7 Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Toko Online, Hitung Otomatis Tanpa Repot

Wahyu Saputro 09 Sep 2022 6 Menit 0

Plugin ongkos kirim merupakan salah satu bagian penting untuk Website toko online. Hal ini dikarenakan pentingnya mengetahui nominal ongkos kirim dari tempat penjualan ke area pembeli. Oleh sebab itu, Website toko online memerlukan plugin ongkir sebagai tambahan untuk memaksimalkan kerja website yang sudah dibangun.

Dengan adanya plugin ongkir, calon konsumen bisa melakukan pengecekan sendiri jumlah ongkos kirim yang dibebankan apabila membeli barang yang ia inginkan dari toko yang bersangkutan.

Karena tidak dapat dipungkiri, salah satu alasan yang kerap kali mempengaruhi keputusan pembelian adalah nominal ongkos kirim. Plugin ongkir yang tersedia saat ini juga cukup banyak sehingga pelaku usaha yang ingin memasangnya bisa memilih sesuai kebutuhan dan keinginan.

Dalam artikel ini, kami akan berikan rekomendasi plugin ongkos kirim yang dapat Anda gunakan untuk menunjang fasilitas toko online. Langsung simak aja yuk!

7 Plugin Ongkos Kirim Terbaik untuk Website Toko Online

Sebagai pengelola toko online, tentu perlu memasukkan plugin yang bisa membantu untuk cek ongkir J&T ataupun kurir lainnya.

Berikut adalah sederet plugin ongkos kirim yang dapat kamu pakai untuk kebutuhan menghitung ongkir di toko online.

1. Epeken

Plugin ongkos kirim

Plugin ongkos kirim ini juga tidak kalah efektif untuk dijadikan pendukung untuk Website toko online. Tidak heran jika sudah banyak toko online yang menggunakan plugin Epeken untuk mengecek nominal ongkos kirim yang dibebankan. Perlu diketahui Epeken ini juga sudah diintegrasikan dengan WooCommerce dari yang sebelumnya masih menggunakan API.

Seiring berjalannya waktu developer dari plugin ini berusaha mengembangkan pada akhirnya bisa seperti saat ini. Jika ditelusuri, Epeken ini berasal dari kata peken yang mempunyai arti pasar dalam bahasa Jawa.

Pengoperasiannya sudah dimulai sejak tahun 2015 dan hingga kini telah banyak melayani Website toko online di penjuru berbagai negeri. Keunggulan dari plugin Epeken ini terbilang cukup mencolok yakni berupa adanya dropship readiness sehingga memberi kemudahan bagi para dropshipper dalam mengecek ongkos kirim di kotanya masing-masing.

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh plugin ongkos kirim Epeken ini adalah paket yang bisa dibilang percobaan dengan biaya yang terjangkau yakni 25 ribu rupiah untuk satu bulan. Beberapa ekspedisi yang didukung oleh plugin ini diantaranya J&t, JNE, JTR Trucking, RPX, TIKI, NSS Express, LION, PARCEL dan Pos Indonesia.

Plugin dengan estimasi ongkos kirim menggunakan ojek online juga bisa didapatkan dari Epeken ini. Alhasil secara keseluruhan dapat memudahkan para pelaku usaha yang terhubung online.

2. OngkosKirim.ID

Plugin ongkos kirim

Plugin ongkos kirim ini juga tidak kalah direkomendasikan untuk digunakan para pelaku usaha dalam membangun website toko online nya. Plugin ongkos kirim ini menyediakan versi yang gratis sehingga memberi kesempatan kepada siapa saja para pelaku usaha untuk mencobanya. Satu hal yang perlu digaris bawahi dari plugin ini adalah tidak memiliki batasan waktu terkait versi gratisnya.

Dengan kata lain versi gratis bisa dinikmati selamanya. Meski demikian satu hal yang tidak boleh dikesampingkan terkait batasan yang ada ketika menggunakan versi yang gratis.

Adapun batasan yang dimaksud terkait dengan jumlah pilihan ekspedisi yang ada. Untuk versi gratis sendiri pengguna bisa memilih berbagai ekspedisi seperti, JNE Oke sicepat-best JNE yes dan Tiki ons. Oleh sebab itu bagi para pelaku usaha yang merasa cocok dengan ongkoskirim.id bisa melakukan upgrade untuk mendapatkan versi yang lebih leluasa untuk memilih ekspedisi.

Terkait harga yang dipatok untuk versi premium sekitar 199 ribu dan ada juga yang harganya 399 ribu rupiah. Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa plugin ini sudah terintegrasi bersama WooCommerce.

3. Plugin Ongkos Kirim by Tonjoo Studio

Plugin ongkos kirim

Plugin ongkos kirim bernama Tonjoo Studio ini memang sudah lama dikenal sebagai agensi yang mengembangkan website dan juga software di tanah air. Perlu diketahui bahwa awalnya plugin ongkos kirim dari tonjoo studio ini masih menggunakan API yang sebelumnya sebagai dokumentasi nya.

Namun saat ini sudah mandiri dengan API dokumentasinya. Tersedia berbagai paket yang bisa dipilih mulai dari trial personal multi hingga Developer. Paket-paket tersebut berurutan berdasarkan yang terendah hingga yang tertinggi. Untuk kisaran harga yang berbayar di mulai dari 280 ribu rupiah hingga 700 ribu rupiah.

Dalam beberapa waktu plugin ini menawarkan potongan harga yang membuat lebih hemat tentunya. Untuk versi trial sendiri memiliki berbagai keterbatasan seperti jangka waktu pemakaian yang bisa aktif selama 14 hari saja. Selain itu versi trial plugin ongkir ini juga tidak disupport dengan priority forum.

Oleh sebab itu jika dirasa masih kurang untuk dipakai pada website yang bersangkutan maka bisa membeli versi yang lebih tinggi seperti personal multi ataupun developer. Adapun ekspedisi yang tersedia dari plugin ini diantaranya Tiki, JNE, Pos Indonesia, Lion Parcel, Sicepat, J&t Express, Ninja Express, REX dan beberapa lainnya. Hal ini memang memberikan keleluasaan bagi para calon konsumen untuk memilih ekspedisi yang mereka inginkan.

4. Raja Ongkir

Plugin ongkos kirim

Plugin ongkir ini terbilang cukup familiar karena sering digunakan untuk mengecek resi melalui smartphone. Selain mengecek resi rajaongkir juga bisa digunakan sebagai plugin Website toko online berbagai kelebihan seperti kemudahan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Mulai dari praktisi pemilik toko hingga programmer. Untuk praktisi sendiri, raja ongkir memudahkan penjual maupun pembeli dalam memeriksa ongkos kirim barang pesanannya.

Untuk pemilik toko rajaongkir akan menyediakan widget yang Mampu menampilkan nominal ongkos kirim secara lebih mudah. raja Ongkir sudah menggunakan dokumentasi API yang membuat perhitungan otomatis lebih mudah. Raja Ongkir ini sudah terhubung dengan ekspedisi seperti Tiki (Titipan Kilat), JNE, Pos Indonesia,PCP, RPX dan juga ESL express.

Raja Ongkir menghasilkan data yang akurat yang disesuaikan dengan ongkos kirim dari masing-masing ekspedisi sehingga lebih terjamin. Rajaongkir juga mempunyai aplikasi Android yang memungkinkan pengecekan ongkos kirim di mana dan kapan saja.

5. Woongkir

Berikutnya ada plugin bernama Woongkir. Perlu diketahui bahwa plugin yang satu ini merupakan karya anak bangsa Karena berasal dari dalam negeri. Para pengguna WooCommerce bisa memanfaatkan perubahan ini. Secara fungsi plugin ini hampir sama dengan plugin ongkos kirim lainnya yaitu memudahkan untuk melakukan pengecekan dominan ongkos kirim tanpa harus diinput secara manual.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Wahyu Saputro
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com