Arti Kode & Istilah Pengiriman JNE Express (Beserta Penjelasan Komplit)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
19 Januari 2021
Waktu membaca
5 Menit

Setiap kali mengecek resi, informasi yang muncul adalah sejumlah kode / istilah status pengiriman JNE Express. Seringkali informasi tersebut cukup sulit dipahami oleh pengguna, karena menggunakan istilah dalam bahasa Inggris.

Untuk menyelesaikan kendala itu, kami sudah membuat rangkuman komplit yang mudah dipahami, perihal:

  • Apa itu kegunaan kode JNE Express pada saat pengecekan resi,
  • Daftar 30+ kode dan istilah pada status pengiriman JNE (beserta penjelasannya),
  • Contoh hasil pelacakan barang yang dikirim melalui kurir JNE.

Namun sebelum itu (seperti biasa), ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini (agar mudah ditemukan nantinya – karena kami akan update berkala). Jika sudah, mari kita mulai.

 

Apa itu Kode JNE Express?

Kode pada status pengiriman JNE ialah kode singkat untuk menampilkan informasi terkini perihal paket barang yang dikirim. Kode tersebut muncul saat pengguna mengetik nomor resi pada layanan cek resi di website resmi, aplikasi, marketplace, atau pihak ketiga.

Informasi yang ditampilkan cukup beragam, mulai dari pengirim, barang sudah sampai di mana, kendala apa yang sedang terjadi, hingga nama penerima.

Biasanya, dalam informasi tersebut juga sudah disertakan rincian tanggal dan jamnya, serinci mungkin. Supaya pengguna bisa memantau barang yang sedang dikirim menggunakan JNE Express.

Sampai di sini, sudah cukup jelas ya, tentang kode JNE Express? Jika sudah, scroll (⬇) ke bawah untuk melihat daftar istilah dan penjelasannya.

Daftar Istilah Status Pengiriman JNE Express

IstilahKeterangan
No. AWBMerupakan nomor resi yang dimasukkan oleh pengguna pada laman cek resi.
ServicesJenis layanan yang digunakan saat mengirim barang via JNE (REG, YES, OKE, TR).
Date of ShipmentTanggal dimulainya penjemputan dan pengiriman barang oleh kurir JNE.
OriginKota asal pengirim atau lokasi awal dikirimnya paket barang tersebut.
DestinationKota tujuan penerima yang akan menjadi destinasi pengiriman barang.
ShipperPihak kurir yang bertugas mengantarkan barang ke alamat tujuan.
ConsigneePihak yang akan menerima paket barang dari kurir JNE.
HistoryRiwayat pengiriman yang ditampilkan pada saat pengecekan resi.
AU to OPSPaket barang sedang diproses oleh bagian operasional karena terjadi kendala, dan akan dikirim ulang.
BA (Bad Address)Alamat tujuan yang ditempelkan pada paket tidak dapat terbaca, kurang lengkap, atau keliru.
BOX DelayPaket barang masih berada di kantor JNE dan ditunda pengirimannya, dengan alasan alamat yang kurang lengkap.
BOX Undel (Box Undelivered)Paket barang sudah diantar oleh kurir JNE dan tiba di alamat tujuan, namun tidak ada orang yang menerima paket tersebut.
CC (Criss Cross)Nama dan alamat penerima tidak sesuai dengan informasi yang tertera pada paket barang. Biasanya terjadi karena tertukar saat proses sorting.
Closed Once Delivery AttemptPaket sudah diantar oleh kurir JNE dan tiba di alamat tujuan, namun tempat tersebut tutup. Biasanya terjadi pada alamat kantor.
Cneee Unknown
(Consignee Unknown)
Paket sudah diantar oleh kurir JNE dan tiba di alamat tujuan, namun tidak ditemukan nama penerima yang sesuai dengan informasi paket.
DeliveredPaket sudah tiba di alamat tujuan dan diterima dengan baik oleh penerima.
Departed from TransitPaket barang sedang berada di kantor transit JNE.
HO (Hand Over)Paket barang dialihkan ke agen JNE yang lain, terutama yang lebih dekat dengan lokasi penerima.
HO to HVSPaket barang dialihkan ke bagian khusus, biasanya karena paket yang dikirim berupa barang berharga.
HoldPaket barang sedang berada di agen JNE dan belum dikirimkan ke alamat tujuan.
Hold RusakPaket barang sedang berada di agen JNE dan belum dikirimkan ke alamat tujuan karena rusak.
Invalid BagPaket barang keliru jalur kirim, biasanya karena tertukar saat proses sorting.
LBA (Luar Batas Antar)Alamat penerima berada di luar jangkauan JNE.
ManifestPaket barang sudah terdaftar di agen JNE dan siap untuk diantar ke alamat penerima.
MR (Misroute)Jalur yang dilalui oleh kurir JNE ternyata keliru.
On-ProcessPaket barang sedang diproses dan siap diantar.
On-TransitPaket barang sedang transit di gudang pusat JNE.
POD (Process On Delivery)Paket barang sudah siap untuk diantar oleh kurir.
Processed at Sorting CenterPaket barang sedang diproses oleh agen JNE di Pusat Penyortiran.
Received at Origin GatewayPaket barang sudah diterima oleh gudang regional dan siap untuk dikirim ke gudang pusat.
Received at Sorting CenterPaket barang sudah diterima oleh gudang sortir.
Received at WarehousePaket barang sudah tiba di gudang pusat terdekat.
Shipment Forwarded to DestinationPaket barang sedang diantar menuju agen JNE terdekat yang berada di kota penerima.
Shipment Received by JNE Counter OfficerPaket barang sudah diterima oleh agen JNE terdekat yang berada di kota penerima.
Status KosongPaket barang mengalami kendala saat input data.
With Delivery CourierPaket barang sedang dalam perjalanan menuju ke alamat penerima.

Contoh Resi Pengiriman JNE Express

Seperti yang tadi disampaikan, kami sudah menyiapkan contoh resi pengiriman JNE sebagai bahan untuk penjelasan lebih rinci.

Sebagai gambaran, pada resi ini ada beberapa hal penting yang perlu digarisbawahi:

  • Jasa yang digunakan adalah JNE REG (Reguler),
  • Pengiriman berasal dari Kota Tangerang,
  • Alamat tujuan berada di Kabupaten Sleman,
  • Barang dikirim pada 07 Januari 2021,
  • Barang diterima pada 09 Januari 2021.

Untuk selengkapnya, kamu bisa lihat keterangan pada gambar di bawah ini.

hasil status pengiriman jne

Kita coba kupas satu per satu, ya..

07-01-2021 16:43 | Shipment Received by JNE Counter Officer at [Tangerang]

Artinya, pada 07 Januari 2021 pukul 16:43 WIB, barang sudah diterima oleh agen JNE yang berada di daerah Tangerang. Dalam hal ini, lokasinya tergantung dengan pihak yang mengirim barang tersebut.

07-01-2021 22:23 | Shipment Picked Up by JNE Courier [Tangerang]

Berikutnya, pada hari yang sama pukul 22:23 WIB, barang dijemput oleh kurir untuk dikirim ke Pusat Penyortiran yang ada di Cipondoh, Kota Tangerang.

08-01-2021 00:32 | Processed at Sorting Center [Tangerang, OTB Cipondoh]

Pada tanggal 08 Januari 2021 pukul 00:32 WIB, barang tersebut sudah sampai di Sorting Center yang berada di Cipondoh. Berikutnya, agen akan menyortir barang dan bersiap mengirimkan ke kota tujuan.

08-01-2021 23:58 | Received at Warehouse [Yogyakarta, KP. Gambiran]

Pada tanggal 08 Januari 2021 pukul 23:58, barang sudah tiba di Gudang Pusat Kota Yogyakarta, yang berada di Kantor Pusat Gambiran. Barang disimpan dan akan dikirim keesokan harinya.

09-01-2021 07:44 | With Delivery Courier [Yogyakarta]

Pada tanggal 09 Januari 2021 pukul 07:44, barang sudah dialihkan ke kurir untuk dikirim menuju alamat penerima yang berada di Sleman, DIY.

09-01-2021 14:43 | Delivered to  [Nama Penerima | Tanggal & Jam Diterima | Yogyakarta]

Yeay! 🎁 Barang sudah tiba di alamat penerima pada pukul 14:43 di hari yang sama.

Rangkuman

  • Kode / istilah pada status pengiriman JNE Express berguna untuk memberikan informasi kepada pengguna terkait barang yang dikirimkan sudah sampai mana,
  • Istilah yang dipakai pada situs resmi JNE Express kebanyakan masih menggunakan bahasa Inggris, jadi cukup sulit dipahami oleh pengguna yang belum fasih,
  • Solusi agar dapat mengecek barang dengan keterangan bahasa Indonesia dan mudah dipahami, adalah cek resi lewat pihak ketiga (rekomendasi: Cek Resi Pluginongkoskirim),
  • Jika ada kendala atau keluhan yang ingin disampaikan, pengguna disarankan untuk menghubungi Customer Service JNE Express melalui beberapa media: (1) Telp (021) 2927-8888, (2) Email customercare@jne.co.id, (3) Sosial media @JNE_ID (Twitter / IG), JNEPusat (Facebook).

Bagaimana, apakah masih ada yang belum jelas? Jika masih, sampaikan pertanyaan kamu lewat kolom komentar di bawah, ya!

Kalau kamu suka dengan tulisan ini, kasih tau juga teman-teman dan kerabat via chat WA, Line, atau Telegram. Lalu, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini di ponsel kamu.

Kalau kamu berminat, kami juga sering membagikan tips praktis seputar jualan online cepat laku di Instagram @PintarJualan.id. Follow dan nyalakan notifikasi (🔔) agar tidak ketinggalan udpate terbaru dari kami.

Terima kasih dan semoga dapat membantu 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *