Cara Mengajukan Komplain ke J&T Express, Atasi Paket Belum Sampai

Ifan Prasya 07 Sep 2022 6 Menit 12

ADVERTISEMENT

Meski punya banyak keunggulan (drop point tanpa hari libur, lacak paket cepat dan mudah), namun masih banyak customer yang mengajukan komplain ke J&T Express. Mungkin termasuk kamu juga?

Jika iya, maka kamu sedang berada di laman yang tepat. Sebab, kami sudah merangkum semua informasi yang kamu butuhkan untuk menanyakan dan mengajukan keluhan ke J&T. Meliputi:

  • Persiapan yang perlu dilalui sebelum menghubungi pihak J&T Express,
  • Cara menghubungi CS J&T + template pesan agar cepat dibalas.
  • Cara melaporkan kurir J&T jika terdapat tindakan kurang menyenangkan

Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (⭐) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti bisa kamu temukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai.

 

ADVERTISEMENT

(Penting) Sebelum Kirim Komplain ke J&T

Setidaknya ada 2 persiapan yang perlu dilalui sebelum mengirim keluhan ke CS J&T, yaitu:

  • Rutin melakukan tracking barang di situs resmi / pihak ketiga,
  • Mencatat setiap keluhan yang dialami olehmu saat pengiriman.

Untuk penjelasannya, baca sesi berikut ini..

ADVERTISEMENT

Rutin Cek Resi

Melacak barang J&T bisa kamu lakukan melalui beberapa cara: (1) Web resmi (jet.co.id), (2) Web pihak ketiga (pluginongkoskirim.com), (3) Aplikasi J&T, (4) Drop point J&T.

Kami juga sudah membuat postingan khusus perihal cara melacak barang J&T Express pada postingan berikut: Cara Cek Resi J&T.

Namun supaya lebih jelas, kami berikana contoh untuk cek resi menggunakan website pihak ketiga, yaitu PluginOngkosKirim.com. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka laman ini → pluginongkoskirim.com/cek-resi
  2. Pilih Kurir J&T dan masukkan No Resi. Jika sudah, klik tombol Lacak.
  3. Selesai! Barang kami sudah berhasil dilacak dan akan terlihat status pengirimannya.

Jika kamu ingin tahu maksud dan arti status pengiriman J&T, kamu juga bisa simak Arti Kode & Istilah Pengiriman J&T Express (Beserta Penjelasan).

ADVERTISEMENT

Catat Keluhan

Persiapan berikutnya adalah mencatat kendala yang sedang kamu alami. Untuk hal ini, kami coba merangkumnya menjadi 3 kendala utama (yang seringkali dialami oleh customer J&T), yaitu:

[su_list icon=”icon: remove” icon_color=”#d80006″]
  • Paket belum sampai,
  • Barang hilang entah ke mana,
  • Barang yang diterima dalam keadaan rusak.
[/su_list]

Khusus untuk komplain hilang dan rusak, ada cara penanganannya tersendiri. Biasanya, nanti akan dipandu untuk mengklaim asuransi (jika kamu menggunakannya) sebagai ganti rugi.

Ketika mengecek paket, terkadang kita mendapati kalau paket tidak bergerak. Lalu, apa yang harus dilakukan jika paket J&T tidak bergerak?

Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengajukan komplain. Dengan begitu, petugas J&T bisa segera mencarikan dan membantu pengiriman barang supaya bisa berjalan dengan baik.

Bagaimana cara mengajukan komplain ke J&T? simak caranya di bawah.

ADVERTISEMENT

Cara Ajukan Komplain J&T Express

Setidaknya ada 4 cara tanya paket j&t express yang bisa kamu lakukan untuk menghubungi atau mengajukan pengaduan ke pihak Customer Care J&T Express, yaitu:

  • Menelepon call center J&T (24 jam),
  • Mengirim email resmi berisi keluhan,
  • Menanyakan lewat media sosial,
  • Mendatangi agen J&T terdekat.

Semua cara ini bisa kamu coba, tapi sesuaikan saja media mana yang nyaman untukmu. Tips Ringkas: Kalau ingin lebih cepat ditanggapi, menghubungi call center J&T sangat direkomendasikan. Namun, kekurangannya: bayar pulsa ?

Untuk penjelasan selengkapnya, baca sesi berikut ya..

ADVERTISEMENT

Call Center J&T

Customer Care 24 Jam (J&T Express) → 021-8066-1888

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
J&T
Ifan Prasya
Ditulis oleh

Ifan Prasya

Terampil dalam meracik strategi SEO Content Marketing untuk bisnis yang mampu meningkatkan angka penjualan.

12 Comments

  1. Avatar of dian DIAN berkata:

    wahai J&T YG TUKANG JANJI MANIS TAPI PALSU
    PAKETAN SAYA NO. RESI JD0214415294 SAMPE SKR BELUM SAMPE
    TOLONG BANTU SAYA, SAYA HARUS GMN?

    1. Avatar of anisa juniardi Anisa Juniardi berkata:

      Hai Kak Dian, apakah paketnya sudah diterima sekarang? Kalo belum juga, kakak bisa langsung ke drop point atau agen JNT Express terdekat ya Kak saran kami.

  2. Avatar of zainal aripin Zainal Aripin berkata:

    JT express Bali membuat laporan bahwa barang yang dikirim sudah diterima yang bersangkutan tanggal 9 Maret 2022 padahal belum diantarkan sampai tanggal 10 Maret 2023. Apa begini pelayanan prima JT exepress sekedar laporan asal atasan senang, tetapi dikotori dengan ketidakjujuran. kode pengiriman saya adalah JP2176865215

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Kak, coba cek resinya terlebih dahulu. Setelah itu datangi kantor agennya. Nah, langsung lakukan komplain aja Kak atau ambil paket di tempat. Dijamin..

  3. Avatar of zainal aripin Zainal Aripin berkata:

    Bagaimana JT Exepress tanggapannya atas keluhan pelanggan, apakah kolom pengaduan ini hanya sekedar basa-basi dan keranjang sampah. Kalau ada iktikad baik seharusnya pihak perusahaanlah yang mengkonfirmasi kepada pelaksana, bukan pelanggan.

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Maaf, Kak.. mohon maaf sebelumnya. Tapi kakak salah alamat. Silakan komplain langsung ke kantor agennya ya Kak. Kami aslik dah gatau apa apa.

  4. Avatar of agus muslim agus muslim berkata:

    sy beli barang dari jakarta sarung bhs jumlah 11, 1 dus isinya 10, 1yang sisanya di luar dus itu barang harganya 650000, hilang di perjalan , sy tanya ke kuril barangnya yang datang dari jakarta cuma satu tidak ada yang lain , pas sy cek pastiknya yang bawah sobek gimana ini min bisa terjadi

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Hai Kak Agus, sebelumnya mimin turut prihatin ya. Tapi maaf Kak, kami tidak ada sangkut pautnya dengan JNT Express. Tapi dengan kejadian yang Kakak alami, kemungkinan tergores karena kondisi overload, barang jualan hampir dilempar/dibanting Kak. Langsung ajukan asuransi Kak.

  5. Avatar of i wayan wiradana I Wayan Wiradana berkata:

    Dalam 1 bulan terakhir ini barang yang saya pesan di Shopee yg dikirim lewat J & T Economy tidak pernah sampai. Kurir tidak pernah menghubungi saya ataupun datang ke alamat saya tahu-tahu barangnya dikembalikan lagi ke penjual. Silakan cek Resi JP8635427410, JP4615590890, JP0094097710, JP4045082602. Saya member gold di Shopee. Ini adalah kejadian KE 6 kalinya selama berlangganan di Shopee, sebelumnya tidak pernah ada masalah. Ini sepertinya KURIRnya nggak beres

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      Mimin cm bisa bilang, maaf ya kak Wayan ini harus terjadi ke Kakak. Kalo memungkinkan, saran mimin, kakak bisa datengin kantor agen JNT terdekat atau kantor JNT yang drop barang tersebut terakhir kali. Bisa juga kirim pengaduan ke media konsumen, Kak. Semoga peketnya kembali ke Kakak ya ^^

  6. Avatar of kiki kiki berkata:

    kemarin aku ada paket COD , padahal aku gak pesan , soalnya aku kerja dibayarlah paket itu,
    padahal alamat yang dikirim beda sesuai alamat yang aku tulis ditiktok..
    GILA penipuan model apa ini , ga kasihan perusahaannya ya ..

    1. Avatar of anisa Anisa berkata:

      kak, kalo ada kasus kayak gini, paketnya jangan diterima. Balikin ke kurirnya. Lagi marak banget penipuan via COD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *