Advertisement

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email di HP dan Laptop yang Baik dan Benar

Penulis
Hanif Mufid
Diterbitkan pada
08 Juli 2022
Waktu membaca
5 Menit

Berkat kemajuan internet, sekarang melamar pekerjaan jadi lebih mudah. Banyak perusahaan yang meminta supaya lamaran pekerjaan dikirim ke alamat email saja. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan map. Selain mudah, jadi lebih hemat kertas deh.

Jika belum punya akun untuk melamar pekerja, maka harus membuat email terlebih dahulu. Barulah bisa mengirim lamaran pekerjaan dengan surel.

Langsung saja, ini cara melamar pekerjaan lewat email.

Persiapan Melamar Pekerjaan Lewat Email

Sebelum melamar pekerjaan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Umumnya, perekrut sudah memberikan informasi ini di lowongan pekerjaannya. Masing-masing recruiter tentu memiliki persyaratan berbeda.

1. Buat Curriculum Vitae

Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu hal yang wajib disertakan dalam lamaran kerja. Selain CV terkadang orang juga menggunakan resume. Untuk membuat dokumen ini, software atau perangkat lunak yang mudah digunakan adalah Microsoft Words.

Tuliskan informasi mengenai data diri, Pendidikan, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja. melamar sebagai fresh graduate, mungkin kamu belum punya pengalaman pekerjaan. Jangan khawatir, kamu bisa menekankan pada pengalaman organisasi atau portofolio proyek kampus.

2. Persiapan Dokumen

Biasanya masing-masing pekerjaan memiliki persyaratan yang berbeda beda untuk melamar pekerjaan. Namun, umumnya beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah

  • SKCK
  • Ijazah
  • Surat lamaran kerja
  • Scan KTP
  • CV
  • Surat sehat

Jika CV dan surat lamaran kerja bisa dibuat sendiri, SKCK bisa diurus di kepolisian. Sementara surat keterangan sehat bisa diurus melalui puskesmas atau rumah sakit.

Oh iya, kalau bisa dokumen di atas disimpan sebagai pdf ya. Ketika menggunakan word, ada kemungkinan formatnya berubah ketika dibuka di komputer lain. Tetapi jika menggunakan pdf, formatnya tidak berubah jika dibuka di manapun.

Selain format file, perhatikan juga nama file. Contohnya “CV Willaim James” atau “Pas Foto Charles Paul”. Dengan begitu, HRD bisa memilah dengan mudah.

  1. Perangkat dan Jaringan Internet

Yang tidak kalah penting, pastikan HP atau laptop yang digunakan untuk melamar terhubung dengan jaringan internet. Siapkan juga akun email yang mau digunakan untuk mengirim email. Pastikan datanya cukup ya. Jangan sampai di tengah-tengah proses upload jadi terpotong karena kuota habis.

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Persiapkan perangkat yang terhubung dengan internet dan berbagai dokumen yang disyaratkan untuk melamar. Sehingga ketika membuka email tidak susah untuk menemukan file dokumennya.

Barulah kemudian ikuti langkah di bawah untuk mengirim email ke HRD.

  1. Buka email
  2. Klik tanda plus “tulis, atau compose, maka akan muncul kotak untuk menulis pesan baru
    Jika menggunakan browser di laptop, maka tombol ini ada di kiri atas.
    Sementara jika menggunakan aplikasi handphone, tombol ini ada di kanan bawah.
  3. Di kolom kepada, tuliskan email tujuan, biasanya email HRD dari perusahaan yang kamu lamar
  4. Di kolom subjek, tuliskan judul atau subjek email. Biasanya masing-masing lowongan pekerjaan memiliki format subjek masing-
  5. Di bawahnya, adalah body atau isi email. Di sini, kamu bisa menuliskan perkenalan singkat dan mengapa kamu melamar pekerjaan di perusahaan ini.
  6. Lampirkan dokumen yang diperlukan dengan mengeklik klip kertas atau lampirkan.
  7. Cek kembali, pastikan alamat email, subjek, isi, dan lampiran sudah benar.
  8. Kirim

Selesai, email lamaran pekerjaan sudah dikirim. Email akan masuk di kotak masuk HRD. Tinggal menunggu follow-up atau balasan dari HRD deh.

Bagaimana Email Lamaran Pekerjaan yang Baik

Tidak jarang, calon pelamar kerja tidak tahu apa yang harus ditulis di isi atau body email. Beberapa pelamar kerja bahkan mengosongkan body email. Jangan lakukan seperti ini ya, karena akan dipandang tidak sopan kepada HRD.

Tentu saja, email yang seperti bisa membuat pelamar ditolak dari lamaran kerjanya. Oleh karena itu, gunakan kata-kata email lamaran kerja yang baik. Untuk itu, perhatikan bagian-bagian yang ada di lamaran kerja sebagai berikut.

1. Bagian pembuka

Jangan lupa untuk menyapa HRD. Tuliskan kepada, atau bisa ditulis Dear atau juga Yth. di depan HRD perusahaan. jangan sampai terlewat ya.

2. Isi atau Body Email

Body atau isi email bisa memuat beberapa hal. Umumnya, ini terdiri dari dua hingga tiga paragraph. Paragraph pertama, sampaikan terimakasih atas kesempatan lowongan kerja dan menyempatkan waktu membaca lamaran.

Paragraf kedua, bisa memperkenalkan diri dan maksud mengirim email tersebut. Jangan lupa sebutkan posisi pekerjaan yang akan kamu isi.

3. Penutup

Tuliskan kata Hormat saya atau Best Regards, dan dibawhanya tuliskan namamu.

Lengkap sudah emailmu. Baca ulang supaya tidak ada yang salah tulis atau typo. Karena ini adalah email professional, jangan sampai ada yang salah, karena ini juga menjadi penilaian HRD untuk menerima calon pekerja ke tahap berikutnya.

Contoh Email Lamaran Pekerjaan

Mungkin banyak yang belum tahu bagaimana kata-kata atau kalimat yang biasa digunakan di email lamaran pekerjaan. Walaupun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan lamaran pekerjaan yang ditulis biasa.

Contoh 1

Kepada HRD PT. Pintar Jualan

Terima kasih telah menyempatkan waktunya. Perkenalkan nama saya Budi Utomo, Sarjana Bahasa indonesia Universitas Padjajaran. Saya melihat lowongan di Linkedin dan tertarik untuk melamar pada posisi di perusahaan Anda.

Saya memiliki beberapa pengalaman sebagai jurnalis di berbagai media online dan pernah magang di e-commerce. Dalam pengelaman sebelumnya di kompas.com, saya bertanggung jawab untuk menulis berita tentang perpolitikan di Indonesia. Dengan pengalaman tersebut saya yakin dapat memberikan kontribusi terbaik dalam bidang menulis berita hingga konten marketing.

Ada penjelasan lebih tentang diri saya di CV yang telah saya lampirkan dalam email ini. Terima kasih.

Hormat saya,

Budi Utomo

 

Contoh 2

Dengan hormat,

Sesuai dengan informasi yang ada pada website bahwa PT. Tonjoo Gagas Teknologi sedang membutuhkan tenaga kerja sebagai Web Developer, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Alamat :

Tempat, Tanggal Lahir :

Pendidikan :

Bermaksud untuk mengisi lowongan pada pekerjaan tersebut.

Bersama dengan surat ini saya juga melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu ke dalam bentuk attachment yang bisa diunduh.

Besar harapan saya untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara untuk menjelaskan lebih mendalam mengenai data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(nama)

Contoh 3

Dear HRD PT. Pintar Jualan

Berdasarkan info tawaran pekerjaan yang dimuat di Glints di mana Pintar Jualan tengah membutuhkan staff marketing, dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai staff marketing.

Saya sudah memiliki pengalaman bekerja sebagai staff marketing di beberapa perusahaan swasta sebelumnya. Sebagai bahan pertimbangan, saya melampirkan beberapa dokumen pelengkap, termasuk CV dan Transkrip Nilai.

Demikian surat lamaran kerja ini saya. Besar harapan saya untuk bisa bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin. Terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Best Regards,

(nama)

Tips Melamar Pekerjaan lewat Email

HRD tentu tidak asal-asalan ketika menerima calon karyawan. Email ini akan menjadi penilaian awal bagi HRD untuk menentukan apakah kamu layak untuk bekerja di perusahaan tersebut.

  1. Perhatikan format persyaratan lowongan kerja
  2. Judul email yang jelas dan sesuai format
  3. Lampiran yang sesuai format
  4. Gunakan Bahasa formal
  5. Cek dan koreksi ulang

Dengan menggunakan tips di atas, alamat email pasti dilirik HRD.

Penutup

Begitulah cara melamar pekerjaan lewat email. Pastikan nama akun email sudah baik ya. Jika belum, ganti nama email dengan yang lebih formal dan profesional.

Sekian artikel kami, semoga bermanfaat. Sampai bertemu di artikel pintar jualan selanjutnya.

Bagikan ke:
Diarsipkan di bawah:
Ditulis oleh

Hanif Mufid

hi, I'm a SEO content writer with interest on business, entrepreneur, digital marketing, and many more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *