Cara Menambah Like Fanspage Facebook Secara Organik untuk Jualan Online

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
26 Juni 2021
Waktu membaca
6 Menit

Cara menambah like fanspage Facebook tidak melulu harus menggunakan trik khusus. Lebih dari itu, justru fokus kita sebaiknya bukan terletak pada jumlahnya, melainkan seberapa besar manfaat yang bisa diberikan untuk pengikut.

Karenanya, panduan praktis ini tidak akan berisi “trik-trik mengakali Facebook” supaya jumlah pengikut di fanspage bertambah. Melainkan beberapa poin mendasar seperti:

  • Mengapa memiliki audiens yang selalu bertumbuh itu bagus untuk brand,
  • Cara menumbuhkan audiens halaman Facebook secara organik dari nol.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling dasar: pentingnya audiens untuk brand.

 

Pentingnya Audiens Fanspage untuk Brand

Sebelum membahas bagaimana cara meningkatkan jumlah audiens (termasuk likes) fanspage, mari kita coba rekap lagi, apa saja manfaat yang bisa kita dapat untuk brand.

Kami merangkumnya menjadi beberapa poin. Di antaranya..

1. Menghemat Budget Pemasaran

Dengan memiliki jumlah audiens besar, apalagi di platform mainstream seperti Facebook, kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar lagi untuk menjaring calon konsumen lewat pemasaran digital.

Karena pada dasarnya, audiens mengikuti halaman kita atas dasar menyukai postingan yang diterbitkan. Apabila sudah timbul rasa suka, maka usaha untuk membuat mereka “jatuh hati” pada produk yang ditawarkan akan jauh lebih mudah.

Dan secara tidak langsung pula, seluruh kemudahan tersebut akan menghemat pengeluaran untuk pemasaran digital. Fans loyal akan memberi tau teman-teman mereka tentang apa yang disukai, istilahnya direkomendasikan kepada orang lain.

2. Calon Konsumen Lebih Tertarget

Jangkauan audiens tidak hanya luas, tetapi juga tertarget. Kita dapat menentukan siapa yang akan menjadi target audiens dari produk yang dimiliki. Produk ini menyelesaikan masalah siapa? Kenapa produk ini harus dipakai oleh mereka?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang akan menarik kesimpulan: target konsumen yang lebih rinci. Kita bisa mencari apa masalah mereka, lalu kita sediakan solusinya lewat postingan-postingan yang diterbitkan lewat fanspage.

Dengan begitu, lagi-lagi, audiens tersebut akan merasa terbantu oleh kehadiran fanspage kita. Walhasil, mereka akan terdorong untuk menyukai (klik likes fanspage), lalu merekomendasikan postingan kepada teman-temannya (share).

3. Meningkatkan Traffic Website

Apabila usaha kamu memiliki website, maka audiens yang besar di halaman Facebook dapat membantu meningkatkan jumlah traffic. Dengan cara, kita rutin memposting artikel yang ada di website ke beranda fanspage.

Namun dengan catatan, postingan artikel tersebut harus tetap relevan dengan target audiens. Postingannya harus tetap berpedoman pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh audiens, apakah memberikan solusi praktis atau tidak sama sekali.

Jika ternyata relevan dan membantu, maka mereka akan suka rela untuk mengetuk link postingan website. Walhasil, terjadilah konversi berupa kunjungan (traffic) yang secara masif dapat meningkat.

4. Meningkatkan Loyalitas Brand

Poin-poin di atas, jika sudah terjadi, maka loyalitas brand perlahan-lahan akan terbentuk dengan sendirinya. Dimulai dari audiens yang suka dengan postingan kita, merasa terbantu, hingga masalah-masalah yang relevan dapat teratasi.

Atas dasar itulah, audiens akan merasa..

Oh, ternyata brand ini sangat mengerti apa kebutuhan aku, dan dia tau bagaimana solusi yang harus aku terapkan untuk menyelesaikan masalah A, B, C, dan seterusnya. Ok, aku sekarang jadi fans loyal brand ini!

Dengan begitu, pemasaran secara organik dari mulut ke mulut (word of mouth) akan begitu mudah terjadi. Dan ujung-ujungnya, akan banyak fans loyal bergabung, terutama mereka yang memiliki keresahan serupa.

Baca konten se-topik lainnya:

Cara Menambah Like Fanspage Secara Organik

Setelah kembali diingatkan dengan benefit yang bisa kita dapat dari audiens yang loyal, maka sekarang kita akan membahas mengenai kiat-kiat untuk menumbuhkan angka like fanspage secara organik, dari nol.

Sekali lagi kami tekankan, kiat-kiat ini bukanlah trik yang dapat mengubah angka 0 menjadi 100.000 dalam waktu 1 hari. Bukan, bukan itu yang akan kita bahas. Melainkan, kiat-kiat yang mungkin terdengar klise, tapi memang begitulah caranya.

Kadang juga, jika tidak dilakukan secara konsisten dalam jangka waktu yang lama, hasilnya tidak akan terlihat. Karena itulah, butuh usaha dan kesabaran untuk menjalaninya.

Lalu, apa sajakah itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Konten Wajib “Ngena” Audiens

Maksudnya, konten yang diterbitkan mampu menyasar target audiens. Terlebih lagi, mereka mampu menyerap konten tersebut dan merasakan beberapa perubahan, seperti:

  • Terinspirasi
  • Teredukasi
  • Terhibur

Setidaknya, ketiga aspek emosi di atas sudah mampu membuat audiens “terikat” dengan kita. Dengan postingan-postingan yang kita terbitkan di halaman Facebook secara reguler.

tipe konten yang menarik interaksi

(c) buffer.co

Maka, tugasnya adalah membuat konten yang memenuhi ketiga aspek tersebut. Caranya? Cukup dengan riset.. hal apa yang membuat audiens merasa terinspirasi? Teredukasi? Terhibur?

Lagi-lagi, pelajari apa akar masalah yang mereka punya, lalu suguhkan solusi lewat konten kita. Sesimpel itu.

2. Posting Konten Secara Rutin

Setelah memiliki formula yang pas untuk menerbitkan konten, maka sekarang, lakukanlah secara konsisten. Dalam artian, dilakukan secara reguler atau rutin dalam waktu-waktu tertentu.

Carilah jam-jam khusus untuk update posting, misalkan jam 10 pagi, 1 siang, atau 5 sore. Jika ternyata dalam satu hari kamu menerbitkan 3 konten, maka postinglah secara terjadwal di jam-jam tersebut.

Supaya kamu mendapat gambaran lebih jelas lagi, coba simak infografis dari CoSchedule mengenai jam terbaik untuk posting di Facebook, berikut ini:

waktu terbaik untuk posting di facebook

(c) coschedule.com

Baca konten-konten se-topik lainnya:

3. Share di Grup yang Relevan

Kiat berikutnya yang tidak kalah efektif adalah, rutin mengikuti diskusi di grup-grup yang relevan dengan topik fanspage kamu. Di sana, kamu bisa ikutan komentar, bertanya, memberikan jawaban kepada anggota lain.

Intinya, bangun terlebih dulu kepercayaan mereka dengan aktivitas-aktivitas komentar kamu di sana. Bantuan apa yang bisa ditawarkan kepada mereka?

Jika sudah rutin ikutan diskusi, maka kamu bisa coba promosikan halaman Facebook-mu, namun tetap dengan niat sharing. Contohnya seperti berikut ini:

share fanspage di grup facebook

4. Sesekali Coba Live Streaming

Live streaming dapat membangun rasa yakin dari audiens kepada pemilik fanspage. Kenapa begitu? Karena dengan memunculkan diri di live streaming, pengikut dapat mengetahui beberapa hal:

  • Ternyata memang pemilik fanspage benar-benar “manusia” yang sama dengan mereka,
  • Ternyata pemilik fanspage peduli dengan masalah-masalah yang dihadapi oleh followers,
  • Ternyata pemilik fanspage juga ingin sama-sama belajar lewat feedback dari followers,
  • dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga dapat membuka sesi tanya jawab agar audiens bisa ikut berpartisipasi dan merasakan interaksi secara virtual dengan kita, pemilik fanspage.

Begitu yang diterapkan oleh fanspage UGM Yogyakarta, seperti contoh gambar di bawah ini:

live streaming di fanspage

5. Adakan Give Away “Bersyarat”

Last but not least, apabila memang ada budget, adakan giveaway. Dalam kontes tersebut, berikan syarat kepada setiap peserta yang ingin ikutan agar like fanspage kita, komentar dan menandai temannya di postingan giveaway tersebut.

Dengan begitu, akan bertambah pula orang-orang untuk dapat berpartisipasi. Pertimbangkan juga agar hadiah yang ditawarkan cukup menarik dan bermanfaat untuk audiens. Seperti voucher GoPay/OVO, pulsa, atau produk milikmu.

Sebagai contoh, simak konten giveaway dari Talas Indonesia, berikut ini:

giveaway untuk menambah like fanspage

Rangkuman

  • Menambah like fanspage berarti menumbuhkan audiens. Dan cara paling efektif, aman, serta jangka panjang adalah, organik. Tanpa trik-trik tertentu yang melanggar aturan Facebook.
  • Kiat-kiat yang bisa diterapkan untuk menumbuhkan fanspage antara lain: posting konten relevan, jadwal posting reguler, share di grup yang relevan, adakan live streaming, adakan giveaway berhadiah.
  • Cara-cara organik memang aman, namun relatif lama untuk dapat melihat perubahannya. Jadi, dibutuhkan niat dan usaha untuk praktek, serta kesabaran agar konsisten dalam menjalaninya.

Sekali lagi, memang tidak ada trik khusus untuk menambah jumlah like fanspage. Namun dengan melakukan kiat-kiat di atas, kita dapat memperbesar peluang untuk mendapatkan pengguna tertarget secara organik.

Mungkin sampai di sini dulu topik bahasan kita kali ini. Jika suka, silakan ketuk tombol sosial media di bawah untuk memberi tahu teman yang lain. Kalau ingin baca-baca topik serupa, ketuk link di sesi “Artikel Terkait” di bawah.

Oh iya, Follow IG (👋) kami di @PintarJualan.id untuk mendapatkan notifikasi mengenai topik jualan online, keluh kesah seller, hingga lelucon seputar e-commerce. Kamu juga dapat gabung diskusi dan ikutan berpartisipasi juga!

Akhir kata, terima kasih dan semoga membantu, yaa~ 🙏

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *