Advertisement

Cara Membuka Email di Gmail Lewat HP Dan Laptop Mudah Banget

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
13 Juli 2022
Waktu membaca
6 Menit

Sekarang, penggunaan email sebagai identitas digital semakin penting. Semua akun media sosial, pinjol, toko online, hingga rekening bank, sekarang menggunakan email untuk menggunakan layanannya.

Makanya, cara membuka email ini harus diketahui semua orang. Membuka email ini termasuk dalam informasi dasar berinternet, loh. Jangan dilewatkan ya!

Sebelum membuka email, sudah membuat akun email, kan? Jika belum, buat dulu ya. Masak akun emailnya enggak ada tapi sudah mau dibuka.

Oke, langsung aja, Ini dia langkah membuka email.

Cara Membuka Email Lewat Aplikasi Gmail

Ketika membeli HP Android, biasanya aplikasi Gmail sudah terinstall sebagai bagian dari aplikasi dasar. Untuk membukanya, temukan group atau folder aplikasi Google terlebih dahulu.

Baik HP Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung, dan HP Android lainnya, semuanya memiliki kemiripan di sistem operasinya. Jadi cara membuka email sebenarnya tidak jauh berbeda diantara HP tersebut.

Inilah langkahnya.

  1. Temukan grup/folder aplikasi google > buka folder tersebut
  2. Buka aplikasi Gmail,
    aplikasi Gmail memiliki logo M menyerupai surat dengan warna biru, merah kuning, hijau.
  3. Ini dia tampilan gmail setelah terbuka
    disini akan muncul daftar email yang masuk.
    email yang masuk ini ditempatkan di “kotak masuk” atau “inbox”
  4. jika email tersebut dibuka, maka akn muncul tampilan seperti ini

Setelah email terbuka, maka muncul menu untuk menghapus, forward, menunda, dan membalas, dan lainnya. Ini akan lebih lengkap dibahas di bawah.

Cara Membuka Email Lewat Browser di HP

Ketika mau mengakses akun orang, sebenarnya bisa menggunakan browser saja. Dengan begitu data akun di hp tidak bercampur. kemudian, izin fitur yang diakses oleh browser lebih sedikit darpiada mendaftarkan akun google ke aplikasi gmail.

karena aplikasi gmail terintegrasi dengan berbagai layanan dasar android, seperti google maps, google contacts, Google playstore, dan layanan google lainnya.

Salah satu browser yang paling banyak digunakan adalah google chrome. Google chrome juga biasanya termasuk dalam aplikasi dasar yang ada di HP android, jadi tidak perlu mencari dan mendownload aplikasi ini di play store untuk mencarinya.

  1. Masuk ke google chrome
  2. Di address bar, masukkan “gmail.com” atau “mail.google.com” > enter
  3. Login ke akun google yang digunakan
  4. Masuk ke gmail
    maka akan muncul tampilan berisikan surat yang masuk di kotak masuk
  5. buka email dengan cara mengetuk email yang mau dibuka
  6. scroll ke baah untuk melihat lebih lengkap isi email tersbut.

Selesai.

salah satu keuntungan lain, jika ingin menghapus akun gmail dari browser tersbut bisa dengan menghapus data browser saja. selain itu, browser juga memungkinkan untuk menggunakan banyak profil, jadi masing masing profil bisa dibuat untuk tiap akun dan keperluan yang berbeda.

makanya, browser ini adalah alat yang ideal untuk cara membuka email orang lain.

Cara Membuka Email Lewat Browser di Komputer

tidak jauh berbeda dengan menggunakan browser HP

  1. buka browser
    browser yang biasa digunakan adalah “Google Chrome” dan “Microsoft Edge”
  2. ketikkan gmail.com atau mail.google.com di adress bar
  3. login ke google dengan memasukkan username dan password bila diperlukan
  4. masuk ke halaman muka di mana email yang masuk ke kotak masuk akan ditampilkan dalam daftar seperti di gambar berikut
  5. buka emailnya dengan mengeklik email yang diinginkan
    misalnya email yang dibuka ini adalah email selamat datang dari tiktok.

Catatan: Bila sebelumnya sudah pernah login di google, browser akan menyimpan data. Sehingga tidak perlu login lagi.

begitulah cara membuka email Google atau gmail di Browser komputer dan laptop.

Ketika melihat tampilan diatas, ada banyak ikon dan fitur yang mungkin asing bagi kita. ini dia beberapa fitur yang biasa digunakan di email.

  • Favorit: memasukkan email ke “favorit” akan emmbuat email lebih mudah ditemui ketika dicari. gunakan fitur ini untuk menyimpan email penting.
  • halas pesan: memberikan balasan dari email tersebut kepada pengirim email. gunakan fitur ini untuk menanggapi follow up lamaran pekerjaan
  • Forward: meneruskan email yang kmu pilih kepada alamt lain.
  • Tunda pesan: mengignatkan kembali mengenai email tersebut di waktu yang telah ditentukan
  • Hapus pesan: memasukkan pesan ke kotak sampah

Tips Membuka Email Supaya Aman

Sekarang kamu sudah tau cara membuka akun email google dan cara membuka email nya. Tapi hati hati, jangan sembarangan memasukkan alamat email dan passwordnya di situs yang tidak dikenal. Ini beberapa Tips membuka email supaya aman.

  1. Jaga Informasi anda
    Jika ada email masuk yang tidak dikenal dan meminta informasi seperti kartu kredit, informasi bank, atau informasi pribadilainnya, jangan mudah percaya. Beberapa email mengaku ngaku sebagai raja Nigeria dan meminta informasi bank untuk memberikan data harta warisan. Namun sebenarnya ini adalah penipuan karena uang yang kemudian diberikan tidak akan pernah dikembalikan.
  2. hati hati ketika mengklik link di email
    Tidak jarang ada email yang menyatakan bahwa kamu menang hadiah. Untuk menebusnya kamu diarahkan untuk menuju website tertentu. Ternyata itu penipuan dan banyak website semacam itu yeng memiliki motif pencurian data. Jadi, berhati-hatilah saat membuka link di email.
  3. Hati-hati ketika mendownload attachment atau lampiran.
    Lampiran adalah salah satu fitur email yang digunakan untuk mengirimkan file. Ini sangat berguna ketika mengirim lamaran kerja lewat email. Sayangnya, fitur ini juga dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. file attachment bisa diisi virus, malware, spyware, atau file jahat lainnya. pastikan mendownload attachment dari email yang anda percaya saja.
  4. Jaga password
    Pastikan menggunakan password yang aman. untuk keamanan ekstra, ganti password secara berkala. apalagi sekarang banyak breaching website yang membocorkan password informasi emailmu. kemudian, jangan sebarkan passwordmu kepada sembarang orang.
  5. Pastikan selalu log out
    Setelah login di komputer tempat umum ataupun meminjam perangkat teman, pastikan untuk sign out ya. jika tidak, orang orang bisa mengakses eailmu. Padahal email ini bisa digunakan untuk mendaftar situs jual beli online, situs pinjol, dan media sosial. jangan sampai ada tagiahan datang mengatas namakan dirimu padahal kamu tidak order.

    Sudah tahu cara Log out akun google di hp dan laptop kan? jangan lupa juga selalu check perangkat apa saja yang mengakses akunmu.

  6. Hati-hati dengan phising
    Pastikan ketika login bahwa kamu sudah masuk ke halaman website yang benar. Phising adalah penipuan dimana orang jahat menggunakan website yang mirip dengan website asli untuk mencuri email dan password. ketika kamu masuk ke websiote palsu tersbut, mungkin kamu tidak sadar bahwa itu website phising. setelah menginput email dan password di website tersbut, maka penipu akan mendapatkan data tersebut. bahaya kan?!
  7. Jangan respon spam atau email yang mengyinggung
    jangan mudah terganggu oleh email spam ataupun email yang menyinggung.Ini hanya akan menghabiskan energi tanpa mu sementara kmu tidak akan mendapatkan apa-apa.
  8. Hati-hati dengan email yang mengaku-aku dari bank atau platform jual beli online.
    jika ada yang mengaku-aku bahwa mereka dari bank atau situs jual beli online bahwa kamu memenagnkan hadiah undian atau semacam nya, jangan mudah percaya. pastikan alamat email yang digunakan adalah elamat email yang profesional, bukan gratisan. untuk crosscheck, bisa juga menghubungi customer service instansi terkait.

Itulah bebrapa tips membuak email supaya aman. lebih baik mencegah daripada menyesal di belakang. pastikan akun emailmu selalu aman ya.

Penutup

Begitulah cara membuka email baik melalui hp maupun laptop. Sekarang sudah bisa membuka email yang masuk, seperti email verifikasi ketika mendaftar aplikasi lain.

Sampai disini dulu artikel dari kami. Pastikan akunmu aman dan selalu berinternet dengan sehat ya! sampai bertemu di artikel pintarjualan berikutnya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *