8 Social Media Listening Tools Terbaik untuk Meningkatkan Performa Bisnis

Anisa 13 Des 2023 5 Menit 0

ADVERTISEMENT

Selain menggunakan social media management tools, kamu bisa memanfaatkan social media listening tools untuk meningkatkan performa bisnis dan membangun strategi pemasaran yang tepat.

Mengapa harus social listening tools? Karena dengan alat atau software ini, pengguna dapat mendengar serta mengetahui kemauan, tuntutan, harapan, dan permintaan konsumen.

Misalnya banyak masyarakat yang bersuara melalui media sosial mengenai pentingnya produk kecantikan nonalkohol karena mereka menderita kulit sensitif.

Nah, mendengar tuntutan tersebut, pemilik bisnis perawatan tubuh dan skincare pastinya akan mulai berlomba-lomba mengembangkan dan menciptakan produk yang bebas alkohol.

Setelah produk tersebut jadi dan launching secara resmi, ternyata viral dan permintaan terus meningkat.

Bermanfaat sekali, bukan? Kamu juga bisa lho menggunakan delapan rekomendasi alat social media listening di bawah ini!

ADVERTISEMENT

1. Apa itu Social Media Listening Tool?

Social Media Listening Tool adalah alat (software) yang berguna untuk mendengar atau mengetahui segala sesuatu yang sedang populer, hangat diperbincangkan, menjadi tuntutan, suara netizen, dan viral di kalangan pengguna media sosial.

Tujuan paltform atau keberadaan software ini untuk mengidentifikasi masalah hingga membantu perusahaan dalam mengukur seberapa berpengaruh kampanye atau promosi yang mereka lakukan berkaitan dengan isu atau hal-hal populer di internet secara real time.

Singkatnya, social media listening tool ini akan membantu perusahaan dalam menyusun strategi bisnis yang tepat agar produk terjual, engagement naik, dan memperoleh reputasi brand yang bagus.

Nah, saat ini sudah banyak aplikasi maupun software social media listening tools yang dapat digunakan oleh berbagai brand di Indonesia untuk mengukur kekuatan brand mereka dengan membayar biaya berlangganan tertentu.

Apa saja alat social listening tersebut?

ADVERTISEMENT

2. Rekomendasi Social Media Listening Tools Terbaik

Berikut daftar social media listening tools teratas dan terbaik saat ini:

ADVERTISEMENT

2. 8. Meltwater

Apa social media listening tools terbaik

Meltwater adalah platform sekaligus alat yang membantu pengguna, baik individu, organisasi, maupun brand untuk memantau data yang berkembang secara online dan menganalisisnya.

Alat ini dapat kamu pakai untuk mencari kata kunci dan hal-hal yang paling banyak disebutkan oleh netizen di media sosial. Termasuk penyebutan atau nama berbagai brand yang paling sering dibicarakan oleh pengguna di dunia maya.

Beberapa fitur andalan dari Meltwater yakni:

  • Pelaporan otomatis secara reguler
  • Pengenalan dan analisis gambar
  • Dukungan layanan global 24/7
  • Analisis sentimen yang kuat dan kredibel
  • Ekspor data dengan API, dan sebagainya.

Bagi perusahaan yang ingin menerbitkan laporan dan memvisualisasikannya agar lebih mudah dipahami oleh karyawan, terutama bagian pemasaran dan social media marketing, Meltwater jawabannya!

ADVERTISEMENT

2.7. Talkwalker

Talkwalker adalah platform social media listening tool yang membantu pengguna untuk menganalisis keinginan, permintaan, tuntutan, dan suara publik lewat media sosial, sehingga mampu mengambil keputusan yang tepat.

Kamu bisa manfaatkan software ini untuk mencari insight, inspirasi, hingga membuat strategi pemasaran yang tepat berbekal pengetahuan dari dunia maya.

Misalnya sebuah perusahaan bread and pastry menciptakan roti dan kue free gluten karena banyaknya konsumen yang punya masalah pencernaan. Jadi, Talkwalker ini sangat bermanfaat untuk menentukan strategi pemasaran produk makanan itu sendiri.

Namun selain listening tools, Talkwalker ini juga menyediakan fitur lain seperti:

  • Social benchmarking (Guna membandingkan kinerja media sosial brand kamu dengan milik kompetitor)
  • Media monitoring (pemantauan media sosial secara real time)
  • Audience Insight (wawasan dan pendapat dari pendengar di media sosial)
  • Customer feedback analytics (Menganalisa umpan balik/respon dari pelanggan kamu)

ADVERTISEMENT

2.6. Digimind

Apa social media listening tool terbaik

Digimind adalah salah satu dari sekian social media listening tools yang dapat membantu para penggunanya untuk memahami tren pasar, mendengar masukan atau pengetahuan dari customer, hingga menganalisis kampanye/promosi yang baru saja dilaksanakan.

Keunggulan dari digimind ini yakni bisa membuat kamu mengidentifikasi influencer yang paling tepat untuk produk-produk maupun konten yang ingin kamu kampanyekan.

Bagi para pemula atau brand kecil menengah ke atas sangat direkomendasikan pakai Digimind karena penggunaannya cukup mudah. Mulai dari membaca, memproses data, memahami performa konten hingga menganalisis perkembangan brand yang sedang dibangun.

Jadi, Digimind dengan fitur-fiturnya dapat membantu kamu agar dapat membuat konten yang relevan dan sesuai dengan apa yang sedang ngetren di media sosial atau pun internet.

Contoh saja, kamu ingin mengimplementasikan ide konten ramadan yang menarik dan menaikkan engagement, maka bisa menggunakan Digimind untuk menentukan siapa influencer yang cocok diajak bekerja sama sesuai dengan branding dan jenis konten mereka.

Halaman Selanjutnya
2.5. Youscan.io...

Laman: 1 2

Bagikan ke:
Anisa
Ditulis oleh

Anisa

Seorang Content Writer SEO dan Content Creator yang suka belajar hal-hal baru, terutama tentang transformasi dunia digital agar bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang relevan saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *