Cara Cek Resi JNE, J&T, SiCepat & AnterAja untuk Lacak Paket Sampai Mana

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
22 Januari 2021
Waktu membaca
6 Menit

Untuk mengetahui kondisi terakhir dari barang yang dikirim, kita perlu melacaknya dengan cara cek resi. Baik itu JNE Express, J&T Express, SiCepat Ekspres, maupun AnterAja; semuanya butuh dilacak.

Dalam 10 menit ke depan, kamu diharapkan akan semakin paham & tidak khawatir lagi paketnya sudah sampai di mana. Sebab, kami sudah merangkum beberapa hal penting seputar:

  • Apa itu nomor resi dan kegunaannya saat pengiriman barang,
  • Bagaimana cara melacak paket JNE, J&T, SiCepat, AnterAja,
  • (Alternatif) cek resi lewat pihak ketiga untuk semua kurir.

Sebelum masuk ke pembahasan, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar mudah ditemukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai dari: kegunaan no resi.

 

Apa itu Nomor Resi dan Kegunaannya

Nomor resi adalah nomor unik yang diberikan oleh penyedia layanan kirim barang sebagai tanda (identitas) untuk masing-masing paket yang telah dikirim. Nomor ini biasanya terdiri atas 10-15 digit angka dan huruf (atau angka saja untuk layanan tertentu).

Dalam kasus yang sering kita alami, misalkan kamu membeli barang di marketplace dan memakai layanan ekspedisi. Setelah mendapatkan nomor resi, tandanya paket kamu sudah dikirim oleh penjual.

Nah, nomor resi tersebut kamu gunakan untuk mengetahui kondisi (status) terakhir dari paket yang dikirim. Terdapat pula informasi mendasar berupa identitas, meliputi:

  • Nama pengirim barang
  • Nama penerima barang
  • Nama kurir yang mengantar
  • Tanggal pengiriman
  • Riwayat pengiriman
  • Tanggal diterima

Selain itu, setiap ekspedisi juga memiliki caranya masing-masing dalam menyampaikan status pengiriman. Mereka punya kode/istilah yang akan ditampilkan saat pengguna mengecek resi.

Jika disimpulkan, nomor resi merupakan identitas unik (10-15 digit angka/huruf) untuk melacak paket yang kamu kirim sudah sampai di mana, ada kendala atau tidak.

Lalu, bagaimana cara melacaknya? Scroll terus ya..

Cek Resi Melalui Situs Resmi Jasa Ekspedisi

Catatan: Materi ini kami tulis berdasarkan pengalaman asli dan semuanya berhasil, tidak ada kendala. Jika kamu mengalami kendala, pastikan nomor resi yang kamu input sudah benar. Jika tetap error, hubungi CS layanan ekspedisi yang kamu gunakan untuk mendapatkan solusi terbaik.

Lacak Kiriman JNE Express

1. Buka laman berikut → https://www.jne.co.id/id/tracking/trace

2. Pada laman lacak kiriman JNE, ada 2 kolom yang wajib kamu isi: (1) Nomor resi JNE, (2) Kode captcha. Pastikan kamu isi dengan benar, baik itu no resinya maupun kode robotnya. Oh iya, maksimal no resi yang di-input adalah 20 nomor. Penulisannya dipisah menggunakan tanda koma (,) atau Enter.

laman cek resi jne

Tampilan laman untuk lacak kiriman JNE

3. Jika sudah komplit, ketuk tombol Search warna merah di bawahnya. Selesai! Kini status paket yang kamu kirim menggunakan JNE Express sudah berhasil dimunculkan.

hasil status pengiriman jne

Tampilan hasil status pengiriman JNE

Untuk memahami kode/istilah pada tampilan tersebut, kami sudah membuatkan penjelasan di postingan berbeda. Baca di sini: Arti Kode JNE Express.

Tracking Barang J&T Express

1. Buka laman berikut → https://www.jet.co.id/track

2. Pada laman tracking J&T, isikan nomor resi (airway bill) yang kamu terima. Kamu bisa input hingga 20 nomor resi sekaligus dengan memisahkannya menggunakan tombol Enter.

laman cek resi jnt

Laman untuk tracking paket J&T

3. Jika sudah diisi no resinya, ketuk tombol Search warna merah. Nanti akan muncul pop-up baru berisikan kolom kode captcha. Ketik huruf dan angka sesuai kode yang tertera. Perhatikan besar-kecilnya huruf, ya.

isi captcha jnt

Kode captcha saat tracking J&T

4. Jika sudah, ketuk tombol Verification warna merah. Selesai! Kini kamu sudah bisa melihat status pengiriman J&T Express dengan mudah.

hasil lacak paket jnt

Hasil tracking paket J&T Express

Pada tampilan hasil tracking kiriman J&T Express, akan muncul beberapa istilah yang bisa saja kamu belum paham artinya. Karena itu, kami sudah buat konten terpisah yang membahasnya secara khusus: Arti Kode J&T Express.

Cek Resi SiCepat Ekspres

1. Buka laman berikut → https://www.sicepat.com/checkAwb

2. Pada laman cek resi SiCepat, kamu hanya perlu mengisi kolom resi. Isikan resi yang kamu terima saat belanja online, maksimal 20 nomor. Untuk menambahkan resi, ketuk tombol + Tambah Resi. Jika sudah, ketuk tombol Lacak warna merah.

laman cek resi sicepat

Laman untuk cek resi SiCepat

3. Selesai. Untuk mengecek kiriman SiCepat Ekspres, memang kamu tidak perlu input kode captcha. Kamu bisa langsung melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini.

contoh resi sicepat ekspres

Hasil cek resi SiCepat Ekspres

Oh iya, kalau kamu masih menemukan istilah yang susah dipahami, kamu bisa baca konten kami yang khusus membahas topik tersebut, di sini: Arti Kode SiCepat.

Lacak Parcel AnterAja

1. Buka laman berikut → https://anteraja.id/tracking

2. Pada laman utama pelacakan barang, kamu wajib mengisi 2 kolom yang tersedia: (1) Nomor resi/AWB/Kode booking, (2) Kode captcha. Jika sudah, ketuk tombol Lacak di bawahnya.

laman cek resi anteraja

Laman untuk pelacakan barang AnterAja

3. Selesai! Setelahnya kamu dapat melihat informasi status pengiriman menggunakan AnterAja. Meliputi rincian paket (pengirim, penerima, jenis layanan) dan riwayat pengiriman. Seperti pada gambar di bawah ini.

contoh resi pengiriman anteraja

Hasil resi pengiriman AnterAja

Sekilas tampak mudah dipahami, ya? Namun kalau kamu masih bingung dengan beberapa istilah di atas, kami sudah pernah membuat postingan yang khusus membahas topik tersebut. Baca di sini: Arti Kode AnterAja.

Cek Resi Melalui Pihak Ketiga (Alternatif)

Kalau diperhatikan, saat pengguna melakukan cek resi di situs resmi layanan ekspedisi, ada ciri khas yang sama: memakai kode captcha. Dan ini terkadang cukup merepotkan, karena tidak jarang kode yang kita input selalu salah 😥

Untuk mengatasi kendala tersebut, akhirnya kami mencari cara dan berhasil menemukannya. Yakni dengan menggunakan situs cek resi dari pihak ketiga. PluginOngkosKirim.com, namanya.

Lantas, kelebihannya apa?

  • Kurir yang tersedia sudah cukup lengkap, meliputi:
    – JNE
    – J&T
    – SiCepat
    – AnterAja
    – Lion Parcel
    – POS Indonesia
    – Ninja Xpress
    – Wahana
  • Banyak hal yang bisa kamu cek informasinya, meliputi:
    – Status barang (sedang dalam perjalanan / sudah diterima)
    – Jenis layanan yang digunakan
    – Kota asal dan kota penerima
    – Posisi terakhir barang sampai mana
  • Pengguna tidak perlu memasukkan kode captcha,
  • Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami.

Namun kamu juga perlu tau bahwa ada 1 kekurangan: tidak bisa input >1 nomor resi.

Untuk langkah-langkahnya, ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Buka laman berikut → https://pluginongkoskirim.com/cek-resi/

2. Pada laman cek resi, kamu cukup mengisi 2 kolom yang tersedia: (1) Pilih kurir, (2) Nomor resi. Pada opsi pertama, pilih kurir yang ingin kamu lacak.

cek resi pluginongkoskirim

Laman cek resi semua kurir (JNE, J&T, SiCepat, AnterAja)

3. Jika sudah, ketuk tombol Lacak warna oranye di bawahnya. Selesai! Kini status pengiriman dari kurir yang kamu cek sudah berhasil muncul. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

hasil lacak kiriman pluginongkoskirim

Hasil lacak kiriman di PluginOngkosKirim.com

Rangkuman

  • Nomor resi merupakan identitas unik untuk setiap barang yang dikirim menggunakan layanan ekspedisi. Sebagai tanda bahwa barang sudah dikirim oleh penjual (jika kamu belanja online).
  • Jika kamu ingin melacak lebih dari satu nomor resi, kami menyarankan untuk menggunakan situs resmi masing-masing layanan ekspedisi. Meskipun harus mengisi kode captcha, toh aman-aman saja.
  • Jika kamu hanya ingin melacak satu barang sudah sampai mana, kami menyarankan untuk menggunakan situs dari pihak ketiga: PluginOngkosKirim.com. Kelebihannya tanpa kode captcha dan bahasa mudah dimengerti.
  • Saat ada kendala, baik itu error-nya laman resi ataupun barang tidak kunjung sampai, segera hubungi CS layanan ekspedisi untuk mendapatkan solusi terbaik. Jika hilang, kamu juga bisa klaim garansi.

Bagaimana, apakah masih ada yang belum jelas seputar nomor resi dan bagaimana cara melacaknya? Jika masih ada, sampaikan saja lewat kolom komentar, kami akan bantu kamu segera.

Kalau kamu merasa terbantu, ada baiknya kasih tau teman dan kerabat juga dengan cara mengetuk tombol Share (🎁) di bawah konten ini. Lalu, ketuk tombol Bookmark (⭐) untuk menyimpan postingan ini agar mudah ditemukan.

Oh iya, satu hal lagi yang kamu mungkin butuh: Follow (👋) IG kami di @PintarJualan.id untuk mendapatkan tips praktis seputar jualan online cepat laku. Ketuk tombol Lonceng (🔔) untuk menyalakan notifikasi. Terima kasih 🤗

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

1 Comments

  1. Arsyad berkata:

    Kiriman tak juga datang dan konfirmasi juga tak ada, dilihat di shofe tgl 7 seharusnya sudah sampai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *