10 Tips Memilih Ekspedisi Yang Tepat Untuk Bisnis Online

Ambar Arum Juliyanti 14 Des 2021 5 Menit 0

Sebagai pelaku bisnis online, sangat penting memilih jasa ekspedisi yang terpercaya untuk mengirim barang. Kali ini kami akan memberikan 10 tips memilih ekspedisi yang tepat untuk bisnis online.

Persaingan ecommerce saat ini sudah sangat sengit. Banyak promo dan diskon yang bertebaran di masing-masing ecommerce.

Tentu hal ini berpengaruh ke jasa ekspedisi. Makin banyak ekspedisi yang bermunculan dan ada juga yang sudah berdiri lama namun belum tentu aman.

Apalagi saat ini teknologi semakin berkembang dan canggih. Rasanya belum lengkap jika layanan ekspedisi tidak bertautan dengan teknologi.

Untuk itu akan kami berikan tips yang dapat dijadikan acuan saat memilih jasa ekspedisi.

Sekilas Mengenai Jasa Ekspedisi

Apa itu ekspedisi dalam online shop? Nah berikut ini penjelasanya :

[su_note] Jasa Ekspedisi merupakan layanan pengiriman barang yang didirikan oleh perusahaan maupun perseorangan [/su_note]

Dengan menggunakan jasa kurir terbaik , tentu akan memudahkan kita dalam mengirimkan barang ke seluruh daerah indonesia bahkan luar negeri.

Di zaman serba digital ini, jasa kirim ikut serta mendorong perekonomian lebih maju. Bagaimana tidak? Banyak penjual online bermunculan dan mengandalkan jasa mereka.

Macam-macam ekspedisi di Indonesia

[su_list icon=”icon: check” icon_color=”#00d80e” indent=”20″]
  • J&T
  • JNE
  • SiCepat
  • AnterAja
  • Wahana
  • TIKI
  • Pos Indonesia
  • Ninja Express
  • Shopee Express
  • Dan lain-lain
[/su_list]

Jasa Ekspedisi ini dibantu oleh banyak kurir yang ada di seluruh cabang daerah. Kurir inilah yang akan membantu mengirimkan barang sampai ke tempat tujuan.

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Bisnis Online

Pengiriman barang

Bagaimana cara memilih jasa pengiriman yang baik? Saat mengirim produk kita dengan jasa pengiriman apa yang harus diperhatikan? Dari pertanyaan tersebut akan kami ulas lengkap dibawah ini :

1. Terdapat Sistem Informasi/Website Resmi

Suatu perusahaan ekspedisi wajib untuk mempunyai sistem informasi atau website resmi.

Tujuannya agar memudahkan bisnis online atau pelanggan dapat mengetahui informasi lengkap. Misalnya layanan yang tersedia, tarif, estimasi pengiriman, dan lainnya.

Jika suatu ekspedisi tidak mempunyai website resmi, maka akan diragukan oleh calon pelanggan.

Selain website resmi, harusnya sebuah ekspedisi mempunyai akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan kepada calon pelanggan.

2. Ada layanan komplain (Customer Service/Call Center)

Tips yang satu ini wajib diperhatikan, ya. Sangat tidak rekomended jika perusahaan ekspedisi tidak memiliki wadah pengaduan.

Layanan komplain ini wajib ada. Supaya Anda tidak kebingungan jika ada kendala mengenai pengiriman barang. Layanan pengaduan melalui customer service maupun call center biasanya tertera di website resmi.

Jika ada kendala pengiriman misalnya barang melebihi estimasi kirim, barang pecah, dan lainnya. Bisa langsung menghubungi CS maupun Call Center, biasanya layanan ini siap menerima komplain 24jam.

Berikut cara komplain yang telah kami rangkum dari berbagai jasa kirim :

3. Cari tahu review di Google

Sebelum mengirim barang, ada baiknya kita mencari tahu dahulu jasa kirim terbaik yang sudah banyak direkomendasikan banyak orang. Caranya cukup mencari lewat Google saja.

Biasanya banyak ulasan dan review di Google maps. Dari ulasan itu, lihat komentar dan rating. Apakah banyak yang bertanggapan negatif atau positif.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ambar Arum Juliyanti
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

Tetap semangat dan menjadi orang lebih baik setiap harinya. Yuk bisa yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com