Biaya Kirim Laptop Via J&T: Ketentuan, Harga & Asuransi

Hanif 20 Feb 2023 4 Menit 0

ADVERTISEMENT

Ketika mau membeli laptop dari marketplace dan eCommerce, banyak yang belum tahu berapa biaya kirim laptop via J&T dengan packing kayu.

Mengirim laptop sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengirim barang dengan J&T pada umumnya. Hanya saja, untuk memastikan keamanannya, pengiriman laptop memerlukan perlindungan tambahan seperti menggunakan packing kayu.

Paking kayu ini dapat menambah biaya pengiriman. Bagi kamu yang ingin mengirim laptop dengan menggunakan packing kayu melalui J&T, perlu memahami cara menghitung biaya pengiriman yang tepat.

Simak artikel ini untuk mendapatkan estimasi biaya kirim laptop via J&T.

ADVERTISEMENT

Perlindungan Ketika Kirim Laptop Lewat J&T

Sebenarnya biaya kirim laptop via J&T tidak jauh berbeda dengan mengirim barang dengan mengirim barang lainnya. Namun, karena laptop merupakan barang elektronik yang penting, untuk mengirim laptop membutuhkan perlindungan khusus.

  • kardus
  • busa styrofoam (sudah ada di dalam kardus untuk laptop baru)
  • bubblewarp (biasanya ditambahkan penjual untuk membungkus kardus)
  • paking kayu (item tambahan)
Biaya kirim laptop via j&t

Pengiriman laptop dengan paking kayu ketika ditimbang memiliki berat total 7,46 kg

Ketika membeli laptop baru, biasanya packing dari pabrik sudah cukup baik. Pabrikan biasanya membekali laptop baru dengan busa Styrofoam dan kardus yang cukup baik untuk melindungi laptop ketika terjadi guncangan atau benturan.

Sementara untuk laptop bekas, biasanya penjual juga menambahkan bubblewrap untuk melindungi laptop. Perlindungan ini mungkin cukup untuk melindungi laptop terhadap guncangan di dalam truk atau van ketika pengiriman.

Tapi, bagaimana jika petugas kurir melempar barang? Seperti yang kita tahu, meskipun barang sudah diberi stiker “fragile” sekalipun, terkadang petugas tetap melempar dan membanting barang tersebut.

Selain itu, yang membahayakan adalah ketika laptop tertumpuk barang lain ketika pengiriman. Seperti yang kita tahu, dalam pengiriman barang, barang yang dikirim kerap ditumpuk begitu saja di dalam truk.

Oleh karena itu, untuk keamanan ekstra, paking kayu digunakan untuk memastikan laptop tidak mendapat kerusakan ketika pengiriman.

Penting: Tanyakan kepada penjual apakah paking kayu sudah termasuk dalam item pembelian laptop?

Paking kayu ini biasanya disediakan sebagai pilihan oleh penjual. Untuk tambahan paking kayu, ada tambahan biaya Rp 20.000 – Rp 100.000, tergantung penjual.

Selain tambahan item, paking kayu juga akan menambah volume/berat barang yang dikirimkan. Perhitungannya ada di bawah.

ADVERTISEMENT

Perhitungan Biaya Kirim Laptop via J&T

Seperti mengirim barang lain pada umumnya, pengiriman laptop bisa dihitung berdasarkan berat atau volume. Mana yang lebih mahal, maka biaya tersebut jadi patokan petugas kurir J&T untuk mengirim barang.

ADVERTISEMENT

Perhitungan biaya kirim laptop berdasarkan berat

Ketika mengirim laptop, bukan hanya berat laptop itu sendiri yang menjadi patokan, tetapi juga kardus serta paking kayunya. Isi pada kardus laptop juga termasuk aksesoris charger dan kabel yang menjadi penunjang operasional laptop.

Jadi, semisal berat laptop sendiri 1,5 kg, jika ditambah dengan aksesoris charger, tas laptop, mouse, busa styrofoam dan kardus, maka berat total kardus laptop bisa mencapai 3 kg.

Kemudian ketika ditambah bubble warp dan paking kayu, maka berat total dengan paking kayu mencapai 5-13 kg. Dari berat ini, biaya ongkos kirim laptop via j&T bisa dihitung.

Untuk menghitung harga ongkir laptop menggunakan J&T, kamu bisa menggunakan “Cek Tarif” pada situs pluginongkoskirim.com. Dengan situs ini, harga ongkir J&T dengan kurir lainnya bisa kamu bandingkan.

Biaya kirim laptop via j&t 2

Mengirim laptop di counter j&t

ADVERTISEMENT

Perhitungan Biaya Kirim Laptop Berdasarkan Volume Barang (volumetrik)

Biaya kirim laptop berdasarkan volume barang dapat dihitung menggunakan perhitungan berat volumetrik. Hal ini penting karena penggunaan paking kayu pada pengiriman laptop akan menambah dimensi dan berat kiriman.

Untuk menghitung berat volumetrik, perusahaan pengiriman biasanya menggunakan rumus sesua dengan ketentuan pengiriman J&T. Perusahaan J&T menggunakan rumus panjang x lebar x tinggi (dalam cm) dibagi 6.000. Jika hasil perhitungan berat volumetrik lebih tinggi daripada berat fisik sebenarnya dari kiriman, maka biaya pengiriman akan dihitung berdasarkan berat volumetrik.

Ukuran paking kayu bisa bermacam-macam, menyesuaikan dengan ukuran kardus laptop atau sesuai dengan standar pengiriman.

Umumnya ukuran paking kayu small crate (40x40x40) sudah cukup besar untuk mengirim laptop. Ukuran ini standar pengiriman dari kurir. Namun jika tidak dikecilkan, tentunya biaya pengiriman jadi membengkak.

Terbukti, perhitungan volumetriknya menjadi [(p x l x t)/6000] x 1 kg = [(40 x 40 x 40)/6000] x 1 kg = 42.67 kg.

Tentunya, berat yang dipakai jadi berat volumetrik, Ongkos kirim pun jadi luar biasa mahal. Tentu saja jika mahal, penjual maupun jasa kienggan menggunakan paking kayu dari kantor J&T.

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Hanif
Ditulis oleh

Hanif

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *