna fanpage

Catatan: Beberapa nama pengguna mungkin tidak tersedia, karena sudah dipakai orang lain. Kamu bisa cari alternatif lainnya seperti menggunakan akhiran “com” apabila punya website berdomain “.com”.

Selesai! Apabila nama pengguna belum ada yang memakai, kamu akan mendapatkan notifikasi centang hijau dan halaman siap untuk dikelola lebih lanjut.

halaman facebook berhasil dibuat

Sampai di sini, pembuatan halaman bisnis di Facebook sudah selesai. Namun tidak berhenti di situ, kamu perlu menambahkan item-item yang berkaitan dengan bisnis kamu.

Rangkuman

  • Fanpage adalah halaman bisnis untuk menerbitkan konten-konten yang dapat dijangkau oleh seluruh audiens, tidak terbatas. Fitur-fiturnya cukup membantu untuk berkembang.
  • Manfaat fanpage untuk bisnis tentu dapat mengelola audiens menggunakan data dari Facebook. Bisa jualan di sana, lalu menayangkan iklan untuk mempercepat konversi.

Kalau dilihat dari penjelasan di atas, membuat halaman Facebook untuk bisnis cukup praktis, bukan? Lebih dari itu, kamu bisa langsung posting konten atau bahkan mencoba pasang iklan dengan budget mulai Rp10 ribu per hari.

Jika kamu suka konten ini, silakan bagikan lewat tombol sosial media di bawah nanti. Jika masih ada yang belum jelas, tanyakan saja lewat kolom komentar di bawah, ya. Kami akan segera tanggapi dan carikan solusi praktisnya.

Untuk tetap terhubung bersama kami, Follow IG @PintarJualan.id. Topik-topik seputar jualan online praktis, tips pemasaran dasar, hingga lelucon seputar e-commerce kerap menjadi bahan diskusi kami di Instagram. Gabung, ya!

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu~ 🙏

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *