image

Cara Mengajukan Komplain ke J&T Express (Paket Belum Sampai, Hilang, Rusak)

cara komplain j&t paket belum sampai

Meski punya banyak keunggulan (drop point tanpa hari libur, lacak paket cepat dan mudah), namun masih banyak customer yang mengajukan komplain ke J&T Express. Mungkin termasuk kamu juga?

Jika iya, maka kamu sedang berada di laman yang tepat. Sebab, kami sudah merangkum semua informasi yang kamu butuhkan untuk mengajukan keluhan ke J&T. Meliputi:

  • Persiapan yang perlu dilalui sebelum menghubungi pihak J&T Express,
  • Cara menghubungi CS J&T + template pesan agar cepat dibalas.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti bisa kamu temukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai.

image

 

(Penting) Sebelum Kirim Komplain ke J&T

Setidaknya ada 2 persiapan yang perlu dilalui sebelum mengirim keluhan ke CS J&T, yaitu:

  • Rutin melakukan tracking barang di situs resmi / pihak ketiga,
  • Mencatat setiap keluhan yang dialami olehmu saat pengiriman.

Untuk penjelasannya, baca sesi berikut ini..

Rutin Cek Resi

Melacak barang J&T bisa kamu lakukan melalui beberapa cara: (1) Web resmi (jet.co.id), (2) Web pihak ketiga (pluginongkoskirim.com), (3) Aplikasi J&T, (4) Drop point J&T.

Kami juga sudah membuat postingan khusus perihal cara melacak barang J&T Express pada postingan berikut: Cara Cek Resi J&T.

Namun supaya lebih jelas, kami berikana contoh untuk cek resi menggunakan website pihak ketiga, yaitu PluginOngkosKirim.com. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman iniΒ β†’ pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pilih Kurir J&T dan masukkan No Resi. Jika sudah, klik tombol Lacak.
  3. Selesai! Barang kami sudah berhasil dilacak dan akan terlihat status pengirimannya.

Catat Keluhan

Persiapan berikutnya adalah mencatat kendala yang sedang kamu alami. Untuk hal ini, kami coba merangkumnya menjadi 3 kendala utama (yang seringkali dialami oleh customer J&T), yaitu:

  • Paket belum sampai,
  • Barang hilang entah ke mana,
  • Barang yang diterima dalam keadaan rusak.

Khusus untuk komplain hilang dan rusak, ada cara penanganannya tersendiri. Biasanya, nanti akan dipandu untuk mengklaim asuransi (jika kamu menggunakannya) sebagai ganti rugi.

Baca juga:
Cara Komplain JNE Express Lama Sampainya

Cara Ajukan Komplain J&T Express

Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghubungi pihak Customer Care J&T Express, yaitu:

  • Menelepon call center J&T (24 jam),
  • Mengirim email resmi berisi keluhan,
  • Menanyakan lewat media sosial,
  • Mendatangi agen J&T terdekat.

Semua cara ini bisa kamu coba, tapi sesuaikan saja media mana yang nyaman untukmu. Tips Ringkas: Kalau ingin lebih cepat ditanggapi, menghubungi call center J&T sangat direkomendasikan. Namun, kekurangannya: bayar pulsa πŸ˜…

Untuk penjelasan selengkapnya, baca sesi berikut ya..

Call Center J&T

Customer Care 24 Jam (J&T Express) β†’ 021-8066-1888

Sebelum menelepon, ada baiknya kamu menyiapkan data diri sekaligus identitas barang yang dikirim. Biasanya cukup meliputi hal-hal berikut:

  • Nomor resi yang diterima,
  • Nama, alamat, dan no HP (pengirim dan penerima),
  • Pakai asuransi atau tidak,
  • Ciri-ciri paket yang dikirim.

Jika sudah komplit, ikuti petunjuk di bawah.

  1. Buka ponsel dan dial telepon, masukkan nomor 021-8066-1888 lalu ketuk Telepon.
  2. Setelah tersambung, kamu akan dipandu oleh suara robot untuk memilih layanan. Silakan pilih sesuai dengan keluhan yang kamu alami.
  3. Setelah memilih menu layanan, kamu akan disambungkan ke Customer Service J&T. Silakan ceritakan kronologi pengiriman, sampaikan pula data-data yang sudah dicatat tadi kepada CS. Tanyakan bagaimana solusinya.
  4. Jika sudah, sampaikan terima kasih. Selesai!

Kelebihan menghubungi CS J&T lewat telepon, adalah kamu bisa menyampaikan cerita kronologi dan komunikasi yang terjadi bisa 2 arah. Namun lagi-lagi, kekurangannya, kamu harus keluar biaya pulsa.

(Sayangnya, hingga saat ini, kami belum mendapat informasi berapa biaya per menit yang dikeluarkan – bagian akan di-update jika sudah dapat)

Email Resmi J&T

Email Customer Care J&T Express β†’ jntcallcenter@jet.co.id

Kelebihan mengutarakan keluh kesah lewat email adalah, kamu bisa menambahkan lampiran berupa gambar ciri-ciri packing yang dikemas agar mudah ditemukan. Waktu balasnya tak secepat via telepon, namun persentase dibalas cukup tinggi.

Untuk mengirimkan email, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan: (1) Subjek/Judul, (2) Body.

  • Subjek β†’ Buat menjadi to-the-point.
    Contoh: “[Komplain] Paket Barang Hilang – Mohon Segera Ditanggapi
  • Body β†’ Isikan komplit dan tetap ringkas. Mencakup beberapa hal seperti no resi, identitas pengiriman, dan keluhan.
    Contoh:

    Dear CS J&T Express,

    Perkenalkan nama saya (isi nama kamu), ingin mengajukan komplain terkait pengiriman dengan nomor resi berikut: (isi nomor resi pengiriman). Data diri saya (nama, no HP, alamat lengkap) sebagai penerima barang dan data diri pengirim (isi datanya).

    Sudah 5 hari yang lalu, penjual mengirim barang ke alamat saya namun hingga sekarang belum diterima. Saya cek di laman tracking J&T, terdapat status barang sudah diterima. Namun dengan nama orang lain dan itu bukan saya atau orang rumah.

    Karena itu, saya ingin meminta kejelasan dari pihak J&T Express. Jika memang hilang dan ganti rugi, hal apa yang perlu disiapkan agar bisa diproses segera.

    Terima kasih,
    (nama kamu)

Selesai! Kamu tinggal menunggu balasan dari CS J&T dan melanjutkan proses yang perlu dilewati. Sekali lagi, kamu wajib bersabar karena proses antrean email juga cukup banyak dan mereka harus membalas satu per satu.

Media Sosial J&T

Ada banyak sekali media sosial resmi dari J&T Express yang bisa kamu hubungi. Di antaranya:

  • Facebook β†’ /jntexpressindonesia
  • Twitter β†’ @jntexpressid
  • Instagram β†’ @jntexpressid
  • YouTube β†’ J&T Express Indonesia
  • WeChat β†’ @JTExpressID
  • LINE β†’ @jtexpressid

Untuk tanggapan yang lebih cepat, menurut pengamatan kami, Twitter dan Facebook jauh lebih responsif. Waktu balasnya memang tak secepat lewat telepon, jadi kamu yang sabar menunggu, ya..

Oh iya, selalu siapkan data-data penting seperti yang disampaikan di awal: Nomor Resi, Alamat, No HP, Nama Lengkap.

Drop Point J&T

Cara lain yang bisa juga kamu pakai, cocok untuk kamu yang ingin langsung tau balasan dari pihak J&T. Yaitu datang langsung ke drop point (cabang) terdekat di wilayah kamu.

Caranya bagaimana? Ikuti petunjuk di bawah.

  1. Buka laman berikut β†’ jet.co.id/finddroppoint
  2. Pada kolom pencarian, silakan pilih area Provinsi > Kabupaten/Kota. Lalu, klik tombol Cari.
  3. Silakan pilih kantor mana yang paling dekat dengan lokasimu saat ini. Di situ juga sudah tertera keterangan No HP masing-masing agen J&T yang dapat dihubungi.
  4. Selesai!

Baca juga:
Apa itu JNE Trucking (JTR)?

Rangkuman

  • Penting bagimu agar selalu rutin cek resi, karena pihak J&T akan selalu update secara berkala tiap kali paketmu sampai di drop point terdekat, atau saat terjadi kendala pengiriman.
  • Selain rutin cek resi, selalu catat keluhan apa yang kamu alami. Apakah barangnya terlambat dari estimasi (sudah lebih dari 1 minggu), barang yang dikirim hilang, atau bahkan rusak.
  • Untuk mengajukan komplain J&T Express, bisa lewat media berikut: (1) Call Center 021-8066-1888, (2) Email jntcallcenter@jet.co.id, (3) Media sosial FB /jntexpressindonesia, Twitter & IG /jntexpressid, (4) Drop point terdekat.
  • Agar terhindar dari masalah pengiriman, selalu pastikan: (1) Paket sudah di-packing dengan rapi dan tertera alamat jelas, (2) Alamat yang ditulis valid dan lengkap (Nama jalan, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kode pos, dll), (3) Selalu gunakan fitur layanan asuransi agar mendapatkan ganti rugi yang sepadan jika barang hilang/rusak.

Seperti kita ketahui bersama, Customer Service (CS) J&T Express beroperasi 24 jam (khusus untuk Call Center). Maka, kamu bisa manfaatkan fasilitas ini untuk menyampaikan keluhan yang kamu alami.

(Asal sudah siap dengan konsekuensi: bayar pulsa tiap menitnya πŸ˜…)

Mungkin cukup sampai di sini dulu, ya. Jika ada pertanyaan, sampaikan saja lewat kolom komentar atau ketuk DM Instagram @PintarJualan.id. Di situ, kami juga sering diskusi seputar πŸ’Έ jualan online cepat laku. Kalau mau gabung, Follow (πŸ‘‹) ya!

image
image
Related Article

Cara Cek Resi Grab Express Live Tracking (Pengiriman Barang Sehari Sampai)

Beragam metode cek resi Grab Express tentu akan sangat berguna buatmu yang suka kirim barang secara instan; dikirim hari itu juga dalam hitungan jam. Cocok buat order barang dari toko yang lokasinya masih 1 kota. Selain itu, dalam beberapa menit ke depan, diharapkan kamu akan lebih paham mengenai beberapa hal berikut: Mengenal Grab Express dan […]

Ekspedisi /
9 Maret 2021

Cara Cek Resi GoSend Live Tracking untuk Kirim Barang Sehari Sampai

Buat yang suka kirim barang instan, seringkali kamu akan membutuhkan cara cek resi GoSend (live tracking). Entah itu checkout dari Tokopedia, Shopee, atau juga kirim barang sendiri. Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan informasi berguna seputar: Mengenali apa itu GoSend dan jenis layanan yang ditawarkan, Bagaimana cara melacak kiriman GoSend sudah sampai mana. Namun sebelum […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021

11 Jasa Kurir Terbaik di Indonesia: Harga Murah dan Pengiriman Cepat [Komplit]

Bagi seller, memilih jasa kurir terbaik merupakan pekerjaan yang agak tricky. Dalam artian, sebenarnya semua ekspedisi di Indonesia terbilang cukup bagus. Tetapi tergantung pada pembeli, apakah mereka suka atau tidak. Bahkan hal-hal sesimpel apakah mas-mas kurir yang mengantar ramah atau tidak, itu juga menjadi acuan pembeli. Dan pada akhirnya, pembeli-lah yang menentukan. Nah kali ini, […]

Ekspedisi /
8 Maret 2021