Advertisement

Cara Menambah Like Fanspage Facebook Secara Organik untuk Jualan Online

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
26 Juni 2021
Waktu membaca
6 Menit

Cara menambah like fanspage Facebook tidak melulu harus menggunakan trik khusus. Lebih dari itu, justru fokus kita sebaiknya bukan terletak pada jumlahnya, melainkan seberapa besar manfaat yang bisa diberikan untuk pengikut.

Karenanya, panduan praktis ini tidak akan berisi “trik-trik mengakali Facebook” supaya jumlah pengikut di fanspage bertambah. Melainkan beberapa poin mendasar seperti:

  • Mengapa memiliki audiens yang selalu bertumbuh itu bagus untuk brand,
  • Cara menumbuhkan audiens halaman Facebook secara organik dari nol.

Namun sebelum itu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar tidak ketinggalan update. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling dasar: pentingnya audiens untuk brand.

 

Pentingnya Audiens Fanspage untuk Brand

Sebelum membahas bagaimana cara meningkatkan jumlah audiens (termasuk likes) fanspage, mari kita coba rekap lagi, apa saja manfaat yang bisa kita dapat untuk brand.

Kami merangkumnya menjadi beberapa poin. Di antaranya..

1. Menghemat Budget Pemasaran

Dengan memiliki jumlah audiens besar, apalagi di platform mainstream seperti Facebook, kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar lagi untuk menjaring calon konsumen lewat pemasaran digital.

Karena pada dasarnya, audiens mengikuti halaman kita atas dasar menyukai postingan yang diterbitkan. Apabila sudah timbul rasa suka, maka usaha untuk membuat mereka “jatuh hati” pada produk yang ditawarkan akan jauh lebih mudah.

Dan secara tidak langsung pula, seluruh kemudahan tersebut akan menghemat pengeluaran untuk pemasaran digital. Fans loyal akan memberi tau teman-teman mereka tentang apa yang disukai, istilahnya direkomendasikan kepada orang lain.

2. Calon Konsumen Lebih Tertarget

Jangkauan audiens tidak hanya luas, tetapi juga tertarget. Kita dapat menentukan siapa yang akan menjadi target audiens dari produk yang dimiliki. Produk ini menyelesaikan masalah siapa? Kenapa produk ini harus dipakai oleh mereka?

Pertanyaan-pertanyaan semacam itulah yang akan menarik kesimpulan: target konsumen yang lebih rinci. Kita bisa mencari apa masalah mereka, lalu kita sediakan solusinya lewat postingan-postingan yang diterbitkan lewat fanspage.

Dengan begitu, lagi-lagi, audiens tersebut akan merasa terbantu oleh kehadiran fanspage kita. Walhasil, mereka akan terdorong untuk menyukai (klik likes fanspage), lalu merekomendasikan postingan kepada teman-temannya (share).

3. Meningkatkan Traffic Website

Apabila usaha kamu memiliki website, maka audiens yang besar di halaman Facebook dapat membantu meningkatkan jumlah traffic. Dengan cara, kita rutin memposting artikel yang ada di website ke beranda fanspage.

Namun dengan catatan, postingan artikel tersebut harus tetap relevan dengan target audiens. Postingannya harus tetap berpedoman pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh audiens, apakah memberikan solusi praktis atau tidak sama sekali.

Jika ternyata relevan dan membantu, maka mereka akan suka rela untuk mengetuk link postingan website. Walhasil, terjadilah konversi berupa kunjungan (traffic) yang secara masif dapat meningkat.

4. Meningkatkan Loyalitas Brand

Poin-poin di atas, jika sudah terjadi, maka loyalitas brand perlahan-lahan akan terbentuk dengan sendirinya. Dimulai dari audiens yang suka dengan postingan kita, merasa terbantu, hingga masalah-masalah yang relevan dapat teratasi.

Atas dasar itulah, audiens akan merasa..

Oh, ternyata brand ini sangat mengerti apa kebutuhan aku, dan dia tau bagaimana solusi yang harus aku terapkan untuk menyelesaikan masalah A, B, C, dan seterusnya. Ok, aku sekarang jadi fans loyal brand ini!

Dengan begitu, pemasaran secara organik dari mulut ke mulut (word of mouth) akan begitu mudah terjadi. Dan ujung-ujungnya, akan banyak fans loyal bergabung, terutama mereka yang memiliki keresahan serupa.

Baca konten se-topik lainnya:

Cara Menambah Like Fanspage Secara Organik

Setelah kembali diingatkan dengan benefit yang bisa kita dapat dari audiens yang loyal, maka sekarang kita akan membahas mengenai kiat-kiat untuk menumbuhkan angka like fanspage secara organik, dari nol.

Sekali lagi kami tekankan, kiat-kiat ini bukanlah trik yang dapat mengubah angka 0 menjadi 100.000 dalam waktu 1 hari. Bukan, bukan itu yang akan kita bahas. Melainkan, kiat-kiat yang mungkin terdengar klise, tapi memang begitulah caranya.

Kadang juga, jika tidak dilakukan secara konsisten dalam jangka waktu yang lama, hasilnya tidak akan terlihat. Karena itulah, butuh usaha dan kesabaran untuk menjalaninya.

Lalu, apa sajakah itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Konten Wajib “Ngena” Audiens

Maksudnya, konten yang diterbitkan mampu menyasar target audiens. Terlebih lagi, mereka mampu menyerap konten tersebut dan merasakan beberapa perubahan, seperti:

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *