Perkakas yang Wajib Ada di Rumah, Siap Hadapi Berbagai Kondisi!

Nasikhun A. 25 Jun 2024 3 Menit 0

Perkakas yang wajib ada di rumah – Memiliki berbagai perkakas di rumah adalah langkah bijak untuk mempersiapkan diri menghadapi berbagai kondisi tak terduga. Alat-alat seperti palu, obeng, tang, kunci Inggris, dan gergaji adalah beberapa contoh perkakas dasar yang harus tersedia.

Perkakas ini memastikan Anda bisa merespon dengan cepat dan efisien saat terjadi kerusakan atau keadaan darurat di rumah. Persiapan semacam ini juga sangat penting bagi mereka yang tinggal di perumahan modern dan berkualitas seperti Podomoro Park Bandung. Dengan alat yang tepat, rumah Anda akan selalu siap menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi.

ADVERTISEMENT

Rekomendasi Perkakas yang Wajib Ada di Rumah

Perkakas yang wajib ada di rumah

Selain menjadi tempat berlindung dan beristirahat, rumah juga menjadi tempat untuk berkreasi dan memperbaiki berbagai hal. Oleh karena itu, penting untuk memiliki berbagai perkakas yang dapat membantu kita dalam menghadapi situasi darurat, memperbaiki barang-barang yang rusak, atau bahkan melakukan proyek DIY (Do It Yourself). Berikut adalah beberapa perkakas yang wajib ada di setiap rumah.

ADVERTISEMENT

1. Palu

Perkakas yang wajib ada di rumah

Palu adalah salah satu perkakas paling dasar yang harus ada di rumah. Alat ini sangat berguna untuk berbagai keperluan seperti memaku, merapikan barang, atau bahkan membantu dalam proses pembongkaran ringan. Pilihlah palu dengan pegangan yang nyaman dan berat yang sesuai dengan kekuatan Anda.

ADVERTISEMENT

2. Obeng

Perkakas yang wajib ada di rumah

Obeng merupakan alat yang sangat berguna untuk mengencangkan atau melonggarkan sekrup. Ada dua jenis utama obeng yang perlu dimiliki: obeng plus (Phillips) dan obeng minus (flathead). Selain itu, obeng dengan mata yang bisa diganti-ganti akan sangat praktis untuk mengatasi berbagai jenis sekrup.

ADVERTISEMENT

3. Tang

Tang adalah alat multifungsi yang bisa digunakan untuk mencengkeram, memotong, atau membengkokkan benda. Tang kombinasi (combination pliers) biasanya memiliki rahang untuk mencengkeram dan bagian pemotong di dekat pegangannya. Selain itu, tang lancip (needle-nose pliers) sangat berguna untuk pekerjaan yang memerlukan ketelitian dan presisi.

ADVERTISEMENT

4. Kunci Inggris (Adjustable Wrench)

Perkakas yang wajib ada di rumah

Kunci Inggris atau kunci pas adjustable adalah alat yang bisa digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut dan mur dengan berbagai ukuran. Kunci ini sangat berguna karena ukurannya yang bisa disesuaikan sehingga tidak perlu memiliki banyak kunci dengan ukuran yang berbeda-beda.

ADVERTISEMENT

5. Gergaji

Gergaji adalah alat yang penting untuk memotong kayu atau bahan lainnya. Untuk keperluan rumah tangga, gergaji tangan (hand saw) biasanya sudah cukup. Namun, jika sering melakukan proyek DIY, gergaji mesin (power saw) bisa menjadi investasi yang baik.

5. Meteran

Meteran atau pita pengukur sangat berguna untuk mengukur panjang, lebar, atau tinggi suatu objek. Pilihlah meteran yang cukup panjang (setidaknya 5 meter) dan mudah digunakan.

7. Bor (Drill)

Perkakas yang wajib ada di rumah

Bor adalah alat yang sangat penting untuk membuat lubang pada berbagai material seperti kayu, dinding, atau logam. Bor listrik atau bor baterai (cordless drill) sangat direkomendasikan karena lebih praktis dan memiliki kekuatan yang cukup untuk pekerjaan rumah tangga.

8. Senter

Senter adalah alat yang wajib dimiliki untuk menghadapi situasi darurat seperti mati lampu. Pilihlah senter dengan baterai yang tahan lama dan cahaya yang cukup terang. Senter dengan lampu LED biasanya lebih awet dan hemat energi.

9. Lem

Lem serbaguna, seperti lem super (super glue) atau lem tembak (hot glue gun), sangat berguna untuk memperbaiki berbagai barang yang rusak. Lem kayu (wood glue) juga penting jika sering melakukan pekerjaan yang melibatkan kayu.

10. Pisau Serbaguna (Utility Knife)

Pisau serbaguna adalah alat yang sangat berguna untuk memotong berbagai bahan seperti karton, tali, atau plastik. Pastikan untuk memiliki pisau dengan pisau yang bisa diganti-ganti untuk menjaga ketajamannya.

11. Peralatan Pertolongan Pertama

Selain perkakas untuk memperbaiki barang, penting juga memiliki kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yang berisi perban, plester, obat antiseptik, gunting kecil, dan alat lainnya yang dapat digunakan untuk menangani luka ringan.

12. Set Kunci L (Allen Wrench Set)

Kunci L atau sering disebut juga dengan Allen wrench, sangat berguna untuk mengencangkan atau melonggarkan baut dengan kepala berbentuk hexagonal. Set kunci L dengan berbagai ukuran akan sangat membantu, terutama untuk merakit atau memperbaiki furnitur.

Dengan memiliki berbagai perkakas esensial di rumah, Anda tidak hanya mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai kondisi darurat, tetapi juga memperlengkapi diri untuk melakukan perawatan dan perbaikan kecil secara mandiri. Perkakas seperti palu, obeng, tang, dan bor menjadi investasi yang sangat berharga untuk kenyamanan dan keamanan hunian Anda. Selain itu, memiliki kotak P3K memastikan Anda siap mengatasi luka ringan atau cedera kecil yang mungkin terjadi.

Dengan peralatan yang tepat, Anda dapat menjaga rumah tetap dalam kondisi optimal dan siap menghadapi berbagai situasi. Persiapan semacam ini bukan hanya mencerminkan kemandirian, tetapi juga menjaga nilai dan kenyamanan rumah Anda.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Nasikhun A.
Ditulis oleh

Nasikhun A.

Moch. Nasikhun Amin is a late specializer, data-informed SEO content writer who is constantly hungry for growth. A lifelong learner who is interested in the marriage between creativity and technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *