Advertisement

Cara Membuat & Membangun Backlink di Blog yang Berkualitas, Jangan Asal Beli

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
13 September 2022
Waktu membaca
5 Menit

Ketika membahas SEO off page, hal yang pertama terlintas adalah Backlink. Bagaimana sih cara membuat dan membangun backlink di blog yang berkualitas?

Tapi sebelumnya, sudah tahukan apa itu back link? jadi backlink adalah link yang datang dari satu tempat lain ke situsmu. Semakin banyak backlink yang mengarah ke situsmu, semakin tinggi juga popularitas dan ranking websitemu.

Tapi bukan link asal-asalan yang menuju blog mu ya. Bahkan, kalau kamu terindikasi menggunakan backlink yang toxic, ranking website malah bisa merosot. Bahaya kan, uang dari AdSense bisa seret.

Makannya, ikuti cara di bawah supaya bisa membangun backlink yang berkualitas sebagai link building SEO Off page.

1. Buat Artikel yang Jadi Rujukan Banyak Orang

Salah satu cara mendapatkan backlink gratis berkualitas adalah dengan membuat artikel yang jadi rujukan banyak orang. Jadi buatlah artikel yang sekiranya banyak dicari dan dishare banyak orang.

Ini memang cara yang memakan usaha dan waktu yang lama. Apalagi jika website mu belum memiliki kredibilitas tinggi.

Karena orang akan lebih mudah menemukan website di ranking pertama Google dan menjadikannya sebagai referensi. Terbukti, Bakclinko menunjukkan kalau situs yang sudah mendapat ranking pertama SERP memilki backlink lebih banyak daripada posisi dua hingga sepuluh.

Meskipun cara membuat dan membangun backlink di blog dengan mengandalkan kualitas konten ini susah, tetapi, link yang dibangun dari cara ini pasti organik dan kuat.

Lalu, Seperti apa sih artikel yang banyak dicari dan dishare?

Menurut Backlinko, artikel yang banyak di share adalah artikel yang biasanya dibuthakan orang. Misalnya, artikel tutorial, artikel penjelasan, infografis, dan artikel list.

Sebenarnya, ada juga platform di mana kamu bisa share artikelmu supaya dilihat orang dan dijadikan referensi. contohnya HARO (Help Reporter Out) di helpareporter.com.

Situs ini bisa dibilang Tindernya public relation, karena platform ini menghubungkan jurnalis kepada situs yang bisa dijadikan referensi berita.

2. Buat Konten Skyscraper

Salah satu tips supaya dapat backlink organik adalah dengan membaut konten skyscraper. Mungkin masih banyak yang belum mengerti mengenai teknik atau konten skyscraper ini. Teknik Skyscraper adalah membuat konten dan menarik ide tersebut supaya lebih baik.

Tidak jarang, hasil kontennya jadi lebih panjang. Jadi, jika konten ibarat gedung, semakin tinggi maka semakin mudah dilihat dan mendapat ranking tinggi.

Jadi, kontenmu akan semakin mudah dilihat orang dan jadi referensi. Seperti cara ditas, ini masih terkait dengan kualitas konten, tetapi secara tidak langsung juga berpotensi secara tidak langsung untuk menambah jumlah backlink.

3. Promosikan Konten

Ketika kita membuat konten, pasti kita mengambil rujukan dari luar, kan? Nah, setelah kontennya jadi, kamu juga bisa meminta pembuat konten untuk membuat link ke website mereka.

Mereka mungkin mau menambahkan link yang menuju website mu dari artikel tersebut, karena menambah external link juga salah satu teknik SEO.

Tetapi belum tentu semua pemilik situs mau, karena mereka juga takut kehilangan traffic dan ranking. Jadi, mintalah dengan sopan dan halus ya.

Kalau bisa, pilih website kredibilitas tinggi untuk bekerja sama denganmu untuk membangun link. Ketika mereka memberikan link atau mempromosikan website mu, traffic mu bisa bertambah, selain itu domain authoritymu juga bisa ikut terkatrol.

4. Gunakan Content Sharing Platform

Dengan menjadi writer di berbagai content sharing platform seperti Hipwee, Medium, Reddit, IDN Times, Arkadia YourSay ini bisa jadi sumber backlink mu.

Kamu bisa membuat artikel di platform di atas, dan menambahkan tautan backlink ke website mu. Pastikan isi kontennya relevan ya.

Selain itu, sebenarnya bisa juga cara membuat backlink di WordPress atau Blogger, tapi kemungkinan tidak sekuat domain di atas karena domain gratis.

Ini juga seperti guest blogging. Beberapa website terbuka untuk orang lain atau tamu untuk menulis di website tersebut. Salah satu website yang terbuka untuk guest blogging adalah Glints.

5. Masuk ke Komunitas di Media Sosial

Sudah buat media sosial untuk situsmu? Dengan membuat media sosial, di situ kamu bisa share setiap post yang dibuat. Ini bisa dihitung sebagai external link juga, apalagi kalau mendapat engagement yang bagus.

Kemudian, ikuti diskusi yang berlangsung. Ketika ada yang membutuhkan penjelasan terkait dengan isi artikel yang dibuat, kamu bisa share link ini. Karena post ini relevan, ini bisa jadi

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *