Advertisement

Cara Menampilkan Jumlah Pengunjung di Blog WordPress, Ini Dia Pluginya

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
08 September 2022
Waktu membaca
6 Menit

Salah satu plugin yang banyak digunakan di WordPress adalah visitor counter/ penghitung pengunjung. Lalu, bagaimanakah cara menampilkan jumlah pengunjung di blog WordPress?

Caranya adalah dengan menggunakan plugin atau widget visitor counter. Plugin visitor counter adalah pihak ketiga yang berfungsi untuk menampilkan berapa banyak kunjungan situs.

Dari jumlah kunjungan ini, kamu bisa memperkirakan kualitas hosting, fitur, dan layanan yang diberikan dalam website terebut. Bisa juga memperkirakan keuntungan dari website tersebut.

Eh, kalau jumlah pengunjung banyak, pasang AdSense di blog uangnya bisa mengalir deras nih! Makannya, pasang plugin di bawah supaya kamu bisa memantau jumlah pengunjungmu.

1. Flag Counter

Salah satu widget yang banyak digunakan untuk menampilkan traffic visitor adalah Flag Counter. yang membuat plugin ini menarik adalah jumlah pengunjung ditampilkan dengan bendera negara asal pengunjung.

Ini adalah widget ya, jadi untuk memasangnya perlu copy HTML nya secara manual di WordPress. Kelebihannya, widget ini bisa dipasang secara gratis.

Widget ini berbeda dengan plugin di bawah yang perlu upgrade paket WordPress untuk bisa memasangnya secara gratis. Oh iya, karena ini berupa kode HTML, widget juga bisa dipasang di WordPress maupun Blogger, loh.

Makannya, Flag Counter ini juga terkenal sebagai visitor counter Blogger.

Lalu, bagaimana cara memasang widget Flag Counter di WordPress? Ini dia caranya

Langkah Pertama: Pilih dan sesuaikan model yang kamu inginkan

Ada beberapa hal yang bisa kamu sesuaikan. Mulai dari jumlah maximum bendera, jumlah kolom, label, warna background, hingga warna text.

Model counter nya pun juga bermacam-macam, mulai dari bendera, peta dunia, bendera dari negara bagian Amerika Serikat, dan mini counter yang hanya menampilkan angka jumlah pengjung keseluruhan.

Setelah menentukan pilihan di atas, klik “Get your Flag Counter”.

Kemudian, kamu bisa mendaftar atau skip pendaftarannya.

Langkah Kedua: Salin kode HTML

Copy kode HTML for website, bisa cukup klik copy di samping kanan kodenyanya. Jangan salah mengcopy code for forum ya.

Langkah Ketiga: Masukkan kode tersebut di widget WordPress

Setelah mendapatkan kode script HTML untuk widget Flag Counter, bubuhkan kode tersebut di blok atau bagian HTML blog yang kamu inginkan.

  1. Masuk ke WordPress yang ingin kamu tambahkan widget Flag Counter
  2. Di tab kiri, pilih menu tampilan
  3. Pilih widget
  4. Pilih lokasi widget yang mau ditambahkan
    klik ikon tambah > pilih kode
  5. Di tulis kode, pastikan sudah dalam pengeditan HTML
    jika belum klik titik tiga di samping kanan > edit sebagai HTML
  6. Hapus kode sebelumnya, ganti dengan kode HTML Flag Counter yang sebelumnya sudah kamu copy
  7. Selesai, cek blog mu apakah widget Flag Counter sudah tampil

Jadi, begitulah kalau ingin mengetahui cara menampilkan jumlah pengunjung di WordPress dengan Flag Counter.

Untuk cara menampilkan jumlah pengunjung di Blogspot juga tidak jauh berbeda, bubuhkan kode tersebut di tempat yang diinginkan.

2. WP Visitor Statistics

Dengan lebih dari 20 ribu instalasi aktif dan mendapatkan rating 4,5, plugin ini bisa membantumu untuk melihat statistik pengunjung secara menyeluruh seperti browser, sistem operasi, dan masih banyak lagi.

Ini adalah sebuah plugin komprehensif untuk melihat statistik pengunjung WordPress. Jadi, melacak statistik situs WordPress bisa dilakukan tanpa bergantung pada layanan eksternal.

Jumlah pengunjung dapat ditampilkan secara terperinci, mudah dipasang di blog WordPress, dan bisa bekerja dengan baik. Ribuan website WordPress sudah memasangnya.

Bicara tentang kemudahan penggunaan, WordPress Visitor Statistic ada di urutan paling atas. Cara menggunakan dan memasangnya sebagai berikut.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *