Advertisement

Apa itu SEO? Manfaat untuk Bisnis dan Cara Kerjanya [Panduan untuk Pemula]

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
10 Februari 2021
Waktu membaca
13 Menit
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Tujuannya untuk meningkatkan visibilitas website di hasil penelusuran Google (+ mendapat pengunjung organik). Dalam postingan ini, kamu akan dipandu untuk mengenali apa itu SEO dan kegunaannya, cara kerja Google, dan strategi menjalankannya.

Coba sekarang bayangkan, saat kamu mengetik sebuah kata kunci di mesin telusur Google untuk topik tertentu. Maka, akan muncul 10 situs yang relevan. Deretan situs ini tidak dipilih Google secara sembarangan, melainkan sudah melewati proses yang panjang. Ada banyak faktor yang jadi acuan mereka (red: algoritma).

Nah, SEO berguna untuk mengoptimalkan setiap faktor tersebut, supaya website kita muncul di pilihan teratas (peringkat #1). Dalam aktivitas bisnis, hasil tersebut dinilai sangat bagus untuk pemasaran berjangka panjang. Mengapa (dan bagaimana caranya)?

Simak terus sampai akhir, dan jangan lupa ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: definisi / pengertian SEO.

 

Apa itu SEO? (Definisi)

Ada banyak pakar yang menyebutkan definisi mengenai SEO. Salah satunya, kami mengutip dari Search Engine Land[2], persisnya seperti berikut:

SEO stands for “search engine optimization.” In simple terms, it means the process of improving your site to increase its visibility for relevant searches. The better visibility your pages have in search results, the more likely you are to garner attention and attract prospective and existing customers to your business.

Artinya..

SEO (Search Engine Optimization) merupakan salah satu cara menampilkan website di halaman pertama google. Semakin tinggi visibilitas website di mesin pencari, semakin besar pula kesempatan untuk menjaring lebih banyak calon pelanggan. Aktivitas intinya adalah, mengoptimalkan website dari segi teknikal maupun konten.

Misalkan begini..

Kamu datang ke laman ini setelah mengetik kata kunci “apa itu SEO” atau “pengertian SEO”.

Pastinya, Google tidak mungkin langsung memilih laman Pintar Jualan untuk ditampilkan di hasil pencarian; tanpa kami melakukan pengoptimalan dari sisi teknikal maupun penyajian konten. Mulai dari:

  • Mencari kata kunci yang dibutuhkan oleh pengguna (kamu),
  • Meriset data dan referensi yang kredibel sebagai bahan studi,
  • Meracik konten terstruktur yang renyah untuk dibaca,
  • Mencantumkan ilustrasi visual agar lebih mudah dipahami,
  • Mengatur teknikal seperti judul, URL, meta deskripsi, dan lainnya,
  • Mendistribusikan konten ke audiens yang lebih luas dan sesuai target.

Serangkaian usaha di atas kami lakukan untuk bisa tampil di urutan teratas hasil penelusuran Google. Usaha ini akan membuahkan hasil berupa: jumlah pengunjung website yang naik signifikan, tanpa biaya iklan sepeserpun.

Lalu, pasti akan muncul pertanyaan, apakah bisa tampil di halaman #1 tanpa upaya pengoptimalan (SEO)?

Mungkin bisa. Asal, kompetisinya rendah: tidak ada kompetitor lain yang menarget kata kunci tersebut. Nah, di sinilah letak “seni” dari SEO. Tidak melulu harus halaman satu, tetapi juga memperhatikan hal berikut:

  • Jumlah orang yang mencari kata kunci tersebut,
  • Potensi untuk mau menjadi customer produk kita,
  • Peta persaingan dengan brand lain di ceruk yang sama.

(Tentu masih banyak lagi pertimbangan lainnya. Kita akan bahas lain kali di materi yang lebih dalam.)

Pada intinya,  SEO merupakan serangkaian upaya untuk menjaring pengunjung > mengetahui bisnis kita > tertarik untuk membeli > menjadi pelanggan > memberi tau ke teman dan kerabat > penjualan meningkat signifikan

Sampai di sini kebayang, ya? 🤔

Baik, mari kita lanjut ke sesi berikutnya: kelebihan SEO untuk mengembangkan bisnis.

Kegunaan SEO untuk Bisnis

Kita sudah sama-sama paham, jika SEO sangat bagus untuk meningkatkan jumlah pengunjung website secara organik (tanpa iklan, tanpa suruh orang untuk klik) dalam jangka panjang (tahunan).

Tetapi, apakah cukup sampai di situ? Ternyata tidak.

Menurut Search Engine Journal[2], setidaknya ada 5 faedah utama yang akan bisnis kamu dapat ketika serius menjalankan SEO untuk pemasaran bisnismu. Di antaranya:

Laman: 1 2 3 4 5 6

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *