Advertisement

Cara Membuat Artikel di Blog yang Menarik Buat Pengunjung, Views Melejit

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
05 September 2022
Waktu membaca
5 Menit

Blog yang memiliki traffic tinggi adalah impian semua blogger. Tapi, gimana sih cara membuat artikel di blog yang menarik buat pengunjung?

Dengan artikel blog yang menarik, pemilik blog bisa mendapatkan banyak pembaca setia. Selain itu, algoritma mesin pencari juga membuat blog mu semakin dikenal oleh banyak orang.

Traffic yang tinggi ini membuka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari blog lebih besar juga. Makannya, ikuti terus artikel ini supaya bisa membuat artikel yang menarik, ya.

1. Tentukan Tema/Niche Blog

Cara membuat artikel di blog yang menarik buat pengunjung yang pertama adalah menentukan niche.

Untuk membangun basis pembaca, tentukan dulu tema/niche blog yang mau dibuat. Mungkin banyak yang belum tahu apa itu niche?

Niche adalah spesialisasi area atau topik yang jadi fokus pembahasan. Jadi, kalau buat blog tentang kuliner, maka kebanyakan isi blog akan membahas tentang makanan.

Lalu, bagaimana menemukan topik artikel yang menarik? Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan dan mengembangkan niche.

  • Ambil niche dari hal yang kamu kuasai
  • Lihat kompetitor dari bidang yang sama
  • Ambil niche yang spesifik

Kalau bisa, ambil niche dari bidang yang memang diminati atau bahkan ahli di bidangnya. Dengan begitu kamu bisa leluasa mengembangkan tulisan. Ini juga bisa jadi sarana mencurahkan passion mu.

Keuntungan lain menulis artikel yang sudah kamu kuasai adalah kamu pasti jadi lebih semangat untuk riset hal-hal yang kamu memang suka. Selain itu, keabsahan dan kualitas tulisan jadi lebih terjamin.

Oh iya, amati juga apa yang ditulis kompetitor. Kamu bisa menulis apa yang belum ditulis kompetitor atau menyempurnakan apa yang sudah mereka tulis.

Dengan mengambil niche spesifik, kamu juga bisa jadi dikenal sebagai ahli atau referensi si bidang tersebut. Misalnya ketika orang mencari artikel tentang teknologi, mereka akan merekomendasikan blog Jalantikus sebagai artikel yang mereka percaya.

2. Temukan Inspirasi Artikel

Artikel yang banyak dikunjungi adalah artikel yang memenuhi keinginan pembaca. Tapi, gimana sih cara mengetahui demand atau keinginan pembaca?

Nah, ada beberapa kanal yang bisa digunakan untuk mengetahui apa yang sedang banyak dicari oleh orang, dan seberapa banyak topik atau keyword tersebut dicari.

  • Google trends
  • Neilpatel Ubersuggest
  • Quora, Yahoo Answers
  • Reddit
  • Media Sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter
  • Blog Ideas Generator

Selain menggunakan kanal di atas untuk membaut konten, bisa juga mencari inspirasi dari hal hal ketil di sekitarmu.

3. Perhatikan Jenis Artikel

Cara membuat artikel di blog yang menarik buat pengunjung yang kedua adalah memperhatikan jenis artikel.

Ada beberapa jenis artikel yang bisa digunakan di blog. Tetapi, kalau dalam dunia penulisan konten online, ada salah satu jenis artikel yang disebut evergreen.

Apa itu artikel evergreen? Konten artikel evergreen bisa dibilang sebagai artikel yang timeless alias awet untuk dibaca kapanpun.

Berbeda dengan artikel berita yang biasanya menarik dibaca dalam hitungan hari, Konten evergreen biasanya masih bisa mengundang banyak pengunjung meski sudah berbulan-bulan, bahkan tahunan.

Seperti apa sih artikel evergreen itu? Secara bentuk artikel biasanya artikel evergreen bisa berupa artikel pengertian/penjelasan, artikel tutorial, artikel perjalanan, wawancara, dan artikel review/rekomendasi.

Bisa juga menulis cerita di blog. Menuliskan pengalaman hidup adalah salah satu cara buat blog pribadi yang menarik.

Nah artikel-artikel seperti itu biasanya masih dicari banyak orang dan masih nyambung untuk dibaca meskipun sudah beberapa bulan bahkan beberapa tahun ditulis. Makannya, artikel evergreen ini biasanya cocok untuk pemula.

4. Buat Judul Yang Menarik

Salah satu cara supaya Artikel mendapatkan traffic yang tinggi adalah dengan membuat judul yang menarik. Terus, gimana sih judul artikel yang menarik?

Ada beberapa cara untuk membuat judul yang memikat orang untuk membuka dan membaca artikelnya. Pastinya, judul harus mencerminkan isi artikel.

Untuk memastikannya, ada kata kunci yang dimasukkan ke judul. Selain itu itu masukkan juga kata-kata yang memancing atau sering disebut “click bait“.

Pembaca sering kali tertarik kepada sesuatu yang bombastis dan sensasional. Walaupun kita tidak sadari, ini bisa mengundang rasa penasaran yang membuat orang yang melihat judul tersebut terpacu untuk membuka artikel tersebut.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *