Advertisement

Cara Mengajukan Komplain ke J&T Express (Paket Belum Sampai, Hilang, Rusak)

Penulis
Ifan Prasya
Diterbitkan pada
01 Februari 2021
Waktu membaca
4 Menit

Meski punya banyak keunggulan (drop point tanpa hari libur, lacak paket cepat dan mudah), namun masih banyak customer yang mengajukan komplain ke J&T Express. Mungkin termasuk kamu juga?

Jika iya, maka kamu sedang berada di laman yang tepat. Sebab, kami sudah merangkum semua informasi yang kamu butuhkan untuk menanyakan dan mengajukan keluhan ke J&T. Meliputi:

  • Persiapan yang perlu dilalui sebelum menghubungi pihak J&T Express,
  • Cara menghubungi CS J&T + template pesan agar cepat dibalas.
  • Cara melaporkan kurir J&T jika terdapat tindakan kurang menyenangkan

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti bisa kamu temukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai.

 

(Penting) Sebelum Kirim Komplain ke J&T

Setidaknya ada 2 persiapan yang perlu dilalui sebelum mengirim keluhan ke CS J&T, yaitu:

  • Rutin melakukan tracking barang di situs resmi / pihak ketiga,
  • Mencatat setiap keluhan yang dialami olehmu saat pengiriman.

Untuk penjelasannya, baca sesi berikut ini..

Rutin Cek Resi

Melacak barang J&T bisa kamu lakukan melalui beberapa cara: (1) Web resmi (jet.co.id), (2) Web pihak ketiga (pluginongkoskirim.com), (3) Aplikasi J&T, (4) Drop point J&T.

Kami juga sudah membuat postingan khusus perihal cara melacak barang J&T Express pada postingan berikut: Cara Cek Resi J&T.

Namun supaya lebih jelas, kami berikana contoh untuk cek resi menggunakan website pihak ketiga, yaitu PluginOngkosKirim.com. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman ini β†’ pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pilih Kurir J&T dan masukkan No Resi. Jika sudah, klik tombol Lacak.
  3. Selesai! Barang kami sudah berhasil dilacak dan akan terlihat status pengirimannya.

Catat Keluhan

Persiapan berikutnya adalah mencatat kendala yang sedang kamu alami. Untuk hal ini, kami coba merangkumnya menjadi 3 kendala utama (yang seringkali dialami oleh customer J&T), yaitu:

  • Paket belum sampai,
  • Barang hilang entah ke mana,
  • Barang yang diterima dalam keadaan rusak.

Khusus untuk komplain hilang dan rusak, ada cara penanganannya tersendiri. Biasanya, nanti akan dipandu untuk mengklaim asuransi (jika kamu menggunakannya) sebagai ganti rugi.

Cara Ajukan Komplain J&T Express

Setidaknya ada 4 cara tanya paket j&t express yang bisa kamu lakukan untuk menghubungi atau mengajukan pengaduan ke pihak Customer Care J&T Express, yaitu:

  • Menelepon call center J&T (24 jam),
  • Mengirim email resmi berisi keluhan,
  • Menanyakan lewat media sosial,
  • Mendatangi agen J&T terdekat.

Semua cara ini bisa kamu coba, tapi sesuaikan saja media mana yang nyaman untukmu. Tips Ringkas: Kalau ingin lebih cepat ditanggapi, menghubungi call center J&T sangat direkomendasikan. Namun, kekurangannya: bayar pulsa πŸ˜…

Untuk penjelasan selengkapnya, baca sesi berikut ya..

Call Center J&T

Customer Care 24 Jam (J&T Express) β†’ 021-8066-1888

Sebelum menelepon, ada baiknya kamu menyiapkan data diri sekaligus identitas barang yang dikirim. Biasanya cukup meliputi hal-hal berikut:

  • Nomor resi yang diterima,
  • Nama, alamat, dan no HP (pengirim dan penerima),
  • Pakai asuransi atau tidak,
  • Ciri-ciri paket yang dikirim.

Jika sudah komplit, ikuti petunjuk di bawah.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

96 Comments

  1. Jajang berkata:

    Mau komplain masa non cod sama kurirnya d tagih lagih onkosnya parah j&t gk proposional pekerjanya

    1. radhi berkata:

      Ini yang saya keluhkan sekarang, sudah dibayar minta dibayar lagi,,

  2. Riza Rahmania berkata:

    d shopee keterangan “paket sdh dtrima” pukul 18.21..
    lhaa orang2 d kantor g ada yg merasa nerima..
    apalagi keterangan paket dtrima oleh saya sendiri..
    Padahal saya jam 18.00 uda pulang..
    mohon untuk d tindak lanjuti

  3. Tarzan berkata:

    Paketan saya kok lom sampai.. lumajang ke klaten, sejak tgl 21_27.. msh tertahan di surabaya sejak tgl 22 di sapai skrang masih di surabay..

  4. Tarzan berkata:

    Kenapa paketan saya lama sampainya.. dari tgl 22 sampai sekarang msh tertahan di surabaya

  5. Mega auliya lamsel berkata:

    27 July sampai sekarang kenapa paket saya masih aja di tahan di bandar lampung

    1. Ifan Prasya berkata:

      Maaf Kak Mega, kami hanya menyampaikan cara untuk komplain, jadi kami tidak melayani komplain, ya. Karena kami bukan J&T Express, melainkan hanya portal blog yang mempublis artikel mengenai J&T Express. Mohon untuk komplain diajukan ke pihak J&T ya, untuk langkah2nya, sudah dijelaskan di atas. Terima kasih

    2. Ifan Prasya berkata:

      Silakan ajukan komplain kepada pihak J&T (bukan kami 😊) jika melebihi estimasi, panduannya sudah kami jelaskan di atas, ya, Kak. Terima kasih

  6. Sultan berkata:

    Udah lagi dikirim ke alamat ehh malah balik lagi ke droppoin apa magsudnya coba..

    1. Cahyaningsih Utami berkata:

      Betuul banget saya jg ngalamin..
      Katanya jam pelayanan dr jam 8- 20.00 eh td kurirnya jam 9 lebih blm berangkat jam 6 udah dibalikin di drop point.. Skrg kapok bgt dah pake jnt

      Kemarin lg jelas jelas alamat rumah si kurir mau se enaknya aja titipin di rumah deket tempat kerja jelas jelas alamatnya alamat rumah.. Dasar skrg banyak kurir yg geblek jd ngerusak citra jasa pengirimannya..
      Mending kl di wa bales eh ini ga bales

      Kalo bales ga sopan balesnya ya Allah nyesel bangeet deh

      1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

        Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  7. Dina berkata:

    Saya belanja di shopee pesan tgl 22 estimasi tgl 24 harus nya udah nyampe tapi sampai sekarang saya cek resi dalam perjalan menuju lokasi terus sampai sekarang padahl paketan yg lain udah nyampe lewat j&t juga

  8. Machmuda efendi berkata:

    Tlg kak mnt info email J&T utk keluhan

  9. Deti berkata:

    Saya mau komplen masa barang saya non cod di tagih lagi ongkir ma kurirnya??parah banger,,maaf bukan masalah uangnya tapi ini kejujurannya gak ada

  10. Wiwik widiarti berkata:

    Kenapa paket saya untuk bualemo kab banggai sulawesi tengah.di cek ko sdah da di morowali bagamana itu tolong dibantu pdahal biasanya jug alamatnya sama gk pernah nyasar

  11. Ade Rahman berkata:

    Pokoknya kalau masih ada delivery yang lain kenapa harus pake J&t, kapoklah tidak bisa komplain barang, pelayananya parah mereka hanya saling lempar tanggung jawab.

  12. Shinta berkata:

    Lamaaa pesen dri tgl 30 Agustus smpe sekarang 3 September kaga nyampe2, sbnernya udah smpe di tepat sortir dri tgl 1 sept, tapi brang engga smpe2, smpe sekarang….

  13. Brahim berkata:

    Paket Saya blum smpai” Sudah melewati Estimasi yg Sudah dijanjikan J&T Dari Brebes ke Semarang . Padahal Jaraknya Sangat Dekat . ToLong ditindak Lanjuti !!!

  14. Lukman berkata:

    Maaf paket saya dari Pekanbaru sampe Jakarta estimasi 4hari ko nga nyampe” trs pas dilacak nomer resi ngga valid . Gimana ini padahal isinya hp . Massa hilang gitu aja yah??? Ngga ada tanggung jawabnya nih

  15. Atikah berkata:

    Paket saya a.n Atikah kok dari kemaren belum jalan, masih sedang dalam pengiriman j&t.

  16. Herman berkata:

    Pake sya kurang 1 ..pake yang lain setelah sampai dengan saya semua terbuka..dan kurir nya mengambil uang lebih..

  17. Herman berkata:

    Barang saya kurang 1 dan barang yang lain yang ssampai terbuka..dan kurirnya minta pembayaran lebih dari pembayaran yng terjantun…tlong ambil tindakan..

  18. Herman berkata:

    Barang saya kurang satu dan.barang yang sampai semua terbuka..dan kurirnya minta pembayaran lebih dari pembayaran yang tercantun..

  19. Herman berkata:

    Tolong ambil tindakan terhadap permasalahan ini..

  20. Johanes berkata:

    saya bingung sendiri kalau membandingkan dgn jasa pengiriman J&T dgn yg lainnya. Contoh saya menggunakan jasa dr A sampai di 7an jauh lbh cepet smtr J&T lambat bahkan sore haribaru sampai 7an padahal sama2 dr kota asal yg sama. Lewat tracking J&T udah jauh lbh dl sampaikota 7an tp prosesnya slowly. Spt terlalu banyak Droppoint yg menghandlenya sama2 diKota a knp harusdr 1 agen ke agen lagi. Knp ga dr kantor pusat lalu distribusikan?

  21. Devi suci julianti berkata:

    Mohon segera dipercepat pengirim barang saya, tanggal 25 mau di pakai barangnyaπŸ™ dengan resi JP6141363261

  22. Layanan jasa gk berkualitas berkata:

    Jasa expedisi yg sangat tidak bagus pelayanan.x,,, barang sy hampir 1 bln blum sampe2 nih,,, nyesel pake ini jasa… Cukup untuk kali ini aja,,,!! Jera sayaa barang sy muter2 satu blan,, padahal itu barang.x pesenan.x orng,, sy kena komplain sy yg ganti rugi lagi 😀😀

  23. Emung berkata:

    Yang komentar mohon untuk bertanya ‘CARANYA’ saja, bukan komplain ke arah admin yg nulis artikel, gimana sih, ya nggak minπŸ₯±πŸ₯±πŸ₯±

  24. Ilham berkata:

    Niat ga si j&t jadi kurir katanya j&t kurir express

  25. SAMSUL ARIFIN berkata:

    Saya kirim barang dari shopee biasanya sampai di lokasi tanggal 27 September sampai hari ini belum sampai tgl 29 september2021

  26. Rep berkata:

    Jnt lelet kapok saya

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  27. Ern berkata:

    Biasanya kurirnya sering nyuri barang trus biasanya barang dari jakarta dikirim ke namlea kab buru prov maluku atau dri buru ke jakarta pasti gak sampai udah di curi

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  28. Dian berkata:

    Saya pesen di shoppee katsuobushi dari tokonya sdh dikirim dari tgl 01-10-2021 pas liat perjalanan paket tgl 3 sdh smpt J&T express cabang Galuh Mas Karawang sekarang sdh tgl 07-10-2021 msh belum dikirim , sy berusaha menghubungi penjual tapi dia bilabg itu salah kurir nya karena mmg posisi sdh terkirim oleh penjual. Lalu selama 5 hari ini tertahan di J&T Galuh kenapa smp selama itu ? Lalu apa yang harus saya lakukan ????

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  29. Pet berkata:

    pagi tgl. 4 Oktober saya beli tas di Shopee, seller kirim sore itu juga.
    sampai sekarang tgl. 8 Oktober belum terima.
    cek tracking di Shopee, tgl. 7 dan 8 Oktober, keterangannya :
    “Percobaan pengiriman paket akan dilakukan kembali besok karena Paket salah dikirimkan/salah penyortiran”

    saya sudah sering belanja di Shopee, kalau pas pake J&T, selalu seperti itu (barang diterima kurang lebih 1 minggu), sedangkan kurir yang lain biasanya 1 – 2 hari.

    saya ucapkan “terima kasih” kepada J&T yang sudah sekian lama men-training saya menjadi orang yang “sabar”

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  30. Whita berkata:

    Paket di shopee dr jm 9 sudah di kurir…udah sore blm juga sampe padahal mo di pake besok…yg dtg malah paket2 yg lain…gmn siyh

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  31. Evie berkata:

    Mau tanya paket atas nama Evie
    Almt kp baru parit pekir kec sungailiat

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Jika ingin cek resi J&T bisa cek di postingan kami sebelumnya ya kak

  32. Hirmiyati berkata:

    Paket saya tidak saya terima, ee.. dicek resi tiba2 sudah diretur.. tanpa tau apa sebabnya

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  33. Ranita Syahfitri berkata:

    Saya belanja dari Shoppe.barang dikirim tanggal 25 September 2021. Sampai sekarang barang belum saya terima.Mohon untuk pengecekannya πŸ™

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  34. COBA CLAIM ASURANSI JNT TP LAMA BANGET berkata:

    Halo. Disini ada yang pernah kirim pakai JNT dan barang rusak
    Pakai asuransi dan apakah bisa urus claim nya? Karena saya kirim pake JNT, pakai asuransi.
    Urus claim kaya nagih utang ke orang yang gamau bayar. If u know what i mean
    Please info ya
    Karena sudah hampir 1 bulan. Tidak ada kejelasan dari pihak mereka. 😴πŸ₯±

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Harusnya bisa sih kak

  35. Talita berkata:

    Paket hilang, keterangan ny diterima tetapi paket tidak ada sampai

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  36. Puji R berkata:

    Paket saya kok belum sampe

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  37. Puji R berkata:

    Paket saya klo ditelusuri sudah sampai, tampai hingga saat ini paketnya belum saya terima ?

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Bisa komplain dengan cara diatas ya kak πŸ™‚

  38. Varled berkata:

    Saya ingin mengambil paket ke j&t dan pas saya datang ke tempat tidak boleh diambil tolong bantu saya ini alamat kantor nya
    Jl. Arif Rahman Hakim No.61, RT.08/RW.02, Sindanglaut, Kec. Lemahabang, Cirebon, Jawa Barat 45183

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  39. Novi berkata:

    Paket tiba di hub dari tgl.14 sampai hari ini tgl.19 nov paket belum sampe ke tempat pengiriman ,,sudah ditanyakan ke orang kantor,jawaban nya sederhana yaitu : ga ada kurir yang masuk ke area saya
    Bukan saya tidak bisa ambil ke kantor tapi saya sudah bayar ongkos kirim ..bukan gratis ongkir

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Kalau gitu kaka bisa komplain langsung ke pihak j&t dengan cara diatas kak

  40. Ike aprillia berkata:

    Saya punya barang mulai tangal 11-11-2021
    Sampai sekarang belum sampai ke saya

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, bisa komplain ke j&T dengan panduan diatas ya

  41. Ike aprillia berkata:

    Gimana JNT saya punya barang di kirim mulai tgl 11-11-2021 .sampai sekarang belum sampai ke tangan saya.

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  42. Jihan berkata:

    Macam mna ni paket dah lama gak sampaiΒ²…
    Di bilang jnt cpat udh 5 hari gak sampaiΒ²..

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  43. Husni pratama berkata:

    halo kak saya mau komplain untuk pengiriman cod kenapa selalu tidak pernah di kirimkan ke alamat tujuan ya kak

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  44. Aristo berkata:

    Jnt rekrut kurir yg profesional. Dah jelas alamatnya masih aja d suruh ambil d kantor agennya. Kita pesan online dan pke jasa pengiriman tujuan biar barang sampai d rumah bukannya ngambil d agen. Benahi pelayanan dan perbaiki

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  45. Amy berkata:

    Parah paket harus nya diterima tanggal 5 – 12 – 2021 sampe tanggal 8 blm ada kabar
    Salah sortir lah salah kirim lah sampe detik ini paket tidak bergerak on proses terus

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Ditunggu saja kak, kalau memang belum sampai bisa komplain dengan cara diatas ya

  46. Mulyajaya berkata:

    Saya kirim barang kegarut tgl 11 Des
    Ko belumsampe, saya cek resi pengiriman malah d kirim ke tasik

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  47. Ananda Shafira Nisa berkata:

    Buruk bgt sih kurir J&T sekarang manfaatin penerima paket karna yg nerima anak smp masa cod
    harga nya gak sesuai dan dinaikin harganyaπŸ‘ŽπŸ»πŸ‘ŽπŸ»πŸ‘ŽπŸ»

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  48. Galuh kristiawan berkata:

    Mohon maap JNT nama saya GALUH KRISTIAWAN saya mau komplain atas barang yg dikirim oleh pemilik barang dalam kondisi utuh namun waktu pengiriman waktu saya trima dalam komdisi CRUSH/ Rusak Pecah jadi 2 saya menyesalkan kurir yg tak bertanggung jawab dengan amanah barang yg saya percayakan pada JNT

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  49. Nisa berkata:

    Jnt jasa kirim terlama

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Waduh, masa sih kak?

  50. rks berkata:

    aing ngakak liat komen disini malah pada komplain ke mas nya πŸ˜‚
    guys, dia cuma ngasih petuah cara cara buat komplain dan harus kemana kalau mau komplain.
    dia bukan CS nya j&t. oke?

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Haha iya kak, yaudah gapapa saya sabar kok kak wkwk

  51. Aliy zain berkata:

    Keluhan adik saya dari kolaka kirim barang berupa hp oppo reno 6 ke parepare jln ahnad yani km3 depanya alfamart pangkas rambut maduru,ujung
    Ketika barang dah nyampek pas di buka isinya kosong
    No resi 555015729743

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  52. Ng ket wan berkata:

    Barang saya ada dimana ? , barang dengan no resi JP9354067916

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  53. d shopee keterangan β€œpaket sdh dtrima” pukul 18.21..
    lhaa orang2 d tempat kerja g ada yg merasa nerima..
    apalagi keterangan paket dtrima oleh saya sendiri..
    Padahal saya jam 18.00 saya ada di tempat juga,
    Tolong di batu

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Mungkin telah diterima sekitar kantor kak, coba datang ke kantor J&T terdekat saja untuk memastikannya.

  54. Siti rosyidah azhari berkata:

    Gimana nih jnt dua kali saya pesan dari shope pakai jasa pengiriman ini untuk di kirim ke kampung.. kurirnya gk ramah dan malah saya disuruh jemput sendiri..

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Waduh, yang sabar ya kak. Kami hanya memberikan informasi, dan bukan merupakan pihak dari J&T. Terimakasi πŸ™‚

  55. iskal berkata:

    Paketan Customer aku selalu telat sampai tujuan,melewati estimati tanggal.
    kejadian bukan satu kali aja,melainkan 1hari bisa diatas 5 kali,saya nelepon ke pihak J&T nya
    buang waktu buang pulsa ,pelayanan saat tidak memuas kan

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Kalau begitu bisa melalui Whatsapp atau media sosial J&T kak, tidak akan membutuhkan pulsa namun hanya internet saja.

  56. yos berkata:

    Paket saya ada 3 rei belum juga nyampe2 .ada yg sudah aging 18 hari. gmna sih nih pengiriman lelet sekali… magementnya di perbaiki donk bos . berikut lampiran resinya…. JO0129692262
    JO0128999883
    JO0129886718

    1. Ambar Arum Juliyanti berkata:

      Hallo kak, maaf sebelumnya ya. Kami hanya menyampaikan informasi saja, bukan merupakan pihak dari J&T Express.

  57. Tolong donkkkk customer ku udah marah marah . Kalo kayak gini gue rugi besarrrrrrrrr. Kalian gimanakecewa loh saya pake jnt.

    1. Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Fany. Sebelumnya mohon maaf ya Kak. Kami tidak ada kaitannya sama sekali dengan JNT Express.
      Untuk komplain bisa mengirim pesan lewat dm atau chat FB pihak J&T Express secara langsung Kak.
      Tapi lebih bagus lagi komplain ke kantor agen terdekat.

  58. Welly berkata:

    Hampir sebulan paket saya belum datang

    1. Anisa Juniardi berkata:

      pesan dari mana Kak? Maksudnya toko onlinenya dari mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *