Cara Mengajukan Komplain ke J&T Express (Paket Belum Sampai, Hilang, Rusak)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
01 Februari 2021
Waktu membaca
4 Menit

Meski punya banyak keunggulan (drop point tanpa hari libur, lacak paket cepat dan mudah), namun masih banyak customer yang mengajukan komplain ke J&T Express. Mungkin termasuk kamu juga?

Jika iya, maka kamu sedang berada di laman yang tepat. Sebab, kami sudah merangkum semua informasi yang kamu butuhkan untuk mengajukan keluhan ke J&T. Meliputi:

  • Persiapan yang perlu dilalui sebelum menghubungi pihak J&T Express,
  • Cara menghubungi CS J&T + template pesan agar cepat dibalas.

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti bisa kamu temukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai.

 

(Penting) Sebelum Kirim Komplain ke J&T

Setidaknya ada 2 persiapan yang perlu dilalui sebelum mengirim keluhan ke CS J&T, yaitu:

  • Rutin melakukan tracking barang di situs resmi / pihak ketiga,
  • Mencatat setiap keluhan yang dialami olehmu saat pengiriman.

Untuk penjelasannya, baca sesi berikut ini..

Rutin Cek Resi

Melacak barang J&T bisa kamu lakukan melalui beberapa cara: (1) Web resmi (jet.co.id), (2) Web pihak ketiga (pluginongkoskirim.com), (3) Aplikasi J&T, (4) Drop point J&T.

Kami juga sudah membuat postingan khusus perihal cara melacak barang J&T Express pada postingan berikut: Cara Cek Resi J&T.

Namun supaya lebih jelas, kami berikana contoh untuk cek resi menggunakan website pihak ketiga, yaitu PluginOngkosKirim.com. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman iniΒ β†’ pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pilih Kurir J&T dan masukkan No Resi. Jika sudah, klik tombol Lacak.
  3. Selesai! Barang kami sudah berhasil dilacak dan akan terlihat status pengirimannya.

Catat Keluhan

Persiapan berikutnya adalah mencatat kendala yang sedang kamu alami. Untuk hal ini, kami coba merangkumnya menjadi 3 kendala utama (yang seringkali dialami oleh customer J&T), yaitu:

  • Paket belum sampai,
  • Barang hilang entah ke mana,
  • Barang yang diterima dalam keadaan rusak.

Khusus untuk komplain hilang dan rusak, ada cara penanganannya tersendiri. Biasanya, nanti akan dipandu untuk mengklaim asuransi (jika kamu menggunakannya) sebagai ganti rugi.

Baca juga:
Cara Komplain JNE Express Lama Sampainya

Cara Ajukan Komplain J&T Express

Setidaknya ada 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghubungi pihak Customer Care J&T Express, yaitu:

  • Menelepon call center J&T (24 jam),
  • Mengirim email resmi berisi keluhan,
  • Menanyakan lewat media sosial,
  • Mendatangi agen J&T terdekat.

Semua cara ini bisa kamu coba, tapi sesuaikan saja media mana yang nyaman untukmu. Tips Ringkas: Kalau ingin lebih cepat ditanggapi, menghubungi call center J&T sangat direkomendasikan. Namun, kekurangannya: bayar pulsa πŸ˜…

Untuk penjelasan selengkapnya, baca sesi berikut ya..

Call Center J&T

Customer Care 24 Jam (J&T Express) β†’ 021-8066-1888

Sebelum menelepon, ada baiknya kamu menyiapkan data diri sekaligus identitas barang yang dikirim. Biasanya cukup meliputi hal-hal berikut:

  • Nomor resi yang diterima,
  • Nama, alamat, dan no HP (pengirim dan penerima),
  • Pakai asuransi atau tidak,
  • Ciri-ciri paket yang dikirim.

Jika sudah komplit, ikuti petunjuk di bawah.

  1. Buka ponsel dan dial telepon, masukkan nomor 021-8066-1888 lalu ketuk Telepon.
  2. Setelah tersambung, kamu akan dipandu oleh suara robot untuk memilih layanan. Silakan pilih sesuai dengan keluhan yang kamu alami.
  3. Setelah memilih menu layanan, kamu akan disambungkan ke Customer Service J&T. Silakan ceritakan kronologi pengiriman, sampaikan pula data-data yang sudah dicatat tadi kepada CS. Tanyakan bagaimana solusinya.
  4. Jika sudah, sampaikan terima kasih. Selesai!

Kelebihan menghubungi CS J&T lewat telepon, adalah kamu bisa menyampaikan cerita kronologi dan komunikasi yang terjadi bisa 2 arah. Namun lagi-lagi, kekurangannya, kamu harus keluar biaya pulsa.

(Sayangnya, hingga saat ini, kami belum mendapat informasi berapa biaya per menit yang dikeluarkan – bagian akan di-update jika sudah dapat)

Email Resmi J&T

Email Customer Care J&T Express β†’ jntcallcenter@jet.co.id

Kelebihan mengutarakan keluh kesah lewat email adalah, kamu bisa menambahkan lampiran berupa gambar ciri-ciri packing yang dikemas agar mudah ditemukan. Waktu balasnya tak secepat via telepon, namun persentase dibalas cukup tinggi.

Untuk mengirimkan email, ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan: (1) Subjek/Judul, (2) Body.

  • Subjek β†’ Buat menjadi to-the-point.
    Contoh: “[Komplain] Paket Barang Hilang – Mohon Segera Ditanggapi
  • Body β†’ Isikan komplit dan tetap ringkas. Mencakup beberapa hal seperti no resi, identitas pengiriman, dan keluhan.
    Contoh:

    Dear CS J&T Express,

    Perkenalkan nama saya (isi nama kamu), ingin mengajukan komplain terkait pengiriman dengan nomor resi berikut: (isi nomor resi pengiriman). Data diri saya (nama, no HP, alamat lengkap) sebagai penerima barang dan data diri pengirim (isi datanya).

    Sudah 5 hari yang lalu, penjual mengirim barang ke alamat saya namun hingga sekarang belum diterima. Saya cek di laman tracking J&T, terdapat status barang sudah diterima. Namun dengan nama orang lain dan itu bukan saya atau orang rumah.

    Karena itu, saya ingin meminta kejelasan dari pihak J&T Express. Jika memang hilang dan ganti rugi, hal apa yang perlu disiapkan agar bisa diproses segera.

    Terima kasih,
    (nama kamu)

Selesai! Kamu tinggal menunggu balasan dari CS J&T dan melanjutkan proses yang perlu dilewati. Sekali lagi, kamu wajib bersabar karena proses antrean email juga cukup banyak dan mereka harus membalas satu per satu.

Media Sosial J&T

Ada banyak sekali media sosial resmi dari J&T Express yang bisa kamu hubungi. Di antaranya:

  • Facebook β†’ /jntexpressindonesia
  • Twitter β†’ @jntexpressid
  • Instagram β†’ @jntexpressid
  • YouTube β†’ J&T Express Indonesia
  • WeChat β†’ @JTExpressID
  • LINE β†’ @jtexpressid

Untuk tanggapan yang lebih cepat, menurut pengamatan kami, Twitter dan Facebook jauh lebih responsif. Waktu balasnya memang tak secepat lewat telepon, jadi kamu yang sabar menunggu, ya..

Oh iya, selalu siapkan data-data penting seperti yang disampaikan di awal: Nomor Resi, Alamat, No HP, Nama Lengkap.

Drop Point J&T

Cara lain yang bisa juga kamu pakai, cocok untuk kamu yang ingin langsung tau balasan dari pihak J&T. Yaitu datang langsung ke drop point (cabang) terdekat di wilayah kamu.

Caranya bagaimana? Ikuti petunjuk di bawah.

  1. Buka laman berikut β†’ jet.co.id/finddroppoint
  2. Pada kolom pencarian, silakan pilih area Provinsi > Kabupaten/Kota. Lalu, klik tombol Cari.
  3. Silakan pilih kantor mana yang paling dekat dengan lokasimu saat ini. Di situ juga sudah tertera keterangan No HP masing-masing agen J&T yang dapat dihubungi.
  4. Selesai!

Baca juga:
Apa itu JNE Trucking (JTR)?

Rangkuman

  • Penting bagimu agar selalu rutin cek resi, karena pihak J&T akan selalu update secara berkala tiap kali paketmu sampai di drop point terdekat, atau saat terjadi kendala pengiriman.
  • Selain rutin cek resi, selalu catat keluhan apa yang kamu alami. Apakah barangnya terlambat dari estimasi (sudah lebih dari 1 minggu), barang yang dikirim hilang, atau bahkan rusak.
  • Untuk mengajukan komplain J&T Express, bisa lewat media berikut: (1) Call Center 021-8066-1888, (2) Email jntcallcenter@jet.co.id, (3) Media sosial FB /jntexpressindonesia, Twitter & IG /jntexpressid, (4) Drop point terdekat.
  • Agar terhindar dari masalah pengiriman, selalu pastikan: (1) Paket sudah di-packing dengan rapi dan tertera alamat jelas, (2) Alamat yang ditulis valid dan lengkap (Nama jalan, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kode pos, dll), (3) Selalu gunakan fitur layanan asuransi agar mendapatkan ganti rugi yang sepadan jika barang hilang/rusak.

Seperti kita ketahui bersama, Customer Service (CS) J&T Express beroperasi 24 jam (khusus untuk Call Center). Maka, kamu bisa manfaatkan fasilitas ini untuk menyampaikan keluhan yang kamu alami.

(Asal sudah siap dengan konsekuensi: bayar pulsa tiap menitnya πŸ˜…)

Mungkin cukup sampai di sini dulu, ya. Jika ada pertanyaan, sampaikan saja lewat kolom komentar atau ketuk DM Instagram @PintarJualan.id. Di situ, kami juga sering diskusi seputar πŸ’Έ jualan online cepat laku. Kalau mau gabung, Follow (πŸ‘‹) ya!

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

25 Comments

  1. Jajang berkata:

    Mau komplain masa non cod sama kurirnya d tagih lagih onkosnya parah j&t gk proposional pekerjanya

    1. radhi berkata:

      Ini yang saya keluhkan sekarang, sudah dibayar minta dibayar lagi,,

  2. Riza Rahmania berkata:

    d shopee keterangan “paket sdh dtrima” pukul 18.21..
    lhaa orang2 d kantor g ada yg merasa nerima..
    apalagi keterangan paket dtrima oleh saya sendiri..
    Padahal saya jam 18.00 uda pulang..
    mohon untuk d tindak lanjuti

  3. Tarzan berkata:

    Paketan saya kok lom sampai.. lumajang ke klaten, sejak tgl 21_27.. msh tertahan di surabaya sejak tgl 22 di sapai skrang masih di surabay..

  4. Tarzan berkata:

    Kenapa paketan saya lama sampainya.. dari tgl 22 sampai sekarang msh tertahan di surabaya

  5. Mega auliya lamsel berkata:

    27 July sampai sekarang kenapa paket saya masih aja di tahan di bandar lampung

    1. Ifan Prasya berkata:

      Maaf Kak Mega, kami hanya menyampaikan cara untuk komplain, jadi kami tidak melayani komplain, ya. Karena kami bukan J&T Express, melainkan hanya portal blog yang mempublis artikel mengenai J&T Express. Mohon untuk komplain diajukan ke pihak J&T ya, untuk langkah2nya, sudah dijelaskan di atas. Terima kasih

    2. Ifan Prasya berkata:

      Silakan ajukan komplain kepada pihak J&T (bukan kami 😊) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih

  6. Sultan berkata:

    Udah lagi dikirim ke alamat ehh malah balik lagi ke droppoin apa magsudnya coba..

  7. Dina berkata:

    Saya belanja di shopee pesan tgl 22 estimasi tgl 24 harus nya udah nyampe tapi sampai sekarang saya cek resi dalam perjalan menuju lokasi terus sampai sekarang padahl paketan yg lain udah nyampe lewat j&t juga

  8. Machmuda efendi berkata:

    Tlg kak mnt info email J&T utk keluhan

  9. Deti berkata:

    Saya mau komplen masa barang saya non cod di tagih lagi ongkir ma kurirnya??parah banger,,maaf bukan masalah uangnya tapi ini kejujurannya gak ada

  10. Wiwik widiarti berkata:

    Kenapa paket saya untuk bualemo kab banggai sulawesi tengah.di cek ko sdah da di morowali bagamana itu tolong dibantu pdahal biasanya jug alamatnya sama gk pernah nyasar

  11. Ade Rahman berkata:

    Pokoknya kalau masih ada delivery yang lain kenapa harus pake J&t, kapoklah tidak bisa komplain barang, pelayananya parah mereka hanya saling lempar tanggung jawab.

  12. Shinta berkata:

    Lamaaa pesen dri tgl 30 Agustus smpe sekarang 3 September kaga nyampe2, sbnernya udah smpe di tepat sortir dri tgl 1 sept, tapi brang engga smpe2, smpe sekarang….

  13. Brahim berkata:

    Paket Saya blum smpai” Sudah melewati Estimasi yg Sudah dijanjikan J&T Dari Brebes ke Semarang . Padahal Jaraknya Sangat Dekat . ToLong ditindak Lanjuti !!!

  14. Lukman berkata:

    Maaf paket saya dari Pekanbaru sampe Jakarta estimasi 4hari ko nga nyampe” trs pas dilacak nomer resi ngga valid . Gimana ini padahal isinya hp . Massa hilang gitu aja yah??? Ngga ada tanggung jawabnya nih

  15. Atikah berkata:

    Paket saya a.n Atikah kok dari kemaren belum jalan, masih sedang dalam pengiriman j&t.

  16. Herman berkata:

    Pake sya kurang 1 ..pake yang lain setelah sampai dengan saya semua terbuka..dan kurir nya mengambil uang lebih..

  17. Herman berkata:

    Barang saya kurang 1 dan barang yang lain yang ssampai terbuka..dan kurirnya minta pembayaran lebih dari pembayaran yng terjantun…tlong ambil tindakan..

  18. Herman berkata:

    Barang saya kurang satu dan.barang yang sampai semua terbuka..dan kurirnya minta pembayaran lebih dari pembayaran yang tercantun..

  19. Herman berkata:

    Tolong ambil tindakan terhadap permasalahan ini..

  20. Johanes berkata:

    saya bingung sendiri kalau membandingkan dgn jasa pengiriman J&T dgn yg lainnya. Contoh saya menggunakan jasa dr A sampai di 7an jauh lbh cepet smtr J&T lambat bahkan sore haribaru sampai 7an padahal sama2 dr kota asal yg sama. Lewat tracking J&T udah jauh lbh dl sampaikota 7an tp prosesnya slowly. Spt terlalu banyak Droppoint yg menghandlenya sama2 diKota a knp harusdr 1 agen ke agen lagi. Knp ga dr kantor pusat lalu distribusikan?

  21. Devi suci julianti berkata:

    Mohon segera dipercepat pengirim barang saya, tanggal 25 mau di pakai barangnyaπŸ™ dengan resi JP6141363261

  22. Layanan jasa gk berkualitas berkata:

    Jasa expedisi yg sangat tidak bagus pelayanan.x,,, barang sy hampir 1 bln blum sampe2 nih,,, nyesel pake ini jasa… Cukup untuk kali ini aja,,,!! Jera sayaa barang sy muter2 satu blan,, padahal itu barang.x pesenan.x orng,, sy kena komplain sy yg ganti rugi lagi 😀😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *