Komplain ke AnterAja sebenarnya cukup mudah dan cepat, bisa untuk segala kendala yang dialami pelanggan: barang terlambat sampai, hilang entah ke mana, atau terjadi kerusakan isi paket yang dikirim.
Untuk membantu mengurangi masalah tersebut, Pintar Jualan sudah merangkum sejumlah catatan ringkas yang bisa kamu terapkan setelah ini, perihal:
- Persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum menghubungi CS AnterAja,
- Langkah-langkah untuk mengajukan keluhan kepada AnterAja lewat berbagai media,
- Tips praktis agar nantinya terhindar dari masalah pengiriman yang mengkhawatirkan.
Namun seperti biasa, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti mudah ditemukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling simpel: persiapan.
(Persiapan) Sebelum Ajukan Komplain AnterAja
Di sini, kami merangkumnya menjadi 3 persiapan:
- Mengetahui kondisi terakhir barang yang dikirim,
- Memahami arti status pengiriman AnterAja,
- Mencatat seluruh kendala yang dialami.
Untuk penjelasan selengkapnya, scroll terus yaa..
Lacak Status Terakhir Barang
Langkah pertama, silakan dilacak lagi status terakhir dari barang yang sedang dikirim. Cara melacaknya bisa dengan bantuan website cek resi (resmi dari anteraja, atau pihak ketiga).
Berikut langkah-langkahnya:
- Buka laman berikut → pluginongkoskirim.com/cek-resi
- Pada kolom ekspedisi, pilih kurir AnterAja. Pada kolom nomor resi, isikan Nomor Resi AnterAja yang kamu terima.
- Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak warna oranye.
- Selesai! ✅
Cara di atas hanyalah satu dari beberapa cara lain untuk mengetahui barang yang dikirim sudah sampai mana. Kalau kamu tertarik untuk melihat alternatif lainnya, kami sudah membuat postingan terpisah.
Kamu bisa simak selengkapnya di postingan berikut: Cek Resi Ekspedisi AnterAja Tanpa Captcha.
Pahami Arti Kode AnterAja
Baca Juga
Setelah melacak, kadang tidak semua konsumen mengerti apa rincian yang ditampilkan di status pengiriman. Secara ringkas, setelah mengetuk tombol Lacak, nanti akan muncul sejumlah informasi seperti:
- Details,
- Tracking History.
Details sendiri berisi informasi dasar seperti: nama pengirim, nama penerima, tanggal pengiriman, dan jenis layanan yang dipakai. Sedangkan, tracking history berisi informasi riwayat pengiriman; mulai dari pick up hingga sampai di agen terdekat.
(Pada riwayat pengiriman inilah, biasanya akan muncul istilah-istilah yang mungkin sulit dipahami)
Karena itu, kami sudah membuat postingan terpisah yang membahas detail mengenai hal itu, dan kamu bisa membacanya di sini: Arti Istilah Status Pengiriman AnterAja.
Catat Kendala yang Ada
Setelah paham mengenai riwayat pengiriman dan apa arti dari tiap status yang ditampilkan, selanjutnya giliran kamu mencatat setiap kendala yang terjadi. Biasanya, tidak jauh-jauh dari hal berikut:
- Pengiriman parcel sangat lama (melebihi estimasi layanan),
- Parcel yang dikirim hilang (biasanya tertinggal/tertukar),
- Parcel yang dikirim mengalami kerusakan saat pengantaran.
Adapun masalah-masalah lain yang sebetulnya masih dapat ditolerir seperti: penundaan pengiriman karena terkendala cuaca buruk, penundaan pick up karena operasional, dan sejenisnya; yang menyebabkan pengiriman terlambat.
Nah, setelah mencatat tiap-tiap kendala, kini giliran kita bersiap menghubungi Customer Service AnterAja. Untuk langkah-langkahnya, scroll terus yaa..
Baca juga:
Cara Menghubungi CS SiCepat Ekspres untuk Pengiriman Terlambat
Cara Ajukan Komplain ke Ekspedisi AnterAja
Sejauh usaha kami untuk mengumpulkan informasi, setidaknya ada 4 cara yang dapat kamu lakukan:
- Menghubungi CS AnterAja lewat sambungan telepon (online 24 jam, tapi berbayar),
- Mengirimkan tulisan yang mudah dipahami lewat email resmi AnterAja,
- Mention ke akun resmi yang dimiliki oleh AnterAja di sosial media,
- Mendatangi
Call Center AnterAja...