Advertisement

Cara Optimasi Blog Dengan Teknik SEO Agar Optimal, Blog Banjir Pengunjung

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
09 September 2022
Waktu membaca
5 Menit

Di era internet ini, banyak orang menggunakan Google untuk mencari informasi. Makannya, pemilik blog berlomba-lomba untuk menyediakan jawaban dan solusi terbaik dengan cara optimasi blog dengan teknik SEO.

Pastinya, sudah pada tahu kan apa itu SEO? Ya, seperti yang dijabarkan Neil Patel, SEO atau Serach Engine Optimization adalah langkah upaya untuk membantu website atau konten agar dapat muncul di tempat teratas mesin pencarian.

Perusahaan banyak yang menggunakan SEO sebagai passive inbound marketing, tapi ada juga pemilik website banyak yang menggunakannya untuk meraup untung dari iklan yang dipasang di blognya.

Dengan menerapkan teknik SEO ini, jumlah pengunjung bisa naik berlipat ganda. Makannya, ikuti terus artikel ini supaya bisa menerapkan teknik SEO on page dan off page supaya blog bisa banjir pengunjung.

Jenis-Jenis SEO

Sebelumnya kita sudah membahas definisi SEO. Sekarang, kita akan membahas jenis kategori SEO. Sebenarnya, ada beberapa pembagian kategori SEO website. Seperti yang sudah diterangkan Neil Patel, secara core elements, SEO bisa dibagi menjadi SEO on Page dan SEO off Page.

SEO On Page

SEO on page atau dikenal juga SEO on site adalah praktik upaya optimasi konten halaman web atau post agar mudah ditemukan mesin pencari dan memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjung.

Bagaimana cara mengimplementasikan teknik SEO pada website? Mengutip Backlinko, teknik dalam SEO on page yaitu berupa pemilihan keyword, penggunaan judul yang baik, internal link, dan URL.

SEO Off Page

Kalau SEO on page adalah optimasi SEO di dalam situs, SEO Off page adalah proses optimasi yang dilakukan di luar halaman website.

Mana yang merupakan teknik SEO off page? Jadi, praktik SEO Off Page bisa berupa backlink dan link dari media sosial.

Jadi, sudah mengerti kan apa bedanya SEO on page dan SEO off page? SEO on page fokus kepada konten web supaya berkualitas dan membuat pembaca puas. Sementara SEO off page fokus untuk membuat website memiliki kredibilitas tinggi, jadi mesin pencari seperti Google mempercayai sebuah situs untuk tampil di ranking tertinggi.

Cara Optimasi Blog dengan Teknik “SEO On Page”

Pertama, mari kita bahas terlebih dahulu teknik SEO yang ada di dalam web itu sendiri. Dengan menerapkan cara membuat SEO website ini, ranking situs di mesin pencari akan meningkat.

Berikut adalah cara supaya membuat halaman dan konten website/blog menjadi lebih berkualitas.

1. Konten yang Kredibel

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas konten adalah dengan menggunakan sumber terpercaya ketika membuat sebuah konten. Informasi yang sesuai dan “ndaging” inilah yang dicari visitor.

Tapi kalau informasi yang dihadirkan juga terlalu datar, maka pembaca cepat bosan. Makannya, diperlukan sedikit twist dan pemanis supaya konten menarik dibaca pengunjung.

Tidak ketinggalan, tentu saja Google lebih memilih konten yang original. Algoritma Google akan mendeteksi kalau konten yang ditampilkan adalah hasil plagiasi. Ini malah memperkuat konten asli untuk tampil di halaman teratas.

2. Judul yang Memancing

Hal pertama yang dilihat pengunjung ketika melihat hasil pencarian dari Google adalah judulnya. Makannya, penggunaan judul yang baik ini cukup penting untuk membuat post mu tampil di halaman teratas hasil pencarian.

Lalu, bagaimana sih cara membuat judul yang baik? Menurut Pakar SEO Wahyu Saputro, Judul yang baik harus relevan alias nyambung terhadap isi teks. Kemudian, bisa juga ditambahkan keywords utama dan keyword long tail supaya ramah mesin pencari.

Selain mesin pencari, buat juga pembaca terpancing untuk membukanya, makanya perlu ditambahkan pemanis atau CTR Booster. Jadi, setelah halaman tersebut tampil di halaman pertama hasil pencarian, orang juga terdorong untuk membukanya

3. Meta deskripsi

Meta deskripsi atau meta description adalah deskripsi singkat tentang konten. Setelah judul, hal yang dibaca di hasil pencarian adalah meta deskripsi. Makannya, ini juga jadi poin penting dalam SEO.

Buatlah deskripsi meta yang menggoda pembaca untuk membuka kontennya. Misalnya dengan menampilkan potongan isi kontenmu yang menarik. Jadi, persepsi pembaca dan Clickthrough Rate (CTR) bisa terkatrol.

3. URL yang Pendek

Url yang lebih disukai oleh mesin pencari adalah URL yang cenderung pendek, sederhana, dan mudah dipahami.

selain itu, ada baiknya juga URL atau permalink ini mencerminkan isi konten. makannya, memasukkan keyword di slug bisa jadi cara jitu untuk menaikkan SEO.

Sisipkan link di artikel supaya mesin pencari bisa menggerayangi artikelmu dengan baik. Link yang menuju artikel lain di website yang sama disebut internal link. Sementara ke website lain disebut external link.

Ada anggapan bahwa memberikan eksternal link malah membuat pengunjung kabur dari web, dan akhirnya mengurangi ranking SEO. Tapi sebenarnya, menambah eksternal link ini juga bisa menambah kredibilitas.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *