Arti Kode & Istilah Pengiriman AnterAja (Beserta Penjelasan Komplit)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
21 Januari 2021
Waktu membaca
5 Menit

Saat melacak barang, akan ada banyak kode / istilah status pengiriman AnterAja yang beragam: satria, pickup, staging store, parcel, dll; yang mungkin belum banyak orang tau arti dan maksudnya.

Untuk menambah referensi, kami sudah merangkum informasi penting dari sumber yang valid, mengenai:

  • Apa kegunaan kode pada status pengiriman AnterAja,
  • Daftar istilah saat pengguna melacak barang (cek resi),
  • Jenis-jenis layanan yang tersedia di ekspedisi AnterAja,
  • Alternatif untuk melakukan cek barang tanpa isi captcha.

Lengkap, bukan? Namun seperti biasa, ketuk tombol Bookmark (⭐) untuk menyimpan postingan ini – agar mudah kamu akses saat dibutuhkan. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Kode AnterAja?

Kode Anteraja merupakan serangkaian kode / istilah yang muncul saat pengguna melakukan pelacakan barang (cek resi). Kode tersebut berguna untuk menampilkan status terakhir dari barang yang dikirim.

AnterAja termasuk cukup baik dalam penggunaan istilah di setiap resinya. Bahasa yang digunakan ialah bahasa Indonesia dengan kalimat yang mudah dipahami.

Ada pula istilah-istilah khas seperti:

  • Parcel
  • Satria
  • Staging store
  • Pickup
  • Hub
  • dll (nanti akan kami jelaskan)

Namun tetap ada saja istilah yang mungkin sulit dipahami oleh pengguna, misalkan: kendala operasional, penundaan delivery, transit parcel, dan banyak lagi lainnya.

Tapi kamu tenang saja, kamu tetap bisa paham dengan mengenali tiap istilahnya. Penjelasan berikutnya silakan langsung menuju ke sesi berikutnya: Daftar Kode Pengiriman AnterAja.

Daftar Istilah Pengiriman AnterAja

IstilahKeterangan
No RESI / AWB / Kode BookingMerupakan nomor unik yang berupa 13 digit angka untuk mengenali identitas paket barang yang dikirim. Digunakan saat melakukan cek resi AnterAja.
Kode ServiceMerupakan kode unik untuk menandai jenis layanan yang dipakai oleh pelanggan. Meliputi: SD (Same Day), ND (Next Day), atau REG (Regular).
ShipperPihak yang mengirim barang melalui Anteraja.
PenerimaPihak yang menerima barang dari kurir Anteraja.
PickupProses penjemputan barang oleh kurir Anteraja ke alamat pengirim.
SatriaKurir yang bertugas antar-jemput barang milik customer Anteraja.
ParcelMerupakan nama lain dari paket barang yang dikirim via Anteraja.
Staging StoreMerupakan nama lain dari gudang cabang dari ekspedisi Anteraja yang berada di tiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
HubMerupakan nama lain dari gudang pusat dari ekspedisi Anteraja yang berada di kota besar di seluruh Indonesia.
Pickup sudah di-request oleh shipperArtinya, pengirim sudah memesan jasa kurir Anteraja, bisa lewat aplikasi, website, atau kantor Anteraja terdekat.
Satria sudah ditugaskan dan parcel akan segera di-pickupPihak agen Anteraja di kantor terdekat sudah menugaskan kurir untuk menjemput barang.
Tugas pickup sudah diambil alih oleh Satria dan parcel akan segera di-pickupPihak kurir Anteraja sudah mengambil tugas yang diberikan dan siap menuju ke alamat pengirim untuk mengambil barang.
Parcel sudah di-pickup oleh SatriaArtinya, paket yang akan dikirimkan sudah berhasil diambil alih oleh kurir Anteraja dan siap dibawa ke kantor terdekat.
Parcel sudah tiba di SS [nama daerah] untuk menuju ke HubPaket barang sudah berhasil dikirimkan ke kantor cabang untuk dikirimkan ke kantor pusat Anteraja.
Parcel sudah tiba di Hub [nama kota]Paket barang sudah tiba di kantor pusat Anteraja di kota terdekat.
Parcel sedang diproses di Hub [nama kota]Paket barang yang sudah sampai akan diproses di kantor pusat untuk pendataan dan sortir barang.
Parcel sedang menuju ke staging [nama daerah]Setelah melewati proses pendataan dan sortir, paket tersebut sudah siap dikirim ke kantor cabang di kota tujuan.
Parcel sudah tiba di SS [nama kota] untuk proses deliveryPaket barang sudah sampai di kantor cabang terdekat penerima.
Satria sudah ditugaskan dan parcel akan segera diantar ke penerimaSetelah tiba di kantor cabang terdekat penerima, agen akan menugaskan kurir untuk mengantarkan barang tersebut ke alamat penerima.
Delivery sukses oleh Satria dan paket telah diterima oleh [penerima]Paket barang sudah dikirim dan tiba dengan selamat tanpa kendala apapun di rumah penerima.
Parcel belum ready untuk di-pickupPaket barang yang akan dikirim belum siap untuk dijemput oleh kurir, bisa terjadi karena proses packing belum selesai.
Kendala operasional, penundaan penjemputanKurir Anteraja yang bertugas menjemput barang ke alamat pengirim sedang mengalami kendala dan pickup terpaksa ditunda.
Penundaan delivery karena cuacaPaket barang ditunda pengirimannya dengan alasan cuaca tidak mendukung dan terlalu riskan jika tetap dikirim (barang rusak, membahayakan kurir).

Contoh Resi Pengiriman Kurir AnterAja

Tim kami sudah menggunakan jasa ekspedisi AnterAja dalam berbelanja online. Jadi, kamu bisa lihat contoh resi yang ditampilkan saat melacak barang.

Dalam hasil pelacakan, akan ada 2 sesi yang ditampilkan:

  • Details
  • History

Details berisikan nomor resi, pengirim, penerima, dan kode layanan yang digunakan (Same Day, Next Day, atau Reguler). Sedangkan, history akan menampilkan riwayat mulai dari pickup paket hingga tiba di rumah.

Agar lebih jelas dan paham seperti apa rinciannya, lihat tangkapan layar di bawah ini.

contoh resi pengiriman anteraja

Jenis Layanan Ekspedisi AnterAja

Same Day

Paket sampai di hari yang sama (maks. 8 jam) khusus untuk wilayah Jabodetabek. Mulai Rp13.000.

Next Day

Paket 1 hari sampai (keesokan harinya) khusus untuk wilayah Jabodetabek saja. Mulai Rp8.000.

Regular

Paket 2-3 hari sampai dengan harga yang terjangkau ke seluruh kota di Indonesia. Mulai Rp5.000.

(Alternatif) Cara Cek Resi AnterAja

Ada 1 kekurangan yang kami dapat ketika mengecek resi di situs resmi Anteraja (mungkin kamu juga merasakan keluhan yang sama), yaitu adanya kode captcha.

kode captcha resi anteraja

Hal ini cukup ribet, karena seringkali kode yang dimasukkan tidak cocok karena angka dan huruf yang ditampilkan sangat rancu 😣

Untuk mengatasi hal tersebut, kami sudah punya solusinya: cek resi di pihak ketiga 💡

Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka laman berikut → https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

cek resi anteraja

2. Isikan opsi yang ada di laman tersebut: (1) Pilih kurir, (2) Nomor resi. Pada pilih kurir, pilih ekspedisi Anteraja. Pada nomor resi, masukkan nomor resi Anteraja.

3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Lacak di bawahnya (warna oranye).

hasil lacak paket anteraja

Yeay! Selesai, nanti otomatis akan muncul informasi status pengiriman Anteraja. Tanpa harus repot isi kode captcha.

Untuk hasilnya sama saja kok dengan pelacakan dari situs resmi Anteraja (https://anteraja.id/tracking).

Rangkuman

  • Secara umum, kode status pengiriman AnterAja sudah cukup mudah dipahami oleh pengguna karena berbahasa Indonesia.
  • Agar tidak ribet saat mengecek resi (karena harus isi captcha), gunakan layanan dari pihak ketiga: Cek Resi Pluginongkoskirim.
  • Jika ada kendala, hubungi CS AnterAja melalui berbagai media: (1) Telp 021 50603333, (2) Email cs@anteraja.id, (3) Sosial media @anteraja.id (IG), /official.anteraja (FB).

Bagaimana, sekarang sudah makin paham ya dengan istilah AnterAja? Jika masih ada yang belum jelas, sampaikan di kolom komentar di bawah ya.

Jika kamu merasa terbantu dan ingin beri tau yang lain, klik tombol Share (🎁) untuk membagikan postingan ini. Lalu, ketuk tombol Bookmark (⭐) untuk menyimpan postingan ini di browser kamu.

Jika ingin belajar dan diskusi seputar 💸 tips jualan online cepat laku, Follow (👋) IG kami di @PintarJualan.id dan ketuk tombol Lonceng (🔔) untuk menyalakan notifikasi. Terima kasih 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *