image

Arti Kode & Istilah Pengiriman SiCepat Ekspres (Beserta Penjelasan Komplit)

arti kode istilah sicepat

Secara sekilas, tampilan kode dan istilah status pengiriman SiCepat Ekspres relatif lebih mudah dipahami. Selain karena berbahasa Indonesia, tampilan antarmukanya juga nyaman di mata pengguna.

Supaya lebih jelas dan tidak ada keraguan lagi, kami sudah merangkum sejumlah informasi penting, seputar:

  • Apa itu arti kode / istilah pada status pengiriman SiCepat (+ penjelasan mudahnya),
  • Daftar istilah yang sering muncul saat pengguna melacak paket barang SiCepat,
  • Contoh asli untuk resi pengiriman menggunakan layanan SiCepat REG,
  • Cara cek resi SiCepat dan ringkasan layanan yang ditawarkan.

Namun sebelum itu (seperti biasa), ketuk tombol Bookmark (⭐) untuk menyimpan postingan ini. Supaya kamu bisa akses sewaktu-waktu dibutuhkan (kami juga akan update berkala). Jika sudah, mari kita mulai.

image

 

Apa itu Kode SiCepat?

Arti kode SiCepat ialah kode informasi yang digunakan untuk menjelaskan status terakhir paket barang yang dikirimkan. Kode tersebut muncul saat pengguna melakukan pelacakan barang (cek resi).

Tidak seperti layanan serupa, SiCepat Ekspres bisa dibilang lebih mudah dipahami. Sebab, mayoritas informasi yang ditampilkan sudah dalam bahasa Indonesia. Walaupun, tetap ada istilah asing, namun sedikit jumlahnya.

Jadi pada intinya, kode-kode yang ditampilkan saat cek resi SiCepat menunjukkan posisi dan keterangan barang. Dan, jika terjadi kendala, pengguna dapat langsung menghubungi CS SiCepat agar lekas diproses.

Setelah paham apa fungsinya, sekarang coba kita pelajari apa saja kode / istilah yang sering muncul di status pengiriman SiCepat Ekspres. Scroll terus ya..

Daftar Istilah Status Pengiriman SiCepat

Istilah Keterangan
No RESI Merupakan nomor unik yang berupa 12 digit angka untuk mengenali identitas paket barang yang dikirim. Digunakan saat melakukan cek resi SiCepat.
Layanan Jenis layanan yang digunakan saat mengirim barang via SiCepat Ekspres (SiUntung, BEST, GOKIL, HALU, H3LO, COD, dll).
Tujuan Kota tujuan penerima yang akan menjadi destinasi pengiriman barang.
Penerima Paket Nama penerima paket SiCepat Ekspres.
Tanggal Pengiriman Tanggal dimulainya pick up barang dan pengiriman barang oleh agen SiCepat.
Tanggal Diterima Tanggal diterimanya paket barang oleh penerima paket di alamat tujuan.
Status Status terakhir saat melakukan cek resi SiCepat (masih dalam perjalanan, atau sudah diterima).
Tracking Details Rincian informasi paket barang yang ditampilkan saat pengguna cek resi.
History Riwayat pengiriman yang ditampilkan pada saat pengecekan resi.
Pick Up Paket barang sedang dijemput oleh kurir di alamat pengirim.
Drop Paket barang sedang dimasukkan ke dalam daftar antrean untuk dikirim.
HUB Merupakan nama lain dari gudang pusat / perwakilan SiCepat Ekspres di tiap-tiap kabupaten / kota di seluruh Indonesia.
Manifested Paket barang sudah diterima di agen SiCepat dan sedang didata.
Input Paket barang sedang dimasukkan data-datanya ke sistem tracking SiCepat.
On Process Paket barang sedang dalam perjalanan menuju ke kota tujuan.
On Transit Paket barang sedang transit di gudang perwakilan kota lain, siap untuk dikirim ke kota tujuan.
Received On Destination (Diterima di Perwakilan) Paket barang sudah diterima di gudang perwakilan kota tujuan, siap untuk dikirim ke kecamatan tujuan.
BA (Bad Adress) Alamat yang tertera pada paket barang tidak dapat terbaca dengan baik, kurang lengkap (RT/RW, Kelurahan, Kode Pos), atau datanya keliru.
Misroute Rute perjalanan yang diambil oleh kurir SiCepat tidak tepat (salah jalan).
AU (Antar Ulang) Paket barang yang belum sempat terkirim di hari sebelumnya atau mengalami kendala sistem akan diantar ulang.
NTH (Not Home) Paket barang sudah dikirim hingga ke alamat tujuan, namun tidak ada orang yang menerima paket tersebut.
CODA (Closed One Delivery Attempt) Paket barang sudah dikirim hingga ke alamat tujuan, namun data penerima tidak sesuai dengan rincian paket. Bisa terjadi karena kesalahan alamat.
CU (Cnee Unknown) Paket barang sudah dikirim hingga ke alamat tujuan, namun data penerima tidak tinggal di tempat tersebut. Bisa terjadi karena kesalahan nama penerima.
Delivered Paket sudah tiba di alamat tujuan dan diterima dengan baik oleh penerima.
Lost Paket barang tidak ditemukan saat proses sortir di gudang perwakilan. Jika terjadi seperti ini, pengguna dapat mengajukan garansi ganti rugi.

Contoh Resi Pengiriman SiCepat Ekspres

Pada saat kamu melacak paket di situs resmi SiCepat (https://www.sicepat.com), akan ada beberapa sesi yang nanti akan ditampilkan, yakni:

  • Tracking Details
  • History

Tracking details akan memberikan informasi seputar tanggal pengiriman, asal, tujuan, nama pengirim, dan nama penerima. Sedangkan, history akan menampilkan informasi dari awal dikirim hingga tiba di tempat tujuan.

Selengkapnya, kamu dapat melihat rinciannya pada gambar di bawah ini.

contoh resi sicepat ekspres

Seperti yang sudah disampaikan tadi, istilah status pengiriman SiCepat Ekspres ditampilkan dalam bahasa Indonesia yang mudah dipahami artinya. Serta, kode-kode yang ditampilkan tidak terlalu kompleks.

Jadi, kami rasa, pengguna sudah cukup paham dengan tampilan di atas dan tidak perlu ada penjelasan lebih lanjut. Sekarang, mari kita lanjut ke sesi berikutnya: mengenal layanan SiCepat Ekspres yang baru.

Jenis Layanan Ekspedisi SiCepat Ekspres

SIUNTUNG

Layanan pengiriman cepat khusus Jabodetabek dan Bandung (maks. 15 jam) dengan biaya lebih terjangkau.

BEST

Layanan pengiriman Besok Sampai Tujuan (maksimal 1 hari, terutama kota besar) ke seluruh kota di Indonesia.

GOKIL

Layanan pengiriman Cargo Kilat untuk barang minimum 10 Kg ke seluruh kota di Indonesia (1-3 hari).

HALU

Layanan pengiriman Harga Mulai 5 Ribu untuk pengiriman di marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak.

COD

Layanan pengiriman COD (maks. 8 jam) khusus Jabodetabek, Jogja, Bandung, Surabaya, Solo, Semarang.

H3LO

Layanan pengiriman Heboh 3 Kilo, setiap 3,3 Kg cukup bayar 2 Kg khusus Social Commerce (Jawa & Bali).

(Alternatif) Cara Cek Resi SiCepat Ekspres

Bagian ini merupakan alternatif, bisa kamu gunakan untuk mengecek status terakhir barang yang kamu kirim menggunakan SiCepat Ekspres. Namun kali ini, kita akan memakai layanan pihak ketiga.

Namanya, Cek Resi Plugin Ongkos Kirim. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka laman berikut → https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

2. Pada laman utama, ada 2 kolom yang perlu kamu isikan detailnya: (1) Ekspedisi, (2) No Resi. Pada kolom ekspedisi, pilih layanan SiCepat. Pada kolom no resi, isikan nomor resi yang kamu dapat dari SiCepat.

cek resi sicepat

3. Jika sudah komplit, klik tombol Lacak warna oranye. Maka, akan muncul sejumlah informasi berupa riwayat pengiriman, jenis layanan, kota asal, kota tujuan, dan posisi terakhir barang tersebut ada di mana.

lacak pengiriman sicepat

4. Selesai! Kini kamu sudah dapat melihat informasi barang yang dikirim dengan tampilan yang lebih simpel serta cepat diakses. Untuk hasil yang ditampilkan tetap sama kok dengan situs resminya.

Rangkuman

  • Secara keseluruhan, arti kode dan istilah pada status pengiriman SiCepat Ekspres lebih mudah dipahami karena sudah menggunakan bahasa Indonesia sehari-hari.
  • Meski terdapat istilah asing, pada tampilan hasil cek resi, SiCepat juga sudah memberikan penjelasan di bawahnya tentang status terakhir untuk barang yang sedang dilacak.
  • Selain menggunakan web resmi, kamu juga bisa melakukan cek resi SiCepat Ekspres melalui pihak ketiga yang lebih simpel dan cepat, yaitu Cek Resi Pluginongkoskirim.
Bagaimana, apakah masih ada istilah yang belum kamu mengerti? Jika ada, sampaikan saja lewat kolom komentar, ya!

Mungkin cukup sampai di sini dulu. Kalau kamu merasa terbantu, silakan bagikan konten ini kepada teman dan kerabat via WA, Line, atau Telegram. Untuk menyimpan postingan, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser kamu.

Satu hal lagi, jika tidak ingin ketinggalan update terbaru dari kami, Follow akun IG kami di PintarJualan.id dan ketuk tombol lonceng (🔔) untuk menyalakan notifikasi. Terima kasih! 🤗

image
image
Related Article

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

Cara Cek Nomor dan Pulsa XL Mudah dan Komplit

Cek nomor XL merupakan hal lumrah untuk dilakukan bagi para pengguna provider GSM XL. Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin mengecek nomor telepon yang Ia gunakan. Kemungkinan yang paling sering adalah nomor telepon tersebut dibutuhkan untuk suatu identitas ataupun untuk keperluan lainnya. Jika pernah mencatat nomor telepon sendiri bukan berarti hal tersebut terlepas dari kemungkinan […]

Tips & Trik /
4 Maret 2021