Cara Daftar GrabFood Online dan Biaya Pendaftaran (Lengkap)

cara daftar grabfood online

Buat kamu yang sedang mengembangkan usaha kuliner, konten cara daftar GrabFood ini akan cukup membantu. Kami merangkumnya untuk dipraktekkan hingga resmi menjadi partner GrabFood.

Di laman ini, kamu akan mendapatkan informasi penting seputar mendaftarkan usaha kuliner di platform GrabFood. Di antaranya:

  • Kelebihan menggunakan platform GrabFood untuk usaha,
  • Syarat pendaftaran GrabFood dan ketentuannya,
  • Cara daftar GrabFood lewat aplikasi GrabMerchat,
  • Berapa biaya pendaftaran GrabFood.

Namun sebelum masuk ke topik bahasan, ketuk Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini. Jika sudah, mari kita mulai.

 

Keunggulan GrabFood untuk Usaha

Sebelum masuk ke bagaimana langkah-langkahnya, kita kupas dulu apa saja kelebihan GrabFood.

Secara garis besar, menurut kami GrabFood dapat memberikan berbagai keuntungan: (1) Menjangkau lebih banyak konsumen, (2) Mempermudah distribusi produk, (3) Memperkecil bujet promosi, (4) Menambah minat konsumen, (5) Meningkatkan profit usaha.

Berikut penjelasan selengkapnya..

1. Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Maksudnya adalah, usaha kuliner yang kamu jalankan bakal lebih mudah untuk menjangkau konsumen di dekat outlet. Karena sistem order GrabFood berdasarkan lokasi terdekat dengan radius masih dalam 1 kota.

Dengan begitu, konsumen yang berada di luar kecamatanmu pun tetap dapat melihat produkmu via aplikasi. Tergantung apa yang sedang mereka cari. Apakah minuman, makanan, atau sekadar camilan.

2. Tidak Perlu Antar ke Konsumen

Setiap orderan dari konsumen yang masuk, kamu cukup menerima pesanan yang telah dibuat. Siapkan makanan lalu berikan kepada mitra pengemudi yang menjadi partner untuk mengantar ke konsumen.

Fokus utama yang perlu kamu lakukan hanyalah melayani setiap driver dengan sigap, aman, dan tentu sesuai dengan permintaan kustomer. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi untuk mengantar pesanan.

3. Tidak Perlu Promosi Besar-besaran

Maksudnya, seluruh permintaan order sudah ada di aplikasi Grab. Pengguna yang ada di sana sudah siap membeli makanan dan minuman yang ingin dipesan. Tidak perlu ada promosi iklan untuk awareness lagi.

Kamu cukup melakukan optimisasi pada foto produk, keterangan, kreativitas membuat paket makanan dan minuman, atau juga memberikan program promo yang mampu menarik minat calon kustomer.

4. Banyak Program Promo Menguntungkan

Dari pihak Grab sendiri, mereka cukup sering mengadakan program promosi yang bertujuan untuk menarik minat konsumen. Hal ini tentu menguntungkan bagi kamu, karena jumlah pengguna pasti akan bertambah banyak.

Pun, peluang mereka melihat outlet dan tertarik untuk membeli produk kamu akan semakin besar. Lagi-lagi, kamu cukup melakukan pengoptimalan pada cita rasa, foto makanan yang menggoda selera, serta harga yang kompetitif.

5. Dapat Meningkatkan Profit Usaha

Secara jangka panjang, menjalin kemitraan dengan Grab akan meningkatkan profit usaha kuliner yang kamu jalankan. Kita bisa rekap sama-sama, kalau ada beberapa hal yang bisa diminimalisir usahanya.

Yaitu jangkauan calon pembeli, promosi, biaya transportasi (antar makanan), program diskon untuk menarik minat pembeli. Semua itu bisa kamu dapat hanya dengan bergabung di GrabFood.

Syarat Pendaftaran GrabFood

Ada pun syarat yang wajib dipenuhi sebelum melakukan kamu daftar GrabFood.

Tapi kamu tenang saja, karena syarat-syarat yang diberikan cukup realistis untuk dipenuhi. Apa sajakah itu? Berikut penjelasan selengkapnya..

  • Foto profil restoran (logo) (opsional),
  • Foto KTP asli yang berlaku,
  • Foto selfie dengan KTP asli,
  • Foto dalam restoran,
  • Foto luar restoran,
  • Foto NPWP,
  • Foto buku tabungan,
  • Foto daftar menu,
  • Foto makanan.

Kami garis bawahi, bahwa syarat di atas wajib dipenuhi (kecuali foto logo restoran). Terutama yang cukup penting adalah NPWP. Jika tidak ada NPWP, maka kamu tidak dapat mendaftar di GrabFood.

Hal ini membedakan GrabFood dengan GoFood. Jika GoFood, kamu tetap bisa mendaftar tanpa harus menggunakan NPWP.

Baca juga:
Cara Daftar GoFood Online dan Biaya Pendaftaran (Lengkap)

Cara Daftar GrabFood via Aplikasi

1. Install Aplikasi GrabMerchant

Pertama-tama, kamu unduh dan instal terlebih dulu aplikasi GrabMerchant. Aplikasi ini hanya dapat diakses melalui Android. Silakan unduh di Google Play Store atau klik tautan di bawah ini.

Download aplikasi GrabMerchant → https://play.google.com/store/apps/details?id=com.grab.merchant&hl=in&gl=ID

Setelah berhasil mengunduh dan menginstal, silakan buka aplikasi tersebut. Lalu, pada laman utama, ketuk tombol Daftar Jadi Mitra (atau istilah sejenisnya).

2. Buat Akun GrabMerchant

Setelah mengetuk tombol Daftar, kamu akan masuk pada laman pendaftaran. Ada kolom yang perlu kamu isi, yakni:

  • Email,
  • Nomor HP,
  • Kategori bisnis,
  • Kata sandi.

Silakan isi kedua kolom tersebut dengan benar. Pastikan alamat email tersebut aktif karena nanti akan ada konfirmasi email. Begitu pula dengan nomor HP yang digunakan.

Untuk kategori bisnis, pilih opsi Makanan & Minuman. Lalu, isi kata sandi untuk login. Direkomendasikan untuk menggunakan campuran angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol.

Setelah klik daftar, kamu akan diminta untuk verifikasi email. Silakan buka email lalu klik link yang dikirimkan oleh pihak Grab. Jika sudah, lanjutkan langkahnya berikut ini.

Baca juga:
Cara Memulai Usaha Toko Kelontong Sederhana [Panduan Praktis]

3. Lengkapi Informasi Pendaftaran

Ada beberapa informasi yang perlu kamu lengkapi, yaitu:

  • Informasi Restoran,
  • Informasi Pemilik,
  • Informasi Bank,
  • Informasi Menu.

Berikut penjelasan ringkasnya..

Informasi Restoran

  1. Nama restoran. Isi dengan nama outlet yang kamu punya.
  2. Alamat restoran. Lengkapi alamat outlet hingga nama jalan, nama gedung (jika dalam bangunan besar), kecamatan, kota. Isi pula titik koordinat yang ada di peta (Gmaps).
  3. Nomor HP restoran. Isi dengan nomor HP yang aktif untuk melayani keluhan pelanggan.
  4. Email restoran. Isi dengan email aktif.
  5. Foto eksterior. Foto tampak luar dengan jelas dan menampakkan banner restoran.
  6. Foto interior. Terlihat meja makan, kasir, dapur. Bisa salah satunya.
  7. Foto logo restoran (opsional).

Informasi Pemilik

  1. Foto KTP. Pastikan foto dengan jelas, tidak ada yang terpotong, tidak blur. Serta, pastikan pula KTP tersebut masih berlaku.
  2. Foto selfie dengan KTP. Foto wajah dengan membawa KTP yang harus tertera jelas pula.
  3. Foto NPWP. Bisa dalam bentuk foto kopi.

Informasi Bank

  1. Buku tabungan. Nomor rekening yang ada di dalam buku tabungan harus terlihat jelas.
    (atau)
  2. Tampilan m-Banking. Ambil tangkapan layar pada tampilan utama m-Banking yang aktif.

Informasi Menu

  1. Foto Daftar Menu. Foto daftar menu yang ada di restoran kamu dengan lengkap beserta harga.
  2. Foto Makanan. Foto dengan jelas tiap menu makanan. Lebih dari 1 foto per menu sangat disarankan.

Nah, keempat informasi di atas wajib diisi saat melakukan pendaftaran GrabFood. Kamu tidak bisa melanjutkan pendaftaran jika salah satu informasi tidak lengkap.

Karena itu, sebelum melakukan pendaftaran, sangat disarankan untuk menyiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan. Jika sudah, kamu baru bisa praktekkan langkah-langkah berikutnya.

4. Tunggu Verifikasi dari Grab

Yaps, setelah mengisi semua informasi, ketuk tombol Kirim. Nantinya, pihak Grab akan melakukan verifikasi terhadap identitas dan informasi yang kamu kirimkan.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan verifikasi, yakni:

  • Verifikasi email outlet (maks. 72 jam setelah submit informasi).

Setelah itu, pihak Grab akan memandu via email untuk tiap-tiap langkah yang perlu dilewati. Biasanya akan ada verifikasi dari pihak OVO juga untuk memastikan keamanan data.

5. Aktivasi Layanan GrabMerchant

Setelah verifikasi berjalan lancar, kamu akan mendapatkan email dengan subjek Selamat Datang di Aplikasi GrabFood Merchant! sebagai tanda bahwa pendaftaran kamu berhasil.

Selanjutnya, kamu tinggal klik link aplikasi GrabFood untuk memantau pesanan dan menjalankan bisnis bersama GrabMerchant. Jika ada pesanan masuk, kamu tinggal proses sesuai permintaan driver Grab.

Baca juga:
10 Rekomendasi Supplier Murah Untuk Dropshipper Marketplace 2021

Berapa Biaya Pendaftaran GrabFood?

Jika kamu bertanya demikian, kami akan menjawab: “Pendaftaran GrabFood tidak dipungut biaya alias GRATIS.

Jadi, kalau ada pihak yang meminta biaya pendaftaran, kamu bisa langsung laporkan kepada pihak Grab. Karena biasanya itu oknum yang ingin melakukan tindak penipuan.

Rangkuman

  • Berbisnis di GrabFood cukup menguntungkan. Tidak perlu promosi, pembeli datang sendiri, jangkauan luas, serta banyak promo menarik untuk meningkatkan profit.
  • Syarat-syarat pendaftaran GrabFood relatif mudah dipenuhi. Berbeda dengan GoFood, kamu wajib memiliki NPWP sebelum mendaftar menjadi GrabMerchant.
  • Biaya pendaftaran GrabFood adalah gratis. Tidak ada pungutan sepeserpun. Apabila kamu menemukan oknum yang menawarkan biaya registrasi, langsung laporkan saja.

Bagaimana, ternyata cara daftar GrabFood cukup mudah dan praktis, ya?

Kini usaha kuliner kamu bakalan jauh lebih berkembang dengan menjadi partner GrabMerchant. Jualan makanan cukup lewat aplikasi, tidak perlu repot-repot promosi di media sosial lagi.

Kalau kamu suka dengan konten ini, ketuk tombol Berbagi di bawah nanti. Jika ingin membaca artikel lainnya, klik link Related Article di bawah postingan ini.

Jangan lupa untuk Follow IG kami di @PintarJualan.id agar tidak ketinggalan update tips dan trik pintar jualan online. Akhir kata, terima kasih yaa! 🤗

Related Article

Cara Menggunakan Fitur COD di Shopee Bagi Penjual dan Pembeli

Metode bayar di tempat atau COD di Shopee tentu sangat memudahkan bagi pengguna. Baik itu penjual ataupun pembeli yang sama-sama diuntungkan, tidak perlu khawatir penipuan. Nah, supaya tidak bingung lagi, kami sudah siapkan beberapa materi mengenai layanan tersebut. Meliputi: Apa itu pembayaran COD Shopee? Wilayah mana saja yang dapat menggunakannya? Cara melakukan pembelian menggunakan COD […]

Online Shop /
13 April 2021

Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen Lewat Aplikasi (Sebagai Pembeli & Penjual)

Ada banyak alasan bagi kita untuk mengetahui cara hapus akun Shopee. Mungkin karena nomor terblokir, email sudah tidak aktif, atau bahkan tidak membutuhkan platform Shopee lagi? Apapun alasannya, kamu tetap dapat mengajukan penghapusan akun dengan mudah. Bagaimana caranya? Tenang, kami sudah merangkumnya dalam konten ini, beserta poin-poin penting lain seperti: Syarat-syarat yang wajib dipenuhi sebelum […]

Online Shop /
12 April 2021

Cara Hapus Akun Tokopedia Sebagai Pembeli & Penjual (Mudah, Praktis, & Permanen)

Untuk berhenti menggunakan layanan, kamu dapat menerapkan cara hapus akun Tokopedia dalam konten yang kami tulis di sini. Meski ada sedikit usaha, menutup akun di marketplace hijau tetap ada caranya. Kalau dilihat, alasan menghapus akun bisa beragam. Mungkin kamu ingin ganti nomor baru, atau sudah punya akun dan toko baru, atau alasan-alasan lainnya. Karena itu, […]

Online Shop /
8 April 2021