Daftar Fitur & Layanan SiCepat Ekspres (SIUNTUNG, BEST, GOKIL, HALU, COD)

fitur dan layanan sicepat ekspres

Setelah melakukan beberapa peningkatan, kini fitur dan layanan SiCepat Ekspres makin beragam. Semakin mudah bagi penjual untuk kirim barang ke pembeli saat transaksi belanja online.

Supaya makin optimal, sayang jika kemudahan tersebut tidak dimanfaatkan. Karena itu, kami sudah merangkum terkait apa saja yang bisa kamu optimalkan dari layanan SiCepat:

  • Mengenal apa itu ekspedisi SiCepat Ekspres,
  • Layanan utama SiCepat untuk pengiriman barang,
  • Fitur-fitur yang memudahkan pengguna layanan.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai dari yang paling dekat: mengenal SiCepat Ekspres.

 

Apa itu SiCepat Ekspres?

SiCepat Ekspres adalah ekspedisi untuk kirim barang ke seluruh kota (dan kabupaten) di Indonesia serta manca negara dengan beragam pilihan fitur & layanan unggulan.

Alamat kantor pusat SiCepat ada di DKI Jakarta, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda 3 No. 17-19, RT 08/RW02, Kel. Kebon Kelapa, Kec. Gambir, Jakarta Pusat 10120.

Hingga tulisan ini dibuat, SiCepat sudah memiliki lebih dari 900 gerai (akan ditambah hingga 1.000 gerai di sepanjang 2021). Dengan begitu, jangkauan pengiriman dokumen dan barang akan jauh lebih luas.

SiCepat juga sudah menjalin kerja sama dengan banyak partner marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dll; untuk memudahkan pengiriman barang saat transaksi belanja online.

Apalagi dengan suntikan dana dari investor raksasa, membuat SiCepat makin meningkatkan penetrasinya di kancah ekspedisi nasional. Terbukti dengan layanan dan fitur yang makin beragam.

Apa sajakah itu? Lanjutkan membaca sesi di bawah ini..

Baca juga:
Cara Komplain Wahana Express Untuk Barang yang Terlambat, Hilang, Rusak

Jenis Layanan SiCepat Ekspres

Jika dibagi dalam daftar ringkas, jenis layanan unggulan SiCepat adalah sebagai berikut:

  • SIUNTUNG
  • BEST
  • GOKIL
  • HALU
  • COD
  • H3LO
  • SiCepat GO!

Berikut penjelasan selengkapnya..

SIUNTUNG

Paket Reguler | Estimasi waktu sampai: 15 jam (dalam kota, khusus Jabodetabek & Bandung) dan 1-3 hari (seluruh Indonesia)

Layanan ini termasuk dalam pengiriman reguler dengan harga yang standar. Khusus untuk wilayah Bandung & Jabodetabek, pengiriman jauh lebih cepat (+ harga tetap sama alias tidak ada biaya tambahan).

Kamu dapat mengirim barang ke seluruh kabupaten dan kota di Indonesia menggunakan layanan ini. Biasanya sudah termasuk ke dalam pengiriman reguler yang ada di marketplace Tokopedia, Shopee, hingga Bukalapak.

BEST

Besok Sampai Tujuan | Estimasi waktu sampai: 24 jam (seluruh Indonesia)

Di atas paket reguler, ada paket prioritas dengan estimasi waktu besok sampai rumah. Makanya dinamakan BEST. Jika ada keterlambatan yang disebabkan oleh kurir, pengguna dapat mengajukan klaim ganti rugi.

Paket ini tentu jauh lebih mahal ketimbang paket reguler. Namun sebanding dengan layanan yang diberikan, terutama pada kecepatan pengantaran dan garansinya. Lebih bagusnya lagi, bisa kirim ke seluruh kota di Indonesia.

GOKIL

Kargo Kilat | Estimasi waktu sampai: 1-3 hari (seluruh Indonesia)

Layanan ini khusus buat kamu yang ingin mengirim barang dalam jumlah yang banyak atau ukuran yang besar. Dengan syarat minimal berat barang adalah 10 Kg. Nantinya, kamu akan mendapatkan harga yang lebih hemat.

Dibandingkan jika harus mengirim menggunakan layanan reguler tapi bobotnya 10 Kg. Istilahnya, paket ini merupakan diskon atau paket hemat jika mengirim lebih banyak dan berukuran lebih besar.

HALU

Harga Mulai Lima Ribu | Estimasi waktu sampai: 1-3 hari (seluruh Indonesia)

Khusus buat yang doyan belanja online di marketplace Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak; SiCepat sudah menjalin kerja sama dan memberikan layanan HALU (harga mulai lima ribu).

Jadi, semacam potongan harga ongkir apabila kamu belanja online di ketiga marketplace tersebut. Tarifnya mulai dari Rp5 ribu rupiah, layanan yang digunakan menyesuaikan jarak dan kota.

COD

Cash On Delivery | Estimasi waktu sampai: 8 jam (dalam kota) & hanya untuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya

Lagi-lagi, buat kamu yang tinggal di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya; sudah bisa memanfaatkan layanan baru bernama COD SiCepat. Yakni bayar di tempat (cash on delivery) setelah barang diterima.

Layanan ini berlaku untuk marketplace Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Untuk saat ini baru ketiga marketplace tersebut yang kami ketahui dapat menggunakan layanan COD SiCepat. Pun, hanya untuk wilayah tertentu seperti yang disebutkan di awal.

H3LO

Heboh 3 Kilo | Estimasi waktu sampai: 1-3 hari (seluruh Indonesia)

Layanan ini agak unik karena perhitungannya menggunakan sistem 3 kilo gram. SiCepat menawarkan harga ongkos kirim yang lebih irit jika kamu mengirim barang seberat 3,3 Kg. Maka, biaya yang dikeluarkan cukup ongkir 2 Kg saja.

Layanan ini hanya berlaku untuk pembelian paket di gerai SiCepat, PUDO, dan social commerce (marketplace). Sistem perhitungannya kurang lebih begini:

  • Berat 0,1 – 1,30 Kg cukup bayar 1 Kg (tarif standar SIUNTUNG)
  • Berat 1,31 – 2,30 Kg cukup bayar 1 Kg (tarif standar SIUNTUNG)
  • Berat 2,31 – 3,30 Kg cukup bayar 2 Kg (tarif standar SIUNTUNG)
  • Berat 3,31 – 4,40 Kg cukup bayar 3 Kg (tarif standar SIUNTUNG)

SiCepat GO!

Paket Internasional | Estimasi waktu sampai: tergantung negara tujuan

Layanan pengiriman yang satu ini khusus untuk kamu yang ingin mengirim barang ke luar negeri. Sejauh ini, baru kota-kota berikut yang bisa menggunakan layanan SiCepat GO:

  • Jabodetabek
  • Bandung
  • Semarang
  • Yogyakarta
  • Medan
  • Denpasar
  • Makassar

Pun, estimasi waktu sampai juga berbeda-beda sesuai dengan negara tujuan. Namun untuk negara-negara yang dekat seperti Malaysia dan Singapura, pengiriman masih sama seperti ke seluruh kota di Indonesia, yakni 2-3 hari saja.

Baca juga:
Berapa Lama Proses Pengiriman SiCepat Ekspres? (+ Tips Jika Terlambat)

Kemudahan Fitur SiCepat Ekspres

Selain layanan ekspedisi untuk mengirim barang, SiCepat juga mengoptimalkan layanan after service-nya dengan beberapa fitur yang diusung. Di antaranya:

  • Laman untuk cek resi & tarif ongkir,
  • Laman untuk mencari lokasi agen terdekat,
  • Langganan member tetap Sahabat SiCepat,
  • Layanan untuk infaq dengan SiCepat Syariah,
  • Layanan pelanggan lewat WhatsApp SiCepat Klik.

Berikut penjelasan ringkasnya..

Cek Resi

Alamat website untuk cek resi SiCepat → https://www.sicepat.com/checkAwb

Setelah menggunakan salah satu dari layanan SiCepat, kamu juga dapat langsung melacak sudah sampai mana paketnya. Sesaat setelah kamu menerima nomor resi.

Caranya cukup mudah. Tinggal kunjungi link di atas tadi, lalu pada laman yang tersedia, isi kolom nomor resi. Kamu dapat mengecek 20 resi langsung. Jika sudah, klik tombol Lacak.

Cek Tarif Ongkir

Alamat website untuk cek tarif ongkir SiCepat → https://www.sicepat.com/deliveryFee

Atau jika kamu ingin cek tarif ongkos kirim terlebih dulu, SiCepat juga menyediakan form yang bisa kamu akses lewat browser di HP atau laptop.

Pada laman cek tarif tersebut, ada beberapa kolom yang perlu dilengkapi. Di antaranya:

  • Asal (kota asal),
  • Tujuan (kota tujuan),
  • Berat (dalam Kg),
  • Dimensi (lebar, panjang, tinggi; dalam cm).

Cari Agen Terdekat

Alamat website untuk cari agen SiCepat terdekat → https://www.sicepat.com/location

SiCepat juga menyediakan basis data untuk alamat gerai yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Kamu bisa langsung mencarinya dengan mengunjungi link di atas. Tampilannya bisa dibilang cukup mirip dengan Google Maps.

Sahabat SiCepat

Sahabat SiCepat ialah program member tetap untuk kamu yang ingin berlangganan kurir SiCepat Ekspres agar proses order jadi lebih mudah dan ringkas.

Cukup dengan mengisi form data diri, memverifikasi email dan SMS dari SiCepat, lalu login di SiCepat.com untuk menikmati layanan dengan lebih praktis.

SiCepat Syariah

SiCepat Syariah merupakan program untuk menyisihkan 2,5% dari harga ongkir yang ditetapkan. Namun, program ini hanya dapat digunakan apabila kamu order paket di luar marketplace.

Nantinya, uang yang didonasikan akan disalurkan ke pesantren dan sekolah literasi di daerah Lombok dan Cilacap. Program ini merupakan kerja sama SiCepat dengan Dompet Dhuafa.

SiCepat Klik

Alamat website untuk mengakses layanan SiCepat Klik → bit.ly/SiCepatklik

Setelah mengetuk link tersebut, kamu akan langsung diarahkan ke aplikasi WhatsApp yang langsung terhubung dengan nomor WA SiCepat di 0813-1920-0030 (Chat Only). Layanan ini akan memandu kamu secara otomatis, 24 jam non stop.

SiCepat Klik bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan, seperti:

  • Melacak paket sampai mana,
  • Cek tarif ongkos kirim,
  • Order produk PPOB.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengakses website di browser HP atau laptop serta menunggu balasan yang lama. Cukup buka WA dan langsung chat, SiCepat Klik akan membalas dengan sigap.

Baca juga:
Berapa Lama Proses Pengiriman JNE YES, REG, OKE? (+ Tips Jika Terlambat)

Rangkuman

  • SiCepat Ekspres termasuk ekspedisi yang populer dan diminati oleh banyak pengguna. Apalagi marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak yang sudah diajak kerja sama.
  • Layanan SiCepat Ekspres terbagi menjadi beberapa kategori: Reguler (SIUNTUNG), Prioritas (BEST), Kargo (GOKIL), Program Marketplace (HALU, H3LO, COD), Internasional (SiCepat GO!).
  • Fitur SiCepat Ekspres juga turut memudahkan pengguna untuk menikmati layanan utama. Di antaranya: cek resi, cek tarif ongkir, cari agen terdekat, Sahabat SiCepat, SiCepat Syariah, dan SiCepat Klik.

Bagaimana, fitur dan layanan SiCepat Ekspres cukup beragam, bukan? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi, karena sudah tau beda dan kelebihan dari masing-masing layanan yang ditawarkan.

Baik, mungkin cukup sampai di sini dulu pembahasan kita kali ini. Apabila kamu suka dengan topik seperti pada postingan ini, Follow IG (👋) kami di @PintarJualan.id. Karena di situ juga ada banyak diskusi yang tak kalah menariknya.

Akhir kata, terima kasih yaa! 🤗

Related Article

Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Metode bayar di tempat atau COD di Shopee tentu sangat memudahkan bagi pengguna. Baik itu penjual ataupun pembeli yang sama-sama diuntungkan, tidak perlu khawatir penipuan. Nah, supaya tidak bingung lagi, kami sudah siapkan beberapa materi mengenai layanan tersebut. Meliputi: Apa itu pembayaran COD Shopee? Wilayah mana saja yang dapat menggunakannya? Cara melakukan pembelian menggunakan COD […]

Online Shop /
13 April 2021

Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen Lewat Aplikasi (Sebagai Pembeli & Penjual)

Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi? Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti: Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum […]

Online Shop /
12 April 2021

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya. Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, […]

Online Shop /
8 April 2021