Advertisement

Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas, Traffic Meningkat Drastis

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
06 September 2022
Waktu membaca
5 Menit

Tampil di halaman hasil pencarian paling atas tentu saja merupakan impian semua pemiliki blog. Tapi gimana sih cara agar blog muncul di Google paling atas?

Setelah menerapkan cara menulis artikel blog yang menarik banyak pengunjung, ada beberapa hal lain yang bisa diperbaiki atau dioptimasi supaya artikel blog bisa nangkring di halaman pertama paling atas mesin pencarian Google.

Upaya meningkatkan kualitas halaman web atau blog supaya memiliki visibiliatas yang baik dan mudah digerayangi mesin pencari ini disebut SEO (Search Engine Optimization).

Karena optimasi yang dibahas di sini itu seputar artikel dan websitenya sendiri, ini termasuk dalam on page SEO.

Bagaimana cara agar website kita muncul di halaman 1 hasil pencarian? simak terus artikel ini sampai selesai.

1. Riset Keyword

Sebelum mulai menulis artikel, hal penting yang harus diperhatikan adalah keyword. keyword ini akan disisipkan pada judul dan harus ada di bagian awal, tengah, dan akhir artikel.

Untuk website yang masih berumur baru, ada baiknya menggunakan kata kunci yang banyak dicari orang, namun memiliki daya saing rendah. Ini bagus untuk memompa page views (PV), sehingga rating Alexa juga naik.

Setelah rating Alexa tinggi, blogmu siap bersaing dengan menggunakan keywords yang lebih kompetitif.

Lalu, bagaimana cara membuat kata kunci di Blogger maupun WordPress?

Untuk mencari keywords berdasarkan tema atau ncihe tertentu, coba gunakan beberapa toosl seperti

  • Ubersuggest by Neil Patel
  • Google Keywords Planner
  • Google Trends
  • SEM Rush

Setelah kata kunci yang ditemukan diketahui, pastikan kata kunci tersebut masuk di bagian awal, tengah, dan akhir artikel. Jangan lupa, sisipkan juga di judul dan heading supaya lebih mantap.

Ini adalah salah satu cara agar artikel blog muncul di Google paling atas yang paling ampuh.

2. Judul yang Mengundang Klik

Yang muncul dari artikel di mesin pencarian adalah judul dan deskripsi meta. Makannya, pembuatan judul ini tidak bisa asal.

Pertama, judul harus memiliki keyword. Sehingga, judul yang kamu tulis sesuai dengan topik atau tema artikel. Dengan kata lain, judul ini deskriptif dan sesuai dengan isi kontennya.

Kemudian, buat juga click booster atau click bait. ini adalah kata-kata pemanis yang membaut orang semakin tertarik untuk membuka artikel tersebut.

Click bait memang salah satu cara agar blog kita banyak pengunjung yang banyak digunakan, tapi jangan gunakan judul yang terlalu melenceng ya.

3. Artikel yang Nyaman Dibaca

Memang, berbagai optimasi dibuat untuk memudahkan mesin pencari dan menyesuaikan dengan algoritma nya. Tetapi pada akhirnya yang membaca artikel kita juga manusia.

Makannya, pastikan artikelmu layak dibaca dan nyaman. Karena semakin tinggi waktu berkunjung di halaman, semakin tinggi juga ranking website.

Jangan sampai orang masuk ke halamanmu langsung keluar. Ini bisa menambah bounce rate dan membuat rating website merosot.

Makannya, gunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti, istilah figuratif, dan styling tulisan yang menarik.

4. Tambahkan Gambar

Selain styling yang pas dan gaya bahasa yang unik, salah satu yang membuat orang betah membaca artikel adalah adanya gambar.

Bisa tambahkan visualisasi, ilustrasi, atau foto yang merepresentasikan artikelmu. Dengan perhatian pembaca yang tertaut ke gambar, waktu mereka membaca artikelmu bisa bertambah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa memperkuat artikelmu dengan menyisipkan keyword di gambar. Dari situ, gambar tersebut bisa juga tampil di halaman pertama pencarian Google.

Bisa juga menggunakan foto yang backgroundnya sudah dihapus supaya gambar nampah lebih profesional.

5. Gunakan Heading

Heading ini membantu mesin pencari sekaligus orang yang membaca artikel untuk memahami isi artikel tersebut. Dengan menggunakan Heading, artikel jadi lebih terstruktur dan rapi.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
SEO
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *