Cara Mengajukan Komplain ke JNE Express Soal Pengiriman Barang Terlambat

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
29 Januari 2021
Waktu membaca
5 Menit

Semua pasti merasa kesal & khawatir, jika pengiriman terlambat, rusak, atau hilang. Karena itu, kita butuh mengajukan komplain JNE Express. Tapi sayangnya, tidak semua komplain ditanggapi dengan sigap & cepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami sudah membuat panduan ringkas seputar teknik mengirim pesan keluhan agar cepat dibalas oleh CS. Selain itu, akan kami sampaikan pula beberapa hal terkait keluhan CS JNE, seputar:

  • Persiapan yang wajib dilakukan sebelum mengajukan keluhan,
  • Media yang bisa kamu pakai untuk pengajuan komplain.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar mudah ditemukan nanti. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling dini: persiapan.

 

(Persiapan) Sebelum Komplain ke Pihak JNE

Penting sekali untuk menyiapkan hal-hal berikut. Karena akan memudahkan kamu untuk mendapat jalan keluar dari permasalahan yang sedang dialami.

Persiapannya cukup ada 2:

  • Lacak paket barang sudah sampai mana,
  • Mencatat keluhan yang kamu alami.

Berikut ulasan selengkapnya..

Cek Resi JNE

Untuk melacak barang, kami sudah membuat postingan yang berbeda di sini: Cara Cek Paket JNE Sudah Sampai Atau Belum.

Namun sebagai gambaran saja, langkahnya cukup mudah, kok:

  1. Buka laman berikut → pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pada laman cek resi, pilih Ekspedisi JNE dan isikan Nomor Resi. Jika sudah, ketuk tombol Lacak.
  3. Selesai. Nanti akan otomatis muncul status pengiriman terakhir dari barang yang dikirim.

Cek resi tetap harus kamu lakukan sebelum mengajukan komplain, ya. Karena sistem JNE selalu update, bahkan dalam hitungan menit. Takutnya, sudah capek-capek komplain, eh malah barang sudah sampai 🤧

Dalam status pengiriman cek resi, biasanya akan muncul informasi yang berupa bahasa asing. Kami sudah membahasnya pula di postingan berbeda, kamu bisa baca di sini: Arti Kode JNE Express.

Nah, jika ada status yang mengatakan jika barang hilang, rusak, dan tidak kunjung sampai rumah (padahal sudah melebihi estimasi pengiriman), silakan lanjut baca ke poin berikutnya..

Catat Keluhan

Persiapan kedua yang perlu kamu lakukan adalah mencatat kendala yang kamu alami untuk disampaikan kepada Customer Care JNE Express agar diberi jalan keluar.

Biasanya, masalah-masalah tersebut tidak jauh-jauh dari beberapa hal berikut:

  • Barang tidak sampai-sampai padahal sudah melebihi estimasi pengiriman (paling sering terjadi: JNE YES),
  • Keterangan pada cek resi menyebutkan jika barang sudah diterima namun justru diterima oleh orang lain,
  • Barang sudah kamu terima namun terjadi kerusakan yang disebabkan oleh pihak JNE saat pengiriman,
  • Barang yang dikirim tidak tau di mana, keterangan pada cek resi menyebutkan jika barang tersebut hilang.

Jika masalah-masalah di atas juga kamu alami, lanjutkan ke poin berikut..

Identitas Pengiriman

Ini juga cukup penting dan tidak boleh dilewatkan. Kamu wajib mencatat beberapa identitas, meliputi:

  • Nomor resi JNE,
  • Nama pengirim,
  • Nama penerima,
  • Kota asal,
  • Kota tujuan,
  • Tanggal pengiriman,
  • Ciri-ciri barang yang dikirim (ukuran, warna, kemasan, dll)
  • Jenis layanan yang digunakan (REG, YES, OKE, JTR),
  • Status terakhir barang yang dikirim (On Process, Waiting, dll).

Tips: Tulis semua identitas tersebut di notes HP kamu agar mudah untuk di-copy paste saat mengajukan komplain JNE Express nanti.

Cara Komplain Pengiriman JNE Terlambat

Untuk mengajukan komplain, ada beberapa media yang bisa kamu gunakan:

  • Melalui laman Ask Joni,
  • Telepon ke Call Center JNE,
  • Kirim pesan Email CS JNE,
  • Kirim DM ke Sosial Media JNE,
  • Datang ke Kantor Pusat / Cabang JNE.

Berikut ulasan selengkapnya..

Ask Joni JNE Express

1. Buka laman berikut → jne.co.id/id/hubungi-kami/ask-joni

2. Pada laman utama, di situ akan langsung muncul formulir yang wajib diisi. Rinciannya antara lain:

  • Nama lengkap,
  • Email aktif,
  • Nomor telepon,
  • Subject,
  • Pesan.

Khusus untuk Subject, silakan pilih opsi Customer Service, ya. Sedangkan untuk Pesan, kamu bisa isikan informasi identitas yang sudah kita catat tadi.

Kira-kira tampilan formulirnya seperti ini:

ask joni customer service jne

Form pengajuan ke Customer Service JNE

3. Jika sudah komplit dan kamu merasa cukup yakin, ketuk tombol Send Message warna merah untuk mengirim pesan keluhan.

Telepon / Call Center JNE

Nomor call center JNE Express → (021) 2927-8888 (Rp1.500/menit)

Untuk respon yang lebih cepat, kamu bisa gunakan call center JNE. Namun ingat, proses telepon berbayar, ya: Rp1.500/menit.

Langkah-langkahnya seperti biasa:

  1. Siapkan ponsel kamu.
  2. Buka menu Kontak & Panggilan.
  3. Isikan no telepon JNE (021) 2927-8888, lalu ketuk tombol Call/Panggil.
  4. Sampaikan keluhan yang kamu alami, disertai identitas pengiriman meliputi:
    – Nomor resi
    – Identitas pengirim dan penerima
    – Jenis layanan yang digunakan
    – Ciri-ciri paket barang yang dikirim
  5. Selesai.

Email CS JNE Express

Email JNE Express → customercare@jne.co.id

1. Buka Gmail di HP atau Desktop. Jika belum punya, silakan buat dulu. Kami sudah membuatkan caranya di postingan ini: Cara Membuat Gmail Baru di HP (Tanpa Verifikasi Nomor).

2. Pada laman email, ketuk tombol + Tulis untuk menulis email.

3. Pada form penulisan email, ada beberapa kolom yang perlu kamu isi:

  • Kepada → isikan email customercare@jne.co.id
  • Subjek → isikan judul email (misal: [Komplain] Pengiriman Terlambat – Mohon Ditanggapi)
  • Isi Pesan → isikan sesuai dengan template (lihat di bawah)
email jne express

Contoh kirim email keluhan ke JNE Express

Berikut template yang bisa kamu salin:

Dear Customer Care JNE Express,

Saya punya keluhan terkait pengiriman barang dengan nomor resi: (isikan nomor resi di sini)

  • Keluhan: (isikan keluhan yang dialami, misal. barang tidak sampai padahal sudah 1 minggu)
  • Jenis Layanan: (isikan layanan yang kamu gunakan, misal. JNE Reguler)
  • Identitas Pengirim: (isikan nama, nomor HP, dan alamat pengirim)
  • Identitas Penerima: (isikan nama, nomor HP, dan alamat penerima)
  • Ciri-ciri Barang: (isikan karakteristik barang, misal. ukuran, packing)

Terima kasih,
Nama kamu.

4. Jika sudah komplit, ketuk tombol Kirim. Selesai! ✅

Sosial Media Resmi JNE

Media sosial bisa kamu pakai untuk menghubungi CS JNE sekaligus menyampaikan komplain, lho. Bahkan tidak jarang balasan mereka cukup cepat, alias fast responses.

Berikut daftar akun sosial media resmi milik JNE Express:

Lalu, bagaimana cara menghubunginya?

Sampaikan saja, mirip seperti template email di atas. Mulai dari nomor resi, keluhannya apa (terlambat, rusak, hilang), identitas pengirim dan penerima, jenis layanan yang dipakai, dan tanggal pengiriman.

Kantor JNE Terdekat

Last but not least, kamu bisa gunakan cara pamungkas: mendatangi agen JNE terdekat. Bisa kantor pusat ataupun cabang.

Langkahnya cukup simpel:

  1. Cari kantor JNE terdekat menggunakan Google Maps atau aplikasi My JNE.
  2. Kunjungi agen tersebut, dan sampaikan keluhan yang kamu alami.
  3. Siapkan pula identitas pengiriman seperti biasa, terutama yang paling penting: Nomor Resi.
  4. Selesai. Pihak agen akan mengecek status barang dan memberikan solusi terbaik.

Apabila barang hilang atau rusak, kamu bisa ajukan klaim dengan cara mengisi formulir dari agen. Namun dengan syarat, paket barang tersebut sudah menggunakan asuransi dari JNE.

Rangkuman

  • Jika kamu sebagai pembeli, jangan sekali-kali mengajukan keluhan kepada penjual, ya. Karena ketika barang sudah dikirim, maka hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab JNE Express, bukan penjual.
  • Sebelum mengajukan komplain ke JNE Express, kamu wajib lakukan 2 hal: (1) Pastikan nomor resi yang kamu cek sudah benar, (2) Catat apa saja keluhan yang ingin kamu sampaikan (beserta nomor resi & identitas pengirim-penerima).
  • Ajuan komplain bisa kamu lakukan lewat berbagai media: (1) Ask Joni, (2) Telp (021) 2927-8888, (3) Email customercare@jne.co.id, (4) Media sosial, (5) Datang langsung ke kantor terdekat.
  • Supaya tidak perlu komplain, pastikan kamu melakukan kiat agar terhindar dari masalah keterlambatan pengiriman. Menulis alamat lengkap, mengemas barang dengan aman, dan asuransi barang; merupakan hal mendasar.

Bagaimana, kebayang, ya? Jika masih ada yang belum jelas, sampaikan saja kepada kami lewat kolom komentar di bawah.

Kalau kamu suka dengan tulisan ini, silakan beri tau teman-teman dan kerabat dengan membagikan postingan ini lewat tombol Share di bawah nanti. Lalu, ketuk tombol Bookmark (⭐) untuk menyimpan postingan ini agar mudah diakses sewaktu-waktu.

Satu hal lagi, kami juga aktif berdiskusi bersama seller kreatif di Instagram seputar 🚀 jualan online cepat laku. Kalau kamu minat, Follow (👋) IG kami di @PintarJualan.id dan ketuk tombol Lonceng (🔔) untuk mendapatkan notif langsung ke HP kamu.

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

2 Comments

  1. sunardi jawang berkata:

    knpa paket sy nggak bergerak dari tgl 31 mei kmren.paket tiba ditempat transit palangkaraya tapi sampai hari ini blm nyampe pontianak. tolong segera ditindaklanjuti.

    1. Ifan Prasya berkata:

      silakan ikuti petunjuk di atas untuk komplain ke JNE ya, pak. karena kami hanya menyampaikan tips dan tidak berafiliasi dengan JNE. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *