Meski punya banyak keunggulan (drop point tanpa hari libur, lacak paket cepat dan mudah), namun masih banyak customer yang mengajukan komplain ke J&T Express. Mungkin termasuk kamu juga?
Jika iya, maka kamu sedang berada di laman yang tepat. Sebab, kami sudah merangkum semua informasi yang kamu butuhkan untuk menanyakan dan mengajukan keluhan ke J&T. Meliputi:
- Persiapan yang perlu dilalui sebelum menghubungi pihak J&T Express,
- Cara menghubungi CS J&T + template pesan agar cepat dibalas.
- Cara melaporkan kurir J&T jika terdapat tindakan kurang menyenangkan
Namun sebelum itu, ketuk tombol Bookmark (â) di pojok kanan atas browser untuk menyimpan postingan ini – agar nanti bisa kamu temukan lagi. Jika sudah, mari kita mulai.
(Penting) Sebelum Kirim Komplain ke J&T
Setidaknya ada 2 persiapan yang perlu dilalui sebelum mengirim keluhan ke CS J&T, yaitu:
- Rutin melakukan tracking barang di situs resmi / pihak ketiga,
- Mencatat setiap keluhan yang dialami olehmu saat pengiriman.
Untuk penjelasannya, baca sesi berikut ini..
Rutin Cek Resi
Melacak barang J&T bisa kamu lakukan melalui beberapa cara: (1) Web resmi (jet.co.id), (2) Web pihak ketiga (pluginongkoskirim.com), (3) Aplikasi J&T, (4) Drop point J&T.
Kami juga sudah membuat postingan khusus perihal cara melacak barang J&T Express pada postingan berikut: Cara Cek Resi J&T.
Namun supaya lebih jelas, kami berikana contoh untuk cek resi menggunakan website pihak ketiga, yaitu PluginOngkosKirim.com. Berikut langkah-langkahnya:
- Buka laman ini â pluginongkoskirim.com/cek-resi
- Pilih Kurir J&T dan masukkan No Resi. Jika sudah, klik tombol Lacak.
- Selesai! Barang kami sudah berhasil dilacak dan akan terlihat status pengirimannya.
Jika kamu ingin tahu maksud dan arti status pengiriman J&T, kamu juga bisa simak Arti Kode & Istilah Pengiriman J&T Express (Beserta Penjelasan).
Baca Juga
Catat Keluhan
Persiapan berikutnya adalah mencatat kendala yang sedang kamu alami. Untuk hal ini, kami coba merangkumnya menjadi 3 kendala utama (yang seringkali dialami oleh customer J&T), yaitu:
[su_list icon=”icon: remove” icon_color=”#d80006″]- Paket belum sampai,
- Barang hilang entah ke mana,
- Barang yang diterima dalam keadaan rusak.
Khusus untuk komplain hilang dan rusak, ada cara penanganannya tersendiri. Biasanya, nanti akan dipandu untuk mengklaim asuransi (jika kamu menggunakannya) sebagai ganti rugi.
Ketika mengecek paket, terkadang kita mendapati kalau paket tidak bergerak. Lalu, apa yang harus dilakukan jika paket J&T tidak bergerak?
Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengajukan komplain. Dengan begitu, petugas J&T bisa segera mencarikan dan membantu pengiriman barang supaya bisa berjalan dengan baik.
Bagaimana cara mengajukan komplain ke J&T? simak caranya di bawah.
Cara Ajukan Komplain J&T Express
Setidaknya ada 4 cara tanya paket j&t express yang bisa kamu lakukan untuk menghubungi atau mengajukan pengaduan ke pihak Customer Care J&T Express, yaitu:
- Menelepon call center J&T (24 jam),
- Mengirim email resmi berisi keluhan,
- Menanyakan lewat media sosial,
- Mendatangi agen J&T terdekat.
Semua cara ini bisa kamu coba, tapi sesuaikan saja media mana yang nyaman untukmu. Tips Ringkas: Kalau ingin lebih cepat ditanggapi, menghubungi call center J&T sangat direkomendasikan. Namun, kekurangannya: bayar pulsa ?
Untuk penjelasan selengkapnya, baca sesi berikut ya..
Call Center J&T
Customer Care 24 Jam (J&T Express) â 021-8066-1888
Sebelum menelepon, ada baiknya kamu...
wahai J&T YG TUKANG JANJI MANIS TAPI PALSU
PAKETAN SAYA NO. RESI JD0214415294 SAMPE SKR BELUM SAMPE
TOLONG BANTU SAYA, SAYA HARUS GMN?
Hai Kak Dian, apakah paketnya sudah diterima sekarang? Kalo belum juga, kakak bisa langsung ke drop point atau agen JNT Express terdekat ya Kak saran kami.