10 Tips Memilih Ekspedisi Yang Tepat Untuk Bisnis Online

Diterbitkan pada
14 Desember 2021
Waktu membaca
5 Menit

Sebagai pelaku bisnis online, sangat penting memilih jasa ekspedisi yang terpercaya untuk mengirim barang. Kali ini kami akan memberikan 10 tips memilih ekspedisi yang tepat untuk bisnis online.

Persaingan ecommerce saat ini sudah sangat sengit. Banyak promo dan diskon yang bertebaran di masing-masing ecommerce.

Tentu hal ini berpengaruh ke jasa ekspedisi. Makin banyak ekspedisi yang bermunculan dan ada juga yang sudah berdiri lama namun belum tentu aman.

Apalagi saat ini teknologi semakin berkembang dan canggih. Rasanya belum lengkap jika layanan ekspedisi tidak bertautan dengan teknologi.

Untuk itu akan kami berikan tips yang dapat dijadikan acuan saat memilih jasa ekspedisi.

Sekilas Mengenai Jasa Ekspedisi

Apa itu ekspedisi dalam online shop? Nah berikut ini penjelasanya :

Jasa Ekspedisi merupakan layanan pengiriman barang yang didirikan oleh perusahaan maupun perseorangan

Dengan menggunakan jasa kurir terbaik , tentu akan memudahkan kita dalam mengirimkan barang ke seluruh daerah indonesia bahkan luar negeri.

Di zaman serba digital ini, jasa kirim ikut serta mendorong perekonomian lebih maju. Bagaimana tidak? Banyak penjual online bermunculan dan mengandalkan jasa mereka.

Macam-macam ekspedisi di Indonesia

  • J&T
  • JNE
  • SiCepat
  • AnterAja
  • Wahana
  • TIKI
  • Pos Indonesia
  • Ninja Express
  • Shopee Express
  • Dan lain-lain

Jasa Ekspedisi ini dibantu oleh banyak kurir yang ada di seluruh cabang daerah. Kurir inilah yang akan membantu mengirimkan barang sampai ke tempat tujuan.

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Untuk Bisnis Online

pengiriman barang

Bagaimana cara memilih jasa pengiriman yang baik? Saat mengirim produk kita dengan jasa pengiriman apa yang harus diperhatikan? Dari pertanyaan tersebut akan kami ulas lengkap dibawah ini :

1. Terdapat Sistem Informasi/Website Resmi

Suatu perusahaan ekspedisi wajib untuk mempunyai sistem informasi atau website resmi.

Tujuannya agar memudahkan bisnis online atau pelanggan dapat mengetahui informasi lengkap. Misalnya layanan yang tersedia, tarif, estimasi pengiriman, dan lainnya.

Jika suatu ekspedisi tidak mempunyai website resmi, maka akan diragukan oleh calon pelanggan.

Selain website resmi, harusnya sebuah ekspedisi mempunyai akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dan lain-lain. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan kepada calon pelanggan.

2. Ada layanan komplain (Customer Service/Call Center)

Tips yang satu ini wajib diperhatikan, ya. Sangat tidak rekomended jika perusahaan ekspedisi tidak memiliki wadah pengaduan.

Layanan komplain ini wajib ada. Supaya Anda tidak kebingungan jika ada kendala mengenai pengiriman barang. Layanan pengaduan melalui customer service maupun call center biasanya tertera di website resmi.

Jika ada kendala pengiriman misalnya barang melebihi estimasi kirim, barang pecah, dan lainnya. Bisa langsung menghubungi CS maupun Call Center, biasanya layanan ini siap menerima komplain 24jam.

Berikut cara komplain yang telah kami rangkum dari berbagai jasa kirim :

3. Cari tahu review di Google

Sebelum mengirim barang, ada baiknya kita mencari tahu dahulu jasa kirim terbaik yang sudah banyak direkomendasikan banyak orang. Caranya cukup mencari lewat Google saja.

Biasanya banyak ulasan dan review di Google maps. Dari ulasan itu, lihat komentar dan rating. Apakah banyak yang bertanggapan negatif atau positif.

Selain itu, bisa mencari ulasan di blog atau website. Biasanya banyak orang yang menuliskan pengalaman menggunakan ekspedisi tertentu. Dari situ kita bisa menyimpulkan sendiri jasa kirim mana yang akan dipilih.

4. Cari tahu estimasi pengiriman

Penting bagi kamu untuk mengetahui detail informasi estimasi pengiriman. Pilih jasa kirim yang terpercaya dan mampu mengirim barang tepat waktu (on-time).

Karena biasanya banyak pelanggan yang mengeluhkan barang lama sampai. Jika terus menerus seperti itu, akan memberikan citra buruk ke bisnis online Anda.

Walaupun yang salah memang ekspedisi, namun tidak jarang juga pembeli yang menyalahkan pihak toko online.

Solusinya, berikan pengertian kepada pembeli dengan ramah dan sopan. Kemudian berikan nomor resi untuk bisa di tracking sendiri oleh pembeli.

Jika belum tahu estimasi pengiriman tiap ekspedisi, bisa kunjungi dibawah ini :

5. Mempunyai kantor pusat

Tidak lengkap rasanya jika perusahaan ekspedisi tidak mempunyai kantor pusat. Banyak kantor pusat ekspedisi yang berdiri di Ibukota Jakarta.

Kantor pusat adalah kantor utama dari seluruh cabang ekspedisi. Nah, untuk mencari tahu apakah ekspedisi mempunyai kantor pusat atau tidak, biasanya ada informasi di bagian bawah website mereka.

Kantor pusat ini biasanya yang mengatur tata kelola jasa ekspedisi. Dari management, marketing, komplain, dan mengatur kantor-kantor cabang di setiap daerah.

Baca Juga : Cara Mencari Kantor J&T Express Terdekat dengan Mudah (via Aplikasi & Web)

6. Mempunyai banyak cabang di setiap daerah

Selain kantor pusat, tentu harus mempunyai kantor cabang. Dengan kantor cabang di berbagai titik daerah di Indonesia, akan sangat memudahkan untuk mengirim barang.

Kamu bisa mencari kantor cabang di daerahmu menggunakan Google Maps. Kantor cabang ini harus mempunyai jaringan yang luas. Karena kalau tidak, maka pasti akan banyak kendala.

Jadi kantor cabang satu dengan kantor cabang lain tentunya mereka adalah suatu jaringan kerja. Yang nantinya akan memudahkan pengiriman barang ke kantor cabang terdekat sesuai alamat tujuan.

Lihat juga :

7. Bisa melakukan tracking dari aplikasi

Diatas kita sudah membahas mengenai sistem informasi yang harus dimiliki oleh perusahaan ekspedisi. Nah, sistem informasi ini berguna untuk melakukan tracking yang tersambung ke berbagai aplikasi atau website.

Tentu hal ini akan sangat berguna bagi pengguna. Karena mereka bisa mengetahui barang sudah berada dimana dan ada kendala atau tidak.

Banyak website dan aplikasi yang bisa membantu untuk tracking resi. Misalnya di pluginongkoskirim.com,  disana Anda bisa cek resi secara online, cek posisi, cek tarif ongkir dan masih banyak lagi.

Lihat juga artikel terkait :

8. Telah terdaftar resmi & terjamin legalistasnya

Tips memilih ekspedisi selanjutnya yaitu telah terdaftar resmi dan terjamin legalitasnya. Suatu perusahaan yang berdiri pasti tidak asal berdiri begitu saja. Ada beberapa hal yang harus didaftarkan.

Legalitas dari suatu perusahaan ekspedisi ini harus mempunyai 3 hal penting. Seperti Izin Usaha Pengurusan Transportasi (SIUJPT), terdaftar merek dagang, dan badan usaha harus berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

9. Biaya terjangkau & aman

Tips selanjutnya yaitu pilihlah jasa kirim dengan biaya terjangkau. Maksud dari biaya terjangkau ini masih kompetitif dan tidak terlalu mahal jika dibanding yang lain.

Daripada memilih ongkos kirim yang cukup mahal, lebih baik digunakan untuk mengirim barang lagi di kemudian hari.

Walaupun memilih dengan harga murah, tentu perlu diperhatikan juga layanan dan keamanan yang diberikan. Pilih dengan harga terjangkau namun keamanan juga terjamin.

Jaminan keamanan penting diperhatikan karena jika barang rusak atau hilang, pihak ekspedisi siap bertanggungjawab.

Baca Juga : Lebih Murah ! Jasa Kirim Hemat Shopee, Jenis & Cara Menggunakannya

10. Buat perbandingan kelebihan dan kekurangan

Cara memilih jasa pengiriman selanjutnya adalah Lakukan riset dan analisis perbandingan sederhana dari beberapa ekspedisi. Misalnya dari segi tarif, layanan, keamanan, estimasi dan lainnya.

Tiap jasa kirim pasti memiliki banyak perbedaan. Banyak yang menawarkan paket pengiriman dengan layanan yang sangat lengkap. Bahkan ada jasa kurir sehari sampai tujuan lho !

Pilihlah jasa kirim sesuai dengan kebutuhan bisnis online kamu. Karena ada beberapa jasa kirim yang tidak bisa mengirim barang besar dan berat.

Tentunya, jika barang yang akan dikirim adalah barang berat, jangan memaksakan menggunakan jasa kirim yang tidak melayani itu. Sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Penutup

Nah, itulah 10 tips memilih ekspedisi untuk bisnis online. Semua jasa kirim pasti berlomba-lomba menawarkan berbagai pengiriman yang lengkap dan terbaik. Tentu sebagai penjual online, kita harus pintar dalam menentukan ekspedisi sesuai kebutuhan.

Oiya, jika kamu membutuhkan informasi mengenai jasa kirim yang terbaik, sudah kami review disini Review 5 Jasa Ekspedisi Kirim Barang Terbaik. Di situ sudah kami rangkum sesuai pengalaman. So, kamu tinggal pilih salah satu saja !

Sangat menarik kan pembahasan kali ini? Jika kalian masih ada pertanyaan bisa tulis di “kolom komentar” dibawah atau bisa diskusi langsung di Instagram kami @PintarJualan.id.

Ikuti terus perkembangan artikel Pintarjualan. Supaya kamu tidak ketinggalan bisa save postingan ini dengan ketuk tombol “Bookmark” di pojok kanan atas browser.

Oiya, jangan lupa untuk share ke “media sosial” juga ya, agar kami semangat terus membuat artikel yang bermanfaat. See you 🙂

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Ambar Arum Juliyanti

I have experience in field of the SEO Content Writer. I am willing and able to learn also work with new things either individual or team. I am also interested in anything about Digital Marketing, SEO and Informatics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *