Advertisement

Ide Jualan di Marketplace Tahun 2022, Bikin Untung Banyak Buruan Mulai

Diterbitkan pada
06 September 2022
Waktu membaca
7 Menit

Ada banyak ide jualan 2022 yang menguntungkan yang bisa anda cari dari berbagai sumber seperti halnya search di Google atau tempat pencarian informasi lainnya, termasuk dari aritkel ini

Ide jualan itu bisa berjalan ada jika ada tekad dan kemauan. Jangan hanya mempunyai ide tapi tidak merealisasikannya. Hal yang utama dalam berdagang tidak hanya memiliki ide saja tapi harus memiliki jiwa pebisnis.

Jadi, ide cemerlang dan kreatif yang anda miliki tidak beku di pikiran saja. Tapi dituangkan atau direalisasikan dalam kehidupan yang sebenarnya. Apalagi, sekarang banyak cara memulai bisnis dengan resiko yang minim.

Marketplace, Solusi Memulai Bisnis Online

Salah satu hal yang membuat kebanyakan orang takut untuk jualan yaitu modal yang dimiliki kecil. Sedangkan untuk membuka toko harus menyewa kios, belum lagi harus memiliki modal barang yang akan didagangkan. Sehingga muncul rasa ragu.

Sekarang anda tidak perlu khawatir karena dengan modal yang sedikit anda sudah bisa memiliki toko sendiri. Adapun nama toko tersebut adalah toko online. Pemanfaatan teknologi yang semakin canggih ini dapat membantu ekonomi masyarakat.

Toko online ini tidak perlu menyewa tempat untuk kios tapi penghasilan yang didapatkan jika tidak kalah penting dengan yang memiliki kios. Itulah dunia digitalisasi di era 2022. Memanfaatkan teknologi yang tepat akan membawa manfaat yang besar.

Toko online biasanya disebut sebagai marketplace oleh kebanyakan masyarakat. Setelah Anda memiliki toko online selanjutnya mengetahui barang yang akan anda jual. Untuk menjual produk juga tidak butuh modal yang besar.

Berikut beberapa Marketplace yang banyak digunakan oleh orang Indonesia

  • Tokopedia
  • Shopee
  • Bukalapak
  • Lazada
  • Blibli
  • Bhinneka
  • JD.ID

Selain marketplace diatas, sekarang media sosial juga bisa jadi tempat jual beli online. Mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter juga bisa jadi ajang promosi jualan.

Sekarang anda bisa memiliki jutaan produk dengan modal yang kecil. Cukup dengan menjadi reseller atau dropshipper anda bisa memiliki jutaan produk. Semakin menggiurkan bukan?

Adanya teknologi yang sudah berkembang pesat ini bisa anda manfaatkan untuk hal-hal yang positif. Sangat disayangkan jika teknologi ini hanya digunakan untuk yang kurang bermanfaat. Dari pada waktu tersita melihat smartphone begitu saja sebaiknya berjualan.

Sebelum anda berniat untuk membuka usaha salah satunya berjualan online maka harus ada berbagai persiapan. Selain itu anda juga perlu mengetahui ide apa saja yang cocok dan diminati banyak pembeli. Anda akan mendapatkan jawabannya selanjutnya.

Persiapan Sebelum Jualan di Marketplace

Sebelum anda memutuskan untuk berjualan di marketplace dengan menerapkan ide jualan 2022, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketika berjualan di marketplace. Hal tersebut nantinya akan memberikan anda motivasi dan semangat untuk berjualan. Berikut inilah persiapannya.

  • Persiapan untuk membuat toko di marketplace

Persiapan membuat toko di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada; membutuhkan dokumen seperti halnya KTP, alamat email, Nomor handphone bisnis dan rekening bank. Jika anda sudah persiapkan maka anda bisa membuat toko online.

Selain itu anda juga membutuhkan branding atau nama toko sekaligus sebagai nama brand dari produk yang anda jual. Seperti halnya dindacraft, nama tersebut sebagai brand dan bergerak dalam penjualan kerajinan tangan.

  • Mengetahui apa saja peraturan dan fitur di marketplace

Membiasakan diri untuk taat pada peraturan adalah suatu hal yang wajib. Karena jika anda melanggar peraturan marketplace maka anda juga akan sulit untuk berjualan produk selanjutnya.

Silahkan anda nikmati saja fasilitas yang berupa fitur yang sudah disiapkan oleh marketplace. Nikmati prosesnya karena anda tinggal menggunakn tidak membuat berbagai fiturnya.

  • Menguasai produk yang akan dijual

Salah satu kunci sukses berjualan adalah Pintar jualan dengan memahami produk yang dijual. Jangan sampai menjual bingung atau ragu dalam memberikan penjelasan mengenai produk yang dijualnya kepada pembeli.

  • Membangun reputasi

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika membangun toko online yaitu membangun reputasi. Jika reputasi toko anda semakin baik maka pelanggannya juga akan semakin banyak begitu juga sebaliknya.

  • Memiliki jaringan komunikasi dengan penjual lainnya

Penjual satu dengan penjual yang lainnya bisa menjalin komunikasi untuk mendapatkan informasi mengenai hal-hal terbaru yang belum diketahui. Bisa jadi produk yang sedang populer di masa itu.

Laman: 1 2 3

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Wahyu Saputro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *