10 Ide Bisnis Mahasiswa yang Menguntungkan Untuk Tambah Uang Saku

Diterbitkan pada
16 Februari 2021
Waktu membaca
7 Menit

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, banyak sekali peluang ide bisnis mahasiswa yang menguntungkan. Tentu saja, Anda yang berstatus sebagai mahasiswa ingin mendapatkan keuntungan selain dari bidang akademis saja bukan?

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih saat ini, semakin banyak pula peluang yang terbuka lebar bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri mereka melalui teknologi. Salah satunya dalam mempelajari dan mengembangkan skill berbisnis.

Bukan hanya terbatas pada bisnis saja, kamu sebagai mahasiswa juga bisa mengembangkan diri pula dalam bidang kepenulisan, content creator, dan keahlian lainnya. Wah, sepertinya akan lebih menarik, bukan?

10 Ide Bisnis Mahasiswa yang Menguntungkan Untuk Tambah Uang Saku / Jajan

Simak pembahasan dibawah ini mengenai ide-ide berbisnis yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang saku. Ide-ide dibawah ini dijamin bisa membawamu pada bisnis yang sukses, tentunya membutuhkan ketekunan dan proses yang lama untuk bisa menjadi pebisnis yang sukses.

Online Shop

Ide jualan yang satu ini merupakan ide bisnis yang sudah banyak menjamur dan dilakukan oleh banyak mahasiswa, bahkan bukan hanya dilakukan oleh mahasiswa saja. Melainkan ibu-ibu rumah tangga dan pedagang sektor UMKM maupun olahan pribadi memasarkan produk mereka.

koleksi instagram shopping

Sistem toko online dapat menjadi pilihan yang sangat tepat bagi mereka yang sedang mempromosikan produk. Karena memasarkan produk menggunakan sistem online shop ini sangat menjanjikan dan memiliki banyak keuntungan.

Ada beberapa keuntungan jika kamu memilih bisnis ini, yakni waktu kerja yang fleksibel dan bisa dikerjakan dari rumah dan dari gawai atau ponsel pintar Anda. Keuntungan yang lainnya adalah pemasaran yang tepat sasaran dan mudahnya dalam mencari target pasar.

Pada era sekarang ini, membeli kebutuhan apapun bisa dilakukan melalui ponsel pintar. Sehingga ide bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa yang ingin menambah uang saku mereka melalui bisnis online shop atau memasarkan produknya di marketplace.

Content Writer

Penulis konten merupakan pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan pada saat ini, di era teknologi ini, semakin banyak orang yang menggunakan teknologi di berbagai bidang kehidupan mereka. Baik untuk mencari informasi suatu produk, mencari informasi beasiswa, atau informasi umum.

harga bisnis jasa penulis konten

Tentu saja, konten writer merupakan ide bisnis yang bisa dicoba oleh mahasiswa, pasalnya ide bisnis ini menggunakan sistem freelance dalam pengerjaannya. Artinya bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, kamu mendapatkan fee dari hasil menulis konten kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru dalam bidang kepenulisan sesuai dengan kaidah SEO yang baik.

Baca juga:
15 Daftar Franchise Makanan Ringan Kekinian Terlaris Siap Jual

Usaha Camilan atau Makanan Ringan

Apakah Anda pintar jualan dalam hal makanan ringan? Perlu diketahui, usaha makanan ringan atau biasa orang menyebut dengan jajanan kekinian merupakan ide bisnis yang booming di kalangan remaja, khususnya mahasiswa.

usaha camilan ringan

Produk Juara Snack (c) Shopee.co.id

Generasi saat ini yang disuguhkan dengan kemajuan teknologi dan perkembangan pangan yang begitu pesat banyak yang memanfaatkan peluang ini untuk membuat ide bisnis yang bisa mengasah skill berbisnis mereka.

Ide usaha makanan ringan ini cukup mudah, Anda sebagai mahasiswa hanya perlu riset sasaran pasar dan bagaimana cara pemasaran yang baik. Selain itu, Anda juga perlu memiliki ilmu dalam packaging yang menarik dan aman. Sebab kemasan yang menarik merupakan daya tarik utama.

Usaha Membuat Bouquet dan Hamper

Ide bisnis mahasiswa yang menguntungkan selanjutnya adalah ide bisnis dalam membuat buket dan parsel yang biasanya dikemas dalam kotak. Ide ini awalnya muncul dari keinginan memberikan hadiah pada acara ulang tahun, wisuda, maupun anniversary.

Buket dan hampers ini memiliki isi yang bermacam-macam, ada yang berisikan hijab, boneka, makanan ringan (snack), paket perlengkapan bayi, paket perlengkapan ibadah, ukiran foto, dan lain-lain.

Untuk menjalankan ide bisnis ini, Anda sebagai mahasiswa hanya membutuhkan kreativitas dalam pembuatan buket dan hamper ini. Biaya modalnya pun juga tidak terlalu besar, karena memang bahan yang diperlukan pun juga tidak terlalu banyak.

Bisnis ini memang memiliki hasil yang menjanjikan, sebab makin banyak orang yang ingin memberikan hadiah kepada teman, pasangan, orang tua dalam bentuk buket dan hamper ini.

Bisnis di Bidang Kecantikan dan Perawatan Kulit

Ide bisnis yang selanjutnya yaitu ide bisnis dalam perawatan dan kecantikan kulit, khususnya untuk wanita. Banyak sekali mahasiswa yang menjadi agen grosir maupun reseller di bidang ini. Misal produk kecantikan make up, produk perawatan kulit dan rambut seperti masker, dan lainnya.

Ide bisnis ini telah banyak dilakukan oleh para mahasiswa karena target pasar yang mudah untuk dijumpai, hasil yang menjanjikan dan banyak bonus serta reward yang didapat oleh para pebisnis muda yang ingin belajar bisnis.

Biasanya ada banyak usaha MLM (Multi Level Marketing) atau bisnis pemasaran berjenjang yang bisa dipilih oleh para mahasiswa. Namun, Anda sebagai mahasiswa harus berhati-hati dan selektif dalam memilih usaha MLM sebagai kerja sampingan Anda.

Baca juga:
15 Daftar Barang Toko Kelontong yang Bisa Anda Jual

Bisnis Jual Pulsa Elektrik

Bisnis yang satu ini merupakan ide bisnis yang paling banyak diminati dan sudah lama menjadi pilihan pekerjaan sampingan bagi mahasiswa. Pasalnya seiring dengan kebutuhan komunikasi, kebutuhan pembelian pulsa semakin meningkat pula.

Namun, pada saat ini ide bisnis dampingan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa bukan hanya menjual pulsa elektrik saja. mahasiswa juga bisa menjual paket data internet, token listrik, voucher game maupun untuk kebutuhan top up di berbagai dompet elektronik seperti ovo, dana dan lainnya.

Membuka Bimbingan Belajar

Bagi mahasiswa pendidikan selain mendapatkan ilmu dari akademis, Anda juga bisa mendapatkan ilmu dari praktik secara langsung, yaitu dengan cara mengajar.

Praktik mengajar dalam artian Anda bisa memberikan bimbingan belajar bagi para anak PAUD hingga anak perguruan tinggi. Tentunya disesuaikan dengan skill dan bidang studi Anda.

ide usaha sampingan guru privat sd smp

Contoh sambilan guru privat (c) superprof.co.id

Meskipun ini bukan merupakan ide bisnis namun kegiatan ini bisa Anda pilih untuk mendapatkan uang saku tambahan tanpa harus menunggu uang dari orang tua. Selain Anda bisa mendapatkan ilmu praktik secara langsung Anda juga bisa mandiri secara finansial walau tidak besar hasilnya.

Menjalankan bisnis bimbingan belajar ini tidak memerlukan modal yang cukup besar, Anda sebagai mahasiswa hanya perlu belajar dan mempersiapkan diri sebelum proses belajar mengajar Anda.

Selain daripada itu, Anda juga harus bisa membuat suasana kelas nyaman, dan hangat sehingga anak-anak bisa betah belajar di tempat bimbingan belajar Anda.

Baca juga:
15 Daftar Franchise Kopi Kekinian Terlaris dan Siap Jual

Membuka Jasa Pengetikan dan Percetakan

Ide bisnis yang paling menguntungkan bagi mahasiswa lainnya adalah membuka jasa pengetikan dan percetakan. Apalagi bila Anda bisa membuka toko percetakan yang berada di daerah kampus. Tentu saja hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi yang bergelut di bisnis percetakan ini.

Karena pekerjaan mahasiswa sendiri pun tidak bisa jauh dari pengetikan dan percetakan, sehingga jika mahasiswa itu sendiri memiliki atau menjalankan bisnis jasa pengetikan akan sangat membantu bagi para mahasiswa dalam proses pengerjaan tugas-tugas mereka.

Selain itu, percetakan juga paling banyak mendapat keuntungan di daerah kampus sebab hampir setiap hari mahasiswa selalu membutuhkan usaha percetakan untuk mencetak hasil karya-karya mereka.

Dalam membangun bisnis percetakan ini mungkin memang membutuhkan dana yang cukup besar, karena untuk membeli peralatan foto copy, printer, kertas dan berbagai peralatan alat tulis menulis serta percetakan lainnya.

Dengan begitu, Anda sebagai mahasiswa bisa bekerja secara part time di toko percetakan dekat dengan kampus Anda. Selain mendapat fee Anda juga bisa mendapat pengalaman dalam membangun bisnis percetakan sendiri nantinya.

Berbeda lagi dengan bisnis dalam pembukaan jasa pengetikan, mungkin sebagian besar mahasiswa memiliki perangkat pendukung belajar yaitu laptop atau komputer, sehingga bisnis ini tidak terlalu membutuhkan biaya modal yang cukup besar, hanya membutuhkan modal laptop atau komputer.

Karena tidak memerlukan persiapan yang khusus, tentu saja bisnis ini cocok dijalankan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan uang saku tambahan. Bagaimana, apakah Anda tertarik?

Membuka Jasa Desain Grafis

Semakin canggih teknologi, ilmu-ilmu barupun mulai bermunculan. Seperti ilmu teknologi pengolah hasil pertanian, ilmu teknologi pengolah hasil perkebunan, ilmu desain grafis, dan sebagainya.

Sumber daya manusia yang berkualitas dari ilmu-ilmu tersebut saat ini masih minim sekali. Padahal banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan jasa-jasa mereka di era digitalisasi ini.

peluang usaha desain cv

Peluang usaha desain cv (c) kontan.co.id

Memiliki skill atau ilmu di bidang desain grafis saat ini memberikan peluang bagi Anda sebagai mahasiswa untuk membuka bisnis di bidang ini. Bahkan dalam proses belajar mengajar di sekolah maupun perguruan tinggi memerlukan desain grafis untuk mendukung proses pembelajaran.

Tentu, ilmu ini sangat dibutuhkan bagi siapapun, untuk itu Anda mahasiswa yang memiliki skill dalam desain grafis bisa membuka peluang usaha untuk menciptakan bisnis pembuatan jasa desain. Selain gaji yang didapat banyak, skill yang Anda miliki juga semakin terasah dan berkembang.

Bisnis Konveksi

Ide bisnis konveksi merupakan ide bisnis yang menguntungkan dan tidak akan pernah tergerus oleh zaman karena sampai kapanpun konveksi yang menghasilkan sebuah produk pakaian, dan lain-lain akan terus dan tetap digunakan sepanjang masa.

Tidak akan mungkin produk pakaian tidak laku atau tidak akan dibutuhkan di masa mendatang. Bahkan fashion seiring perkembangan zaman semakin berkembang dan memiliki berbagai jenis dan model.

Untuk itu bisnis yang satu ini merupakan bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa khususnya mahasiswa bisnis dan ekonomi serta mahasiswa program studi lain yang berkaitan dengan ekonomi. Walaupun tidak menutup kemungkinan bahwa mahasiswa program studi lain tetap bisa menjalankan bisnis konveksi.

Di dalam bisnis konveksi ini, membutuhkan banyak persiapan dan perencanaan yang matang, mulai dari mencari target pasar, mencari kain berkualitas, sumber daya manusia, selalu update trend pasar, meningkatkan branding bisnis, memberi label produk dan perencanaan-lain.

Dengan bisnis yang telah dipersiapkan dengan matang, Anda bisa menghasilkan produk baju, mukena, gamis, kemeja, seragam dan produk-produk lainnya yang berkualitas. Tentu saja, Anda ingin bisnis Anda cepat berkembang, bukan?

Baca juga:
10 Ide Jualan Frozen Food yang Laris Banyak Dicari

Itulah beberapa ide bisnis mahasiswa yang menguntungkan yang bisa Anda jalankan sebagai mahasiswa tingkat awal maupun akhir. Tentu saja menjalankan bisnis bukan merupakan hal yang mudah.

Anda perlu belajar banyak hal dan pengetahuan dari pengalaman bekerja part time atau kerja sampingan di sebuah platform atau perusahaan bisnis. Agar Anda bisa membuat bisnis dan menjalankan bisnis Anda secara penuh nantinya.

Sebagai mahasiswa Anda harus mengingat tujuan utama Anda belajar di perguruan tinggi, meskipun menjalankan bisnis ketika masih berstatus mahasiswa memang langkah awal yang bagus.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *